News
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
Lapor Hansip
15-01-2020 09:22

Belanda Negara Penjajah Tapi Dijajah, kok bisa?

Hello GanSis

Belanda Negara Penjajah Tapi Dijajah, kok bisa?

Kembali lagi sama kreator cupu ini kali ini kreator masih membawa topik mengenai sejarah yang bisa dibilang bisa menambah pengetahuan GanSis dan kreator khususnya tentang sejarah.

Kali ini ane mau membawa thread tentang Negara penjajah tapi dijajah, loh gimana nih negara penjajah tapi dijajah.

Belanda Negara Penjajah Tapi Dijajah, kok bisa?

Bendera Belanda (Sumber: Image Google)

Daripada panjang lebar mending kreator ceritain nih buat GanSis di thread ini cek this out....

Sejarah Awal


Nah!!! Ternyata GanSis saat perjanjian Tordesillas ini dibuat Belanda masih belum merdeka dan menjadi imperium penjajah. Karena pada saat itu hanya ada dua kekuatan besar yakni Spanyol dan Portugis di benua biru atau Eropa dari perjanjian ini juga Spanyol dan Portugis berusaha memindahkan pangkalan dagang dari Konstantinopel karena saat itu Konstantinopel yang merupakan Imperium tua Romawi berhasil direbut oleh Kesultanan Ottoman.

Belanda Negara Penjajah Tapi Dijajah, kok bisa?

Gambar Imperuum Spanyol (Sumber: Image Google)

Lanjut pada saat itu Belanda masih dalam cengkraman Spanyol. Tepat tahun 1568 orang-orang Belanda dibawah kepemimpiman Willem I mulai menggaungkan dan melakukan pemberontakan ke Spanyol dengan melakukan perang 80 tahun, setelah itu 13 Tahun kemudian tepat 1581 terbentuk Republik Tujuh Provinsi  (Zeven Provincien) alias Republik Belanda berdiri.

Dalam sebuah buku yang ditulis oleh George Edmundson dalam History of Holland (2013), Willem I akhirnya tertembak dan tewas oleh pistol Balthasar Gérard—seorang Katolik Burgundi—pada 10 Juli 1584 di Delft. Tak lama setelahnya, giliran Balthasar Gérard, yang merasa dirinya martir dan disucikan sebagai Katolik, kena eksekusi juga (hlm. 80). Setelah terbentuk Republik Tujuh Provinsi Portugis dan Spanyol bersama dengan Belanda yang masih berbentuk Republik berlayar ketimur untuk mencari rempah-rempah pada saat itu Belanda ikut serta ke pelayaran dengan negara penjajahnya yakni Spanyol dan Portugis, meski kedaulatan Belanda masih belum diakui.

Akhirnya Belanda berhasil mendarat di Tidore pada saat itu dan menguasai dunia timur melalui Tidore dan memperkuat armada hingga membuat pelabuhan Sunda kelapa di Jawa sebagai basis kekuatan dagang Belanda. Tidak mau kalah dengan negara yang menjajahnya Belanda akhirnya membuat perusahaan dagang yakni VOC GanSis yang dikenal perusahaan dagang paling kaya yang kekayaannya melebihi Microsoft, Facebook, dan Alibaba.

Belanda Negara Penjajah Tapi Dijajah, kok bisa?

Ilustrasi logo VOC (Sumber Gambar: Imager Google)

Jadi dapat disimpulkan nih GanSis bahwa si Belanda saat pertama kali menjajah Indonesia statusnya masih negara jajahan Spanyol jadi bisa dibilang negara dijajah menjajah negara lain (cukup ribet ya mendefinisikannya). Nah pada saat pembuatan VOC ternyata Belanda belum berbentuk monarki inget ya namanya masih Republik Tujuh Provinsi jadi bentuknya masih Republik lalu setelah Willem I meninggal digantikan oleh Maurice Van Orange Nassau yang kemudian berusaha meminta pengakuan Kedaulatan saat itu kepada kesultanan Aceh.

Hingga pada 30 Januari 1648 Spanyol memilih jalan damai yang saat itu dipimpin oleh Raja Philip IV dengan mengundang wakil-wakil Belanda untuk berdamai serta mengakhiri perang 80 tahun yang bisa dibilang menghabiskan tenaga dan uang. Perdamaian dan pengakuan kekuasaan dan kedaulatan negara Belanda ini dilakukan dengan ditandatanganinya Perjanjian Munster (Treaty of Munster). Meski sudah diakui kedaulatan negara Belanda ini namun tetap saja kedaulatan ini tidak termasuk kedalam wilayah Belanda bagian selatan jadi pengakuannya sebatas pengakuan untuk Republik Tujuh Provinsi.

Belanda Negara Penjajah Tapi Dijajah, kok bisa?

Ilustrasi Penandangan Perjanjian Munster (Sumber Gambar: Image Google)

Tujuan dari perdamaian ini bukan hanya sekedar pengakuan atas kedaulatan Belanda namun juga sebagai bentuk Toleransi Spanyol ditengah mayoritas Kristen Protestan di Belanda. Nah!!! Jadi pada saat 1648 Belanda bisa dikategorikan masih negara orang sama halnya seperti Belanda menjajah Indonesia yang berstatus Hindia Belanda. Namun Belanda benar-benar berbentuk Monarki ketika tahun 1800an, tepatnya 1815 dibawah kepemimpinan Willem II yang tak lain anak dari Willem satu dan masih berkaitan dengan klan Orange Nassau.

Nah GanSis Belanda ini pinter memanfaatkan negara penjajahnya terbukti Belanda saat sebelum benar-benar merdeka dan diakui kedaultannya oleh Spanyol, mereka menggunakan Spanyol untuk memperkecil pengaruh Portugis di Nusantara dengan menggunakan kekuatan Spanyol untuk memperkuat daerah kekuasaan Belanda di Nusantara. Karena hakikatnya Belanda ini tidak ingin berperang dan meminimalisir perang bahkan perang yang paling lama dihadapi Belanda adalah perang melawan orang-orang di negara jajahannya yakni di Indonesia tepatnya di Aceh. Saat perang Aceh berlangsung Belanda benar-benar kewalahan menghadapi rakyat Aceh tidak hanya itu Belanda juga harus menguras kocek yang dalam untuk menghadapi Aceh. Namun tidak saat Belanda mengusir pengaruh Portugis di Nusantara, mereka hanya menggukan kekuatan negara Penjajahnya yakni Spanyol untuk mengurangi pengaruh Portugis di Nusantara.

Hal ini dibuktikan oleh pengaruh Portugis hanya sampai pada wilayah Timor Indonesia saja tidak sampai meluas ke wilayah Indonesia lainnya.Jadi GanSis sebenarnya bisa disimpulkan sebenarnya Belanda tidak menjajah Indonesia 350 tahun hanya saja pertama kali Indonesia dijajah oleh VOC loh kok bisa? ya bisa VOC merupakan perusahaan yang bisa dibilang punya wewenang lebih menguasai nusantara saat itu sebelum akhirnya bubar karena korupsi lalu barulah Belanda menguasai Indonesia setelah VOC bubar.

Nah sekian Thread Kreator kali ini jadi bisa disimpulkan Penjajah Indonesia ternyata negara jajahan juga yang artinya negara jajahan yang menjajah negara lain jadi bener-bener rumitlah skemanya.

emoticon-Bingung

Semoga kreator berharap thread ini bermanfaat buat GanSis dan menambah pengetahuan kita semua terutama Kreator yang buat.

Sekian ane ucapin terimakasih dan sampai jumpa di thread berikutnya.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia




profile-picture
profile-picture
profile-picture
fira262 dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Belanda Negara Penjajah Tapi Dijajah, kok bisa?
15-01-2020 13:01
Apakah sebuah kongsi dagang (VOC) bisa dibilang menjajah?
Ataukah Kongsi dagang tadi bsia dibilang menjajah mewakili negara?
Apakah begitu VOC datang dan mencoba memaksakan monopoli dagang, mereka disebut penjajah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
profile picture
kaskuser
17-01-2020 00:39


siapapun dan apapun bentuknya. terlepas mewakili negara atau tidak, penindasan dan kesewenang wenangan adalah penajajahan. dan VOC sudah melakukan itu. VOC perang dengan Aceh, VOC perang dengan kelompok² "berkepentingan" di Jawa adalah bukti sebuah pemaksaan kehendak yang ditentang oleh kelompok² "pribumi" yang kepentinganya diganggu.
4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia