Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
3046
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000960321/pintu-terlarang--a-film-by-joko-anwar--a-must-see
Pintu Terlarang Trailer http://www.youtube.com/v/t3XZAUNgNzQ Usai menjadi penulis dan sutradara dalam film Kala, Joko Anwar akan kembali dalam sebuah film terbaru miliknya berjudul Pintu Terlarang. Tidak hanya sebagai penulis skenario, Joko juga akan menduduki kursi sutradara dalam film yang bergenre drama thriller ini. Joko yang dihubungi via telepone pada selasa (10/6) sore mengungkapkan, filmny
Lapor Hansip
15-07-2008 01:21

Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !



RIPIW !!!


IFFR 2009: THE FORBIDDEN DOOR Review
twitchfilm.net

In December I didn’t make a top 10 list of favorite movies I had seen in 2008. Last year was so turbulent for me that I think I didn’t even see half of the movies that I was looking forward to, therefore any “best of” list I made would have been senseless.

On the other hand, even if I had seen everything I wanted some movies would still have made it onto that list. Surprisingly, Joko Anwar’s “Kala: Dead Time” is one of those. It totally defied my expectations and was very pleasant on the eyes too. I happened upon it by chance, loved it and reviewed it.

So with happiness I read that his next movie “The Forbidden Door” would have its first screening outside of Indonesia at the International Film Festival Rotterdam.
I have seen it and can conclude the following things:

1: “Kala: Dead Time” was no fluke.
2: Joko Anwar really loves that comic book noir look.
3: Joko Anwar really loves pulling the rug from under his audience’s feet.

And, most importantly, number 4: Joko Anwar has a wicked mean streak hidden inside of him!

Read on after the break…

The Story:

Gambir is a successful sculptor, famous for his statues depicting highly pregnant women. He seems to have it all, but his success disgusts him for it is based on a sordid secret. Problem is, his agent knows this as well and blackmails Gambir into continuing this very lucrative business.
Worse, stress has made him impotent, and both his wife Talyda and his mother are constantly discussing various ways to get him ehm… performing again, as Talyda desperately wants a baby.

All this fades into the background when a couple of mysterious things happen. First, Gambir discovers a secret locked door in his cellar but his wife begs and pleads for him not to break it open, as it holds a secret from her past that she wants to keep hidden. Spineless as always, Gambir agrees.

Also, someone starts sending vague messages to Gambir. Messages that lead him to a secret society which allows its members to watch perverted reality shows on special television channels. One of these programs shows a young boy being terribly abused by his parents, with the audience speculating about how long the child will survive.

Sickened to the core Gambir tries to save the boy, but that means taking control of his own life and facing the thing which lies…

(...tum-tum-TUUUM!!!) ...BEHIND THE FORBIDDEN DOOR!


The Movie:

Good grief, this film turned a lot of heads and maybe even a stomach or two. Joko Anwar has written a mean rollercoaster of a movie here, from the brilliant Saul Bass-inspired opening credit sequence to a blooddrenched finale worthy of Fulci. At the twenty minute point a twist in the story is introduced which would normally be “the big reveal” at the end, but in this film it’s just the beginning, a stepping stone to what’s next. You might almost consider it as a friendly warning from the director, telling you how crazy he is planning to make the ending.

Getting there is a fun ride but to my regret I found myself losing connection with the main characters. The plot almost plays out like a reverse version of David Fincher’s “The Game” but that movie kept you attached to (and feeling sympathetic for) the main character, faults and all. The same can be said of “Kala: Dead Time” which even had you rooting for several protagonists at the same time. But in “The Forbidden Door” any warm feelings you might have for Gambir and his plight ebb away after he makes a decision or two that I as a viewer just could not condone.
However, this is all obviously on purpose because it allows for some eh… pretty extreme actions from all characters at the end, making you wonder how Anwar is going to tie his story up.
That he manages to do so in a satisfying way is quite an achievement.

The same crew that made “Kala” look as good as it did was reused by Anwar to create “The Forbidden Door” and it shows. This movie looks insanely good in spots, as the screenshots (here and in the gallery) will attest.
Deeming the real Jakarta to be too dirty looking, Joko Anwar ordered a fake, cleaner version to be built using several big sets. Like with “Kala” this makes it seem as if the story takes place in some alternate universe where everything is slightly more stylish, colorful or menacing. The sheer amount of gloss and polish totally defies the small budget: the film cost less than 600.000 USD to make but easily looks ten times as expensive.

Also returning is most of the same cast of “Kala”. Fachri Albar again does fine work as Gambir and Ario Bayu plays his best friend, although the latter this time doesn’t get the chance to overshadow the rest of the cast. Marsha Timothy plays Talyda who may-or-may-not be a femme fatale, and she is good as well.

But the real star of the movie is once again the sultry atmosphere. This time the genre switches from comic book thriller, to mindfuck movie, to Grand Guignol horror, and while the mix isn’t as delicious and surprising as it was in “Kala” it still looks mighty sweet. And again Joko Anwar amazingly manages to make it look like a coherent whole, covered in a “faux noir” look which is so recognizable that it should be patented.
What will he try next:

War movie, sports comedy and murder mystery?
Costume drama, hardcore pornography and science fiction?
Zombie splatter, teenage romance and Oscar bait?

Whatever it is I can only hope it will be just as entertaining as “The Forbidden Door” is.

Oh wait, he told me: it’s going to a low-budget slasher film and he’s giddily aiming to make it the goriest movie ever. Judging by what I’ve just seen, that statement sort of makes me afraid.
Very afraid…


Conclusion:

Joko Anwar wants to keep his movies accessable for the general public while telling them an outrageous story at the same time, and like with “Kala” it’s amazing how well he succeeds. “The Forbidden Door” looks gorgeous (despite its budget!) and jumps effortlessly from genre to genre without alienating its audience.

Unfortunately as the story proceeds it becomes a rather mean-spirited affair which leaves you without a sympathetic protagonist to root for, and becomes over-the-top bloody which might be hard to stomach for a lot of people. I had no problem with this but I can imagine the finale getting a bit too strong a flavor for most. Getting there is a hoot though and you can almost FEEL Joko Anwar grinning evilly beside you during the ending…

The audience at the International Film Festival Rotterdam awarded “The Forbidden Door” a very respectable 4.0 out of 5 so maybe people are used to a lot more gore than I expected…

Ripiw2 Kritikus KASKUSER!!

kaka RAWKUS ikutan Ngeripiw!!

DOKTER DanieL emoticon-Big Grin

ada Om Vivah emoticon-Malu

Om Wito ikutan juga emoticon-Big Grin[/COLOR]


ANOTHER REPIW!!

"FOUR STARS! Mencekam... Cemerlang!"(SPOILER ALERT)

Menguncang, penuh ketegangan!!

Saya suka PINTER, kamu?

GUE LEBIH BAIK MATI !!

Taik Kucing!!

Misteri di balik pintu!
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 117 dari 154
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 10:34
Quote:Original Posted By Hafilova
Gak usah ngasih tau deh ceritanya gimana,gue jamin udah pada banyak yang tau.....Gue cuman mau komen sedikit aja,Dari opening scenenya aja gue dah yakin nih film bakalan memberikan sesuatu yg beda dari film indo yg lain,dan ternyata memang bener cerita yg gak umum berani di tampilkan oleh sang sutradara dengan baik,film ini dibilang film berat ya ngak,tapi untuk dibilang film ringan juga ngak.Gue yakin nih kalo mau si sutradara bisa aja membuat cerita ini lebih berat,tapi mungkin karena pertimbangan tidak semua orang bisa ngerti maka dengan cerita yang ada udah dapat bisa dinikmati oleh semua kalangan.....gue sendiri secara pribadi sudah bisa menebak jalan cerita ini dari pertengahan film,walaupun endingnya gak sama persis seperti yg gue bayangin.......Suasana suram dan kelam berhasil dibangun dengan baik, mejadikan film ini feel misterinya semakin terasa.....salut juga buat si Fachri Albar sebagai tokoh sentral mampu membawakan perannya dengan baik dan memberikan jiwa buat film ini........yg kurang dari film ini mungkin cuma endingnya aja,endingnya sepertinya terlalu gampang,gampang bukan dalam artian gampang utuk ditebak, melainkan dalam artian semua hal2 diawal sampai klimaks seakan akan menjadi wajar gara2 ending seperti ini,tanpa harus berpikir lebih dalam....karena semua itu hanya ada di **spoiler** aja.....so overall Pintu Terlarang is the best indonesian film so far.......

setuju soal endingnya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

seperti yg gw bilang, endingnya seolah2 jalan keluar gampang, penulis cerita kabur karna ga bisa selesaikan ceritanya... jadi gampangnya gmana? ya begitu jadinya endingnya, so ga ada yg tanya2 lagi hal2 aneh, toh endingnya begitu hahaha
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 12:10
Quote:Original Posted By 9892686
setuju soal endingnya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

seperti yg gw bilang, endingnya seolah2 jalan keluar gampang, penulis cerita kabur karna ga bisa selesaikan ceritanya... jadi gampangnya gmana? ya begitu jadinya endingnya, so ga ada yg tanya2 lagi hal2 aneh, toh endingnya begitu hahaha


ngomongin alur kan kalo arahnya ke penulis cerita...bukan ke bolong2 film yg belum bs kita tambal khan...kalo iya, saia ndak setuju tuhh emoticon-Big Grin



kalo ngomongin masih beberapa scene yg agak sulit disambungin...trus jawabannya dr semua itu adalah ***,ngapain dipikirin...nah kalo ini dibilang ngegampangin, gw setuju...tapi sebenarnya bukan salah penulis, creator-nya...tapi salah yg bikin judgment alur sendiri. Jadi dr analogi gw sih, gw bilang ada penonton PinTer yang ngegampangin, atau ada juga penonton yg mikir sampe jauh,hubung2in satu dgn lainnya sampe stress sendiri...gw mungkin tipe pertama yg nggak ambil pusingemoticon-Smilie
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 18:55
Quote:Original Posted By wito1006
ngomongin alur kan kalo arahnya ke penulis cerita...bukan ke bolong2 film yg belum bs kita tambal khan...kalo iya, saia ndak setuju tuhh emoticon-Big Grin



kalo ngomongin masih beberapa scene yg agak sulit disambungin...trus jawabannya dr semua itu adalah ***,ngapain dipikirin...nah kalo ini dibilang ngegampangin, gw setuju...tapi sebenarnya bukan salah penulis, creator-nya...tapi salah yg bikin judgment alur sendiri. Jadi dr analogi gw sih, gw bilang ada penonton PinTer yang ngegampangin, atau ada juga penonton yg mikir sampe jauh,hubung2in satu dgn lainnya sampe stress sendiri...gw mungkin tipe pertama yg nggak ambil pusingemoticon-Smilie


gw yg mana?? emoticon-Big Grin
ada di antara kedua tipe itu kah emoticon-Malu
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 21:12
Quote:Original Posted By Hafilova
Gak usah ngasih tau deh ceritanya gimana,gue jamin udah pada banyak yang tau.....Gue cuman mau komen sedikit aja,Dari opening scenenya aja gue dah yakin nih film bakalan memberikan sesuatu yg beda dari film indo yg lain,dan ternyata memang bener cerita yg gak umum berani di tampilkan oleh sang sutradara dengan baik,film ini dibilang film berat ya ngak,tapi untuk dibilang film ringan juga ngak.Gue yakin nih kalo mau si sutradara bisa aja membuat cerita ini lebih berat,tapi mungkin karena pertimbangan tidak semua orang bisa ngerti maka dengan cerita yang ada udah dapat bisa dinikmati oleh semua kalangan.....gue sendiri secara pribadi sudah bisa menebak jalan cerita ini dari pertengahan film,walaupun endingnya gak sama persis seperti yg gue bayangin.......Suasana suram dan kelam berhasil dibangun dengan baik, mejadikan film ini feel misterinya semakin terasa.....salut juga buat si Fachri Albar sebagai tokoh sentral mampu membawakan perannya dengan baik dan memberikan jiwa buat film ini........yg kurang dari film ini mungkin cuma endingnya aja,endingnya sepertinya terlalu gampang,gampang bukan dalam artian gampang utuk ditebak, melainkan dalam artian semua hal2 diawal sampai klimaks seakan akan menjadi wajar gara2 ending seperti ini,tanpa harus berpikir lebih dalam....karena semua itu hanya ada di **spoiler** aja.....so overall Pintu Terlarang is the best indonesian film so far.......


Quote:Original Posted By wito1006
^setuju, but it is not for some people...kebanyakan dipikirin jadi stres sendiri...emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By 9892686
setuju soal endingnya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

seperti yg gw bilang, endingnya seolah2 jalan keluar gampang, penulis cerita kabur karna ga bisa selesaikan ceritanya... jadi gampangnya gmana? ya begitu jadinya endingnya, so ga ada yg tanya2 lagi hal2 aneh, toh endingnya begitu hahaha


Quote:Original Posted By wito1006
ngomongin alur kan kalo arahnya ke penulis cerita...bukan ke bolong2 film yg belum bs kita tambal khan...kalo iya, saia ndak setuju tuhh emoticon-Big Grin



kalo ngomongin masih beberapa scene yg agak sulit disambungin...trus jawabannya dr semua itu adalah ***,ngapain dipikirin...nah kalo ini dibilang ngegampangin, gw setuju...tapi sebenarnya bukan salah penulis, creator-nya...tapi salah yg bikin judgment alur sendiri. Jadi dr analogi gw sih, gw bilang ada penonton PinTer yang ngegampangin, atau ada juga penonton yg mikir sampe jauh,hubung2in satu dgn lainnya sampe stress sendiri...gw mungkin tipe pertama yg nggak ambil pusingemoticon-Smilie


wew.. untuk bro hafilova.. setuju banget kalo emang akhirnya itu si gambir gila, ga ada yg perlu dipertanyakan di sisa film ini, karena namanya juga orang gila.. dia mo mikir apa juga itu kan pikiran dia.. jadi ya intinya, kita terima jadi aja..

tapi klo buat gw pribadi, gw tau si gambir gila, tapi gw masih tetep ada banyak pertanyaan yg ga masuk akal.. (yg ampe2 gw lupa sekarang karena ga dapet2 jawabannya.. wakakak). dan pertanyaan2 itu kebawa2 ampe gw mikirin terus pas sebelom tidur.. dan keterusan.. ampe2 gw jadi ngeh kalo dalam proses tidur gw itu gw mikir.. wakakkaka
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 21:15
btw juragan sekalian.. ada yg baca free! magazine (bulan ini mungkin?) ga??
tadi ngambil dari counter poke sushi food louvre GI.. (wakakkaka)
trus ga sengaja begitu buka sembarang halaman, ada wawancara ama bang joko..
soal PinTer n bang joko sendiri.. pengen scan, kegedean, pengen nulisin, males.. wakkakaka
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 21:19
Quote:Original Posted By kaniacepot
btw juragan sekalian.. ada yg baca free! magazine (bulan ini mungkin?) ga??
tadi ngambil dari counter poke sushi food louvre GI.. (wakakkaka)
trus ga sengaja begitu buka sembarang halaman, ada wawancara ama bang joko..
soal PinTer n bang joko sendiri.. pengen scan, kegedean, pengen nulisin, males.. wakkakaka


wah...wah...inti wawancaranya apa nih emoticon-Big Grin
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 21:53
^^ entaran mungkin saya ketikin.. hehehe
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 22:05
Quote:Original Posted By kaniacepot
^^ entaran mungkin saya ketikin.. hehehe


ditunggu ketikannya jeng emoticon-Embarrassment
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
21-02-2009 22:36
ane cape ngetiknya, gan.. wakkaka
ternyata ada edisi digitalnya.. wakkaka
nih, silakan dinikmati..

http://digital.freemagz.com/2009/200...-03/index.html

artikel bang jok ada di halamn 32..
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
22-02-2009 13:27
Quote:Original Posted By kaniacepot
ane cape ngetiknya, gan.. wakkaka
ternyata ada edisi digitalnya.. wakkaka
nih, silakan dinikmati..

http://digital.freemagz.com/2009/200...-03/index.html

artikel bang jok ada di halamn 32..


".......Emang film thriller Indonesia yang lain yang mana??......." emoticon-Big Grin

Padahal ada:
- Fiksi yg script-nya dia juga yg nulis
- Kala yg bikin dia sendiri!!!

Dasar sableng!!! emoticon-Peace
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
22-02-2009 18:52
Quote:Original Posted By James Potter
".......Emang film thriller Indonesia yang lain yang mana??......." emoticon-Big Grin

Padahal ada:
- Fiksi yg script-nya dia juga yg nulis
- Kala yg bikin dia sendiri!!!

Dasar sableng!!! emoticon-Peace


lagi amnesia kali pas diwawancara emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
22-02-2009 19:04
Artikel diatas kyknya perlu dibaca sm teman gw yg masi marah2 bilg PinTer jelek krn nggak ada pesan moralnya...well soalnya gw lebih berprinsip biar ada pesan moralnya sekalipun kalo sampah yaa sampah...kalo mau nont pilem yg hrs ada pesan moralnya mending liat drama tvri emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
23-02-2009 00:03
jadi sepi kok??
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
23-02-2009 00:20
PinTer? Pesan moral....well smart ones can find some. Rasa-rasanya pesan2 itu gak perlu di dramatisir seperti yang kita kenal ya?

Apakah harus menyampaikannya dengn cara konvensional? Salah satu pesannya: kekerasan pada anak hanya akan melahirkan seorang monster lainnya.
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
23-02-2009 13:18
Quote:Original Posted By ramirezhate
mantab emoticon-Angkat Beer

selamat nonton~
kasih reviewnya nanti jangan lupa dipost disini emoticon-Smilie


kk....saya paling ga bisa kasih review....tp setelah saya nonton PinTer, saya lebih suka film KALA emoticon-Malu

Quote:Original Posted By ahliwaris
ikuuuuuuuuuuuuuuut emoticon-Ngacir






eh menado yah ... emoticon-Embarrassment



ongkosin pesawatnya dong pergi - pulang emoticon-Malu


masa nontonnya cuma 15 rb...bayar ongosnya sampe 1.5 JT emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By Hafilova
Barusan pulang nih bis nonton PinTer.....emoticon-Big Grin


baru di puter juga yah??

Quote:Original Posted By kaniacepot
^^^ daerah mana, gan?? kok pinter nya masih diputer???


di manado juga baru kmrn tuh.... emoticon-Malu
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
24-02-2009 17:43
sy baru nonto belahan jiwa karya mbak sekar ayu asmara juga..
ide ceritanya sih sama persis loh kayak PinTer..
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
24-02-2009 20:36
Quote:Original Posted By kaniacepot
jadi sepi kok??


iya bro.. cant last long for just one movie.. tunggu karya joko anwar yang baru lg wekekeke
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
24-02-2009 20:45
sbnr nya ini nunggu JA nya muncul d marih neh....

kn pdhl promosi nya ud beres, wong ud turun dr bioskop kan... so bung JA saat nya bahas film nya di marih neh... biar jelas gt loh emoticon-Big Grin
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
24-02-2009 20:45
entahlah... kalau Kala lumayan keren tp adegan yg aneh pas si cewe muncul di atas batu dengan pedangnya... trus siluman itu lama2 juga terlihat aneh emoticon-Malu

belum bisa nikmatin keseluruhan dari film itu.

klo pinter sy blum bisa nonton
0 0
0
Pintu Terlarang | A Film by Joko Anwar + A Must See !
24-02-2009 20:49
sbnr nya ini nunggu JA nya muncul d marih neh....

kn pdhl promosi nya ud beres, wong ud turun dr bioskop kan... so bung JA saat nya bahas film nya di marih neh... biar jelas gt loh emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 117 dari 154
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia