• Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • Surat terbuka untuk BANK B*A CABANG KEBUMEN SUNGGUH MENGECEWAKAN!!! 8 MEI '16

reno091205Avatar border
TS
reno091205
Surat terbuka untuk BANK B*A CABANG KEBUMEN SUNGGUH MENGECEWAKAN!!! 8 MEI '16
Kejadian tanggal 9 MEI 2016‎ (ralat tdinya tgl 8, itu hr minggu) sking napsunya ane bkin ni thread

Ane mau meluapkan kegondokan ane kekesalan ane kekecewaan ane terhadap‎ bank B*A cabang kebumen! (pasti pd tau lah ente semua gan) karena ketidaksopanan WAKACAB dan CSO yang ngerjain kakak ipar saya dan keponakan saya (anaknya kakak ipar saya) yg mau buka rekening baru tp malah DIPERSULIT oleh CSOnya yg sangat tidak masuk diakal
Tujuan saya membantu nemenin mreka buka rekening di bank B*A karena supaya lbh mudah saya berkecimpung dijual beli mobil bekas dijakarta  dan pakai pencet2 ntu buat transaksi. Tujuan saya membantu mengantar buka rek karena memudahkan mereka.

Keponakan saya buka rekening buat memulai jualan online baju muslim dikampung.

Sedangkan kakak ipar saya buka rekening untuk transaksi jual beras dan beli bibit padi pupuk dalam jumlah banyak karena selama ini mondar mandir ke atas ke bwh hanya untuk bayar membayar
langsung disimak nyok kronologinya pasti orang pintar paham!

Jam 8.00 
Saya dan istri brangkat dr rumah menuju kebumen kota yg dimana jarak antara rumah saya  dan kota kebumen 1 jam 15 menit bersama kakak ipar saya dan keponakan saya (MEMBAWA ANAKNYA UMUR 3TH) menggunakan 2 motor

Jam 9.25
sampailah di bank B*A cabang kebumen yg mengecewakan nasabah (karena saya sendiri nasabah bank tsb selama puluhan tahun, mama syapun prioritas). Dapetlah nomor antrian A20 (keponakan saya) dan A21(kakak ipar saya)‎ dilayar antrian msh A13 . Ane nunggu sekitar 1 jam dan sampailah pd giliran keponakan ane jam 10.35

*sekitar jam 10.00 datenglah CSOnya yg bernama ibu MIL* yg sangat tidak dimainkan logikanya yg mempersulit proses buka rekening kedua keluarga saya... dia bertanya

IM (ibu mil*)
S & KI (saya dan kakak ipar)

IM : siang pak keperluanya apa ya?
S : ini kakak ipar saya mau buka rekening saya nemenin ksini tkt ga ngerti
IM : data2nya sudah lengkap?
KI : udah bu ni KTP sama KK
IM : ini buka tabungan dipergunakan buat apa ya? ( mulai kepo) 
S : ini kan kakak ipar saya petani dia suka jual beras ke kota dan suka beli bibit padi dlm jumlah banyak drpd mondar mandir keatas kebwah yg jaraknya 1 jam lebih makanya saya temenin buka rekening B*A biar lbh mudah dlm transaksinya
IM : o gitu ya udh datanya udh lengkap ditunggu ya pak
S & KI : makasih bu.

Lanjut! 
Jam 10.35 
keponakan saya maju dluan ditemenin istri saya karena namanya org desa kurang paham begitu2 makanya ditemenin maju DAN ANAKNYA GA MAU DITITIP SAMA ISTRI SAYA anaknya nangis tp begitu sampai didpn istri saya disuruh duduk nunggu di kursi tunggu. Dan langsung keponakan saya foto dan langsung dikasih kertas hvs 2 lembar disuruh ke meja kosong katanya disuruh latihan tanda tangan harus sama seperti E-KTP (sama gendong anaknya), saya deketin saya tanya keponakan saya kyk gni ni :

S (saya)
K (keponakan)

S : buat apaan tu kertas?
K: katanya suruh latihan tanda tangan PERSIS SAMA 100% KYK DI E-KTP
S : owh ya udh latihan aja dulu

Next!

jam 10.45 
Giliran saya dan kakak ipar saya maju dan sama saya disuruh nunggu dikursi tunggu. Ok saya duduk dikursi tunggu dannnnn eng ing eng kakak ipar saya duduk difoto dan sama persis dikasih kertas hvs 2 lembar buat latihan ttd PERSIS KYK DI E-KTP saya duduk aja liatin mreka berdua latihan ttd sambil bbman sama tmn urusan tawar menawar mobil.

Jam 10.50
Saya deketin mreka berdua bertanya

S : udh sama belum
KI & K : udh sama kan? (bertanya kesaya)
S : udh sama tu coba sana maju lg

Majulah mereka berdua anddd balik kemeja kosong lg katanya msh berbeda‎ (INGET MASIH BERBEDA PERTAMA) maklumin

Jam 11.00
Saya tanya lg sama kakak ipar sya dan keponakan

S: udh itu kali udh sama, kalo udh sama maju lg coba tanya
KI & K : iya ni udh sama cape diulang2 terus pegel
(itu udh sampe 1 lembar HVS bagian DEPAN) bayangin aja org suruh ttd 1 lembar depan HVS banyak ga kira2

Ya udh tuh mreka maju lg dan eng ing enggg masih belum sama balik lg ke meja kosong trus saya bingung donk saya tanya

S : koq balik lg?
KI & K : katanya msh belum sama (masih beda kedua)

Alhasil saya liat itu hasil latihan ttd yang udh penuh 1 lembar hvs penuh yang namanya org desa ga ngerti apa2 mah disuruh mah iya2 aja pdhl saya liat udh sama tp msh diterusin ttd ampe lembar blakang

Ga lama tu CSO si ibu MIL* mendekat, nanya lg 

IM : ini desanya sama RT/RWnya sama ya?
KI & K : iya sama bu tp beda rumah kan saya udh nikah jdi udh keluar dr KK bapak saya
IM : oh ini buat apa ya rekeningnya?
S : kan td udh dibilang bu kakak ipar sya buat transaksi jual beras sama beli bibit padi biar ga bolak balik soalnya jarak dr rumah ke kota 1 jam lebih.
(IM idak merespon saya malah bertanya ke keponakan saya)
IM : klo ibu buat apa ya?
K : saya buat kalo suami kirim dari jakarta bu sekalian buat nabung sama buat dagang baju soalnya suami pake B*A juga (udh jelas kan?)
Ga lama nanya lg tu CSO  ke kk ipar ane
IM : bapak tujuannya buat rekening buat apa ya pak?
Saya udh mulai aneh ni sama ni CSO akhirnya saya yg jwb

S : bu kan td udh dibilang buat blablabla
IM : (negur saya) pak saya bukan nanya bapak tp saya nanya yg mau buka rekening!
S : ya saya tau tp kan udh 2x ibu tanya mreka udh jelasin tujuannya, saya luangin waktu 1hr ini buat bantu bkinin mreka rekening di B*A supaya mudah karena saya yg lebh paham, mreka kurang paham kyk gini2 makanya saya temenin. Bank kan diperuntukan buat menabung dan transaksi kan? Koq kyknya ad sesuatu gt?
IM : emank bapak ni siapanya mereka? (dgn nada agak tinggi)
S : ini kakak ipar saya, yang itu keponakan saya
IM : ya tapi biarin yg buka rekening yg jwb bukan bapak (saya)! Bapak usahanya apa? Punya rekening B*A? (MULAI KEPO GA JELAS)
S : saya usaha jual beli mobil, ada saya punya 2 rekening dan mama saya prioritas di B*A kalo ga percaya cek aja namanya.
IM : saya menanyakan ke mreka supaya mreka tau dipergunakan untuk apa dan bukan untuk dipergunakan org lain atau disuruh org bikin.

DISINI SAYA TERSINGGUNG SAYA BILANG KE IM

S : bu emank saya ad muka teroris apa pelaku kejahatan ya? Ini keluarga saya koq ibu ngomong seakan2 saya pelaku kejahatan ato teroris ya? Saya ini bantu mreka karena mreka kurang paham! Ngapain saya jauh2 cape2 nemenin mreka kalo mreka paham? Saya ini luangin waktu 1hr buat buka rek supaya mreka lbh mudah ga naek turun kekota, karena jaraknya 1 jam lebih dr rmh ke kebumen kota bu.

IM : iya tp saya menjelaskan kepada mreka supaya tau (mulai diulang2 melulu)

S : ya tp ibu ngomong seakan2 saya pelaku kejahatan! Saya kan keluarganya koq ibu ngomong kyk gt!?

Dan tanpa kata2 CSO tsb langsung pergi aja ngeluyur ga ngomong apa2 lg

Next! Waktu udh jam 11.30‎ selama 30 menit cmn ngomong ga jelas nanya2 sementara keponakan & kk ipar saya tetep latihan ttd dimana saya ajarin pantau terus karena dibilang diharuskan SAMA 100% PERSIS KYK DI E-KTP

Jam 11.45
Setelah saya liatin udh sama tuh saya suruh maju lg tanya udh sama ato belum dannnnnnnnnn balik lg dibilang MASIH BELUM SAMA PERSIS 100% KYK DI E-KTP (MASIH BEDA KE 3) saya gerah saya maju ngomong sama CSOnya saya nanya

S : bu ini ga samanya dimana ya ttdnya? Perasaan udh sama deh bu ini drtd cmn masalah ttd doank ga jadi2 kyknya

IM : iya pak DIHARUSKAN SAMA PERSIS 100% SAMA KYK DI KTP. Tarikannya aja yg salah

S : bu itu udh sama walaupun ga 100%. Sekarang logika aja ya bu itu tangan tangan manusia bukan tangan robot! Mana ada org bs 100% sama paling ga mendekati ato paling mirip, didunia ini ga ad yg 100% sama persis. Skrng yg ibu bilang tarikan tuh yg kyk gmn yg slah??

IM : tp itu udh prosedurnya pak soalnya nanti ad 10x tanda tangan dan harus sama persis semuanya (GA JWB TARIKAN YG SALAH DIMANA)

S : ya udh gni deh bu saya ttd 10x ya ibu liat ad yg sama atau tidak. Saya usahakan sama persis 100% ya (mulailah saya ttd dikertas HVS yang udh penuh 1 lembar depan dan blakang)
Itu ibu liat ad yg sama persis ga? Saya udh ttd pelan2 dan hati2 banget

IM : ya ga bs pak hrus sama 100% persis SOALNYA PROSEDUR

S : (SAYA TANTANG SI IM) ya udh skrng gni aja bu IBU TTD DI KERTAS 10X KALO IBU BISA TTD SAMA PERSIS 100% SAYA ACUNGIN JEMPOL DAN SAYA GA JADI BUKA REKENING

DENGAN DIEM SEJENAK DIA NGOMONG

IM : MAAF YA SAYA AD KERJAAN LAIN SAYA TINGGAL DULU

‎JAWABAN MACAM APA ITU BEGITUUU?!?!?!

JAM UDH MENUNJUKAN PUKUL 12.00 
selama 2 jam 30 menit semenjak saya antri tidak satupun ttd yg dianggap sama pdhl mata saya masih sehat dan itu udh sama walaupun ga 100% itu udh 95% sama. Saya udh mulai emosi dr jam 9.25 belum makan SEMUA DAN KEPONAKAN SAYA BWA ANAKNYA UMUR 3TH KONDISI BELUM MAKAN SEMUA! Anaknya udh nangis minta jajan biasa lah anak kcil ya istri saya beliin jajanan turun kebwh udh 4x bolak balik karena anaknya keponakan saya nangis bilang laper DAN SETAU SAYA BUKA REKENING DIBANK TIDAK SELAMA ITU! DAN TIDAK SESULIT ITU HANYA GARA2 TANDA TANGAN TIDAK PERSIS SAMA 100% DGN E-KTP!

Jam 12.10
Akhirnya kk ipar saya dan keponakan saya nyerah karena ttd tidak kunjung diterima oleh pihak CSO dan CS yg melayani 
mreka keluar dgn muka tidak enak dan sayapun MARAH KESAL DGN PIHAK BANK B*A YG SEENAKNYA NGERJAIN ORG BEGITU! Saya kembali ke meja CS untuk bicara dgn ibu MIL* percakapannya nih :

S : bu itu ttdnya salah terus ini saya lihat sudah sama koq ga diproses2 ya?
IM :iya tarikannya kan td saya bilang salah.
S : tarikan yg seperti apa bu? Mau mreka disuruh ttd ampe habis 1 rim jg saya rasa sama aja ttdnya ga brubah, KTP asli, KK asli, org yg bersangkutan dateng di tmpt, persyaratan lengkap kenapa ga diproses malah disuruh TTD aja drtd? Saya udh dtg antri dr jam 9.25 sampai jam 12.10 itu udh brp lama bu? Apa bukanya udh hampir 3 jam itu saya disini? 1 jam cmn ngurusin TTD doank harus sama persis 100% kyk E-KTP ibu tau ga saya dr rmh kesini itu 1 jam lebih bukan buat latihan TTD dikertas hvs doank!
IM : iya tp gmn pak prosedurnya begitu.
S : ibu bilang prosedur memank begitu skrng ibu saya tantangin bkin 10 TTD yg sama persis ibu ga bs jwb tantangan saya kan? Apa ga brani? Kalo memank ga boleh buka disini ngomong aja bu! Bank ga cmn B*A aja masih banyak! Kenapa saya pilih B*A krena rata2 pakenya B*A saya sudah tanya ke mreka butuhnya bank apa koq malah ibu mempersulit dan ngerjain saya!
IM : bukan begitu pak itu prosedur
S : prosedur sih prosedur bu masa dr sekian banyak TTD semua salah dan ga ad yg masuk??? Itu 1 lembar HVS depan blakang loh! Bukan 10x tp 1 lembar HVS DPN BELAKANG!! Anda logikanya main ga 1 jam suruh bkin TTD doank?! Itu drtd jg saya liat ga ad yg disuruh latihan dikasih kertas HVS begitu?
IM : ya karena mreka bisa TTDnya (WTF!!!! Jwb enteng banget)
S : bu jgn mentang2 mreka org desa trus dipersulit dikerjain begitu ya! 3 jam saya disini ngantri dan mreka disuruh TTD selama 1 jam lebih ga ad yg diterima!

Akhirnya istri saya yg kesal dgn pihak terkait deketin saya bilang udh lah pulang aja mreka udh dibwh udh cape ttd doank 1 jam msh dibilang salah terus. Ditambahin sama istri saya ngomong ke CSOnya : IBU PIKIR MREKA GA PUNYA UANG YA? JGN NGEREMEHIN ORG YA!
IM : ya bukan begitu
Istri : kalo bukan begitu kenapa ttd ga ad yg diterima? Pdhl ttd sama begitu? Jgn banyak alesan anda!

Akhirnya saya dan istri keluar pd pukul tp saya mikir saya mau komplain sama kacab atau wakacabnya. Saya masuk lg tanya satpam 

S: pak ad ga kacab dan wakcabnya?
Satpam : ga ada pak
S : kacab sama wakacabnya, kepala cabang sama wakil kepala cabangnya ga stand by di tmpt??
Satpam : (dgn muka bingung bingung jwb) ohh ada pak coba bapak ke yg lg berdiri diblakang csnya (kumisan perut buncit pendek adalah WAKACABNYA)
S : ITU SIAPA?
Satpam : wakil kepala cabang pak
S : ok makasih pak

DISINI NIH WAKACAB GA PUNYA SOPAN SANTUN SAMA SEKALI! 

S : pak bisa bicara sebentar saya R*** mau komplain masalah td kk ipar saya sama keponakan saya udh ttd 1 lembar HVS tp katanya ttdnya ga ad yg sama gmn tu pak? Padahal saya liat jg udh sama tp alesannya CSOnya bilang tarikannya salah, saya ga ngerti yg dibilang tarikan yg salah tu sbelah mana.

DANNNN WAKACABNYA NGOMONG : TADI UDH DIJELASKAN KAN SAMA BU MIL*? ITU PROSEDUR 

Saya ngomong : iya tau pak prosedur tapi...

BELUM SELESAI NGOMONG WAKACAB GA TAU SOPAN SANTUN ITU LANGSUNG
MOTONG ANE NGOMONG :
"UDH YA UDH YA (2X NGOMONG "UDH YA") SAYA AD KERJAAN" (LANGSUNG NGELUYURRR PERGI NINGGALIN ANEE MASUK PINTU KANTOR BLAKANG TANPA AD JWABAN APA2 DAN NANYA APA2 KE SAYA


Saya bingung sama seleksi bank koq org ga punya sopan santun begitu bs naek jadi WAKACAB tu diliat dr mana ya? Kalo cmn reputasi doank tp kelakuan ga punya sopan santun dan tata krama gt bukannya cabang anda yg jelek namanya? Jabatan tu ga abadi jgn sombong

Kenapa saya bilang ngerjain karena :

1. Mreka TIDAK diminta isi formulir terlebih dahulu (tp difoto dan langsung dikasih kertas HVS 2 lembar) yg katanya suruh latihan sampai sama persis TTDnya 100% dgn E-KTP! Itu saya tau setelah sampai dirmh baru cerita dgn marah2 semua

2. Pertanyaaan dan pemberitahuan CSO mengintimidasi (masalah buka rekening disuruh org atau digunakan oleh org lain) karena saya dr pihak keluarga saya ga terima CSOnya bilang begitu ke mreka dan ke saya seakan2 pelaku kejahatan.

3. Hilir mudik selama 3 jam saya lihat org gampang aja buka rekening langsung dikasih formulir foto ttd tp yg  dikasih 2 lembar kertas HVS suruh belajar ttd sampai 1 jam lebih HANYA Keponakan dan kk ipar saya saja! YANG LAIN TIDAK ADA YG DIKASIH SELAMA SAYA DITEMPAT! HANYA MEREKA SAJA BERDUA!

4. SAYA TANTANG CSO UNTUK TTD 10X HRUS SAMA PERSIS 100% DIA LANGSUNG PERGI DAN TIDAK MENJAWAB SAYA! Berarti kan dia sendiripun tidak bisa 100% sama betul?? (nyuruh org tp sendirinya ga bs!)

Bayangin aja bwa anak kecil 3th dikerjain begitu belajar TTD sambil gendongin anaknya selama 1 jam! Dimana pikirannya itu CSO?? Udh dikasih pengertian mreka kurang paham jdi tlong dibantu aja masih ga ad toleransi sdikitpun! Kalo saya bukan dr pihak keluarga saya salah! Tp saya kan dr pihak keluarga koq dicurigain macem2? Org yg aneh.

Akhirnya saya pergi ke bank lain dan sangat terlihat perbedaanya dr awal msuk pintu sampai dilayanin dan TIDAK ADA KESALAHAN DALAM TANDA TANGAN SKRNG SUDAH JADI BERIKUT ATM DAN PENCET2NYA! INGAT TIDAK ADA KESALAHAN DALAM TANDA TANGAN!!!  Ga sampe 30 menit sudah selesai semua. Sekian gan 

Semoga PIHAK bank terkait baca deh. Ditegur dan inget SAYA TIDAK TERIMA DIPERLAKUKAN SEPERTI ITU SEBAGAI NASABAH! DAN SAYA TIDAK TERIMA KELUARGA SAYA DIPERMAINKAN DAN DISEPELEKAN OLEH MEREKA!! SAYA TUNGGU RESPON DR KCP BANK B*A KEBUMEN SUPAYA CSO DAN WAKACABNYA MEMINTA MAAF SECARA LANGSUNG! DAN SUPAYA LEBIH DISELEKSI LAGI KALAU TERIMA ORG KERJA JGN HANYA DILIAT DR REPUTASINYA SAJA TP KESOPANAN JG DILIAT DAN YG TERPENTING KEPUASAN DAN PELAYANAN KE NASABAH LBH DIPERHATIKAN! Semoga ga keulang lg deh! 

Dan kejadian ini saya akan update terus sampe pihak terkait diTEGUR dan diberikan SANKSI atas perbuatan semena2 mereka! Dan saya akan kirim email ke haloB*A sama persis sama apa yg saya ketik disini selama belum ad respon akan saya muat dimedia koran dan surat pembaca dikompas nasional!

PM aja klo ad yg bs sampein ke pihak B*A pusat atau ad org dr pihak B*A yg bs menyampaikan saya kasih no tlp saya!

Ni yg minta bukti ane buka di mantili 2 2nya approved! Tanpa ad masalah! Liat tanggalnya





UPDATE GAN 11 MEI 2016
Email balesan dr halo bca itu istri saya yg email kehalo bca. Tp ga tau deh itu bot apa org beneran soalnya setiap bls ucapan terimakasih darinya lain2 nama









UPDATE 17 mei 2016

Ditlp jam 15.35 dr kantor wilayah BC* semarang untuk bertemu langsung bersama pihak yg bersangkutan!!!

Dan BC* meminta maaf atas perbuatan yg seharusnya tidak seperti itu. Pihak BC* yg menghubungi menyatakan bahwa tidak seharusnya terjadi ketidakenakan seperti itu, dan harusnya tidak selama itu. Udh diliat dan di klarifikasi dr CCTV tgl 9 mei 2016!.

Mreka berterima kasih atas masukan dr ane gan. Ane berharap tidak terjadi lg kejadian serupa. Pihak yg menelpon dr semarang bilang pihak dr purwokerto mau bertemu sebagai ucapan maaf dr mreka. Tp ane bilang bukan pihak kantor pusat purwokerto yg harus dtg dan meminta maaf tp lbh prefer ke pihak yg bersangkutan, lagian minta maf bukan sama saya tp sama keponakan saya dan kk ipar saya. Dan mereka setuju. Pihak wilayah sudah menegur kedua pihak yaitu CSO dan KABAG (yg tdinya saya bilang wakil cabang).

Nti klo pas ane mau ke BCA katanya kabarin 1hr sebelumnya. Nanti sehabis ketemu tu CSO dan Kabagnya ane update lg gan! Ternyata responnya bagus dr BC* nice!
Diubah oleh reno091205 18-05-2016 10:42
0
77.2K
536
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.