Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3474
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008864113/chemical-engineering
Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pek
Lapor Hansip
05-06-2008 20:11

Anak tek.Kimia masuk sini.....

ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ


Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan "insinyur proses" (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia.



[spoiler=Perbedaan Teknik Kimia dan Kimia MIPA]Berikut ini adalah contoh yang mengilustrasikan peran seorang insinyur teknik kimia di pabrik:

“Perbedaan antara teknik kimia dan kimia dapat diilustrasikan dengan mengambil contoh proses produksi jus jeruk. Seorang ahli kimia akan berusaha untuk meneliti metode-metode ekstraksi jus jeruk. Metode yang paling sederhana yang mungkin ditemukan adalah memotong jeruk menjadi dua bagian dan kemudian memerasnya. Metode yang lebih rumit adalah dengan cara mengupas kulit jeruk dan kemudian menghancurkan jeruk untuk memperoleh jusnya.
Sebuah perusahaan kemudian menginstruksikan seorang insinyur teknik kimia untuk merancang pabrik penghasil jus jeruk dengan kapasitas produksi beberapa ribu ton jus per tahun. Insinyur tersebut akan menganalisis proses-proses produksi yang mungkin dan kemudian mengevaluasi keekonomisan setiap proses yang mungkin. Walaupun metode produksi jus dengan cara memeras sangat sederhana, proses ini tidak ekonomis karena memerlukan ribuan orang untuk mencapai target produksi. Oleh karena itu, metode lain akan dipilih (mungkin metode pengupasan dan penghancuran). Dari contoh ini, dapat dilihat bahwa proses produksi yang paling sederhana dalam skala laboratorium belum tentu merupakan metode paling ekonomis pada suatu pabrik." [/spoiler]

ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ


Penjelasan Umum

Teknik kimia selalu menitikberatkan pekerjaannya untuk menghasilkan proses yang ekonomis. Untuk mencapai tujuan ini, seorang insinyur teknik kimia dapat menyederhanakan atau memperumit aliran proses produksi untuk memperoleh proses yang ekonomis. Selain melalui perancangan aliran proses produksi, seorang insinyur teknik kimia juga dapat menghasilkan proses yang ekonomis dengan merancang kondisi operasi. Beberapa reaksi kimia memiliki laju reaksi yang lebih tinggi pada tekanan atau temperatur operasi yang lebih tinggi. Proses produksi amonia adalah contoh dari pemanfaatan tekanan tinggi. Agar laju pembentukan amonia cepat, reaksi dilangsungkan dalam suatu reaktor bertekanan tinggi.

Proses-proses kimia berlangsung dalam peralatan proses. Peralatan proses umumnya merupakan satu unit operasi. Unit-unit operasi kemudian dirangkaikan untuk melakukan berbagai kebutuhan dari sintesis kimia ataupun dari proses pemisahan. Pada beberapa unit operasi, peristiwa sintesis kimia dan proses pemisahan berlangsung secara bersamaan. Penggabungan dari keduanya ini bisa dilihat dari proses distilasi reaktif.

Ilmu-ilmu yang menjadi dasar dalam teknik kimia, antara lain adalah:

* Neraca massa
* Neraca energi
* Peristiwa perpindahan massa, energi, momentum
* Reaksi kimia
* Termokimia
* Termodinamika

Terdapat pula ilmu-ilmu pendukung yang teknik kimia, antara lain:

* Mekanika fluida
* Ilmu tentang material

Selain ilmu dasar dan ilmu pendukung, terdapat pula kemampuan-kemampuan dan pengetahuan-pengetahuan aplikatif yang perlu dikuasai oleh seorang insinyur teknik kimia, antara lain:

* Pengendalian proses kimia
* Instrumentasi
* Perancangan proses kimia
* Penanganan limbah pabrik
* Prosedur keselamatan pabrik kimia
* Evaluasi ekonomi pabrik kimia
* Manajemen proyek

update






Wikipedia




Mailist Tekkim





/



sumber
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan tata604 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 15 dari 176
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
29-07-2008 08:21
Quote:Original Posted By klamono86
kayaknya mirip kayak plajaran sma sih....
kimia dasar,fisika dasar kalkulus......paling yang rada susah kimia analit....emoticon-Confused:

tambah mikrobiologi...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
29-07-2008 10:26
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
29-07-2008 18:59
^
wah razia apaan tuh???
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
30-07-2008 09:59
kejar setoran po...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
30-07-2008 10:45
Tekkim is FUN
km bs jadi apa ja nantinya..
pengen kerja dimana aja..
byk lo anak Tekkim kerja di Bank
tp tujuan utama setelah Lulus buat anak Tekkim tu Oil Company kayaknya...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
30-07-2008 14:03
Quote:Original Posted By anggapa
tambah mikrobiologi...



Lebih Spesifik?
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
30-07-2008 17:50
ngak usah minder lah...coba lo keliling ITS...yang nyabet proyek kimia siapa yang paling banyak? emoticon-Big Grin

bahkan kimia MIPA aja sampe iri klo tekkim bisa nyolong tender proyeknya...emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
30-07-2008 21:02
Seep..
bener Gan..
TekKim orangnya Flexibel..
bisa kemana-mana tergantung kondisi
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
30-07-2008 21:14
Gw numpang tanya dong, berhubung kimia gw ga perna lebih dari 6 waktu SMA...

Kalo H2) dielektrolisis jadinya apa yach ?

Apakah hidrogen mudah terbakar ?
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
30-07-2008 22:11
Hidrogen mudah terbakar... mungkin bisa dbilang juga sangat mudah terbakar...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
31-07-2008 11:33
Quote:Original Posted By Mr Bernanke
ngak usah minder lah...coba lo keliling ITS...yang nyabet proyek kimia siapa yang paling banyak? emoticon-Big Grin

bahkan kimia MIPA aja sampe iri klo tekkim bisa nyolong tender proyeknya...emoticon-Stick Out Tongue


betul and setuju banyak yg iri tuh
rata2 anak MIPA kimia pada iri ma kita
tau kenepa??emoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammer

emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
31-07-2008 11:50
Quote:Original Posted By koe
betul and setuju banyak yg iri tuh
rata2 anak MIPA kimia pada iri ma kita
tau kenepa??emoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammeremoticon-Hammer

emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer

gak tau emoticon-Hammer

mungkin udah jatah kita emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
31-07-2008 16:26
Quote:Original Posted By Peuger
Gw numpang tanya dong, berhubung kimia gw ga perna lebih dari 6 waktu SMA...

Kalo H2) dielektrolisis jadinya apa yach ?

Apakah hidrogen mudah terbakar ?


Hidrogen zat yang sangat mudah terbakar.....
H2) maksudnya H2O ya???
bukannya H2O jika dielektrolisis menghasilkan H2 dan O2.......
http://en.wikipedia.org/wiki/Electrolysis
untuk lebih jelasnya tanya aja sama om wahyu asem (pakarnya elkim tuh)emoticon-Genit:
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
31-07-2008 20:11
Quote:Original Posted By sh4m33d
Seep..
bener Gan..
TekKim orangnya Flexibel..
bisa kemana-mana tergantung kondisi


setubuh,cuma arek tekkim yang belajar semua jenis pelajaran teknik....emoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
31-07-2008 20:14
Quote:Original Posted By klamono86
Hidrogen zat yang sangat mudah terbakar.....
H2) maksudnya H2O ya???
bukannya H2O jika dielektrolisis menghasilkan H2 dan O2.......
http://en.wikipedia.org/wiki/Electrolysis
untuk lebih jelasnya tanya aja sama om wahyu asem (pakarnya elkim tuh)emoticon-Genit:

klo kamu pakarnya apa? emoticon-Malu
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
31-07-2008 20:25
pakar apaan y?
aq cuma manusia biasa yang banyak melakukan salah dan dosaemoticon-Embarrassment
mentang om bayuland pakar dalam bidang "tiiiiiiiiiiiiiit'(sensored)
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
01-08-2008 08:57
apa.....????
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
01-08-2008 10:48
Quote:Original Posted By klamono86
pakar apaan y?
aq cuma manusia biasa yang banyak melakukan salah dan dosaemoticon-Embarrassment
mentang om bayuland pakar dalam bidang "tiiiiiiiiiiiiiit'(sensored)

opo? emoticon-Mad:
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
01-08-2008 16:17
^
he..he..he..,kapan flipinanya gan??
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
01-08-2008 18:00
Quote:Original Posted By klamono86
^
he..he..he..,kapan flipinanya gan??

waduh sek eling ae emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 15 dari 176
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Hewan Peliharaan
apakah-kucing-najis
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia