nirinaAvatar border
TS
nirina
BOND, JAMES BOND [Official Thread]




BOND, JAMES BOND

emoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-rose


Tampan, bertubuh atletis. Selalu memakai tuksedo dan jam Rolex. Di bar manapun, ia selalu memesan vodka martini yang “dikocok, bukan diaduk”. Dan ketika memperkenalkan diri, dia selalu memakai gaya yang khas, menyebutkan nama belakangnya dua kali: “Bond, James Bond.” Dengan segala kekhasan itu, agen MI6 nomor 007 seharusnya bukanlah seorang mata-mata yang hebat. Ia terlalu gampang dikenali. Terlalu menarik perhatian, terutama untuk wanita cantik yang tak pernah absen di tempat tidurnya.

Tapi apa mau dikata, Tuan Bond adalah spion nomor wahid di dunia fiksi, novel atau pun film. Sejak dibuat oleh Ian Fleming pada 1952, Bond merajai kisah fiksi spionase. Tapi dari mana Fleming mendapatkan ide membuat tokoh yang begitu kuat itu? Ada yang mengatakan, Fleming menciptakan Bond pada Februari 1952, ketika ia berlibur di salah satu negara bagian Jamaica, Goldeneye. Kelak nama negara bagian ini juga dibuat salah satu seri Bond.

Nama James Bond sendiri diambil dari seorang ahli burung Karibia yang menulis buku Birds of the West Indies. “Saya ingin nama yang terdengar paling tak menarik, paling biasa. Saya pikir James Bond jauh lebih baik dari ‘Peregrine Carruthers’. Kejadian eksotik dan aneh bisa saja terjadi pada dirinya dan di sekitarnya, tapi karakternya harus tetap biasa,” kata Fleming dalam wawancaranya dengan Readers Digest. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa nama ini diambil dari Gereja St. James Bond di Toronto, Kanada.

Nama bisa diambil dari nama gereja atau pakar unggas, tapi banyak orang yakin, karakter Bond diambil langsung dari pribadi Fleming sendiri. Memang terlalu banyak kesamaan di antara mereka berdua, mulai dari sekolah, makanan favorit (kopi dan telur orak-arik), kebiasaan (minum, merokok 60 batang sehari, memakai baju lengan pendek), karier militer di Angkatan Laut, tinggi badan, warna mata, dan tata rambut. Tentu saja, Fleming juga bergerilya dari pesta ke pesta kalangan jet set dan gemar mengencani perempuan yang luar biasa cantik.

Meski demikian, penghasilan Bond tidaklah terlalu besar jika diukur dengan kehidupan orang Inggris. Dalam Goldfinger yang ditulis pada 1959, penghasilannya hanya US$ 4.200 per tahun. Dengan menghitung inflasi selama sekian tahun, penghasilan itu sama dengan US$ 28.719.








Tak pernah disebutkan secara jelas berapa usia Bond, namun kira-kira si flamboyan itu berusia 30-an. Setidaknya hal ini dapat dipahami dari novel Moonraker (1955) saat Bond diberitahu akan pensiun dari seksi 00 pada usia 45 tahun. Saat itu Bond mengatakan, ia masih punya waktu delapan tahun. Kesimpulannya, dia saat itu berusia 37 tahun. Patokan inilah yang kemudian dipakai juga oleh penerus Fleming. Dalam film, patokan umur ini (30-an tahun) yang dipakai, kecuali dalam A View to Kill yang diperankan oleh Roger Moore yang telah berusia 57 tahun.

Gambaran fisik Bond, terutama dalam novel From Russia with Love, selalu sama. Tinggi 183 centimeter, berat 76 kilogram, ada codet vertikal di pipi kanannya (tak terlihat dalam film), bermata kelabu kebiruan, bibir penuh, berambut pendek dan hitam.

Baik dalam novel atau pun film, Bond digambarkan sebagai pria yang amat cerdas dan tahu segala hal. Dalam Goldfinger, misalnya, ia menghitung berapa banyak truk yang diperlukan untuk mengangkut emas di Fort Knox.

Meski suka main perempuan, Bond sebenarnya pernah menikah, seperti yang diceritakan dalam On Her Majestys Secret Service, namun isterinya, Teresa di Vicenzo, meninggal di hari pernikahan.

Bond juga punya anak, tapi bukan dari Teressa. Ia justru ayah dari anak yang dilahirkan oleh Kissy Suzuki, seperti yang diceritakan dalam You Only Live Twice. Dalam versi Fleming, Bond tidak pernah tahu ia punya anak. Baru dalam Blast From the Past yang ditulis oleh Raymond Benson, Bond tahu.

Karakter Bond begitu komplit. Ia telah menjadi tokoh fiksi yang utuh. Hanya satu yang belum ditulis tentangnya: kematiannya. Bond memang tak pernah mati. Setelah Fleming meninggal pada 1964, James Bond bahkan tak ikut dimatikan. Kingsley Amis, John Pearson, John Gardner, Raymond Benson dan Charlie Higson meneruskan pekerjaan Fleming.

Sampai akhir 2006, sudah sekitar 21 film James Bond dibuat. Tokoh Bond sendiri sudah berkali-kali mengalami pergantian pemain. Mulai dari Sean Connery, George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan, dan Daniel Craig.







Aktor pertama pemeran James Bond adalah Sean Connery. Yang terakhir, Daniel Craig. Roger Moore adalah aktor yang paling banyak memerankan Bond; tercatat Moore sudah 7 kali bermain sebagai agen Inggris yang charming dan digilai wanita ini.

George Lazenby adalah aktor yang paling sedikit membintangi film Bond: cukup satu kali, dalam film On Her Majesty's Secret Service. Hal ini ditengarai oleh protes para fans James Bond yang mengklaim aktor ini sama sekali tidak pantas berperan sebagai Bond.

Setelah Pierce Brosnan menolak membintangi film Bond berikutnya, peran agen 007 ini jatuh ke tangan aktor Daniel Craig. Hal ini sempat mengundang kontroversi karena Craig dianggap bukan sosok yang tepat untuk membintangi Bond. Craig merupakan bintang film James Bond pertama yang berambut pirang. Sebelumnya tidak ada bintang James Bond berambut pirang.

Keunikan dari film James Bond adalah pada setiap opening scene, di mana sejak seri Dr. No, setiap film James Bond dimulai dengan cuplikan tembakan senjata yang memperkenalkan agen 007 tersebut. Menyajikan tembakan senjata, disamping scene terlihat Bond sedang berjalan, lalu berpaling cepat dan menembak. Scene selanjutnya berubah warna menjadi merah darah, dan tembakan tersebut berubah menjadi lingkaran.








Adegan pembukaan ini akhirnya terus menerus dipakai sampai saat ini. Adegan pembukaan biasanya berlangsung selama lima menit. Namun pada film James Bond: The World is Not Enough, adegan pembukaan berlangsung selama 15 menit.

Selain itu, film James Bond selalu dilengkapi oleh peralatan serta fasilitas kendaraan yang mutakhir. Beberapa merk mobil yang menghiasi film James Bond pertama sampai akhir adalah Bentley, Aston Martin, Lotus, BMW, Ford, serta Rolls-Royce.

Ini yang paling penting: gadis-gadis Bond. Unsur ini tak pernah ketinggalan dalam setiap film Bond. Bond girl pada film pertama yang sangat terkenal adalah Ursula Andress, seorang aktris asal Swiss. Beberapa aktris cantik lainnya yang pernah jadi Bond Girl adalah Daniela Bianchi, Jane Seymour, Claudine Auger, Teri Hatcher, Izabella Scorupco, serta Denise Richards.

Dari sekian banyak film James Bond, tidak selalu menampilkan gadis blonde asal Eropa atau Amerika. Namun beberapa gadis non Eropa atau Amerika juga pernah ikut menjadi Bond Girl. Beberapa gadis non Eropa-Amerika itu adalah Akiko Akabayashi dalam You Only Live Twice dan Michelle Yeoh dalam Tomorow Never Dies. Walaupun Halle Berry adalah aktris asal AS, dia merupakan aktris kulit hitam pertama yang menjadi Bond Girl.








Nah, pada postingan selanjutnya berturut-turut akan diberikan sedikit data-data singkat serta cuplikan dari seri James Bond sejak Dr. No hingga film terakhirnya. Data di setiap seri akan terus diupdate, khususnya dalam hal trivia jika ada sumbangan informasi dari rekan-rekan fans James Bond. Semoga bermanfaat.....


01. Dr. No
02. From Russia with Love
03. Goldfinger
04. Thunderball
05. You Only Live Twice
06. On Her Majesty's Secret Service
07. Diamonds Are Forever
08. Live and Let Die
09. The Man with the Golden Gun
10. The Spy Who Loved Me
11. Moonraker
12. For Your Eyes Only
13. Octopussy
14. A View to a Kill
15. The Living Daylights
16. Licence to Kill
17. GoldenEye
18. Tomorrow Never Dies
19. The World Is Not Enough
20. Die Another Day
21. Casino Royale
22. Quantum of Solace
23. BOND 23
Extra: Dua yang Tersisih





0
75.1K
729
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.