Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
7523
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004771111/waspada-kualitas-premium-diturunkan-pertamina-ratusan-kendaraan-rusak-masal
VERSI KONSUMEN Kalau Anda biasa mengisi bahan bakar mobil Anda dengan Bensin Premium, harap waspada. Karena saat ini bahan bakar produk Pertamina ini dicurigai dengan sengaja diturunkan kualitasnya, dalam rangka taktik pemerintah untuk memaksa Anda beralih ke Bensin Pertamax! Pernyatan tersebut dinyatakan oleh pihak YLKI berkiatan dengan ditemukan cukup banyak mobil yang tiba-tiba mengalami kerusa
Lapor Hansip
22-07-2010 08:46

WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!

VERSI KONSUMEN

Kalau Anda biasa mengisi bahan bakar mobil Anda dengan Bensin Premium, harap waspada. Karena saat ini bahan bakar produk Pertamina ini dicurigai dengan sengaja diturunkan kualitasnya, dalam rangka taktik pemerintah untuk memaksa Anda beralih ke Bensin Pertamax!

Pernyatan tersebut dinyatakan oleh pihak YLKI berkiatan dengan ditemukan cukup banyak mobil yang tiba-tiba mengalami kerusakan pada fuel pump-nya, dan hal tersebut hanya terjadi pada mobil-mobil yang menggunakan Premium.


Ini tak lepas dari rencana pemerintah untuk mengurangi subsidi BBM, dengan cara membuat ketentuan bahwa hanya kendaraan roda dua, angkutan umum, dan kendaraan pribadi produk di bawah tahun 2005 saja yang boleh menggunakan Premium.

Bagaimana implementasinya nanti di lapangan?

Misalnya, bagaimana caranya petugas SPBU bisa membedakan mana mobil pribadi produk di bawah tahun 2005 dan sesudahnya? Apakah setiap kali mengisi BBM wajib menunjukkan STNK yang mencantumkan tahun pembuatan mobilnya, ataukah mesti semua petugas SPBU ditraining teknik mengenal mobil mana produk di bawah tahun 2005, mana yang sesudahnya? Ada-ada saja, bukan?

Bagaimana caranya mengontrol dan mengetahui bahwa semua proses pengisian BBM di sana sudah sesuai dengan prosedur dan peruntukannyanya masing-masing kendaraan? Bahwa benar sejumlah mobil produk di bawah tahun 2005 diisi dengan Premium, dan sesudahnya diisi dengan Pertamax saja.

Apakah pemerintah yang punya rencana itu sudah punya rumusan atau mekanismenya? Ternyata belum. Pemerintah sendiri ternyata masih bingung bagaimana caranya melaksanakan rencananya tersebut secara efektif dan efesien.

Ketika ditanya wartawan, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, mengaku belum punya rumusan tentang pelaksanaan rencana tersebut.

Kembali ke soal kualitas Premium yang dapat merusak mobil. Apakah benar demikian?

Pihak Pertamina telah membantahnya.

Tetapi kita tentu tidak harus percaya dengan mereka. Yang penting adalah bagaimana pengalaman pribadi kita.

Jauh sebelum beredarnya isu tentang kualitas Premium yang sengaja diturunkan ini, pengalaman pribadi saya dengan Premium sudahlah buruk (di tahun 2000).

Ketika itu mobil saya sering mengalami kerusakan. Oleh pihak bengkel, saya dijelaskan bahwa kualitas Premium produk Pertamina jelek. Saya disarankan utnuk menggunakan Pertamax. Saran itu saya ikuti, dan sejak itu mobil saya tidak pernah lagi rewel. Sejak itu saya tidak pernah lagi menggunakan Premium.

Berkaitan dengan isu tentang kualitas Premium saat ini, pihak Pertamina membantah, dengan mengatakan bahwa semua isu itu tidak benar. Bahwa kualitas Premium tetap di bawah kontrol yang sangat ketat, mulai dari pengilangannya sampai di SPBU-SPBU.


Tetapi kelanjutan penjelasannya malah bikin bingung, seperti dikutip detik..com.

Ia menduga jika ada kerusakan pada fuel pump mobil bisa jadi disebabkan karena pengguna mobil menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil tersebut.

“Ketidaksesuaian antara mesin mobil dengan jenis BBM yang digunakan itu mungkin saja merusak mesin. Mobil produksi di atas tahun 2005 itu kan harusnya pakai Ron 92 (Pertamax), kalau pakai Ron 88 (Premium) akan ada persoalan dalam kinerja mesin,” ungkapnya.

Pertanyaannya, kenapa baru sekarang hal ini dijelaskan? Bukankah ini berarti ada masalah dengan kualitas Premium, atau kalau memang ada ketidaksesuaian seperti yang dijelaskan ini, kenapa Pertamina tidak memberi peringatan sejak tahun 2005 lalu?

Anda akan semakin bingung kalau membaca penjelasan dari Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi selaku wadah pengusaha SPBU, yang menyatakan bahwa kualitas Premium di bawah kontrol ketat Pertamina, dan tidak ada masalah untuk semua jenis kendaraan.

Dia malah menenggarai bahwa isu tersebut merupakan bentuk black campaign dari kompetitor Pertamina.

Katanya, para pengguna Premium tidak bisa menyalahkan kerusakan pada fuel pump mobil mereka, karena kualitas Premium, karena kualitasnya tidak bermasalah

“Jangan begitu saja menyalahkan kualitas BBM-nya. Fuel pump itu kan tidak bisa langsung rusak begitu saja, ada prosesnya. Bisa saja kualitas fuel pump-nya yang bermasalah,” tambahnya.

Lain lagi versi Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh.

Pernyataannya kelihatannya mulia buat para pemilik mobil, karena begitu besar perhatiannya kepada mereka.

Dia menyatakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi untuk mobil pribadi produksi tahun 2005 ke atas dilakukan untuk membantu mengurangi pengeluaran bulanan yang dikeluarkan masyarakat untuk menservis mobil.

“Jangan gunakan Premium tapi pakai Pertamax agar mesin tidak cepat rusak. Itu kan juga bisa menghemat pengeluaran bulanan mereka,” kata sang Menteri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/7/2010).

Jadi, kelihatannya memang sebenarnya adalah masalah dengan Premium ini, bukan?

Jadi, bagaimana, Anda, khususnya pemilik mobil di atas tahun 2005, masih mau menggunakan Premium? Kalau masih, kemudian mesin mobil Anda rusak, jangan salahkan pemerintah, ya, yang sebenarnya sudah berniat tulus ini?

Apapun dalih pihak Pemerintah, sudah merupakan rahasia umum bahwa kualitas Premium produk Pertamina meskipun diklaim seagai termasuk baik dan di bawah pengawasan ketat Dirjen Migas, tetap saja fakta berbicara bahwa kualitasnya masih di bawah kualitas standar internasional.***
http://teknologi.kompasiana.com/grou...da-gunakan/-12


VERSI PERTAMINA&BHP MIGAS

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH MIgas) menyatakan Pertamina tidak mungkin menurunkan kualitas premium yang dijual untuk mendorong agar masyarakat untuk beralih menggunakan pertamax.

"Pemerintah tidak akan lakukan hal itu. Kalau lakukan itu, pasti akan terbuka dan Pertamina juga tidak mungkin melakukannya," ujar Kepala BPH Migas Tubagus Haryono saat berbincang dengan detikFinance, Rabu (21/7/2010).

"Kalau misalnya itu terjadi karena penyalahgunaan atau penyimpangan, tolong lapor ke BPH Migas. Kita tidak dapat laporan masyarakat , kita punya SMS center nomornya 3477. Kalau sudah ada laporan kami akan turunkan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk cek dengan mobil lab," jelasnya.

Sementara itu, Vice President Communication Pertamina, Basuki Trikora juga membantah jika BUMN Migas tersebut telah menurunkan kualitas premium agar masyarakat beralih ke Pertamax.

"Nggaklah, Pertamina tidak berkepentingan untuk itu. Kalau itu dilakukan, berarti yang diuntungkan justru bukan Pertamina tapi perusahaan lain yang juga menjual BBM non subsidi. Lagipula kami jual Pertamax dan Pertamax Plus itu kan supaya masyarakat punya banyak pilihan," paparnya.

Sementara di instalasi atau depot daily dilakukan short test dan penerimaan di SPBU juga dilakukan short test. Pertamina patuh terhadap quality control yang harus dilakukan sebagai bagian pelaksanaan standard operating prosedur.


BPH Migas memperkirakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar pada tahun 2011, akan melonjak 3-4 persen dari proyeksi konsumsi pada tahun 2010, jika konsumsi BBM bersubsidi tidak dibatasi.

"Untuk premium dan solar naik sekitar 3-4 persen pada tahun depan karena ekonomi terus tumbuh," ujar Tubagus.


"Kalau kuota keseluruhan bisa saja turun karena minyah tanah konsumsinya juga turun," jelasnya.
http://www.detikfinance.com/read/201...-demi-pertamax

SILAHKAN DIANALISIS DARI KEDUA BELAH PIHAK,YANG SETUJU MAUPUN TIDAK SETUJU SILAHKAN KOMENTAR, YANG MAU SHARE PENGALAMAN PRIBADI JUGA SILAHKAN

YANG PENTING TIMPUKIN ANE CENDOL




PENTING BANGET TENTANG BBM!
profile-picture
profile-picture
rhiyannn dan shortdistance memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 98 dari 378
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
lengkap banget dah penjelasannya, emang kalau pkai premium sekarang2 ini menimbulkan banyak efek negatif, mungkin emg sudah saatnya beralih ke pertamax kali yah
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
inilah reaLita d indonesia
smua d lakukan TANPA persetujuan pihak laen
lgsg maen "kasar" yg akhir na merugikan banyak pihak

kapan mw bner kaLo pemerintahan keq gne ==a
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
Gimana ga di bawah standar internasional org bensin oktan 88 aja udah ga di jual lg d negara lain....emoticon-Ngakak
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
Quote:
Ni pasti ulahnya Saykoji ni, jadinya harus Pertamax
emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)

Quote:
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!

Uploaded with ImageShack.us
emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Peaceemoticon-Peace
0 0
0
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
Wah mau mengajak masyarakat pake pertamax jangan gitu dong caranya, masa dengan sengaja menurunkan kualitas -_-
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
Quote:Original Posted By AndryF
udah tabung gas banyak yg meledak,,
sekarang begini,,
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...

makin bobrok aja klakuan pemerintah,,


ia gan emoticon-Frown
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
Quote:Original Posted By D.J.A.W.A
iya ane juga ngerasain padalah udah ane oplos ama pertamax tapio kok rasanya gak enak gitu


yg ane bold,,wew emg diminum gan?
ga skalian di oplos ama bir bintang gan..emoticon-Ngakak emoticon-Peace
0 0
0
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
Iya gan, di media massa akhir2 ini banyak mengangkat masalah mobil yg rusak fuel pumpnya. Kenapa begitu ? Ada apa dengan PREMIUM dinegara ini ? Kayaknya ada maksud terselubung nih...
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:16
wew.....jadi takut ni emoticon-Takut
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17
wah pantesan motor ane tenaanya serasa berkurang emoticon-Hammer2
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17
gawat nih kalo udah begini, mana tuh mobil jalan seminggu bisa sampe 500 KM, terus mesti pake pertamax jiahhhh bakalan kusut nih.
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17

:takut

wah, ane aja yang bacanya bingung gan. ane masih make premium nih? jadi gimana nih gan?
emoticon-Takut
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17
mmm.. klao saya liat sih.. mobil2 sekang emang ccnya lumayan gede2.. kaya inova waktu pertama beli keknya pihak t*y*t@ emang udah bilang untuk make p*rtamax.. nah cc gede di kasih pr*mium ga ngangkat keknya.. emoticon-Big Grin jadi perlu oktan yg gede..

kalo soal pompa bensinnya wajar sering rusak karna sekang pada pake injeksi.. bukan karbulator kaya dulu lg.. kerusakan bisa aja karna ada karat dari tangki penampungan bbm ato dari tanki mobil bersangkutan yang dapat menyumbat selang injeksi pada kendaraan..

kalo tidak percaya coba aja taruh magnet di selang tempat memasukkan bbm di mobil anda.. liat aja hasilnya pasti ada kotoran yg nempel di situ.. tangki motor saya juga sekarang karatan.. T_T untungya pake karbulator jadi ga trlalu masalah emoticon-Big Grin

kalo masalah dari pihak pemerintah ama p*rt*m*n@ ada main.. saya kurang tau sih.. xixi.. tapi kalo aja ampe terjadi wah.. kelewatan bgt itu.. @_@

peace before.. just share.. tidak memihak siapapun.. emoticon-Big Grin
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17
Pindah ke Shell atau Petronas aja kalo bgini gan emoticon-Nohope
0 0
0
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17
udah tabung gas banyak yg meledak,,
sekarang begini,,
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...

makin bobrok aja klakuan pemerintah,,
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17
kalo bener udah ga boleh pake premium,,gw bakal milih shell...
0 0
0
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17
Quote:Original Posted By kataks21
kok gituh sih caranya untuk mengurangi subsidi emoticon-Marah


Bener gan, parah nih Pemerintah emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:17
haduh ada" aja kerja'an pertamina blom selesai lpg 3kilo sekarang kualitas premium diturunin jadi premium kw1 emoticon-Cape d...
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:18

Ngasih Pendapat dari Sudut Pandang Sendiri

Premium VS Mobil Baru.....


Premium dengan oktan 88 dan harganya yang di subsidi emang sangat menggiurkan untuk diisi ke mobil or motor kesayangan kita....

Tapi sebenernya apakah mobil/motor kita memang bisa diberi minum premium?
Belum tentu....

Kebanyakan mobil keluaran baru memiliki kompresi yang tinggi sehingga membutuhkan bensin dengan oktan 90 ke atas....

Ada yang mengetahui fakta ini namun tetap mengisi kendaraan kesayangan nya dengan premium dengan alasan harga....

Ada pula yang memang tidak mengerti tentang standar bensin yang seharusnya diisikan ke kendaraan mereka....

Untuk jangka pendek, mengisi pemium ke mobil2 tersebut mungkin tidak akan terlalu bermasalah....

Tapi dalam jangka panjang ya kemungkinan kerusakan ya pasti ada....
Mungkin salah satunya masalah fuel pump yang lagi ngetrend sekarang ini....

Kalo saran ane sie, baca kembali buku manual kendaraan masing2 ato konsultasikan ke mekanik kenalan anda....
Kalo memang kendaraan anda minta bensin dengan oktan tinggi, ya mulailah beralih ke pertamax ato shell super ke atas....
Mumpung kerusakan belum menyerang kendaraan kesayangan anda....

==================
Tambahan dikit dari hasil renungan ane.....
Premium sudah ada dari jaman dulu...
Kualitas nya pun pastinya dibuat untuk mobil2 yang beredar pada jaman dahulu juga....
Kalo diisi ma mobil2 keluaran baru ya ada kemungkian ketidakcocokan yang bisa mengakibatkan kerusakan dalam jangka panjang.......

====================
Tambahan lagi.....
Kalo di tutup bensin mobil ane, ada tulisan kurang lebih artinya: gunakan bensin tanpa timbal....
Nah mobil yang ada peringatan kayak gitu gak bakal cocok pake premium...
Soalnya premium menggunakan timbal untuk penambahan oktannya....
====================

Semoga bisa menambah wawasan kita emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 15:18
usut tuntas dah...
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
Halaman 98 dari 378
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia