Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
7523
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004771111/waspada-kualitas-premium-diturunkan-pertamina-ratusan-kendaraan-rusak-masal
VERSI KONSUMEN Kalau Anda biasa mengisi bahan bakar mobil Anda dengan Bensin Premium, harap waspada. Karena saat ini bahan bakar produk Pertamina ini dicurigai dengan sengaja diturunkan kualitasnya, dalam rangka taktik pemerintah untuk memaksa Anda beralih ke Bensin Pertamax! Pernyatan tersebut dinyatakan oleh pihak YLKI berkiatan dengan ditemukan cukup banyak mobil yang tiba-tiba mengalami kerusa
Lapor Hansip
22-07-2010 08:46

WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!

VERSI KONSUMEN

Kalau Anda biasa mengisi bahan bakar mobil Anda dengan Bensin Premium, harap waspada. Karena saat ini bahan bakar produk Pertamina ini dicurigai dengan sengaja diturunkan kualitasnya, dalam rangka taktik pemerintah untuk memaksa Anda beralih ke Bensin Pertamax!

Pernyatan tersebut dinyatakan oleh pihak YLKI berkiatan dengan ditemukan cukup banyak mobil yang tiba-tiba mengalami kerusakan pada fuel pump-nya, dan hal tersebut hanya terjadi pada mobil-mobil yang menggunakan Premium.


Ini tak lepas dari rencana pemerintah untuk mengurangi subsidi BBM, dengan cara membuat ketentuan bahwa hanya kendaraan roda dua, angkutan umum, dan kendaraan pribadi produk di bawah tahun 2005 saja yang boleh menggunakan Premium.

Bagaimana implementasinya nanti di lapangan?

Misalnya, bagaimana caranya petugas SPBU bisa membedakan mana mobil pribadi produk di bawah tahun 2005 dan sesudahnya? Apakah setiap kali mengisi BBM wajib menunjukkan STNK yang mencantumkan tahun pembuatan mobilnya, ataukah mesti semua petugas SPBU ditraining teknik mengenal mobil mana produk di bawah tahun 2005, mana yang sesudahnya? Ada-ada saja, bukan?

Bagaimana caranya mengontrol dan mengetahui bahwa semua proses pengisian BBM di sana sudah sesuai dengan prosedur dan peruntukannyanya masing-masing kendaraan? Bahwa benar sejumlah mobil produk di bawah tahun 2005 diisi dengan Premium, dan sesudahnya diisi dengan Pertamax saja.

Apakah pemerintah yang punya rencana itu sudah punya rumusan atau mekanismenya? Ternyata belum. Pemerintah sendiri ternyata masih bingung bagaimana caranya melaksanakan rencananya tersebut secara efektif dan efesien.

Ketika ditanya wartawan, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, mengaku belum punya rumusan tentang pelaksanaan rencana tersebut.

Kembali ke soal kualitas Premium yang dapat merusak mobil. Apakah benar demikian?

Pihak Pertamina telah membantahnya.

Tetapi kita tentu tidak harus percaya dengan mereka. Yang penting adalah bagaimana pengalaman pribadi kita.

Jauh sebelum beredarnya isu tentang kualitas Premium yang sengaja diturunkan ini, pengalaman pribadi saya dengan Premium sudahlah buruk (di tahun 2000).

Ketika itu mobil saya sering mengalami kerusakan. Oleh pihak bengkel, saya dijelaskan bahwa kualitas Premium produk Pertamina jelek. Saya disarankan utnuk menggunakan Pertamax. Saran itu saya ikuti, dan sejak itu mobil saya tidak pernah lagi rewel. Sejak itu saya tidak pernah lagi menggunakan Premium.

Berkaitan dengan isu tentang kualitas Premium saat ini, pihak Pertamina membantah, dengan mengatakan bahwa semua isu itu tidak benar. Bahwa kualitas Premium tetap di bawah kontrol yang sangat ketat, mulai dari pengilangannya sampai di SPBU-SPBU.


Tetapi kelanjutan penjelasannya malah bikin bingung, seperti dikutip detik..com.

Ia menduga jika ada kerusakan pada fuel pump mobil bisa jadi disebabkan karena pengguna mobil menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil tersebut.

“Ketidaksesuaian antara mesin mobil dengan jenis BBM yang digunakan itu mungkin saja merusak mesin. Mobil produksi di atas tahun 2005 itu kan harusnya pakai Ron 92 (Pertamax), kalau pakai Ron 88 (Premium) akan ada persoalan dalam kinerja mesin,” ungkapnya.

Pertanyaannya, kenapa baru sekarang hal ini dijelaskan? Bukankah ini berarti ada masalah dengan kualitas Premium, atau kalau memang ada ketidaksesuaian seperti yang dijelaskan ini, kenapa Pertamina tidak memberi peringatan sejak tahun 2005 lalu?

Anda akan semakin bingung kalau membaca penjelasan dari Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi selaku wadah pengusaha SPBU, yang menyatakan bahwa kualitas Premium di bawah kontrol ketat Pertamina, dan tidak ada masalah untuk semua jenis kendaraan.

Dia malah menenggarai bahwa isu tersebut merupakan bentuk black campaign dari kompetitor Pertamina.

Katanya, para pengguna Premium tidak bisa menyalahkan kerusakan pada fuel pump mobil mereka, karena kualitas Premium, karena kualitasnya tidak bermasalah

“Jangan begitu saja menyalahkan kualitas BBM-nya. Fuel pump itu kan tidak bisa langsung rusak begitu saja, ada prosesnya. Bisa saja kualitas fuel pump-nya yang bermasalah,” tambahnya.

Lain lagi versi Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh.

Pernyataannya kelihatannya mulia buat para pemilik mobil, karena begitu besar perhatiannya kepada mereka.

Dia menyatakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi untuk mobil pribadi produksi tahun 2005 ke atas dilakukan untuk membantu mengurangi pengeluaran bulanan yang dikeluarkan masyarakat untuk menservis mobil.

“Jangan gunakan Premium tapi pakai Pertamax agar mesin tidak cepat rusak. Itu kan juga bisa menghemat pengeluaran bulanan mereka,” kata sang Menteri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/7/2010).

Jadi, kelihatannya memang sebenarnya adalah masalah dengan Premium ini, bukan?

Jadi, bagaimana, Anda, khususnya pemilik mobil di atas tahun 2005, masih mau menggunakan Premium? Kalau masih, kemudian mesin mobil Anda rusak, jangan salahkan pemerintah, ya, yang sebenarnya sudah berniat tulus ini?

Apapun dalih pihak Pemerintah, sudah merupakan rahasia umum bahwa kualitas Premium produk Pertamina meskipun diklaim seagai termasuk baik dan di bawah pengawasan ketat Dirjen Migas, tetap saja fakta berbicara bahwa kualitasnya masih di bawah kualitas standar internasional.***
http://teknologi.kompasiana.com/grou...da-gunakan/-12


VERSI PERTAMINA&BHP MIGAS

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH MIgas) menyatakan Pertamina tidak mungkin menurunkan kualitas premium yang dijual untuk mendorong agar masyarakat untuk beralih menggunakan pertamax.

"Pemerintah tidak akan lakukan hal itu. Kalau lakukan itu, pasti akan terbuka dan Pertamina juga tidak mungkin melakukannya," ujar Kepala BPH Migas Tubagus Haryono saat berbincang dengan detikFinance, Rabu (21/7/2010).

"Kalau misalnya itu terjadi karena penyalahgunaan atau penyimpangan, tolong lapor ke BPH Migas. Kita tidak dapat laporan masyarakat , kita punya SMS center nomornya 3477. Kalau sudah ada laporan kami akan turunkan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk cek dengan mobil lab," jelasnya.

Sementara itu, Vice President Communication Pertamina, Basuki Trikora juga membantah jika BUMN Migas tersebut telah menurunkan kualitas premium agar masyarakat beralih ke Pertamax.

"Nggaklah, Pertamina tidak berkepentingan untuk itu. Kalau itu dilakukan, berarti yang diuntungkan justru bukan Pertamina tapi perusahaan lain yang juga menjual BBM non subsidi. Lagipula kami jual Pertamax dan Pertamax Plus itu kan supaya masyarakat punya banyak pilihan," paparnya.

Sementara di instalasi atau depot daily dilakukan short test dan penerimaan di SPBU juga dilakukan short test. Pertamina patuh terhadap quality control yang harus dilakukan sebagai bagian pelaksanaan standard operating prosedur.


BPH Migas memperkirakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar pada tahun 2011, akan melonjak 3-4 persen dari proyeksi konsumsi pada tahun 2010, jika konsumsi BBM bersubsidi tidak dibatasi.

"Untuk premium dan solar naik sekitar 3-4 persen pada tahun depan karena ekonomi terus tumbuh," ujar Tubagus.


"Kalau kuota keseluruhan bisa saja turun karena minyah tanah konsumsinya juga turun," jelasnya.
http://www.detikfinance.com/read/201...-demi-pertamax

SILAHKAN DIANALISIS DARI KEDUA BELAH PIHAK,YANG SETUJU MAUPUN TIDAK SETUJU SILAHKAN KOMENTAR, YANG MAU SHARE PENGALAMAN PRIBADI JUGA SILAHKAN

YANG PENTING TIMPUKIN ANE CENDOL




PENTING BANGET TENTANG BBM!
profile-picture
profile-picture
rhiyannn dan shortdistance memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 42 dari 378
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:38
ane ga punya mobil gan emoticon-Ngakak
0 0
0
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:38
Quote:Original Posted By fs169
Oooohhhhh, malah pada beli di SHELL...
Itu korporasi setan gan, yg dibalik ribut2 AMBALAT itu SHELL, yg nguras minyaknya NIGERIA yg rakyatnya gak makmur-makmur itu SHELL, ingat yg eksplorasi dan eksploitasi minyak PERTAMA x di Indonesia itu SHELL (& dinasionalisasi sama Bung Karno jadi PERTAMINA)...

masyarakat dikit2 salahin pertamina & pemerintah,
pertamina & pemerintah juga kalo dicomplain dikit langsung nyolot tanpa dicek dulu yg salah apa...
kenapa gak ada yg curiga sama SPBU nakal-nya???


betul gan..SHELL itu dilarang untuk eksplorasi&production di Indonesia sekarang..mereka cuma boleh buat usaha hilir..yah bikin pom bensin jual oli dsb.. mereka terbukti melakukan kecurangan penjualan blok secara sepihak..makanya di larang sekitar 10tahun lebih..

Be Smart juga lah jangan cuma nyalahin Pertamina..tabung gas juga banyak ledakan gara2 rakyat kita sendiri yang egois dan cari kesempatan..bikin tabung dan kelengkapan padahal bukan kontraktor yang ditunjuk, oplos sana sini lah..kl masalah bensin sih belum tentu juga salah mereka..coba aja lo ke balongan ato cilacap sendiri liat prosesnya dirubaha apa kagak..gw sih lebih curiga ke spbu nakal ato memang mobil yg gak tau diri masih pake premium..

Gak usah gaya-gayaan naek mobil kalo gak mampu beli pertamax..naek angkot,bus, ojek, taksi atau sepeda ajah..Hidup Mass Transportation !!!
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:38
emoticon-Cape deeehh termasuk provokator penghancur image produk dalam negeri !
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:38

--a

Gan. . . di mobil 2005++ di tutup tangkinya ada tulisan kok. . .
"Gunakan Bensin tanpa timbal". . .
trus emang peruntukan premium kan untuk masyarakat kurang mampu gan. . .
masa masyarakat kurang mampu, mampu buat beli mobil thn 2005++? kurang mampu apa itu gan? kurang mampu beli mobil keluaran terbaru?. . .
jd sebenernya menurut saya itu salah kita sendiri gan mau berhemat make premium padahal kita mampu secara keuangan :maho. . .
mohon jgn terlalu menyalahkan salah satu pihak gan. . .emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:38
Quote:Original Posted By hery04
bisa beli Honda Jazz yang harganya ratusan juta pake Premium emoticon-Cape d...

Bisa beli Toyota Yaris yang harganya ratusan Juta pake Premium emoticon-Cape d...


Pake PertamaX Woii emoticon-Mad:

gw aja yang punya Motor Vixion harganya 21 juta pake pertamax, kaga malu apa lu semua emoticon-Cape d...


sob.. motor u ngisi brp liter si dai kosong ?? jgn samain ama mobil donk, cb aj u itung sendiri isi 38 liter pertamax brp ? jarak tempuh mbl2 yg u sebut itu rata2 420km satu tangki.. bakal jau bedanya ama klu isi premium.. klu mblnya cm buat weekend doank si ngapain jg isi premium ?? lgsg pertamax plus aj biar cihuy.. namanya buat harian.. klu u mauu biayain boleh loh.. g tunggu.. jgn berpikiran sempit bos..

inget.. masi ada langit diatas langit.. masi ada jurang dibawah jurang..

jgn anggep semua org itu sama ama u.. yg mampu pun kadang mikir lg buat isi pertamax.. n berpendapat soal hrs pake bensin apa.. lg pula itu hak kita koq..
0 0
0
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:39
kudu waspada bget ni gan
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:39

heehehe

Quote:Original Posted By Mayaseptha
iya gan..ane juga udah denger bnyak mobil yg tiba2 mogok dijalan emoticon-Malu (S)


parah yeee:maho:maho
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:39
Kemaren gas meledak sekarang premium

ini kayanya taktik pemerintah supaya pada pake pertamax nih
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:39
ya allah sedih banget ini. ane baru tau ternyata begitu. belom kelar masalah tabung ijo, nambah lagi beginian. haduh miris deh.
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:39

premiumm gatott..

bener gannn,, taksi baru2 aja mobilnya pada mogokkk...

parah premium..

emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis

Bener2 Afgan orang pertaminaa...
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:39
Haduuh mw bijimane lg nh..
- TDL mau naik.
- Sembako juga berpotensi naik.
- Ditambah lagi ama BBM yang ga berkualitas.
Susah banget mw idup enak di Indonesia emoticon-Hammer2
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:39
wah, baru skrg mau pake pertamax.. dari dulu kaskus udah banyak yang pertamax.. emoticon-Hammer

tp klo emg mesti beralih ke pertamax,, berarti pengeluaran ane bakal tambah bengkak deh.. emoticon-Hammer2
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:40
emoticon-2 Jempol nice info gan emoticon-Big Grin keep posting
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:40

Sedikit share

Memang beda bgt gan, kualitas premium dulu sama premium sekarang... emoticon-Belo

Terasa bgt bedanya... emoticon-Nohope

Mana motor ane sering mogok tiba2, kl pake pertamax gak.. emoticon-Malu

Makanya ane skrg beralih ke pertamax, walaupun agak mahal dan menguras kantong emoticon-Frown



Perlu di garis bawahi :

Pemerintah seolah-olah membodohi rakyat, gak kasihan apa sama rakyat???

Gimana nasib tukang ojek dll jika motornya rusak akibat premium yg tidak bagus? emoticon-Mewek

Sekalian di cek SPBU yg nakal, kayaknya mereka patut di curigai jg... emoticon-Mad (S)

Miris bgt bangsa kita ini
emoticon-Nohope
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:40
sungguh miriis ngeliat kejadian ini..
padaha lkita punya kilang minyak banayk loh di daerah2..
tp nyata2 nya hanya dpt premium yg KW 1 ...PARAH !!!!
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:40
parah bener dah indonesia !
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:40
bisa2 shell sama petronas nih yang lbh laku drpd pertamina .
katanya harus cinta emoticon-I Love Indonesia produk lokal .
ya gak semua yang punya mobil orang kaya kali .
ada jg yang mobil dipenjimin perusahaan , buat fasilitas tapi emang keadaan ekonomi yang punya mbl jg pas pasan .
mau ga mau pake premium kali . wlpun bensin jg di ganti ma perusahaan
0 0
0
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:40
ckckckcc...
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:41
emoticon-Sundul:
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
WASPADA! Kualitas Premium DITURUNKAN PERTAMINA! Ratusan Kendaraan RUSAK MASAL!
22-07-2010 12:41
parah gan,, bener2 harus tetap waspada nih pertamina dah banyak yg jatohin kasihan juga,,, istilah kasarnya SAABOTASE
profile-picture
shortdistance memberi reputasi
1 0
1
Halaman 42 dari 378
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia