alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
17-08-2019 11:10
7 Mitos-Mitos Orang Jawa yang Ternyata Masuk Akal Juga, Bahkan Ane Dapet Tuahnya !!
7 Mitos-Mitos Orang Jawa yang Ternyata Masuk Akal Juga, Bahkan Ane Dapet Tuahnya !!
Mitos orang jawa yang ternyata masuk akal (Instagram/@bumijawa_).

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural yang terdiri atas lebih dari 300 suku bangsa dengan budaya dan adat kebiasaan yang berbeda-beda. Dari semua suku bangsa di Indonesia, Suku Jawa merupakan suku bangsa terbesar dengan jumlah hingga 40% dari total populasi. Suku Jawa banyak bermukim di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I. Yogyakarta.

Suku Jawa adalah suku unik yang masih mempercayai berbagai mitos-mitos aneh dalam kehidupan sosialnya. Meskipun terdengar aneh, jika dipikir-pikir kembali mitos-mitos tersebut ternyata masuk akal juga. Berikut ini disajikan beberapa mitos orang jawa yang ternyata masuk akal.


7 Mitos-Mitos Orang Jawa yang Ternyata Masuk Akal Juga, Bahkan Ane Dapet Tuahnya !!
(Phinemo Sekar Suwardani)


1. Menyapu tidak bersih, suaminya brewokan


Brewok bagi orang jawa identik dengan hal-hal yang tidak bersih. Perempuan-perempuan jawa cenderung menyukai pria yang bersih tanpa brewok dan kumis rapi. Mitos ini bertujuan untuk menakut-nakuti anak-anak perempuan agar rajin dalam membersihkan rumah dengan bersih.


2. Anak perempuan yang duduk di depan pintu akan sulit jodoh


Mitos orang jawa satu ini bertujuan untuk mendidik agar seoranga anak perempuan berlaku sopan. Dalam adat kebiasaan masyarakat jawa, duduk di depan pintu merupakan hal yang kurang sopan karena menghalangi akses keluar masuk ruangan.


3. Makan buah dengan bijinya karena bisa tumbuh di kepala

Mitos ini sangat populer di kalangan anak-anak zaman dulu. Ternyata dibalik mitos ini ada pengajaran penting untuk melestarikan alam dengan tidak rakus memakan buah beserta bijinya, melainkan juga menyebarkan biji-bijian tersebut ke tanah agar dapat tumbuh kembali.


4. Duduk diatas bantal nanti pantat bisulan

Orang jawa dikenal sangat sederhana, saat sedang duduk mereka lebih sering lesehan. Dari hal inilah anak-anak banyak menggunakan bantal sebagai alas duduk. Mitos ini berkembang untuk mengajarkan bahwa tidak baik menggunakan benda untuk kepala sebagai alas pantat.

5. Makan sambil tiduran bisa menjadi ular

Mitos ini sangat populer bagi anak-anak zaman dahulu agar tidak makan sambil tiduran. Alasannya cukup masuk akal yaitu karena akan berdampak buruk bagi pencernaan manusia.


6. Bermain saat maghrib diculik Wewe Gombel

Wewe Gombel adalah sosok lelembut dalam mitologi masyarakat jawa yang dikenal gemar menculik anak-anak. Mitos ini berkembang bertujuan agar anak-anak tidak keluar saat menjelang waktu maghrib karena merupakan waktu untuk beribadah dan berkeumpul bersama keluarga.


7. Makan harus habis agar ayamanya tidak mati

Mitos ini ditujukan untuk anak-anak yang sulit makan dan selalu tidak pernah menghabiskan makanannya. Dahulu hampir setiap keluarga memiliki hewan ternak ayam yang sangat disayang anak-anak. Doktrin dengan mitos-mitos ini bertujuan agar sang anak bersedia makan dan menghabiskannya demi ayam kesayanggannya. Pengajaran yang tersimpan dibalik mitos ini adalah menghargai makanan sebagai sebuah rezeki yang harus disyukuri, sebab diluar sana masih banyak orang mati kelaparan.

https://phinemo.com/7-mitos-orang-ja...akal-juga/amp/

setahu ane mitos diciptakan leluhur fungsinya untuk kebaikan .

ada juga mitos legendaris yang bilang kalau pria orangnya gelian atau dalam Boso Jowo'ne Kerén, nanti istrinya cantik emoticon-Big Grin

dan mitosnya emang benar, ane orangnya pemalu sekaligus gampang gelian & kebetulan cewek2 yang dulu naksir sama TS ceweknya bening cantik-cantik emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

matur nuwun sanget mbah mitosipun emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh matthysse67
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Cahayahalimah memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
17-08-2019 11:51
Jangan makan sambil berdiri nanti jadi kuda
Atau jangan makan sambil ndodok (jongkok) ntar jadi kodok

Klo dipikir2 nyampe sekarang gak masuk logika, hanya saja emang anak2 diajarin utk berperilaku sopan santun...

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
profile picture
kaskus addict
18-08-2019 00:59


bener banget gan, emg diajarin aja kitanya buat berperilaku sopan yak. ane juga jadi inget tuh yang disuruh buang pakaian dalem ke atas genteng kalo pas mau nikah arahnya kemana gitu biar pas nikah lancar lancar aja (seinget ane nih)
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.