dulkemplu
TS
dulkemplu
Manfaat sayuran/buah Pare!!! rugi lo gan gak baca....
gan,..suka buah Pare atau Paria atau apa namanya?...ini memang pait
tapi ternyata banyak manfaatnya.....



Manfaat Buah Pare

Pare yang memiliki nama latin Momordica Charantia adalah suku labu-labuan (Cucurbitaceae) sejenis tanaman menjalar dengan buahnya panjang bergerigi dan runcing ujungnya.

Pare memiliki nama yang beragam disetiap daerah diantaranya Prien (Gayo), Foria (Nias),Peria (Melayu), Kambeh (Minangkabau), Papare (Jakarta, Halmahera), Paria (Sunda, Makasar, Bugis, Batak, Bima), Pare (Jawa Tengah), Pepareh (Madura), Paya Truwok (Sasak), Pania (Timor), Popari (Menado), Beleng gede (Gorontalo), Papariane (Seram), Papari Buru), Kepare (Ternate).
Pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Walaupun memiliki cita rasa pahit, buah ini menyimpan berjuta manfaat dari berbagai nutrisi yang dikandungkan.Sayang rasanya jika pare terlewatkan dalam daftar menu makanan kita.

Lalu apa saja manfaatnya?

Mencegah sel kanker Pare mengandung Lesichin yang bermanfaat mengaktifkan kerja kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Selain itu juga mengandung betakaroten yang dapat membasmi sel kanker, menghambat serangan jantung dan mengatasi infeksi karena virus.

Menurunkan kadar gula
Zat protein yang terkandung berperan dalam penurunan kadar gula dalam darah. Kadar kalsium pare juga tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pankreas untuk menghasilkan insulin. Bila insulin dalam tubuh mencukupi maka kemungkinan kadar glukosa membanjir dapat dicegah, sehingga kadar gula darah menjadi normal atau terkontrol.

Mengatasi sembelit
Kandungan serat, vitamin C, karotin, kalium bekerja untuk mengatur kondisi di dalam usus dan berfungsi untuk mengatasi sembelit.

Menjaga kesehatan mata
Karotin yang terkandung bekerja untuk menjaga kesehatan mata, dapat meningkatkan aktivitas mata. Dengan kandungan ini, maka pare dapat untuk mengatasi ataupun mengurangi keluhan rabun senja.

Menjaga kecantikan kulit, sebagai anti oksidan
Pare mengandung Vitamin C 120 ml per 100 gramnya. Vitamin C ini berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit dengan membantu mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultra violet. Itu berarti pare dapat mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah.

Sebagai anti oksidan
Pare juga berperan sebagai anti oksidan karena kandungan vitamin, mineral dan fitokimianya. Anti oksidan berfungsi menetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Radikal bebas memicu pembentukan sel kanker, mempercepat penuaan, penyumbatan arteri, stroke, penyakit jantung dll.

Anti AIDS-HIV
Pare mengandung zat yang bermanfaat sebagai Anti HIV-AIDS, yang disebut ‘bitter melon’. Zat ini dinamai alpha-momorchorin, beta-momorchorin dan MAP30 (momordica antiviral protein 30). Kapsul berisi bubuk biji pare konon biasa dipakai di AS, dan senyawa tersebut diakui menahan laju perkembangan virus HIV-AIDS. Dengan terapi pare, para pengidap HIV-AIDS di Thailand dan AS secara klinis tampak lebih sehat dan berat badanya meningkat.

Khasiat dan manfaat lainnya
Pare masih memiliki khasiat yang lain seperti mengobati cacingan pada anak, batuk rejan, ambient, menambah ASI, bisul, dan disentri. Biji pare bermanfaat juga untuk menyembuhkan impoten.Selain itu pare juga dapat merangsang nafsu makan, membantu penyembuhan penyakit kuning, dapat digunakan sebagai obat malaria.

Selain buahnya, daun pare juga memiliki banyak manfaat, seperti membantu penyembuhan mencret pada bayi, membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan,dapat menurunkan panas.

ini sumbernya : http://www.coretan-berly.co.cc/2009/...buah-pare.html


ini gambarnya :





ini yang udah di jadiin makanan :




Maap kalo emoticon-Blue Repost jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
Kalo berkenan kasihemoticon-Blue Guy Cendol (L)

Alhamdulilah juga kalo dibantu RATE

Terima kasih ya gan.......

Spoiler for mampir dong gan:
anasabila4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
17K
168
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge Pictures
icon
69KThread10.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.