kaskuser2010
TS
kaskuser2010
Vira Jaya Computer, toko dengan customer service yang.....
Untuk membaca pengalaman kaskuser yang lainnya di thread pertama (yang saya post di kamar yang salah), silahkan menuju ke link berikut ini:http://www.kaskus.co.id/post/5639f61...0951b0558b456c

Perlu diingat:
- Dalam kasus ini perubahan harga bukanlah masalah utama yang dipermasalahkan melainkan sikap dari sang CS.

- DP diberikan bukan karena ingin barang diantar. Layanan delivery hanya dipertimbangkan awalnya, namun berhubung harga monitor yang diinginkan relatif mahal, akhirnya saya memilih mengambil monitornya sendiri di keesokkan harinya. Dalam kasus ini, setelah cek ke toko-toko lainnya, hanya Vira yang berkata bahwa barang ready stock. Oleh karena itu saya setuju untuk memberikan DP sebagai uang pengikat agar barang tidak dijual kepada orang lain (pemikiran saya), dan seperti niat awal saya bahwa saya akan mengambil monitor tersebut di keesokkan harinya.

- Uang sudah dikembalikan, masalah dengan Vira sudah selesai pada saat posting ini dibuat

Masukkan kepada Vira:

1) Jika anda yang membaca postingan ini adalah pemilik toko/perusahaan Vira, ada baiknya anda menatar ulang karyawan/karyawatimu. Saya rasa tidaklah pantas bagi para pekerjamu untuk memperlakukan pelanggan seperti yang salah satu CSmu lakukan kepada saya.

2) Jika anda yang membaca adalah karyawan/karyawati di Vira, buang pemikiran "toko ini ramai. Hilang satu pelanggan masih ada yang lain". Bagaimana jika anda sudah kehilangan semua pelanggan? apakah anda juga mau diperlakukan dengan ketus dan ogah-ogahan di toko lain?

Masukkan ini berdasarkan opini saya sendiri. Apakah akan diimplementasikan atau tidak semua terserah kepada pihak Vira.

Ane tulis thread ini hanya untuk berbagi pengalaman ane dengan Vira Jaya Computer, buat agan-agan yang mau belanja barang komputer di Mangga Dua.

Kemarin ane lagi cari monitor LG 34UC97C, dan setelah ane browsing kiri-kanan akhirnya dapet satu website yakni viraindo.com dengan harga Rp 14.350.000,- sedangkan di toko-toko lain harganya Rp 16jt-an. Berhubung ane lagi perlu banget monitor akhirnya ane telpon ke salah satu Marketing pemesanannya.

Dari detik pertama ane telepon sebenernya sudah kasih image jelek. Boleh agan cek di websitenya http://www.viraindo.com ada nomor telponnya bejibunnnn. tapi susaaahhh banget untuk dihubungin. Singkat cerita akhirnya ane dapet salah satu Customer Servicenya (namanya ane sensor karena ane merasa kasian sama orang-orang begini). Begini mulai permasalahannya:

point 1-4 kejadian tanggal 03/11
1. Telefon pertama, jawab masih lumayan ramah dan ane juga baik-baik aja sama nih CS (berhubung ane juga pernah kerja bagian CS, ane tau rasanya kalau ada pelanggan menyebalkan). Ane tanya ada gak tipe LG tersebut? dia bilang "TUNGGU" sebentar ya. Kata tunggu disini mungkin maksudnya suruh ane telefon balik atau gak tau disana emang jelek signalnya atau gimana, tapi telfon ane langsung putus gitu aja. Ane telfon balik lagi dong karena ane gak mau keilangan kesempatan buat dapeting monitor ini (karena barang udah kosong dimana-mana). Telefonnya susaaaahhhh banget nyambungnya selama 5mt pertama, akhirnya ane tunggu 10menitan baru bisa masuk lagi (ane rasa dia lagi telfon barang-barangnya juga).

2. Setelah diangkat, jawabannya "SEBENTAR YA!". Dalem ati ane, buset nie orang gak tau sopan santun juga ya, sedangkan kalau telpon perusahaan-perusahaan besar paling enak di denger jawaban mereka "mohon ditunggu sebentar ya bapak/ibu, kami sedang mengusahakan ............ ". Masalah sopan santun bener-bener kurang. Akhirnya dia bicara juga tuh di telepon, bilang barang ada harga sekian. Ane bilang, "Oke mbak, saya mau ya. Tapi saya bisa ambilnya besok, bisa ya?". Si CS bilang "boleh pak, tapi tolong DP dulu ya, berapa aja 1jt atau 2jt terserah bapak". ane bilang "oke". DAN SETELAH SAAT ITU juga, ane LANGSUNG transfer DPnya ke dia dan bukti transfer langsung dikirim.

3. Selang 1.5 jam kemudian, ane dapet SMS kalo barangnya ternyata sudah habis, TADI ada stok 1 di gudang tapi sudah laku. (Bingung gimana sistem komunikasi-internal nya sampe salah informasi). Jadi ambil dari toko lain tapi harga Rp 16.400.000,- Ane bilang "wah mbak, beda harganya jauh juga ya. Saya mau refund DPnya aja ya". Ane rasa wajar-wajar aja kalo ane minta DP balik karena kan bukan salah ane barangnya gak ada dan CS memang bilang "gak masalah. Minta nomor rekeningnya". sekali lagi Sopan Santun itu perlu banget guys buat kalian yang kerja di bagian marketing dan Customer Service. Tamu adalah raja. Jangan kalian anggap satu tamu itu tidak berpengaruh, seperti ane sekarang tidak bisa merekomendasikan toko itu kan? dan ingat, kebaikkan orang itu jarang diceritakan tetapi kejelekkan selalu dibicarakan dimana-mana. Bukan ane mau basa-basi juga dengan dia tapi etika tetap harus dijaga. Anywaysss.. ane langsung kasih nomor rekening ane dan ane bilang "oke mbak. Tmk. saya tunggu ya infonya".

4. Setelah itu, selang 1 jam-an ane telpon lagi (udah sore hampir jam 5 kalo gak salah inget) mau tanya untuk refund DPnya. Ane tanya baik-baik "Mbak, saya cuman mau tanya aja. DPnya udah di kirim belum ya?". Boleh dong ane tanya kaya gitu? Ini masalahnya duit gan, bukan kertas. jawabannya "ya belom lahhh". wah disini ane udah dongkol banget sih terus terang aja. Maaf aja ya, ini kan sebenernya hal mudah soal transfer-transfer duit. Sebenernya mau dikerjain saat itu juga bisa kan (Kalau orangnya emang bisa dipercaya). Ane paham kalo ada orang yang pegang bagian keuangannya sendiri atau apalah, tapi kan setiap hari pasti ada transaksi. Alesannya sih orangnya udah pergi. ane tanya dong "oh iya mbak gpp. Tapi uangnya bisa hari ini atau besok ya paling lambat?". Dia bilang "iya bapak, saya usahain hari ini, tapi paling lambat besok". ane bilang "oke mbak gpp. Tmk ya". Se dongkol-dongkolnya ane, masih ane maklumin sampe detik itu.

Kejadian di poin 5 terjadi pada tanggal 04/11. Poin a & b menggambarkan kronologi cerita di pada rentang waktu 4.15pm - 5.45pm
5. Akhirnya hari ini (04/11) sampe jam 4.15 sore belum di transfer, ane telpon kan tanya sudah di transfer belum. di jawab "belum bapak, orangnya baru aja ke ATM, sebentar lagi ya". Ane gak tau kenapa tapi ane mesti tunggu sampe jam 5.45 baru ane dapet transferan uangnya (Uang sudah masuk ke rekening ane). Masuk akal gak sih guys, ATM ada di Mall Mangga Dua kan? Masa ngantri 1.5 jam? Mungkin juga pindah-pindah ATM karena transaksi beda-beda, tapi apa masa iya sampe segitu lama? Selainnya dalam 1 hari ada 1000 transaksi ATM yang harus dikerjain ane percaya deh. Tapi setau ane, di Indonesia ini banyak "JAM NGASO"nya dalam arti, mau kerjain sesuatu pasti ada ini-itunya dulu sebelum akhirnya kerjain kerjaan utamanya. Ane telfon terus-terusan bukan karena ane kepo atau gak sabaran. Tapi udah jam 5.30 sore sedangkan tadi uang belom di transfer. Nanti kalo udah keburu jam 6 katanya tutup. Terlalu banyak alasan kalo di Indonesia itu. Bukan ane gak cinta negeri sendiri, ane CINTA INDONESIA juga orang-orangnya. Ane cinta perbedaan budaya, tapi kalau wara-wiri dan kemalasan itu bikin ane kesel. Hal-hal seperti ini yang harus kita perbaiki, baik atasan maupun bawahan. Kayanya kaya gak ngerti "waktu adalah uang".

Keterangan poin 5
a) Selama ane telfon dari jam 4.15 - 5.30, ane telpon sampe ada 6x. Pertama telpon langsung ke CSnya, yang akhirnya dijawab di point nomor lima tadi. Selang 45menit, ane telpon lagi gak diangkat (telpon sampe 4x ada kayanya). Akhirnya ane putusin telpon ke nomor tokonya dan diangkat. Orang yang angkat ini juga sama nyebelinnya. Ane pertama bilang "Mbak, nama saya .... saya udah ngomong sama si .... kemarin untuk cari monitor gini-gitu (ane jelasin permasalahannya)". Langsung di cut, "bapak nanti ngomong langsung sama orangnya aja ya, soalnya saya kemarin gak masuk jadi gak tau apa-apa". Lho!! mestinya kan mereka yang sibuk karena ngomong sesama internal lebih gampang kan. Kenapa harus gua yang telpon sana sini? Kenapa saling oper-operan? Ane masih tahan marah bilang "Ya udah mana orangnya?" katanya lagi sholat, dan NANTI MAU DIKABARIN LAGI. Akhirnya ane mulai meledak ane bilang "Mbak, bukannya saya gak mau sabar. Saya ngerti dia lagi sholat dan ini memang bukan salah dan permasalahan mbak. Tapi yang bener aja dari kemarin saya telpon bilang mau dikabarin tapi gak ada juga satu telpon yang masuk. Info yang masuk cuman kasih tau kalo layarnya ternyata sold out. Sekarang mau minta DP balik aja susah bener". si CS yg lagi di line sama ane ini akhirnya lebih mulai perhatiin etika ngomongnya, tadinya sama aja kaya yang pertama. Singkat cerita, ane bilang "sholat kira-kira berapa lama? balik jam brp-an"? katanya 15-20mt. Ane itung" plus jalan dll 30menitan lah ya, dan ane ngertiiiii banget kalo sholat memang gak bisa diburu-buru dan ditunda dan ane gak bermasalah dengan itu. Ane bilang "oke, saya tunggu kali ini berita pastinya. Suruh telfon saya balik, kalau tidak jam 5.30 saya telfon balik lagi". kata dia "iya pak nanti saya sampaikan".

b) Ini dimana ane sudah capai titik kesabaran. karena setelah jam 5.30 belom ada kabar. CS yang pertama layanin ane di telponin juga gak angkat" sampe akhirnya ane telfon ke CS yang tadi bilang mau kabarin lagi. Ane bilang baik-baik lagi "saya ... yang tadi sudah telfon tentang pengembalian DP". Katanya "tunggu sebentar ya pak" (logikanya kalo udah dibilang tunggu sebentar pasti kan udah balik orangnya ya gak?). Ditunggu.. tau-tau putus. Ane telpon balik lagi dan dapet jawaban yang sama "tunggu ya" ane bilang "oke". Tapi selama nungguin ada yg lgie ngomong di blakang bilang gini "ada telfon tuh dari Pak ... katanya mau ngomong sama luwh udah marah-marah." ada jawabannya "ya udah bilang aja gua lagi gak ada". Akhirnya dia bilang "maaf pak si ... masih sholat". Ane langsung bilang "ya sudah saya tunggu sekarang, tadi anda bicara sama siapa? saya dengar anda sedang bicara sama seseorang". langsung ada pembicaraan lagi di belakang "tuh dia gak bakalan mau tutup telfon kalo belom ngomong sama luwh". Sudah bisa diukur seberapa profesional CS di Vira. kenapa harus menghindar dari ane? kenapa harus boong bilang sholat dll? dan akhirnya si CS yg emang bersangkutan itu yang langsung ngomong. ngomongnya juga gak enak "belum bapak, ibunya yang biasa transfer tadi udah pergi tapi gak tau kemana. Mungkin banyak kali transferannya". Ane langsung bilang "gini ya mbak, ATM itu ada dibawah, masa segitu lamanya transaksi?" CS: "ya saya kan gak tau pak". Ane bilang gini "lho mbak, kemarin katanya paling telat hari ini. ini udah jam..... " belom selesai langsung dipotong "ya bukan saya yang bayar pak, tuh ibunya tuh, coba nih bu udah di transfer belom". Semenjak saat itu ane langsung meledak "ANDA JANGAN KURANG AJAR YA, SAYA TANYA..." langsung di tutup. Sejauh ini, ini adalah CS terkurang ajar yang pernah saya temui.

1. Sekarang coba ya gan, kalau dari pertama waktu dibilang mau diinfokan lagi, bener-bener diinfo, secara psikolog kita pasti langsung ngerasa "oh ini servicenya bagus ini bisa dipercaya". Tapi kalo gak pernah dipenuhin ucapannya, kita pasti cek terus dong bener atau ngga. Nanti kalo ditipu gimana?

2. Kalau bisa bertata krama yang baik dan sopan, kita sebagai pelanggan pasti mau balik lagi ke toko itu. Ya kan? Customer service yang bisa berkomunikasi dengan baik pasti akan bisa membuat pelanggan selalu berbalik ke toko tersebut. Tetapi customer service yang buruk, ditambah dengan pemikiran "toko gue rame, ilang satu masih ada yang lain" ini hanya akan membawa celaka dalam jangka waktu panjang. Khususnya di tengah krisis ekonomi dunia seperti ini ya, kalau ada yang mampir ke toko untuk beli barang, hargailah konsumen tersebut. Marketing yang paling baik itu berdasarkan mouth-to-mouth promotion. Semakin banyak yang merekomendasi toko anda, semakin besar juga kesempatan anda untuk menghasilkan uang.

3. Sebagai sebuah perusahaan dagang di bidang komputer yang sudah cukup besar (punya 15 Customer service dengan hot-line, dan 17 online messenger service saya rasa sudah cukup besar), menurut saya seharusnya sudah punya bagian keuangan yang pakai sistem online banking. Kenapa masih menggunakan ATM? Karena ada bukti transaksi? Kan online banking semua transaksi bisa dikirim ke pemilik saja. Dengan online-banking kan semua bisa jadi lebih mudah. Atau setidak-tidaknya, kalau memang harus dari ATM, ya dikasih tau lah kurang lebihnya kapan. Kalau struktur dan komunikasi dalam satu organisasi itu bagus, pasti gampang kok. Ane maklum aja sebenernya kalau sebuah toko masih mau pake ATM untuk transfer uang atau mau online Banking, itu semua ada pada keputusan si pemilik. Hanya saja alangkah baiknya kalau CS bisa kasih tau, contoh: karena kita harus ke ATM dan transaksi sekitar 2 hari sekali, jadi kami akan mengirimkan uangnya besok atau hari apa. Paling lambat sebelum jam 6 atau berapa pun itu. Kan kita jadi gak cuman nunggu gitu aja tapi ada kepastian.

Anyways, buat semua yang mau beli komputer, kalo ke Vira Jaya Komputer, mending ke tokonya aja daripada ngomong langsung di telfon dengan etika yang super minim itu. Tapi ane sih gak bakalan balik ke mereka lagi. Sekali sudah cukup.

Update:
Berhubung banyak yang kira ane lagi promosi toko orang lain, ane tunjukkin bukti kalo ane adalah end-user. Ane pake untuk keperluan video editing ane agan-agan sekalian. Sekalian ane masukkin bukti invoice kalo ane beli di toko lain, dan bukan di toko MangDu atau toko rekomendasi pada akhirnya.




Update:
Dari thread sebelah gan: http://www.kaskus.co.id/show_post/00...336140188/40/-


Update:
ini pelanggaran hukum lho berdasarkan hukum YLKI poin ke-3 (informasi akurat). http://ylki.or.id/hak-konsumen/


Update:
Quote:


Menurut agan diatas, cici dan koko di Vira Jaya itu oke pelayanannya. Ada baiknya anda menatar ulang para karyawan dan karyawati di toko anda. Jangan sampai reputasi yang sudah anda bangun hancur karena pelayanan yang tidak memuaskan oleh pegawai anda.

Update: Tips buat ke Vira menurut agan yang satu ini: (Poin paling penting kayanya nomor 1 ya. Belanja ratusan juta dulu, kalau puluhan juta aja gak dianggep apalagi yang mau beli eceran.)
Quote:
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 24 suara
Toko pilihan
A
46%
B
17%
C
17%
D
0%
E
4%
F
4%
G
13%
Diubah oleh kaskuser2010 15-11-2015 02:15
0
100.7K
257
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.