Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3474
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008864113/chemical-engineering
Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pek
Lapor Hansip
05-06-2008 20:11

Anak tek.Kimia masuk sini.....

ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ


Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan "insinyur proses" (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia.



[spoiler=Perbedaan Teknik Kimia dan Kimia MIPA]Berikut ini adalah contoh yang mengilustrasikan peran seorang insinyur teknik kimia di pabrik:

“Perbedaan antara teknik kimia dan kimia dapat diilustrasikan dengan mengambil contoh proses produksi jus jeruk. Seorang ahli kimia akan berusaha untuk meneliti metode-metode ekstraksi jus jeruk. Metode yang paling sederhana yang mungkin ditemukan adalah memotong jeruk menjadi dua bagian dan kemudian memerasnya. Metode yang lebih rumit adalah dengan cara mengupas kulit jeruk dan kemudian menghancurkan jeruk untuk memperoleh jusnya.
Sebuah perusahaan kemudian menginstruksikan seorang insinyur teknik kimia untuk merancang pabrik penghasil jus jeruk dengan kapasitas produksi beberapa ribu ton jus per tahun. Insinyur tersebut akan menganalisis proses-proses produksi yang mungkin dan kemudian mengevaluasi keekonomisan setiap proses yang mungkin. Walaupun metode produksi jus dengan cara memeras sangat sederhana, proses ini tidak ekonomis karena memerlukan ribuan orang untuk mencapai target produksi. Oleh karena itu, metode lain akan dipilih (mungkin metode pengupasan dan penghancuran). Dari contoh ini, dapat dilihat bahwa proses produksi yang paling sederhana dalam skala laboratorium belum tentu merupakan metode paling ekonomis pada suatu pabrik." [/spoiler]

ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ


Penjelasan Umum

Teknik kimia selalu menitikberatkan pekerjaannya untuk menghasilkan proses yang ekonomis. Untuk mencapai tujuan ini, seorang insinyur teknik kimia dapat menyederhanakan atau memperumit aliran proses produksi untuk memperoleh proses yang ekonomis. Selain melalui perancangan aliran proses produksi, seorang insinyur teknik kimia juga dapat menghasilkan proses yang ekonomis dengan merancang kondisi operasi. Beberapa reaksi kimia memiliki laju reaksi yang lebih tinggi pada tekanan atau temperatur operasi yang lebih tinggi. Proses produksi amonia adalah contoh dari pemanfaatan tekanan tinggi. Agar laju pembentukan amonia cepat, reaksi dilangsungkan dalam suatu reaktor bertekanan tinggi.

Proses-proses kimia berlangsung dalam peralatan proses. Peralatan proses umumnya merupakan satu unit operasi. Unit-unit operasi kemudian dirangkaikan untuk melakukan berbagai kebutuhan dari sintesis kimia ataupun dari proses pemisahan. Pada beberapa unit operasi, peristiwa sintesis kimia dan proses pemisahan berlangsung secara bersamaan. Penggabungan dari keduanya ini bisa dilihat dari proses distilasi reaktif.

Ilmu-ilmu yang menjadi dasar dalam teknik kimia, antara lain adalah:

* Neraca massa
* Neraca energi
* Peristiwa perpindahan massa, energi, momentum
* Reaksi kimia
* Termokimia
* Termodinamika

Terdapat pula ilmu-ilmu pendukung yang teknik kimia, antara lain:

* Mekanika fluida
* Ilmu tentang material

Selain ilmu dasar dan ilmu pendukung, terdapat pula kemampuan-kemampuan dan pengetahuan-pengetahuan aplikatif yang perlu dikuasai oleh seorang insinyur teknik kimia, antara lain:

* Pengendalian proses kimia
* Instrumentasi
* Perancangan proses kimia
* Penanganan limbah pabrik
* Prosedur keselamatan pabrik kimia
* Evaluasi ekonomi pabrik kimia
* Manajemen proyek

update






Wikipedia




Mailist Tekkim





/



sumber
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan tata604 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 17 dari 176
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
05-08-2008 08:20
itu bermanfaat buat meningkatkan kualitas para lulusan ....cieeeeeeeeeeeee..........
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
05-08-2008 09:50
Quote:Original Posted By Wahyoe Asem
tanya pak heyu aja...

btw ttg kuli-KULUM 2009 sangar juga yah...
emang yg namanya kurikulum harus diupdate terus....per 5 tahun sekali...emoticon-afro
emoticon-Ngacir Tubrukan





halaman pitu LAz....

podo ae...

iki kan proyeke dosen

lek aku takon pak heru yo bulet ae dadine emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
05-08-2008 17:42
Quote:Original Posted By bayuland
podo ae...

iki kan proyeke dosen

lek aku takon pak heru yo bulet ae dadine emoticon-Big Grin


heh ga oleh ngomonge pak heu...

ntar kualat loch,bakalan ndrenges kabeh...

cuoryy...emoticon-Smilie
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
05-08-2008 20:10
iye
gw denger seh ada perubahan kurikulum

untung da lulus,,ga kena perubahan kurikulum deh
hehehe
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
06-08-2008 10:20
Quote:Original Posted By whiteducky
iye
gw denger seh ada perubahan kurikulum

untung da lulus,,ga kena perubahan kurikulum deh
hehehe


seneng seneng...mentang2 wes lulus hehehe,,,emoticon-Smilie
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
06-08-2008 10:20
thx y atas informasinya...
sukses dunia pertekimman!!!!!!!!
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
06-08-2008 10:28
sukses teyus tekkim
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
06-08-2008 10:30
Quote:Original Posted By bayuland
podo ae...

iki kan proyeke dosen

lek aku takon pak heru yo bulet ae dadine emoticon-Big Grin


yo yo yo....ndrengez
..................emoticon-Ngacir
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
06-08-2008 10:58
Quote:Original Posted By Wahyoe Asem
yo yo yo....ndrengez
..................emoticon-Ngacir


vivat tekkim......^^

koyo pengkaderan ae euy.....emoticon-Winkemoticon-Wink
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
06-08-2008 11:15
kok sepi yach...

pada kmn???
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
08-08-2008 08:24
angkat lagi ah...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
08-08-2008 11:14
tuluung..tuluuung.
Internet'e TekKim ITS lg down....
yok opo iki.......
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
08-08-2008 22:31
Quote:Original Posted By Wahyoe Asem
tanya pak heyu aja...

btw ttg kuli-KULUM 2009 sangar juga yah...
emang yg namanya kurikulum harus diupdate terus....per 5 tahun sekali...emoticon-afro
emoticon-Ngacir Tubrukan





halaman pitu LAz....


jadi inget pas gw semester enam...jadi korban perubahan kurikulum...emoticon-Busa:
sampe harus ngulang 2 matakuliah gara2 dulunya dapat C harus min BC...emoticon-Hammer
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
09-08-2008 18:28
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
11-08-2008 11:31
akhirnya internet'e jalan maneh.....
lanjoooot......

lanjut
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
11-08-2008 11:31
akhirnya internet'e jalan maneh.....
lanjoooot......

lanjut
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
11-08-2008 11:40
^^^ mesti dobol post emoticon-Hammer
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
11-08-2008 15:12
sundul dulu gan...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
12-08-2008 11:29
tekkim belum menggeliat....
kutunggu maba 2008...
tak enteni...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
12-08-2008 11:30
Quote:Original Posted By bayuland
^^^ mesti dobol post emoticon-Hammer


mesti


halaman.......wolu Las....
0 0
0
Halaman 17 dari 176
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia