others
Batal
link has been copied
6438
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000995452/yg-ngaku-wni-keturunan-china-absen-disini
Sudah kita ketahui bersama bahwa orang-orang Tionghoa di Indonesia berasal dari tenggara Tiongkok(China). Mereka termasuk suku-suku: •Hakka •Hainan •Hokkien •Kantonis •Hokchia •Tiochiu Daerah asal yang terkonsentrasi di pesisir tenggara Tiongkok dapat dimengerti karena dari sejak zaman Dinasti Tang, kota-kota pelabuhan di pesisir tenggara Tiongkok memang telah m
Lapor Hansip
03-08-2008 21:22

Yg ngaku WNI keturunan China absen disini

Sudah kita ketahui bersama bahwa orang-orang Tionghoa di Indonesia berasal dari tenggara Tiongkok(China). Mereka termasuk suku-suku:
•Hakka
•Hainan
•Hokkien
•Kantonis
•Hokchia
•Tiochiu

peta


Daerah asal yang terkonsentrasi di pesisir tenggara Tiongkok dapat dimengerti karena dari sejak zaman Dinasti Tang, kota-kota pelabuhan di pesisir tenggara Tiongkok memang telah menjadi bandar perdagangan yang ramai. Quanzhou malah tercatat sebagai bandar pelabuhan terbesar dan tersibuk di dunia pada zaman tersebut.

Ramainya interaksi perdagangan di daerah pesisir tenggara ini kemudian menyebabkan banyak sekali orang-orang Tionghoa juga merasa perlu keluar berlayar untuk berdagang. Tujuan utama saat itu adalah Asia Tenggara dan oleh karena pelayaran sangat tergantung pada angin musim, maka setiap tahunnya, para pedagang Tionghoa akan bermukim di wilayah-wilayah Asia Tenggara yang disinggahi mereka. Demikian seterusnya ada pedagang yang memutuskan untuk menetap dan menikahi wanita setempat, ada pula pedagang yang pulang ke Tiongkok untuk terus berdagang.

Sebagian besar dari orang-orang Tionghoa di Indonesia menetap di pulau Jawa. Daerah-daerah lain di mana mereka juga menetap dalam jumlah besar selain di daerah perkotaan adalah: Sumatra Utara, Bangka-Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Lombok, Kalimantan Barat, Banjarmasin dan beberapa tempat di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.
•Hakka - Aceh, Sumatra Utara, Batam, Sumatra Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Jawa, Kalimantan Barat,Banjarmasin, Sulawesi Selatan, Menado, Ambon dan Jayapura.
•Hainan - Riau (Pekanbaru dan Batam), dan Menado.
•Hokkien - Sumatra Utara, Pekanbaru, Padang, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Jawa, Bali (terutama di Denpasar dan Singaraja), Banjarmasin, Kutai, Sumbawa, Manggarai, Kupang, Makassar, Kendari, Sulawesi Tengah, Menado, dan Ambon.
•Kantonis - Jakarta, Makassar dan Menado.
•Hokchia - Jawa (terutama di Bandung, Cirebon, Banjarmasin dan Surabaya).
•Tiochiu - Sumatra Utara, Riau&Kepulauan, Sumatra Selatan, dan Kalimantan Barat (khususnya di Pontianak dan Ketapang).

sumber: disini

Thread ini gua buat sebagai ajang silahturahmi bukan hanya yg tinggal di regional China, tetapi di seluruh Indonesia (tidak bermaksud SARA)emoticon-thumbsup:
Sebutin ya suku leluhur dan asal daerah kaskuser sekalian emoticon-Smilie
Jangan lupa isi poll ya emoticon-Smilie

FYI:
khek = hakka
konghu = cantonis

Yg ngaku WNI keturunan China absen disini

Kalo ane sendiri konghu, asal dari Medan emoticon-Malu
Salam kenal semuanya emoticon-Angkat Beer
Polling
2,337 Suara
Tionghoa Indonesia punya beberapa suku, termasuk suku manakah anda? 
Diubah oleh santo_kemp
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 329
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
27-08-2008 22:49
Quote:Original Posted By emblazon
Sekarang tukang parkir aja udah tau goceng, goban, sama seceng ( bahasa tukang parkir buat seribu ) emoticon-Big Grin emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


iy, beneremoticon-Big Grin
seceng???emoticon-Confused:

cm biasanya taunya cm pecahan 1 dan lima contohnya goceng, goban, jeban, dll...

lebih banyak bahsa hokkian yg membumi drpd bahasa cinanya sendiriemoticon-Big Grin

emoticon-Peaceemoticon-siul:
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
28-08-2008 08:09
Quote:Original Posted By moko poji
hehe, yg nikmatin sekolah2 chung hua ntu cm kakek nenek, pa ma kita aja...dari taon 60-an uda d tutupemoticon-Big Grin

jdnya buta gou yu yg dari nenek moyang heheemoticon-Big Grin


pa2, ma2 gw sempat sklh disana tapi cuma beberapa tahun.... sayang

Quote:Original Posted By emblazon
Sekarang tukang parkir aja udah tau goceng, goban, sama seceng ( bahasa tukang parkir buat seribu ) emoticon-Big Grin emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


hahaha... itu sih bukan mandarin... tapi fangyan
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
28-08-2008 23:46
Quote:Original Posted By slackerzz
pa2, ma2 gw sempat sklh disana tapi cuma beberapa tahun.... sayang



hahaha... itu sih bukan mandarin... tapi fangyan


sama om, pa ma saya juga sempat sklh pke bhs cung wen tp cm ampe sd apa smp yakemoticon-Bingung soalnya d tutup skulnyaemoticon-Big Grin

fang yan??? apa ya fang yan kk??? boleh d jelaskan lebih lanjut???
apa itu salah satu dialek atau apa ya??
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
29-08-2008 18:14
^ masih untung, berarti minimal bokap nyokap loe masih bs baca, denger, en tulis emoticon-Big Grin
bokap nyokap gw ga sempet ngerasain sekolah mandarin emoticon-Stick Out Tongue

方言 fang yan(baca: fang yen) = dialek
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
29-08-2008 22:14
@^

uy, tp banyakan pa ma sayajuga lupa2 inget..soalnya nga d pke seari2...makanya suka k campur, sukanya mgomong , mau si cao???

hehe...mknya rd aneh bhs cung wen yg saya pelajari dr pa ma2 saya...dan yg terpenting, ampir semua nada2nya sama...jd rd beda dgn cung wen yg skrg...
mknya dulu pas d skul ada pel cung wen, saya sering salanya d nada2emoticon-Malu

emoticon-Big Grin
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
04-09-2008 12:21
saya hakka, tinggal n lahir di jakarta neh.
Jadi seharusnya Hakka Betawi ya hehe... emoticon-Big Grin

Salam kenal ya koko & cici yg ada disini emoticon-shakehand
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
05-09-2008 12:40
Swt.. Lama ga masuk ada thread beginian.. emoticon-Hammer

Hmm..

Gw mama si Hokkien Lang
Dan Hai, Ngo Baba Zong Gong Zhau Lai Ga..

So Yi, Ngo hai bin do yan lai ga? emoticon-Hammer

Ah, ng cai gw an cua kong.. emoticon-Ngacir
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
06-09-2008 04:03
^
bused apa noh artinya emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

g hakka - ke jia ren
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
06-09-2008 13:34
Quote:Original Posted By -Freakz-
Swt.. Lama ga masuk ada thread beginian.. emoticon-Hammer

Hmm..

Gw mama si Hokkien Lang
Dan Hai, Ngo Baba Zong Gong Zhau Lai Ga..

So Yi, Ngo hai bin do yan lai ga? emoticon-Hammer

Ah, ng cai gw an cua kong.. emoticon-Ngacir


HEHEHE, bro kemana aja lu..
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
06-09-2008 15:49
Maap.. Baru balik gw.. =) BTW, tumben ga panggil gw sai lou.. =p

Quote:Original Posted By boeloex
^
bused apa noh artinya emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

g hakka - ke jia ren


Hakka n kanton gw campur jadi satu.. emoticon-Embarrassment lu cai ya bo gw kong shi mi? emoticon-Ngacir
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
09-09-2008 19:35
ane paket combo
korma arab*+ jeruk mandarin + sate padang... masuk yg mana yah *emoticon-Hammer *emoticon-Hammer
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
09-09-2008 21:56
Quote:Original Posted By -Freakz-
Swt.. Lama ga masuk ada thread beginian.. emoticon-Hammer

Hmm..

Gw mama si Hokkien Lang
Dan Hai, Ngo Baba Zong Gong Zhau Lai Ga..

So Yi, Ngo hai bin do yan lai ga? emoticon-Hammer

Ah, ng cai gw an cua kong.. emoticon-Ngacir


ngo ci nei hai dei kao yan emoticon-Big Grin

jarang2 ketemu org bisa canton
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
10-09-2008 01:17
bahasa mandarin aja udah ribet.. gimana gw blajar bahasa khek ya.. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
15-09-2008 19:07
salam kenal semua..

i campuran hokkian ma konghu.. karang tinggal di jakarta asal sumatera utara..
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
16-09-2008 19:43
e sai toi bo a?

wa si hokkian lang emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

tapi ttp cinta indonesia emoticon-Big GrinD:
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
16-09-2008 22:17
G tio ciu nang..

Lahir di Jakarta..

Papa mama to khuntien chut xi..

Wu tiociu nang bo??


khek itu ma hakka sama y??

btw kasi penjelasan donk klo tio ciu itu sebenarnya ad brp nada?? klo zhongwen kan ad 4 nada..

Tio ciu itu bahasa mandrinnya ap y??
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
23-09-2008 17:08
i KOng hu lang...
asal medan (binjai)
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
23-09-2008 17:11
Quote:Original Posted By hussar
G tio ciu nang..

Lahir di Jakarta..

Papa mama to khuntien chut xi..

Wu tiociu nang bo??


khek itu ma hakka sama y??

btw kasi penjelasan donk klo tio ciu itu sebenarnya ad brp nada?? klo zhongwen kan ad 4 nada..

Tio ciu itu bahasa mandrinnya ap y??



wahhh..... bener juga ya ada brp nada...
wa isa denger tapi cuma bisa ngomong dikit tio ciu..
kayaknya nadanya tuh laen daripada yg laen, jadi agak bingung ada brp nada...
hahahahaha....
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
24-09-2008 13:34
salam kenal 你们好!
gw org tio ciu ponti (坤甸潮洲)emoticon-Ngacir
0 0
0
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
24-09-2008 20:31
hokkien absennn
0 0
0
Halaman 8 dari 329
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia