Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
3768
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005214260/tata-cara-tahajjud-ala-rasullullah-saw
INTRO dari TS: Tentu sudah banyak trit membahas keistimewaan & manfaat shalat tahajjud. Mulai dari memberikan ketenangan batin, hingga penyembuhan terhadap penyakit2 lahiriah seburuk kanker. Besarnya fadillah shalat tahajjud tsb tentu membuat tidak sedikit diantara kita terketuk melaksanakannya. Namun, sayangnya tidak sedikit pula diantara kita yg terlupa, atau bahkan belum mengetahui sama sekali
Lapor Hansip
06-09-2010 03:32

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW

INTRO dari TS:
Tentu sudah banyak trit membahas keistimewaan & manfaat shalat tahajjud. Mulai dari memberikan ketenangan batin, hingga penyembuhan terhadap penyakit2 lahiriah seburuk kanker. Besarnya fadillah shalat tahajjud tsb tentu membuat tidak sedikit diantara kita terketuk melaksanakannya. Namun, sayangnya tidak sedikit pula diantara kita yg terlupa, atau bahkan belum mengetahui sama sekali bagaimana tata cara shalat tahajjud sesuai sunnah Rasullullah SAW (shalawat dan salam selalu utk Beliau).

Nah, mumpung momentum 10 malam terakhir Ramadhan, yuuk kita telaah tata cara tahajjud ala sang nabi besar mulai dari fase persiapan hingga teknis pelaksanaan yang berdasarkan pada hadits-hadits sahih.

catatan:
Sudah barang tentu shalat Rasulullah tidak dapat persis disamai dari segi kualitas, misalnya saja, beliau berdiri membaca ayat hampir 50 ayat dalam satu raka'at, belum termasuk rukuk dan sujud Beliau yang lamanya sama dengan 50 ayat tsb. Sehingga wajarlah --sesuai kesaksian Aisyah ra.-- bahwa Rasulullah SAW shalat hingga kaki Beliau bengkak.... emoticon-Belo


Persiapan Tahajjud
TIDUR DULU


bangun saat sepertiga terakhir malam


JUMLAH RAKA'AT

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW

Tahajjud hendaknya diiringi dengan Witir. Karena itu kitapun berpendapat bahwa Witir ini harus menyertai Tahajjud, yaitu dengan jumlah raka'at maksimal 11 (sebelas) yang terdiri dari;

Shalat Tahajjud sebanyak 10 (sepuluh) raka'at dengan setiap dua raka'at maka satu salam. Berarti ada lima kali salam.

Shalat Witir sebanyak 1 raka'at dengan satu salam.

beberapa dalil


beberapa dalil

...masih banyak lagi hadis shahih lainnya dari Bukhari dan Muslim yang menyebut tentang anjuran mengerjakan Tahajjud bersamaan dengan Witir yang jumlahnya adalah 11 (sebelas) raka'at. (10 Tahajjud + 1 Witir).

Kemudian jika ada yang bertanya, bolehkah melebihi dari 11 raka'at??? Maka kita katakan Rasulullah sudah mencontohkan cukup 11, meskipun sebenarnya kita mampu lebih dari itu. Namun yang utama dari pahala shalat adalah kekhusyuan, bukan jumlah bilangan raka'at.

PELAKSANAAN SHOLAT TAHAJJUD

urutan sholat


Ayat-ayat tsb tentu saja ada keutamaannya tersendiri sebagaimana ada dalam sabda Rasul, namun jika belum hafal ayat-ayat/surah-surah tsb, maka sebaiknya kita membaca ayat-ayat yang pendek yaitu Ayat Qursy dan Qulhu (Al-Ikhlas) pada semua rakaat Tahajjud (pendapat lain yaitu Al-Kafirun dan Al Ikhlas). Dan gabungan dua surah Muawidzat pada shalat Witir yaitu An-Naas dan Al-Falaq.

SETELAH SHALAT TAHAJJUD

Setelah selesai mengerjakan Tahajjud, kita boleh berzikir istigfar dan lainnya sebagaimana pada zikir shalat.

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
Atau kita langsung berdoa dengan bacaan sesuai yg diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam riwayat Bukhari berikut ini:

doa usai tahajjud


Dan untuk shalat Witir, setelahnya kita boleh berdoa atau berzikir atau kembali tidur. Para ulama Syafi’i berpendapat bahwa tidak ada batasan berdoa, baik itu dengan bahasa Arab maupun dengan bahasa ibu, karena ALLAH tentu lebih mengetahuinya walaupun hanya dalam hati.
======

tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
TS tidak bermaksud menggurui emoticon-Malu hanya ingin sharing ma agan2 semua..
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
kalo ada yg mau:
rate

silakan.... emoticon-Malu
kalau ada yang mau:
cendolbig

juga silakan... emoticon-Malu
atau cuma kritik & komen juga silakan.... emoticon-Malu asal jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
Tambahan dari agan2 rahimakumullah (insya Allah):


dari agan Yongis

dari agan garongkong
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 190
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:55
Nice Info Gan,,,

ane udah jarang tahajjud,,,pantesan hati ini gundah teruss yach....
Mudah2an Allah akan selalu mengampuni segala khilaf yg ane perbuat...
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:55
bagus gan threadnya emoticon-thumbsup:
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:55
lengkap banget pengulasannya tentang sholat tahajjud emoticon-Smilie
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:55
alhamudillah gan bisa baca tretnya...bermanfaat banget

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:56
wahh berguna banget gan buat ane, nice info gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:56
wah, nais inpo bnget di bln Ramadhan gan..,emoticon-thumbsup
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:56

Alhamdulillah ..

Bagus banget info'y gan ....

Jadi bisa tau dari berbagai macam amalan
tahajjud yg di ajarin dari sumber yang laen ... Dan jadi bahan
referensi buat ngamalin sendiri ....
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:56
saya sholat 5 waktu aja msh bolong2 gan emoticon-Turut Berduka
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:56
keren bgt gan pelajaranny

pake ilustrasi pula

moga2 jadi HT deh gan emoticon-I Love Kaskus
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:56
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:56
waduh .. ribet juga gan emoticon-Big Grin
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:56
tips bagus.. bookmark dulu ya
pan saya mau tobat emoticon-Malu
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:57
NICE INPO GAN. .
emoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:57
Sering Sering Inpo kek gini ya gan...emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:57
Sering Sering Inpo kek gini ya gan...emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:58
ane rate gan,,, trit yg ginian nih yang bikin ane demen ama kaskus..
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:58
Makasih infonya,,tapi kok selama ramadhan ini males ya emoticon-Big Grin
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:58
subhanallah thread bermanfaat emoticon-Smilie
gan emang witir 1 rakaat ya gan?
kalo tahajud rakaatnya jumlahnya ngga 10 gan? misal 4 atau 6 maksimal
tlg jaawab hehe trimakasih
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:58
jd tw ni slm ni tata cara sholat tahajud w slh...emoticon-Malu


tp alhamdulliah doa2q sll dikabulkan stp berdoa abs sholat tahajud...emoticon-2 Jempol
0 0
0
tata cara tahajjud ala Rasullullah SAW
06-09-2010 09:58
0 0
0
Halaman 5 dari 190
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia