Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
3768
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005214260/tata-cara-tahajjud-ala-rasullullah-saw
INTRO dari TS: Tentu sudah banyak trit membahas keistimewaan & manfaat shalat tahajjud. Mulai dari memberikan ketenangan batin, hingga penyembuhan terhadap penyakit2 lahiriah seburuk kanker. Besarnya fadillah shalat tahajjud tsb tentu membuat tidak sedikit diantara kita terketuk melaksanakannya. Namun, sayangnya tidak sedikit pula diantara kita yg terlupa, atau bahkan belum mengetahui sama sekali
Lapor Hansip
06-09-2010 03:32

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW

INTRO dari TS:
Tentu sudah banyak trit membahas keistimewaan & manfaat shalat tahajjud. Mulai dari memberikan ketenangan batin, hingga penyembuhan terhadap penyakit2 lahiriah seburuk kanker. Besarnya fadillah shalat tahajjud tsb tentu membuat tidak sedikit diantara kita terketuk melaksanakannya. Namun, sayangnya tidak sedikit pula diantara kita yg terlupa, atau bahkan belum mengetahui sama sekali bagaimana tata cara shalat tahajjud sesuai sunnah Rasullullah SAW (shalawat dan salam selalu utk Beliau).

Nah, mumpung momentum 10 malam terakhir Ramadhan, yuuk kita telaah tata cara tahajjud ala sang nabi besar mulai dari fase persiapan hingga teknis pelaksanaan yang berdasarkan pada hadits-hadits sahih.

catatan:
Sudah barang tentu shalat Rasulullah tidak dapat persis disamai dari segi kualitas, misalnya saja, beliau berdiri membaca ayat hampir 50 ayat dalam satu raka'at, belum termasuk rukuk dan sujud Beliau yang lamanya sama dengan 50 ayat tsb. Sehingga wajarlah --sesuai kesaksian Aisyah ra.-- bahwa Rasulullah SAW shalat hingga kaki Beliau bengkak.... emoticon-Belo


Persiapan Tahajjud
TIDUR DULU


bangun saat sepertiga terakhir malam


JUMLAH RAKA'AT

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW

Tahajjud hendaknya diiringi dengan Witir. Karena itu kitapun berpendapat bahwa Witir ini harus menyertai Tahajjud, yaitu dengan jumlah raka'at maksimal 11 (sebelas) yang terdiri dari;

Shalat Tahajjud sebanyak 10 (sepuluh) raka'at dengan setiap dua raka'at maka satu salam. Berarti ada lima kali salam.

Shalat Witir sebanyak 1 raka'at dengan satu salam.

beberapa dalil


beberapa dalil

...masih banyak lagi hadis shahih lainnya dari Bukhari dan Muslim yang menyebut tentang anjuran mengerjakan Tahajjud bersamaan dengan Witir yang jumlahnya adalah 11 (sebelas) raka'at. (10 Tahajjud + 1 Witir).

Kemudian jika ada yang bertanya, bolehkah melebihi dari 11 raka'at??? Maka kita katakan Rasulullah sudah mencontohkan cukup 11, meskipun sebenarnya kita mampu lebih dari itu. Namun yang utama dari pahala shalat adalah kekhusyuan, bukan jumlah bilangan raka'at.

PELAKSANAAN SHOLAT TAHAJJUD

urutan sholat


Ayat-ayat tsb tentu saja ada keutamaannya tersendiri sebagaimana ada dalam sabda Rasul, namun jika belum hafal ayat-ayat/surah-surah tsb, maka sebaiknya kita membaca ayat-ayat yang pendek yaitu Ayat Qursy dan Qulhu (Al-Ikhlas) pada semua rakaat Tahajjud (pendapat lain yaitu Al-Kafirun dan Al Ikhlas). Dan gabungan dua surah Muawidzat pada shalat Witir yaitu An-Naas dan Al-Falaq.

SETELAH SHALAT TAHAJJUD

Setelah selesai mengerjakan Tahajjud, kita boleh berzikir istigfar dan lainnya sebagaimana pada zikir shalat.

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
Atau kita langsung berdoa dengan bacaan sesuai yg diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam riwayat Bukhari berikut ini:

doa usai tahajjud


Dan untuk shalat Witir, setelahnya kita boleh berdoa atau berzikir atau kembali tidur. Para ulama Syafi’i berpendapat bahwa tidak ada batasan berdoa, baik itu dengan bahasa Arab maupun dengan bahasa ibu, karena ALLAH tentu lebih mengetahuinya walaupun hanya dalam hati.
======

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
TS tidak bermaksud menggurui emoticon-Malu hanya ingin sharing ma agan2 semua..
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
kalo ada yg mau:
rate

silakan.... emoticon-Malu
kalau ada yang mau:
cendolbig

juga silakan... emoticon-Malu
atau cuma kritik & komen juga silakan.... emoticon-Malu asal jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
Tambahan dari agan2 rahimakumullah (insya Allah):


dari agan Yongis

dari agan garongkong
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 108 dari 190
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 03:51
subhanallah....emoticon-Belo seumur hdp ane lom pernah lakuin ini gan emoticon-Malu
sungguh malu ane gan emoticon-Frown
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 03:54
wah ane kalo solat cuma 2 rakaat gan himana tuh ?? emoticon-Big Grin
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 03:56
subhanallah,

nice thread

emoticon-Angkat Beer
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 03:58
subhanallah
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 03:58
Nice share gan..kaki rasul ampe bengkak kerana sholat..kita kadang ngedumel kalo imam nya baca ayat kepanjangan..astaghfirullah..
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 03:58
hmm mantap gann nice infooo,,, sipppp
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 03:59
nais inpo ganemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:01
alhamdulillah gan semoga trit kaya gini trs2an ada..amiin
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:02
Quote:Original Posted By Rakki.again
nice info sist
tapi yang ane denger tuh nabi sola 11 rakaat
8 tahajjud dan 3 witir
yag bener yang mana ya???


diriwayatkan dari Aisyah ra. : Bahwa Rasulullah Shalalahulaiwasalam, apabila sholat malam tidak lebih dari 11 rakaat.
nah, teknis jumlah pembagian seperti kata agan adalah pendapat ulama besar salaf Ibnu Qayim Al Jauziyah. Menurut beliau boleh dua kali sampai jumlah 8 Rakaat, trus dilanjutkan witir 3 rakaat. Jadi boleh2 saja dikerjakan. Wallahu'alam emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By makkitajonga
Gan, ane kadang tertidur sekitar jam 7 (batas antara sholat maghrib dan isya), sehingga belom sempet sholat isya. nah, apa nanti ketika bangun, selese sholat isya, ane bisa sholat tahajud??

boleh saja, kalau bangunnya sepertiga akhir malam tu seperti sholat tahajjud ala Umar bin Khattab ra, kalo gaya Abu Bakar ra. & Abu Hurairah ra. tahajjudnya mereka setelah isya tapi sebelum tidur emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By SepedaOnthel10
Supaya mendukung kekhusyu'an ber-Tahajjud, baca juga Pelatihan Shalat Tahajud-nya Prof. Dr. Moh Soleh, mantab tuh, gan...bukunya base on self-experience si penulisnya...siapa tahu bisa mengarahkan utk menggapai khusyu', Insya Allah


boljug tuh gan... ta cari bukunya dolo ya emoticon-Smilie
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:03
yuuukkk,,,kita amalin gan...
emoticon-2 Jempol
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:03
alhamdulillah
semoga selalu istiqomah.. untuk tahajud gan.. emoticon-Big Grin
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:04
info yg bermanfaat emoticon-Smilie
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:06
wah nice sharenya gan
bermanfaat bgt nih
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:07
wew TSnya cewe yha??
aduh salihah nih kayanya TS emoticon-Malu
ane jadi malu sebagai cowo yang kelak jadi pemimpin dalam keluarga
masih jarang banget shalat tahajjud emoticon-Malu

btw TS....kenala dong emoticon-Big Grin
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:09
alhamdulillah tks agan infoh yang sangat bagus juragan
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:10
Sayang ane blm ISO gan,kalau udah cendol meluncur , emoticon-2 Jempol
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:15
Quote:Original Posted By hintalutambuk
gan, itu yg ayat buat tahajjud ke 2 surah Ali Imran nya dibaca semua gan??


Dari Huzaifah, beliau berkata: “Pada suatu malam aku solat dengan Rasulullah s.a.w. Baginda memulakan bacaan dengan al-Baqarah. Aku berkata dalam hati: Baginda akan rukuk apabila sampai ayat ke seratus. Kemudian Rasulullah terus membaca (selepas seratus ayat), lalu aku berkata dalam hati: Baginda akan habiskan al-Baqarah dalam rakaat ini. Lalu baginda habis baca al-Baqarah, maka aku berkata hati: Baginda akan rukuk. Kemudian Rasulullah memulakan bacaan an-Nisa’ pula, sehingga habis. Kemudian Baginda memulakan Ali Imran sehingga habis. Baginda membaca perlahan-lahan, apabila jumpa ayat tasbih, baginda bertasbih, apabila jumpa ayat doa, baginda berdoa, apabila jumpa ayat berlindung, baginda meminta perlindungan. Kemudian baginda rukuk dan membaca سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ , rukuknya panjang hampir sama dengan berdirinya tadi. Kemudian baginda berkata سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ , baginda berdiri lama hampir menyamai rukuknya tadi. Kamudian baginda sujud dan membaca سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى , sujudnya panjang hampir menyamai berdirinya tadi.” (HR Muslim)

Quote:Original Posted By KakRhoma
Kalau kita terbiasa sholat Tahajjud sebelum masuk waktu Subuh,bagaimana Ya Akhi Juragan? Afdlolkah? Ane selalu nubie kalao masalah ibadah...


asal ga mpe masuk wakut subuhnya ajah emoticon-Smilie Rasulullah SAW juga sering merangkai 11 rakaat Beliau dengan 2 rakaat shalat sunnat fajar jadinya 13 rakaat, artinya saking panjangnya shalat Rasulullah SAW mpe nyaris subuh emoticon-Smilie
wallahu'alam

Quote:Original Posted By ridersaitou
sepertinya tarawih sebenarnya tuh solat yg seperti ini gan...ane kadang2 sering kesel klo ngliat ada yg tarawih tp 23 rakaat trus kecepatan maksimum emoticon-Cape d......udah kaya 'per' aja tiung2 gt aduuuh


betul gan... yg penting konsisten & khusuk biarpun sedikit emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By hintalutambuk
thread bagus, udah lbh dr 75 halaman, udah hot thread jg..tp TS nya kemana ya? padahal banyak yg nanya nih...


ada kok gan... ge ngeberesin ini itu, ngedit ini itu, trus ngupdate ini itu emoticon-Malu
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:15
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:16
nice share TS, ane merasa ter enyuh ngebacanya emoticon-Matabelo
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
07-09-2010 04:19
Jazakumulloh khairon katsiton Gan ...
0 0
0
Halaman 108 dari 190
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia