Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3474
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008864113/chemical-engineering
Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pek
Lapor Hansip
05-06-2008 20:11

Anak tek.Kimia masuk sini.....

ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ


Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan "insinyur proses" (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia.



[spoiler=Perbedaan Teknik Kimia dan Kimia MIPA]Berikut ini adalah contoh yang mengilustrasikan peran seorang insinyur teknik kimia di pabrik:

“Perbedaan antara teknik kimia dan kimia dapat diilustrasikan dengan mengambil contoh proses produksi jus jeruk. Seorang ahli kimia akan berusaha untuk meneliti metode-metode ekstraksi jus jeruk. Metode yang paling sederhana yang mungkin ditemukan adalah memotong jeruk menjadi dua bagian dan kemudian memerasnya. Metode yang lebih rumit adalah dengan cara mengupas kulit jeruk dan kemudian menghancurkan jeruk untuk memperoleh jusnya.
Sebuah perusahaan kemudian menginstruksikan seorang insinyur teknik kimia untuk merancang pabrik penghasil jus jeruk dengan kapasitas produksi beberapa ribu ton jus per tahun. Insinyur tersebut akan menganalisis proses-proses produksi yang mungkin dan kemudian mengevaluasi keekonomisan setiap proses yang mungkin. Walaupun metode produksi jus dengan cara memeras sangat sederhana, proses ini tidak ekonomis karena memerlukan ribuan orang untuk mencapai target produksi. Oleh karena itu, metode lain akan dipilih (mungkin metode pengupasan dan penghancuran). Dari contoh ini, dapat dilihat bahwa proses produksi yang paling sederhana dalam skala laboratorium belum tentu merupakan metode paling ekonomis pada suatu pabrik." [/spoiler]

ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ


Penjelasan Umum

Teknik kimia selalu menitikberatkan pekerjaannya untuk menghasilkan proses yang ekonomis. Untuk mencapai tujuan ini, seorang insinyur teknik kimia dapat menyederhanakan atau memperumit aliran proses produksi untuk memperoleh proses yang ekonomis. Selain melalui perancangan aliran proses produksi, seorang insinyur teknik kimia juga dapat menghasilkan proses yang ekonomis dengan merancang kondisi operasi. Beberapa reaksi kimia memiliki laju reaksi yang lebih tinggi pada tekanan atau temperatur operasi yang lebih tinggi. Proses produksi amonia adalah contoh dari pemanfaatan tekanan tinggi. Agar laju pembentukan amonia cepat, reaksi dilangsungkan dalam suatu reaktor bertekanan tinggi.

Proses-proses kimia berlangsung dalam peralatan proses. Peralatan proses umumnya merupakan satu unit operasi. Unit-unit operasi kemudian dirangkaikan untuk melakukan berbagai kebutuhan dari sintesis kimia ataupun dari proses pemisahan. Pada beberapa unit operasi, peristiwa sintesis kimia dan proses pemisahan berlangsung secara bersamaan. Penggabungan dari keduanya ini bisa dilihat dari proses distilasi reaktif.

Ilmu-ilmu yang menjadi dasar dalam teknik kimia, antara lain adalah:

* Neraca massa
* Neraca energi
* Peristiwa perpindahan massa, energi, momentum
* Reaksi kimia
* Termokimia
* Termodinamika

Terdapat pula ilmu-ilmu pendukung yang teknik kimia, antara lain:

* Mekanika fluida
* Ilmu tentang material

Selain ilmu dasar dan ilmu pendukung, terdapat pula kemampuan-kemampuan dan pengetahuan-pengetahuan aplikatif yang perlu dikuasai oleh seorang insinyur teknik kimia, antara lain:

* Pengendalian proses kimia
* Instrumentasi
* Perancangan proses kimia
* Penanganan limbah pabrik
* Prosedur keselamatan pabrik kimia
* Evaluasi ekonomi pabrik kimia
* Manajemen proyek

update






Wikipedia




Mailist Tekkim





/



sumber
profile-picture
profile-picture
id.ri.rio dan tata604 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 176
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
21-07-2008 14:47
Quote:Original Posted By Cloudthers
gw mo tanyak nih...emoticon-Smilie

ada yang tinggal di daerah kalimantan timur ngak?!
gw mo nyumbangin buku2 bekas kimia gw nih...secara gw dah ampir 6 taonan kagak kerja di bidang ini lagi..emoticon-Big Grin

BTW klo tempetnya jaoh gw terpaksa kirim via expedisi...ongkir ditanggung yang mo dikirimin...

bukunya cukup banyak nih... kira2 4 kontainer 20 liter...rata2 buku kimia yang dasar2 + potokopian prentice hall...emoticon-Big Grin

pm gw klo ada yang berminat...emoticon-Wink


wah, bagus bos...
ane PM
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
21-07-2008 19:40
Quote:Original Posted By klamono86
@cloudthers
sekarang tinggal dimana bos?
balikpapan g?


gw di Samarinda...tapi ngak tau entar 2 bulan lagi ke mana gitu...emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
22-07-2008 16:38
hoy...kok sepi neh tred....update po'o...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
22-07-2008 18:08
diramein pakek apa emoticon-Big Grin

bagi2 solman bole emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
22-07-2008 21:30
Quote:Original Posted By Wahyoe Asem
hoy...kok sepi neh tred....update po'o...


abiss sidang langsung ngaskus nee....??emoticon-thumbsup:
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-07-2008 12:25
Quote:Original Posted By kaskusjongkok
diramein pakek apa emoticon-Big Grin

bagi2 solman bole emoticon-Big Grin


mau Sol Man apaan siiiiiih? emoticon-Embarrassment
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-07-2008 18:12
solman geankoplis plis...

baru pny sieder seader, smith van ness, seborg, levenspiel, fogler doank emoticon-Malu

penasaran sy, nyari geankoplis ga dpt emoticon-Malu

kan bapak kajur pny tuh emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-07-2008 18:59
Quote:Original Posted By kaskusjongkok
solman geankoplis plis...

baru pny sieder seader, smith van ness, seborg, levenspiel, fogler doank emoticon-Malu

penasaran sy, nyari geankoplis ga dpt emoticon-Malu

kan bapak kajur pny tuh emoticon-Big Grin


ada seeeeh, tapi gak lengkap.... cuman bab yang awal2 aja. Materi T.Momentum ama sebagian T.Panas.... Kalo yang lengkap yaaaaa..... gampanglah, berani berapa? hehehe.....
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-07-2008 19:04
astagfirullah, kuliah koq bukannya pinter ngerjain soal malah pinter nyari solman...emoticon-linux2bukannya anak 2005 ga butuh geankoplis lagi??
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-07-2008 19:08
@kaskusjongkok
oiya emang dah punya e-book geankoplisnya (bhs inggris)?
bagi dunk......
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-07-2008 19:17
Quote:Original Posted By klamono86
astagfirullah, kuliah koq bukannya pinter ngerjain soal malah pinter nyari solman...emoticon-linux2bukannya anak 2005 ga butuh geankoplis lagi??


eits...

kita ngerjain soal ga slamanya pakek solman mas emoticon-Big Grin

kan sebagai referensi step2 nya yg gmn sih yg bener...

gpp kali...

kita kan jg pengen tahu jg emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-07-2008 19:18
Quote:Original Posted By klamono86
@kaskusjongkok
oiya emang dah punya e-book geankoplisnya (bhs inggris)?
bagi dunk......


e book nya g dpt2...

ada nya klo g slh karangan geankoplis yg laen...

bukan yg kita pakek...

itu klo g slh sih emoticon-Big Grin

___________emoticon-linux nasi padang menunggu ________emoticon-linux
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
23-07-2008 19:58
Quote:Original Posted By kaskusjongkok
eits...

kita ngerjain soal ga slamanya pakek solman mas emoticon-Big Grin

kan sebagai referensi step2 nya yg gmn sih yg bener...

gpp kali...

kita kan jg pengen tahu jg emoticon-Big Grin


kirain mau nyontek semua isi solman....(jadi ingat waktu thermo dulu)emoticon-linux2
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
24-07-2008 09:46
Quote:Original Posted By klamono86
kirain mau nyontek semua isi solman....(jadi ingat waktu thermo dulu)emoticon-linux2


jadi inget dalpro dulu... emoticon-Malu

ngerjain tugas liat solman emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
24-07-2008 09:50
Quote:Original Posted By kaskusjongkok
jadi inget dalpro dulu... emoticon-Malu

ngerjain tugas liat solman emoticon-Big Grin

loh dalpro liat solman

mangkanya jangan liat solman

menyesatkan emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
24-07-2008 10:08
Quote:Original Posted By bayuland
loh dalpro liat solman

mangkanya jangan liat solman

menyesatkan emoticon-Big Grin


lebih sesat lg klo g liat solman...

tugas e ga dikerjano emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
24-07-2008 10:34
kk dalpro itu apaan sih? emoticon-Embarrassment
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
24-07-2008 10:45
dalang profesional mbah...
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
24-07-2008 11:11
Quote:Original Posted By kaskusjongkok
dalang profesional mbah...

Mudah2an Bapak ngaskus juga emoticon-Big Grin
0 0
0
ஜ۩۞۩ஜ Chemical Engineering ஜ۩۞۩ஜ
24-07-2008 12:58
Quote:Original Posted By lhendrie
Mudah2an Bapak ngaskus juga emoticon-Big Grin

kalo ngaskus berati kelompok yang mau masuk dalpro berkurang satu emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 12 dari 176
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia