Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1863
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000002993861/dokter-leonid-orang-yang-mampu-mengoperasi-dirinya-sendiri-pic
Dokter Leonid Rogozof Tanggal 29 April 1961, seorang dokter dari ekspedisi Antartika Rusia (Kutub Selatan Bumi) di stasiun ekspedisi “Novolazarevskaya”, Leonid Rogozof (27 tahun), merasa demam dan bagian bawah perutnya terasa sakit sekali. Keesokan harinya keadaannya semakin parah. Tak mungkin di daerah kutub yang terpencil itu ia menyewa pesawat untuk membawanya ke rumah sakit. Tak mungkin pula
Lapor Hansip
24-12-2009 13:52

Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)

orangnya


Tanggal 29 April 1961, seorang dokter dari ekspedisi Antartika Rusia (Kutub Selatan Bumi) di stasiun ekspedisi “Novolazarevskaya”, Leonid Rogozof (27 tahun), merasa demam dan bagian bawah perutnya terasa sakit sekali.

Keesokan harinya keadaannya semakin parah. Tak mungkin di daerah kutub yang terpencil itu ia menyewa pesawat untuk membawanya ke rumah sakit. Tak mungkin pula ia minta pertolongan kepada dokter yang lain, karena ia adalah satu-satunya dokter yang ada di tempat ekspedisi tersebut.

Akhirnya pada malam 30 April 1961 itu, dr Leonid terpaksa melakukan operasi terhadap dirinya sendiri, untuk memotong dan mengeluarkan organnya berupa usus buntu (appendix) yang telah meradang.

Dalam operasi itu ia menggunakan bius lokal (local anesthesia), dibantu oleh seorang mekanik dan seorang ahli meteorologi yang ada dalam ekspedisi tersebut.

Sambil berbaring setengah membungkuk ke arah sisi kiri, ia menyuntikkan ke dirinya cairan obat bius lokal “novocaine”, kemudian melakukan torehan sepanjang 12 cm dibagian perut kanannya (iliac) dengan pisau bedah.

Dengan melihat melalui cermin kecil dan meraba-raba, Leonid melakukan pembedahan, mengeluarkan usus buntunya, dan menyuntikkan antibiotik dibagian perut, menjahit lukanya. Kedua orang “asisten” (mekanik dan metrologist) membantu memegang cermin kecil ke dekat perut dan memberi peralatan kedokteran kepada Leonid. Operasi ini berjalan selama 1 jam 45 menit hingga selesai.

Lima hari pasca operasi, temparatur badan Leonid normal kembali, dan 2 hari berikutnya jahitan lukanya dibuang.

Seluruh peralatan yang dipakai untuk melakukan operasi yang spektakuler itu, kini berada dan dipamerkan di museum “Artik dan Antartika” di St. Petersburg, Rusia.


foto saat operasi (Agak DP)


sumber

mampir dong gan :

Pesawat Amerika Tergelincir di Jamaika, Terbelah 3 ! (+pic)

[HEBOH] Santa Claus Merampok Bank (+pic)

Batboat VS Pemburu Paus (+pic) [CEKIDOT]

Demi Anak, Seorang Ibu Rela Dahinya di Tatoo emoticon-Smilie


Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)

mohon maaf sebesar-besarnya jika


TS bener-bener gak mau ini


TS hanya mau ini


dan tidak lupa TS minta ini juga
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 20 dari 94
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
08-04-2010 17:10
keren bgt tuh dokter
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
08-04-2010 17:13
ngak takut kalo salah potong yah
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
08-04-2010 17:20
buset dah, gimana caranya tuh gan, dia gak dibius? emoticon-Bingung
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
08-04-2010 17:22
sereem gan
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
08-04-2010 17:22
wah... hebat tu dokter....
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
08-04-2010 17:59
emoticon-I Love Kaskus

hebat bgt yah
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
08-04-2010 18:01
keren,,gan inpohnya
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
11-04-2010 18:13
terpaksa....

toh akhirnya sembuh juga
emoticon-Hammer2
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
11-04-2010 18:45
Set dah..

Gila tuh gan, psikopat kali ya..

emoticon-Amazed
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
11-04-2010 18:46
klo ad ap2 ga usah k dkter dongemoticon-Big Grin
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
20-04-2010 13:10
emoticon-Takut gile bener gan ngoperasi sendiri emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
20-04-2010 13:28
hebat jg
emoticon-siul:
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
20-04-2010 13:29
dah gila kali tuh orang Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
20-04-2010 13:47
gila gan, jago banget dia emoticon-Belo

salah satu bakat yg langka
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
20-04-2010 13:52
busedd hebadd amad gan
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
11-05-2010 05:21
jadi mual ane gan.
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
11-05-2010 05:25
salut karna keberaniaan nya...
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
11-05-2010 05:52
waah aneh gan =,=a
0 0
0
Dokter Leonid, Orang Yang Mampu Mengoperasi Dirinya Sendiri (+pic)
20-05-2010 22:50
emoticon-Belo
hebat nih dokter emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Halaman 20 dari 94
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia