alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
135
Lapor Hansip
05-08-2019 17:10

Daerah ini Malah Menjadi Surga Padahal Dulunya Kena Nuklir

Daerah ini Malah Menjadi Surga Padahal Dulunya Kena Nuklir

Apa yang agan pikirkan ketika melihat suatu daerah yang telah terpapar radiasi nuklir?. Ya pasti daerah tersebut sangat tercemar dan tidak dapat ditinggali. Tetapi hal tersebut ternyata bertolakbelakang setelah 30 tahun belakangan ini ilmuwan mengetahui bahwa alam mampu beradaptasi untuk menghijaukan kembali daerah yang dilanda radiasi nuklir.

Siapa sangka, para makhluk hidup yang tersisa didalamnya akhirnya menemukan cara untuk tetap hidup di daerah tercemar nuklir dengan adaptasi morfologi dan tingkah laku yang menyebabkan adanya suksesi primer. Sukesi tersebut kemudian menumbuhkan kembali segala ekosistem di sana hingga akhirnya menjadi “Surga” bagi para hewan karena sudah tidak ada intervensi dari manusia lagi.


hijaunya chernobyl


Ya sebut saja Chernobyl. Daerah yang dulunya sangat berbahaya bagi segala organisme ternyata sekarang kembali menjadi hijau oleh makhluk hidup yang tersisa dan mampu beradaptasi. Aneh bukan? Manusia yang justru penguasa rantai makanan teratas tidak ada satupun yang bertahan tetapi tumbuh-tumbuhan, insekta, amfibia, dan bahkan hewan mamalia mampu bertahan dari jahatnya radiasi nuklir.

Jauh sekali ternyata kondisi Chernobyl dengan apa yang media imajinasikan. Setelah 30 tahun kemudian, kota ini rupanya semakin hijau dan beberapa mamalia mulai banyak ditemui seperti European bison (Bison bonasus), boreal lynx (Lynx lynx), rusa besar (Alces alces) and beruang coklat (Ursus arctos) hidup sehat tidak terlihat seperti mutan dan tampak bahagia.


european byson di chernobyl


boreal lynx di chernobyl


rusa besar di chernobyl


beruang di chernobyl


Sontak hal ini membuat para ilmuwan bingung mengapa para mamalia tersebut tidak mengalami perubahan struktur tubuh akibat paparan radiasi. Seharusnya beberapa hewan tersebut menunjukan tanda-tanda mutan seperti beberapa kodok yang ditemui di sana.


kodok mutan chernobyl


Hal ini rupanya karena ada pembangunan New Safe Confinement Shield yang diletakan mengelilingi pusat reaktor chernobyl. New Safe Confinement Shield sendiri merupakan struktur baja terbesar yang pernah dibangun yang berfungsi sebagai hanggar raksasa di seluruh pembangkit listrik tenaga nuklir chernobyl. Gunanya yaitu untuk menjaga agar paparan radiasi nuklir tidak bertebaran kembali.


new safe confinement shield


Sebelum dibangun New Safe Confinement Shield sendiri, pemerintah sebenarnya sudah membangun sarkofagus beton raksasa, untuk menghentikan lebih banyak bahan radioaktif yang keluar. Jadi kali ini perlindungan nuklir menjadi dobel yang membuat hewan dan tumbuhan sanggup beradaptasi di sana. Bila dipikir-pikir tanpa 2 proteksi tersebut mungkin chernobyl akan cukup mustahil hijau kembali. Confinement shield tersebut dibangun dengan biaya Rp 22,806,253,071,244,- atau kurang lebih 22,8 triliun rupiah.

Walaupun demikian, manusia masih dilarang untuk tinggal disana dengan alasan keamanan. Manusia hanya boleh masuk bila menggunakan hazmat suit untuk menjaga-jaga atas adanya radiasi yang tersisa diluar daerah reaktor. Belum diketahui pasti kapan chernobyl akan menjadi hunian kembali. Tapi pemerintah pesimis mengingat ledakan reaktor nuklir chernobyl 400x lebih dahsyat dari bom hidrogen Hirosima & Nagasaki. Artinya masih banyak sisa-sisa radiasi yang belum terjangkau untuk dibersihkan.


Daerah ini Malah Menjadi Surga Padahal Dulunya Kena Nuklir

Dengan keputusan itu, kini Chernobyl menjadi surga bagi sebagian besar hewan dan tumbuhan di sana sebab pemerintah tidak main-main dalam menjaga agar daerah ini tidak boleh dikunjungi apalagi untuk wisata tanpa izin. Banyak juga hewan-hewan yang mulai menetap di apartemen dan menjadikan daerah tersebut hunian mereka karena cukup aman dari mangsaan predator seperti beberapa jenis burung menempati lantai atas apartemen.


bagian atas apartement sebagai hunian burung


Beberapa kelompok rubah juga sudah memonopoli apartemen tersebut sehingga kita harus membayar dengan sejumlah makanan sebagai uang masuk untuk sekedar melihat-lihat areal tersebut.


penjagaan disetiap sisi apartemen oleh rubah


pintu masuk yang dijaga seekor rubah


makanan yang harus kita bayarkan ke rubah


Wah rupanya chernobyl sekarang ini jauh sekali dari apa yang media beritakan dulu. Sekarang chernobyl tampak asri dan hijau dimana berbagai macam hewan didalamnya hidup tentram tanpa ganguan dari aktivitas manusia. Bila sudah begini maka chernobyl akan menjadi daerah spill-over-effect
atau sebagai penghasil berbagai macam hewan ke lingkungan di luarnya. Oke mantep deh!


Sumber : Disini
Sumber gambar : bing.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madnesss dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Daerah ini Malah Menjadi Surga Padahal Dulunya Kena Nuklir
06-08-2019 07:07
Kdg seneng loh liat suasana kota yg abandoned total dgn tumbuh2an emoticon-Matabelo
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
08-08-2019 12:51


Semuanya juga senang gan kalau dilihat dari sudut pandang ketika siang hari. Kalau malam hari wadaww serem gan seolah-olah jadi rumah Hantu emoticon-Takut
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.