Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
9999
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000908330/jasa-konsultasi-gratis-ttg-design-rumah-dan-pembangunan
Malam semuanya, Dalam forum ini saya mencoba membantu saudara-saudari dengan tanya jawab segala hal yang berkaitan dengan design rumah dan pembangunannya. Saya seorang civil engineering, saya sengaja membuat thread ini karena berdasarkan pengalaman saya selama ini membangun rumah dan sebagai konsultan pengawas. Karena selama ini banyak sekali kontraktor/pemborong yang nakal (yang suka menspekdown
Lapor Hansip
12-06-2008 20:06

Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan

Malam semuanya,
Dalam forum ini saya mencoba membantu saudara-saudari dengan tanya jawab segala hal yang berkaitan dengan design rumah dan pembangunannya.

Saya seorang civil engineering, saya sengaja membuat thread ini karena berdasarkan pengalaman saya selama ini membangun rumah dan sebagai konsultan pengawas. Karena selama ini banyak sekali kontraktor/pemborong yang nakal (yang suka menspekdown material/bahan bangunan dari speksifikasi yang telah disepakati bersama) dan berujung pada keributan antara pemborong dan pemilik rumah. Akibatnya banyak orang berasumsi apabila rumah dibangun oleh pemborong jatuhnya akan menjadi lebih mahal dan merasa dibohongi.

Saya sudah cukup muak dengan kontraktor/pemborong yang seperti itu, karena akan membuat pandangan orang terhadap pemborong/kontraktor negatif (karena tidak semua pemborong/kontraktor berbuat curang). Saya pribadi mempunyai prinsip dalam membangun rumah yang paling utama adalah kepuasan pemilik rumah, no 2. kepuasan pribadi terhadap hasil karya bangunan rumah yang sudah kita buat, no. 3. baru kita memikirkan keuntungan, untuk keuntungan janganlah mengambil terlalu banyak max 10% (agar pemborong/kontraktor tidak dicap suka ambil untung besar kepada pemilik rumah)

Dalam hal ini saya akan coba bantu untuk saudara-saudari yang tidak tahu menahu mengenai bahan material dan proses pembuatan rumah agar tidak ditipu oleh pemborong.
profile-picture
lawula memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 14 dari 504
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
29-07-2008 18:55
Salam kenal juga buat amamaru, ijin tentu saja saya berikan, dan ijinkan saya pula untuk menyerap pengetahuan2 situ emoticon-Smilie
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
29-07-2008 19:29

Nanya model genteng

Salam kenal buat semua, buat para suhu, gw mau nanya dong:
1. Apa kelebihan dan kekurangan atap model datar?(dibikin dak atau dibikin pake rangka zingalum dilapisin pake seng)
2. Untuk luas yang sama lebih mahal mana antara atap datar, atau atap beton flat?
3. Mana yg kualitas dan harganya paling baik, apakah atap beton flat atau atap aspal?
4. Untuk fasad biasanya suka pakai batu alam, itu jenisnya dan harganya berapa ya?
Sebelumnya saya minta maaf kalo terlalu banyak nanya, dan terima kasih sebelumnya saya ucapkan..
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
29-07-2008 20:22
Quote:Original Posted By ariksyah
aku telpon kamu ke
HP: 08122.38.50xx
Esia: 022.9125.17xx
kok ga diangkat ?
aku kan mau konsultasi juga
kamu ada yahoo messenger ga? thanks


Waduh Sorry Bos tadi Hpnya lagi dicash di belakang jadi ngga kedengaran, aku lagi ada di depan.emoticon-Smilie
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
29-07-2008 21:11
Quote:Original Posted By dimasrahmatisa
Salam kenal buat semua, buat para suhu, gw mau nanya dong:
1. Apa kelebihan dan kekurangan atap model datar?(dibikin dak atau dibikin pake rangka zingalum dilapisin pake seng)
2. Untuk luas yang sama lebih mahal mana antara atap datar, atau atap beton flat?
3. Mana yg kualitas dan harganya paling baik, apakah atap beton flat atau atap aspal?
4. Untuk fasad biasanya suka pakai batu alam, itu jenisnya dan harganya berapa ya?
Sebelumnya saya minta maaf kalo terlalu banyak nanya, dan terima kasih sebelumnya saya ucapkan..


Bos untuk atap model datar bisa menggunakan bahan bermacam harganya bervariasi. Tapi yang perlu diperhatikan paling pertama adalah, model bangunannya apakah atapnya akan diekspos atau tidak. Yang:
1. Atap yang akan diekspos. Untuk mendapatkan atap model datar sebaiknya menggunakan genteng yang flat bahannya bisa terbuat dari apa saja seperti beton dan tanah liat dan atap sirap dan atap kubota (bahan terbuat dari aspal). Apabila untuk rumah tinggal, untuk membuat atap datar sebaiknya jangan menggunakan seng atau zinc alum karena untuk rumah tinggal jadi kelihatan aneh (karena seng/zinc alum biasanya digunakan untuk pabrik dengan bentang yang cukup besar, panas dan berisik (kalo tidak dilapisi lagi dengan alumunium).
2. Atap yang tidak diekspos bisa menggunakan dak beton atau seng, dari segi harga lebih mahal atap dak beton, cuma atap seng harus dilapisi lagi dengan alumunium foil agar tidak panas dan berisik. Atap seng juga perlu menggunakan talang yang terbuat dari dak beton. Kelemahan atap dak beton selain lebih mahal juga perawatan waktu sesudah dicor harus benar. (minimal direndam air selama 14 hari, sesudah itu diberi lapisan waterproof).
3. Harga yang paling murah berdasarkan urutan untuk atap datar, bahan: tanah liat, seng, genteng beton, dak beton, atap sirap dan kubota.
4. Untuk kualitas masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Genteng beton dari segi lapisan catnya paling lama 5 tahun luntur, Genteng kubota dan sirap lebih gampang terbakar.

Untuk fasad batu alam yang digunakan bermacam2x. Untuk model sekarang batu alam bali grey, andesit, basalto, marmer lokal atau impor.emoticon-Smilie
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
29-07-2008 23:28
thanx bos buat replynya..cepet bener..hehehe..
Gw masih agak bingung nih..mungkin kita agak beda persepsi..yang gw maksud atap datar itu maksud gw atap yang gak di ekspos, jadi dari luar sperti bentuk kubus aja..kalo mau seperti itu (gak di ekspos) berarti yg saya tangkep, kalo ingin gak di dak (supaya lebih murah), bisa pake zingalum, tapi harus tetep dibikin talang beton dan dilapisin alumunium ya?berdasarkan pengalaman bos, atap model gak di ekspos (rata atas), ada gak bahaya atau kekurangan yg signifikan dibanding pakai atap yg diekspos?
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 00:39
gue bantu soal kayu ya
kayu damar laut oke banget buat eksterior. gue sering buat proyek dek samping kolam, jembatan.

Merbau juga lebih cihui (tp lebih mahal dikit). cuma mesti ngerti merbau awal2nya kalo kena air ada luntur merah item gitu. sampai suatu saat akan habis lunturnya. tp kekuatannya top deh. difinishing yg bagus jg bisa ngatasin masalah tsb.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 00:40
yakin nih gratis..
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 06:47
Quote:yakin nih gratis..


^^ asal baca judulnya dgn cermat pasti tahu "Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan" emoticon-Peace
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 06:51
Quote:Original Posted By dimasrahmatisa
thanx bos buat replynya..cepet bener..hehehe..
Gw masih agak bingung nih..mungkin kita agak beda persepsi..yang gw maksud atap datar itu maksud gw atap yang gak di ekspos, jadi dari luar sperti bentuk kubus aja..kalo mau seperti itu (gak di ekspos) berarti yg saya tangkep, kalo ingin gak di dak (supaya lebih murah), bisa pake zingalum, tapi harus tetep dibikin talang beton dan dilapisin alumunium ya?berdasarkan pengalaman bos, atap model gak di ekspos (rata atas), ada gak bahaya atau kekurangan yg signifikan dibanding pakai atap yg diekspos?


Ooo. Lebih murah pakai zinc alum Bos, tapi harus dikasih talang beton. Dari segi kekuatan sama aja dengan atap yang diekspos.emoticon-Smilie
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 08:28
halo bro, salam kenal, saya minta bantuannya buat desain rumah ni.data2nya :
lokasi : perumahan citra raya, tangerang
ukuran lahan : 6 m x 19 m
batas utara : rumah tetangga
batas timur : rumah tetangga
batas barat : rumah tetangga
batas selatan : jalan 5 m
kontur : rata
saya ingin membangun 2 lantai saja, dilantai bawah ada ruang tamu, teras, garasi, ruang keluarga, WC, ruang makan, dapur, kalu bisa ada gudang.
LANTAI ATAS :4 kamar tidur dan WC.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 09:02
^ Thanx bos buat masukannya..semoga murah rejeki..hehehe
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 14:53

kebetulan nih

Bro boleh minta petunjuk design? gw mo renovasi rumah gw nih, rumahnya standar komplek tipe 45, tapi lahannya manjang ke belakang (L=6m, P=22m), informasi rumah :
- Lokasi tanah : Pondok Indah jatisari, Jati asih, Bekasi
- Ukuran tanah : L=6 P=22
- Batas Utara : Jalan (depan rumah)
- Batas Selatan : pagar komplek (pagar tembok tinggi 3m, dibaliknya kampung)
- Batas Barat : kavling kosong (kemungkinan akan dibangun)
- Batas Timur : rumah 1lt
- Kontur tanah : rata
- Pohon yg ada : blom ada pohon emoticon-Big Grin

kondisi saat ini cuma ada 2 KT dan 1 KM, kiri kanan rumah tetangga, nah gw mo nambah ruangan di belakang yaitu :

- 1 kamar tidur utama
- 1 kamar mandi
- 1 kamar pembntu
- 1 dapur & pantri
- ruang makan
- gudang
- taman belakang (tempat jemur)
- taman samping belakang kamar


hehe banyak ya yang mau ditambain.. emoticon-Big Grin

denahnya seperti ini :
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan


tlongin ya Bro..
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 14:55
sori..dobel post
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
30-07-2008 16:59
bos numpang tanya dong,

saya pingin renovasi rumah, pingin cor lantai 2 karna sekarng pakai papan, bisa ga ya kalo cor tapi ga usa sampe pindah rumah, kira2 biaya2 nya berapa ya?

rumah saya kecil....ukuran nya 4 x 11 m....??

mohon petunjuk ya

terima kaish banyak
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-07-2008 10:03
@ tW1L19ht_c4f3
Itu mintanya kamar mandi utama bukan?
Berapakah tinggi plafon sekarang? Apakah sama untuk tiap2 ruangan?
Tolong ukur juga ketebalan tiap2 dinding.
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-07-2008 12:05
boss..nyokap ada rencana mo bikin partisi utk split ruang kelas di sekolah(yang bisa buka/tutup) bgsnya pake bahan apa yaa??apa gypsum or PVC yg bgs,tahan lama n kedap suara.oiya kalo ada rekomendasi kira2 aku bisa nyari/bikin dimana gitu..lokasiku ditangerang trims
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-07-2008 12:51

Foto Rumah...

Mas Hyper,

Ini foto yang di minta.

1. Jalan masuk cluster, nanti akan di aspal, tembok batako tersebut nanti akan di tembok lagi dan di kasih pohon bambu di sepanjang jalan tersebut. Rumah saya paling pojok, yang dibangun baru rumah paling depan dan rumah pojok(rumah saya) masih ada 5 unit lagi.

Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan

2. Tampak saat berada di pagar masuk rumah. Yang lubang itu nanti akan dipasang kusen panjang (seperti jendela depan). jendela kecil tersebut nanti akan di tutup(tidak terpakai)

Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan

3. Ini tampak depan luas tamannya 4,5 x 3... nanti akan terpotong teras 1, 5 meter.

Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan

4. Garasi dilihat dari pagar masuk. 2 jendela tersebut adalah jendela kamar depan yang menghadap ke garasi (1 jendela menghadap taman). Nanti akan di tembok kira-kira 2 meter

Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan

Itu foto yang bisa saya kasih mas... Untuk daun pintu dan jendelanya belum datang, tapi udah pesen yang minim garis... hanya ada 6 garis horisontal di pintunya.

Ubinnya juga belum ada.

Tengkyu lagi ni mas.....
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-07-2008 13:14
saudara hypernation
sebaiknya anda tidak memberikan gambar berskala atau berdimensi secara gratis
bagaimana orang mau menghargai profesi arsitek kalau bukan arsiteknya yang menghargai dirinya sendiri , gambar desain bukan barang gratisan!
hargai profesi arsitek, hargai diri anda sendiri

terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf kalau ada kata2 yg kurang berkenan
ini demi kebaikan kita semua

salam arsitek
http://salman-arsitek.blogspot.com/
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-07-2008 13:21
Quote:Original Posted By dr3dd
bos numpang tanya dong,

saya pingin renovasi rumah, pingin cor lantai 2 karna sekarng pakai papan, bisa ga ya kalo cor tapi ga usa sampe pindah rumah, kira2 biaya2 nya berapa ya?

rumah saya kecil....ukuran nya 4 x 11 m....??

mohon petunjuk ya

terima kaish banyak


lantai beton ngga sesimpel cuma cor lantai saja, masih ada komponen struktur lain seperti pondasi, kolom dan balok beton. Kalo memang dulu desain rumah sudah untuk 2 lantai sih masih oke tp kalo struktur rumah cuma untuk 1 lantai terpaksa harus bikin konstruksi pendukung baru...emoticon-Smilie
0 0
0
Jasa Konsultasi Gratis Ttg Design Rumah Dan Pembangunan
31-07-2008 13:24
Quote:Original Posted By ecko_unltd
boss..nyokap ada rencana mo bikin partisi utk split ruang kelas di sekolah(yang bisa buka/tutup) bgsnya pake bahan apa yaa??apa gypsum or PVC yg bgs,tahan lama n kedap suara.oiya kalo ada rekomendasi kira2 aku bisa nyari/bikin dimana gitu..lokasiku ditangerang trims


pake partisi dari kayu aja bro....kantor dulu pernah bikin partisi dari SANDIMAS untuk bank mandiri, bagus kok

coba hubungi ke sini ;

021- 8601356 emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 14 dari 504
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia