Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
1010
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000956470/muslim-hikmah-tahajud
Mulai enam bulan ini Alhamdulliah saya rajin bertahajud... dan saya berjanji pada diri sendiri akan terus bertahajud (ibarat berolah raga, maka untuk putaran pertama ini akan saya jalani selama 24 bulan atau setara 720 hari, dan kalau ini sudah selesai akan saya lanjutkan putaran berikutnya --- saya pun sadar godaan setan akan terus menghantui agar saya menjauhi Allah, tapi biarlah .. akan saya co
Lapor Hansip
12-07-2008 11:49

(sharring) yang Tahajud masuk sini ...

Mulai enam bulan ini Alhamdulliah saya rajin bertahajud... dan saya berjanji pada diri sendiri akan terus bertahajud (ibarat berolah raga, maka untuk putaran pertama ini akan saya jalani selama 24 bulan atau setara 720 hari, dan kalau ini sudah selesai akan saya lanjutkan putaran berikutnya --- saya pun sadar godaan setan akan terus menghantui agar saya menjauhi Allah, tapi biarlah .. akan saya coba usahakan senantiasa bertahajud...

Ini adalah ibadah tambahan bagi saya selain tetap menjaga Dhuha dan yang 5 waktu. Tentu, saya pribadi dan barangkali teman2 lain ingin sekali mendengar/membaca pengalaman teman-teman yang sudah mengamalkan tahajud ini, disini sodara-sodara boleh cerita apa saja agar kita bersama-sama semakin mantap menggelar sajadah dan bangun malam:

[MUslim] Hikmah Tahajud[MUslim] Hikmah Tahajud

Code:
“ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud 
sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan
mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”
(QS : Al-Isro’ : 79)


Code:
Bersabda Rosulullah SAW :
“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya
seorang Muslim meminta suatu kebaikan
didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT
akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )


Code:
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala 
turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam
yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku,
akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang
meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya.
Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku
ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )


Code:
"Perintah Allah turun ke langit diwaktu tinggal sepertiga 
yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang
yang memohon ( berdoa ) pasti akan kukabulkan, adakah orang
yang meminta, pasti akan kuberikan dan adakah yang
mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai
tiba waktu shubuh"(al Hadits).


Code:
“Barang siapa laki-laki maupun perempuan, yang 
dikaruniai shalat Tahajud, maka ia akan bangun karena Allah
dengan penuh keikhlasan, wudhu sempurna, mendirikan shalat,
serta mata berlinang air mata. Maka Allah akan menempatkan
di belakangnya sembilan shaf dari para malaikat yang setiap shafnya
tidak ada yang mengetahui jumlah mereka kecuali Allah SWT.
Satu shaf itu ada diujung timur dan yang lain di barat.
Jika ia selesai tahajud, maka dicatat derajat menurut bilangan
para malaikat tersebut.”(al Hadits).


Code:
Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa ada di dalam syurga dan dekat dengan air yang mengalir. Sambil mengambil apa yang diberi oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum ini di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah." ( Surah az-Zariat ayat 15-18 )



Code:
Nabi Muhammad SAW menerangkan shalat Tahajud adalah:
- sarana meraih keridhaan Allah SWT
- Kecintaan para malaikat
- Cahaya pengetahuan
- Pokok keimanan
- Istirahat untuk tubuh
- Kebencian setan
- Sarana terkabulnya doa
- Sarana diterimanya amal
- Keberkatan bagi rezeki
- Syafaat antara yang melaksanakan dan malaikat maut
- cahaya di kuburan
- Jawaban bagi Munkar dan Nakir
- Teman dan penjenguk di kubur hingga hari kiamat
- Menjadi pelindung bagi pelaksananya
- Penghalang antaranya dan neraka
- Pemberat timbangan kebaikan
- Ijin melewati shirathal mustaqim


rekaman movie Ustd. Yusuf Mansyur - menjadi Sukses karena Tahajud (silahkan disedot = 6Mb)


Power Of Tahajud


SUBHANALLAH.

............. emoticon-roseemoticon-roseemoticon-rose
profile-picture
profile-picture
nona212 dan cybergen memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
spiritual
Spiritual
1.4K Anggota • 7.5K Threads
Halaman 9 dari 51
[MUslim] Hikmah Tahajud
26-08-2008 01:17
Amiiin...ya..robbal'alamiin.....

emoticon-shakehand
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
26-08-2008 13:24
terima kasih buat trekelan dan teman-teman lain yang udah berbagi cerita disini...

Rasulullah memerintahkan kita untuk menyampaikan walau “satu ayat”, hanya dengan “satu ayat” kita sudah punya “keharusan” untuk menyampaikan sesuatu - kebaikan.

Kita nggak perlu hafal seluruh isi Al-Qur’an dulu kalo pingin nyampeikan tentang kebenaran.

Kata guru saya : Ilmu itu bagaikan air, jika ia tidak mengalir, akan menjadi sarang penyakit dan keruh, jika dialirkan akan menjadi jernih dan bermanfaat. Jangan biarkan otak kita keruh, mari kita alirkan ilmu kita. Tapi jangan lupa dijaga alirannya, biar gak jadi banjir…emoticon-Smilie

Dengan semangat “Sampaikanlah walau satu ayat” saya mulai thread Ini…!!!!
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
26-08-2008 23:38
Quote:Original Posted By bos kecil
terima kasih buat trekelan dan teman-teman lain yang udah berbagi cerita disini...

Rasulullah memerintahkan kita untuk menyampaikan walau “satu ayat”, hanya dengan “satu ayat” kita sudah punya “keharusan” untuk menyampaikan sesuatu - kebaikan.

Kita nggak perlu hafal seluruh isi Al-Qur’an dulu kalo pingin nyampeikan tentang kebenaran.

Kata guru saya : Ilmu itu bagaikan air, jika ia tidak mengalir, akan menjadi sarang penyakit dan keruh, jika dialirkan akan menjadi jernih dan bermanfaat. Jangan biarkan otak kita keruh, mari kita alirkan ilmu kita. Tapi jangan lupa dijaga alirannya, biar gak jadi banjir…emoticon-Smilie

Dengan semangat “Sampaikanlah walau satu ayat” saya mulai thread Ini…!!!!


walau cuma ayat-ayat cinta
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
27-08-2008 05:47
Quote:Original Posted By kahraorfiash
walau cuma ayat-ayat cinta


[MUslim] Hikmah Tahajud
“Demikianlah Allah menjadikanmu ayat-ayat agar kamu berpikir” [Al-Baqarah: 219]. Al-Quran akan membimbing manusia menuju kebahagian dunia & akherat,tinggal kita mau berpikir tidak?
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
27-08-2008 10:08
Quote:Original Posted By sejuta bintang
Terakhir selesai sholat tahajud, mau tidur pules, dikuping saya ada yang ngomong pake bahasa arab. Kaget saya, langsung bangun dan sampai sekarang saya ga mau matikan lampu kamar waktu tidur. Semenjak itu saya stop sholat tahajud emoticon-Big Grin

Pernah juga, ada cicaknya sih cuma 3 ekor, tapi berisiknya minta ampun. Karena merasa terganggu, saya bilang untuk yang pertama, "Sssttt, kalian bisa diam!". Sebentar mereka diam. Kemudian berisik lagi. Yang kedua, saya bilang, "Kalian bisa ga kalau tidak berisik. Kok kalian cuma sedikit aja, berisiknya minta ampun". Mereka diam lagi .... rupanya mereka ga bisa diam, akhirnya whatever lah.

Saya juga bilang, "Yang dipojok, stop untuk lihat saya, tidak siang, tidak malam liatin saya terus, naksir ya ... emoticon-Wink. Sebentar lagi saya selesai".

emoticon-Big Grin


penakut,baru segitu udah stop,lah saya sampai dedemit satu rw kepanasan say cuekin
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
27-08-2008 13:56
Salam kenal dari nyubi....
Ijin menyimak pengalaman demi pengalaman....
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
27-08-2008 14:30
Wahai orang yang mendamba cinta-Nya, ingatlah bahwa Nabi Muhammad SAW beribadah di malam hari hingga kedua telapak kakinya bengkak. Para salafussaleh dan orang-orang pilihan umat ini pun selalu beribadah di malam hari. Jadikanlah qiyamullail sebagai prioritas kegiatan ibadahmu. Tidakkah Anda senang jika Anda dapat berdampingan dengan mereka di syurga Adn?

Semoga Allah menjadikan kita semua termasuk orang-orang yang difirmankan-Nya, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS Adz-Dzariyat 51:15-18)

Allahumma amin . . .

emoticon-shakehand





emoticon-Embarrassment
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
27-08-2008 23:05
Quote:Original Posted By bos kecil
[MUslim] Hikmah Tahajud
“Demikianlah Allah menjadikanmu ayat-ayat agar kamu berpikir” [Al-Baqarah: 219]. Al-Quran akan membimbing manusia menuju kebahagian dunia & akherat,tinggal kita mau berpikir tidak?


Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu 'cinta' kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus
Al Hujurat 7


inilah ayat2 cinta
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
28-08-2008 04:18
Quote:Original Posted By kahraorfiash
Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu 'cinta' kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus
Al Hujurat 7


inilah ayat2 cinta

[MUslim] Hikmah Tahajud
yup.., inilah ayat ayat cinta yang terkandung dalam alquran.emoticon-floweremoticon-flower
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
28-08-2008 13:37
duerrr.............tendang keatas bentar ah.........
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
28-08-2008 22:30
Quote:Original Posted By bos kecil
duerrr.............tendang keatas bentar ah.........


duerrr........................bos.........kapan besarnya bos? kecil terus nih
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
29-08-2008 10:26
Saya termasuk orang yang belum stabil dalam menjalankan ibadah, kadang2 bersemangat kadang2 tidak bersemangat, dan mengunjungi trit ini salah satu cara saya supaya bersemangat kembali. Terima kasih yah bos kecil atas trit-nya.
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
29-08-2008 17:33
Quote:Original Posted By kahraorfiash
duerrr........................bos.........kapan besarnya bos? kecil terus nih


Iya, bos kecil hanyalah manusia biasa...
bos kecil punya banyak salah...
bos kecil juga punya masalah...
bos kecil bukanlah apa-apa...

bos kecil hanya berupaya mendekatkan diri kepada NYa...
lewat 5 waktu, dhuha dan tahajud....
semakin hari jiwa ini dirasakan semakin kuat
semakin hari semakin bersemangat..
semakin disayang oleh semua mahluk..
teman dan sahabat, ...

Ya Allah.... angkat lah derajatku, angkatlah derajatku...
sesuai janji-MU .... sesuai janji-MU

semoga bos kecil tidak lagi pernah kecil...
dan semoga akan menjelma menjadi BOS BESAR, BESAR DAN SEMAKIN
BESAR....

Ampuni aku ya Allah..
Ampunilah dosa kedua orang tua ku Ya Allah
berilah dan tambahankan rezeki bagi orang-orang yang ada disekitarku...
wujudkanlah keinginanku untuk mengantarkan kedua orang tua ku ke tanah suci Ya Allah.

Ampunilah aku ya Allah...

... amin...

[MUslim] Hikmah Tahajud
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
29-08-2008 17:38
Quote:Original Posted By Biody
Saya termasuk orang yang belum stabil dalam menjalankan ibadah, kadang2 bersemangat kadang2 tidak bersemangat, dan mengunjungi trit ini salah satu cara saya supaya bersemangat kembali. Terima kasih yah bos kecil atas trit-nya.


Sama-sama mas Biody... kita sama-sama belajar...
saling mengingatkan....
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
29-08-2008 17:41
tadinya mau cr inspirasi disini
tapi...ahh kayaknya ajwaban gwe bukan disini
terlalu dogmatis banget
yg dibahas cuma dr sisi agama doang
bahas dong tahajud buat kehidupan dunia
jangan cuma terpaku aherat melulu
pangkal kejatuhan umat islam ketika umat islam ga mikir dunia lagi. dan itulah saat islam diseluruh dunia dlm penjajahan. kalo islam ga sadar sadar dan terus aherat oriented ya siap siap saja semakin tergilas.
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
30-08-2008 13:25
Quote:Original Posted By adipatianom
tadinya mau cr inspirasi disini
tapi...ahh kayaknya ajwaban gwe bukan disini
terlalu dogmatis banget
yg dibahas cuma dr sisi agama doang
bahas dong tahajud buat kehidupan dunia
jangan cuma terpaku aherat melulu
pangkal kejatuhan umat islam ketika umat islam ga mikir dunia lagi. dan itulah saat islam diseluruh dunia dlm penjajahan. kalo islam ga sadar sadar dan terus aherat oriented ya siap siap saja semakin tergilas.



[MUslim] Hikmah Tahajud

kalem mas...
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
30-08-2008 22:20
Quote:Original Posted By adipatianom
tadinya mau cr inspirasi disini
tapi...ahh kayaknya ajwaban gwe bukan disini
terlalu dogmatis banget
yg dibahas cuma dr sisi agama doang
bahas dong tahajud buat kehidupan dunia
jangan cuma terpaku aherat melulu
pangkal kejatuhan umat islam ketika umat islam ga mikir dunia lagi. dan itulah saat islam diseluruh dunia dlm penjajahan. kalo islam ga sadar sadar dan terus aherat oriented ya siap siap saja semakin tergilas.


dunia ini panggung sandiwara
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
31-08-2008 14:35
Dalam riwayat Muslim dikatakan "Sebaik-baik shalat setelah shalat fardlu, adalah shalat pada malam hari". Jenisnya macam-macam, bisa salat hajat, salat witir, salat tasbih, dan sunat mutlak, atau mungkin juga shalat tarawih.


Dalam melakukan tahajud disunatkan memulainya dengan salat sunat dua rekaat yang ringan (tidak panjang). Kata Nabi saw: "Jika salah satu di antara kalian melakukan salat malam, hendaknya memulainya dengan dua rekaat yang ringan".[Riwayat Muslim, Abu Daud, dan Ahmad]. Setelah itu silahkan melakukan salat sepuasnya, sekuatnya. Boleh berupa salat hajat (salat hajat ini boleh juga dilakukan di siang hari), salat tasbih, atau salat sunat mutlak (sunat mutlak ini maksudnya asal salat saja dua rekaat, niatnya salat sunat). Semua salat dilakukan dua rekaat-dua rekaat. Kecuali salat witir yang boleh disambung menjadi 3 rekaat, disertai tahiyat awal pada rekaat kedua (sebelum berdiri menuju rekaat ketiga).


Salat tahajud hendaknya diakhiri dengan salat witir. Jadi urutannya, witir dilaksanakan paling akhir, sekiranya setelah itu tidak melakukan salat lagi.
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
31-08-2008 14:40
Apabila seseorang berkehendak untuk shalat tahajjud pada malam hari, maka sebaiknya ia tidak menunaikan salat witir menjelang tidur, tapi melaksanakannya setelah shalat tahajjud. Namun jika ia tidak bermaksud demikian, maka sebelum tidur, ia dianjurkan untuk menunaikannya. Walhasil, shalat witir adalah shalat yang dilaksanakan paling akhir diantara shalat-shalat malam. Nabi Muhammad SAW mengatakan: "Jadikanlah witir akhir shalat kalian di waktu malam". [HR. Bukhari]. "Barang siapa takut tidak bangun di akhir malam, maka witirlah pada awal malam, dan barang siapa berkeinginan untuk bangun di akhir malam, maka witirlah di akhir malam, karena sesungguhnya shalat pada akhir malam masyhudah ("disaksikan") [HR. Muslim].


Adapun waktunya adalah setelah shalat 'Isya hingga fajar. Kata Nabi Muhammad SAW: "Sesungguhnya Allâh telah membantu kalian dengan shalat yang lebih baik daripada kekayaan rajakaya, yaitu shalat witir. Maka kemudian Allâh menjadikannya untuk kalian [agar dilaksanakan] mulai dari 'Isya hingga terbit fajar". [HR. lima sunan selain Annasâiy]


Sholat witir boleh dilaksanakan tiga rakaat langsung dengan sekali salam, atau dua rakaat salam kemudian dilanjutkan dengan satu rakaat.


Boleh saja melaksanakan shalat tahajud, meskipun setelah shalat tarawih. Sebaiknya dengan mengikuti shalat tarawih berjamaah, namun tidak mengikuti shalat witir, sebab yang lebih afdal menempatkan shalat witir di akhir shalat malam. Usai tahajud baru melaksanakan shalat witir.
0 0
0
[MUslim] Hikmah Tahajud
01-09-2008 12:09
[MUslim] Hikmah Tahajud

selamat menjalankan ibadah puasa...!!!
0 0
0
Halaman 9 dari 51
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia