santo_kemp
TS
santo_kemp
Yg ngaku WNI keturunan China absen disini
Sudah kita ketahui bersama bahwa orang-orang Tionghoa di Indonesia berasal dari tenggara Tiongkok(China). Mereka termasuk suku-suku:
•Hakka
•Hainan
•Hokkien
•Kantonis
•Hokchia
•Tiochiu

Spoiler for peta:


Daerah asal yang terkonsentrasi di pesisir tenggara Tiongkok dapat dimengerti karena dari sejak zaman Dinasti Tang, kota-kota pelabuhan di pesisir tenggara Tiongkok memang telah menjadi bandar perdagangan yang ramai. Quanzhou malah tercatat sebagai bandar pelabuhan terbesar dan tersibuk di dunia pada zaman tersebut.

Ramainya interaksi perdagangan di daerah pesisir tenggara ini kemudian menyebabkan banyak sekali orang-orang Tionghoa juga merasa perlu keluar berlayar untuk berdagang. Tujuan utama saat itu adalah Asia Tenggara dan oleh karena pelayaran sangat tergantung pada angin musim, maka setiap tahunnya, para pedagang Tionghoa akan bermukim di wilayah-wilayah Asia Tenggara yang disinggahi mereka. Demikian seterusnya ada pedagang yang memutuskan untuk menetap dan menikahi wanita setempat, ada pula pedagang yang pulang ke Tiongkok untuk terus berdagang.

Sebagian besar dari orang-orang Tionghoa di Indonesia menetap di pulau Jawa. Daerah-daerah lain di mana mereka juga menetap dalam jumlah besar selain di daerah perkotaan adalah: Sumatra Utara, Bangka-Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Lombok, Kalimantan Barat, Banjarmasin dan beberapa tempat di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.
•Hakka - Aceh, Sumatra Utara, Batam, Sumatra Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Jawa, Kalimantan Barat,Banjarmasin, Sulawesi Selatan, Menado, Ambon dan Jayapura.
•Hainan - Riau (Pekanbaru dan Batam), dan Menado.
•Hokkien - Sumatra Utara, Pekanbaru, Padang, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Jawa, Bali (terutama di Denpasar dan Singaraja), Banjarmasin, Kutai, Sumbawa, Manggarai, Kupang, Makassar, Kendari, Sulawesi Tengah, Menado, dan Ambon.
•Kantonis - Jakarta, Makassar dan Menado.
•Hokchia - Jawa (terutama di Bandung, Cirebon, Banjarmasin dan Surabaya).
•Tiochiu - Sumatra Utara, Riau&Kepulauan, Sumatra Selatan, dan Kalimantan Barat (khususnya di Pontianak dan Ketapang).

sumber: disini

Thread ini gua buat sebagai ajang silahturahmi bukan hanya yg tinggal di regional China, tetapi di seluruh Indonesia (tidak bermaksud SARA)emoticon-thumbsup:
Sebutin ya suku leluhur dan asal daerah kaskuser sekalian emoticon-Smilie
Jangan lupa isi poll ya emoticon-Smilie

FYI:
khek = hakka
konghu = cantonis



Kalo ane sendiri konghu, asal dari Medan emoticon-Malu
Salam kenal semuanya emoticon-Angkat Beer
Polling
0 suara
Tionghoa Indonesia punya beberapa suku, termasuk suku manakah anda?
Diubah oleh santo_kemp 27-05-2014 17:17
0
274.3K
6.4K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
China
China
icon
991Thread235Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.