- Beranda
- Kendaraan Roda 2
[FIELD REPORT] FR Fun Adventure Matic @Gunung Salak 17 Januari 2015 "HORORRR"
...
TS
NgkongKOiL
[FIELD REPORT] FR Fun Adventure Matic @Gunung Salak 17 Januari 2015 "HORORRR"
[CENTER][B][size="5"][FIELD REPORT] FR Fun Adventure Matic @Gunung Salak 17 Januari 2015 "HORORRR"
Acara Adventure ini diprakarsai oleh om Fahmi dari XYI Depok (Xrider Yamaha Indonesia) Divisi Trabas. Acara open Invitation seperti ini sudah cukup sering digelar dalam 3-4 bulan terakhir. Dimana sebelumnya Track Hambalang-Sentul yang dilalui. Jadi untuk kali ini dipilih jalur yang lebih adem dan sejuk di Gunung Salak dan juga bergabung dengan teman-teman dari XRAB (Xrider Adventure Bogor) yang sudah lebih paham mengenai Jalur disana, Tapi ternyata dibalik suasana adem yang terbayang, ada nuansa HORORRR yang akan dilalui...
Karena konsep acaranya open Invitation maka gw sebagai member Mio Kaskus Comunity (MKC) bisa ikutan event ini, walaupun hanya dipersenjatai Yamaha Fino Fi
Pertama mungkin mw share tunggangan ane untuk mengarungi jalur Adventure nanti
Yamaha Fino Fi dengan porting polish dan sedikit papas blok untuk ubahan disektor mesin, roler 8 grm dan sisanya standar
Untuk sektor kaki bagian shock depan dimodif suling sehingga naik sekitar 4cm dan belakang pakai raiser hingga naik sekitar 4 cm. Walau pada akhirnya modifikasi ini nantinya masih harus diupgrade lagi karena masih sering nyangkut di jalur
Tikum perdana diPomBensin sebelum sirkuit sentul dengan jadwal sekitar jam /8 pagi. Disini berkumpul peserta dari berbagai club dan komunitas seperti XYI Depok, Bogor, Jakarta, Sukabumi, Bogor Matic Adventure, Tamprokers, Mio Kaskus Comunity dll
Sementara teman-teman dari XRAB (Xride Adventure Bogor) yang akan menjadi leader dijalur menunggu diTikum JungleFest
Sekitar jam /9 semua peserta baru lengkap dan mulai bergerak ke Tikum JungleFest
Melalui jalan raya bogor dan masuk ke warung jambu untuk menuju kawasan Bogor Nirwana Residence dan di depan JungleFest teman" dari XRAB sudah menunggu
Total ada sekitar 30 motor yang mengikuti event Fun Adventure ini. Pesertanya didominasi motor matic Xride, lalu ada juga 3 mio karbu, 2 bebek modifikasi dan 1 mio fino fi
Setelah semua pserta ready mulailah perjalanan menuju jalur adventure
Sejujurnya gw kurang apal sama daerah/jalan menuju jalur, karena hanya mengikuti rombongan aja
Tpi dari JungleFest masuk kewilayah perkampungan penduduk dan akhirnya mulai masuk ke jalan tanah berbatu
Disini rombongan aga sedikit kepecah, karena motor yang diposisi depan aga kewalahan dengan jalur jalan setapak yang licin jdi ketinggalan rombongan utama
Apesnya ktemu perempatan dan ga ada yg tw arah jalannya, jdilah nunggu temen lain yang tw jalan
Dan mulailah masuk jalur, jalan tanah yang cukup gembur karena semalam habis diguyur hujan cukup membuat kesulitan dalam handling
Maklum bannya cuma pakai semitrail, ini juga tahunya udh mulai ketutup tanah, pdahal ini baru jln masuk aja
Dimulailah petualangan memasuki Jalur SpecialStage1
Jalur ini hanya muat 1 motor pas, jadi ga ada pilihan jalur yg bsa dipilih. Tanah bercampur batu yang bikin FiNgkong nyangkut melulu
Maklum FiNgkong termasuk yang paling cebol diantara peserta yang lain
Tpi disitulah seninya adventure, karena antar peserta walaupun baru ktemu dihari itu juga akan saling membantu, baik itu mendorong atw menarik saat melewati jalur yang terjal
Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk melalui jalur ini, karena kontur jalan yang sempit dipenuhi batu" yang membuat motor seringkali nyangkut
Sampai akhirnya per stndar 2 FiNgkong pun copot, hal yang tidak pernah dialami dalam 2x Adventure diHambalang sebelumnya
Kalau tidak salah inilah tanjakan terakhir yang harus dilalui diSpecilaStage1 ini, masih dengan track tanah berbatu yang menjadi rintangan yang harus dilalui
Setelah melewati jalur ini maka kita akan disuguhi pemandangan hutan pinus. Kebayang sejuknya
Akhirnya sukses melewati Special Stage 1 dan sampai dihutan Pinus . Berhenti dlu untuk mencopot stndar tengah dibantu om vikri, biar ga nyangkut terus
Tpi karena gw masuk ke rombongan terakhir yang sampai dipinus, maka rombongan utamanya sudah mw mulai bergerak lagi, pdahal gw belum smpet istirahat (,--)/
Tpi dibalik keindahan hutan pinus ini ternyata jalur untuk mencapai keatas sangat sulit. Akibatnya motor yang sudah mengantri disisi kanan jadi berhamburan ke tengah lagi untuk mencari jalur masing"
Dikarenakan jalur yang sudah ada terlalu licin dan sulit dilalui. Kontur tanah yang miring dan dipenuhi akar pohon pinus menjadi rintangan tersendiri
Banyak peserta yang terjatuh dikala mencoba keatas, tpi namanya adventure kalau jatuh itu justru ketawa
Berikut sedikit Videonya
[YOUTUBE=Hutan Pinus]
[/youtube]
Sempat terjadi sedikit insiden dengan petani getah pinus, tpi semua bisa diselesaikan dengan baik
Hal ini menjadi pengingat juga bagi kita semua bahwa ada hal" yang harus dijaga disekitar alam
Selesai dari jalur hutan pinus kembali masuk kejalur setapak dan Special Stage2
Sebagai gambaran SS2 ini adalah tanjakan yang cukup berliku dimana track yg dilaui sebagian besar adalah batu
Siap' nyangkut terus ini FiNgkong
Tpi tentunya dengan bantuan peserta yang lain SS2 ini juga bisa dilalui dengan baik
Salah seorang peserta sempat tergelincir setelah melewati SS2 ini, entah karena kelelahan atw kurang memperhatikan jalur
Alhasil motornya nyaris masuk ke jurang
Ok dengan susah payah melewati tanjakan diSS2, jalur selanjutnya tidak terlalu terjal, tpi lagi" batu yang cukup besar menjadi rintangan utama
Disinilah kelemahan utama FiNgkong karena ground cleareannya walaupun sudah dimodifikasi tetap masih kurang tinggi
Jadi posisinya ada 1 motor didepan gw, dan dengan suksesnya melewati rintangan" itu, tpi karena kebetulan diposisi dibelakang adalah teman-teman dari 1 tongkrongan, jadi mw sekalian nungguin mereka dlu tadinya
Tpi qo ditunggu 5-10 menit ga ada yang dateng juga
Akhirnya karena gw kelamaan, jdi mtor yang didepan juga udh jalan dan jdilah gw sendirian dijalur...
Disinilah HOROR yang sebenarnya dimulai
Akhirnya dikarenakan penasaran, FiNgkong coba melewati batuan terjal yang ada didepan dan hasilnya nyangkut
Nyangkut dengan posisi disebelah kiri adalah jurang, badan motor stuck diatas batu, sehingga butuh tenaga bwt mengangkatnya
Tpi karena stamina yang udh cukup terkuras, akhirnya ga bisa geser motor secara manual
Jdilah posisi menahan motor agar tidak sampai terprosok, karena pijakan batu yang licin dikiri
Hampir 10 menit dengan posisi seperti ini, tpi tidak ada juga peserta lain yang muncul
Akhirnya setelah mengumpulkan tenaga dan berusaha, bisa naik juga FiNgkong dari track itu
Lega sekaligus lelah sangat
Sampai tragedi Horor ini selesai ternyata masih belum ada juga motor yang lewat
Karena track didepan dihiasi dengan bebatuan yang lebih terjal, maka gw ga akan mencoba melaluinya sendirian lagi #Kapok
Akhirnya coba mundur kebelakang dan terjawab sudah kenapa tidak ada mtor lagi yang lwat hampir selama 20 menit
Ternyata karena mtor salah satu peserta yaitu om erik mogok
Sepertinya loss kompresi dan sedang coba diperiksa oleh Kang Dedi (mekanik RAMS)
Cukup lama proses untuk menghidukan motor ini, sampai terdengar nyanyian peserta lain dibelakang, mungkin untuk menghilangkan rasa kantuk juga
Maklum udara di Gunung salak ini sangat adem dan segar, jauh berbeda dengan hambalang yang panas terik
Akhirnya motor bisa hidup kembali dan perjalanan dilanjutkan. Sampai akhirnya harus stuck dikarenakan jalur bercabang menjadi pertigaan
Karena ga tw jalan mana yang harus ditempuh jadi coba menunggu teman" yang lain
Sampai akhirnya datanglah sang Abah yang menjemput kita, karena rombongan didepan sudah sampai kewarung bawah dan istirahat tpi rombongan kedua sudah hampir 2jam blm muncul juga, makanya siabah coba nyusulin
Jadi kita diarahkan kejalur sebelah kiri yang merupakan turununan yang cukup panjang, sementara jika kekanan harus melalui Tanjakan Harga Diri
Ya dinamakan begitu mungkin karena jalurnya yang cukup terjal dan menguji Harga diri para offroader untuk bisa melewatinya
Walaupun rombongan ke2 ini tidak melalui jalur tersebut, tapi ada beberapa foto yang menunjukan penampakan rombongan pertama saat melalui Tanjakan Harga Diri tersebut
Jalur rombongan ke2 ini terus menurun dijalan setapak yang cukup licin
Tapi lagi" pas diturunan rombongan yang dibelakang ga muncul"
Ternyata motor om erik mogok lagi
Jdi sampai diwarung tengah diperiksa kembali
Warung ini hanya menjual minuman dan indomie, karena tempat untuk makan posisinya masih terus kebawah lagi
Jadi kita lanjutkan perjalanan ke warung bawah agar bisa makan, karena ternyata waktu sudah menunjukan pukul 3 sore
Ternyata perjalanan ini belum berakhir, setelah cukup beristirahat kita akan melanjutkan lagi ke Kebun nanas yang berada diatas
Jalurnya tidak se HOROR yang tadi, lebih bnyak jalur datar. Tpi jalannya cukup licin, FiNgkong sempat 2x mencium tanah air
Akhirnya finis kembali diwarung
Perjalnan pulang dilanjutkan dengan berhenti sebentar dipertigaan jungle Fest dan setelah itu masing-masing membubarkan diri
Sungguh pengalaman Adventure yang seru dan HOROR, sebagai evaluasi selanjutnya FiNgkong harus kembali dimodifikasi
Terimakasih banyak untuk Kang fahmi yang memprakarsai event" Fun Adventure seperti ini dan juga Kang Dava yang setia menjadi leader bagi nubie ditiap acara adventure, semoga kedepannya bisa terus diadakan kembali
Terimakasih banyak untuk seluruh teman" dari XRAB dan Paketu Kang Faried yang sudah membimbing dijalur
Terimakasih banyak tentunya untuk semua teman" XYI jakarata, Depok, Bogor, Sukabumi, Brantac, Tampokers dll yang tidak bisa disebutan satu persatu, karena saat dijlaur semua menjadi dulur
Maka dengan ini dinyatakan semua peserta
Acara Adventure ini diprakarsai oleh om Fahmi dari XYI Depok (Xrider Yamaha Indonesia) Divisi Trabas. Acara open Invitation seperti ini sudah cukup sering digelar dalam 3-4 bulan terakhir. Dimana sebelumnya Track Hambalang-Sentul yang dilalui. Jadi untuk kali ini dipilih jalur yang lebih adem dan sejuk di Gunung Salak dan juga bergabung dengan teman-teman dari XRAB (Xrider Adventure Bogor) yang sudah lebih paham mengenai Jalur disana, Tapi ternyata dibalik suasana adem yang terbayang, ada nuansa HORORRR yang akan dilalui...
Karena konsep acaranya open Invitation maka gw sebagai member Mio Kaskus Comunity (MKC) bisa ikutan event ini, walaupun hanya dipersenjatai Yamaha Fino Fi
Pertama mungkin mw share tunggangan ane untuk mengarungi jalur Adventure nanti
Yamaha Fino Fi dengan porting polish dan sedikit papas blok untuk ubahan disektor mesin, roler 8 grm dan sisanya standar
Untuk sektor kaki bagian shock depan dimodif suling sehingga naik sekitar 4cm dan belakang pakai raiser hingga naik sekitar 4 cm. Walau pada akhirnya modifikasi ini nantinya masih harus diupgrade lagi karena masih sering nyangkut di jalur
Spoiler for FiNgkong:
Tikum perdana diPomBensin sebelum sirkuit sentul dengan jadwal sekitar jam /8 pagi. Disini berkumpul peserta dari berbagai club dan komunitas seperti XYI Depok, Bogor, Jakarta, Sukabumi, Bogor Matic Adventure, Tamprokers, Mio Kaskus Comunity dll
Sementara teman-teman dari XRAB (Xride Adventure Bogor) yang akan menjadi leader dijalur menunggu diTikum JungleFest
Sekitar jam /9 semua peserta baru lengkap dan mulai bergerak ke Tikum JungleFest
Spoiler for TikumSentul:
Melalui jalan raya bogor dan masuk ke warung jambu untuk menuju kawasan Bogor Nirwana Residence dan di depan JungleFest teman" dari XRAB sudah menunggu
Total ada sekitar 30 motor yang mengikuti event Fun Adventure ini. Pesertanya didominasi motor matic Xride, lalu ada juga 3 mio karbu, 2 bebek modifikasi dan 1 mio fino fi
Spoiler for TikumJungleFest:
Setelah semua pserta ready mulailah perjalanan menuju jalur adventure
Sejujurnya gw kurang apal sama daerah/jalan menuju jalur, karena hanya mengikuti rombongan aja
Tpi dari JungleFest masuk kewilayah perkampungan penduduk dan akhirnya mulai masuk ke jalan tanah berbatu
Disini rombongan aga sedikit kepecah, karena motor yang diposisi depan aga kewalahan dengan jalur jalan setapak yang licin jdi ketinggalan rombongan utama
Apesnya ktemu perempatan dan ga ada yg tw arah jalannya, jdilah nunggu temen lain yang tw jalan
Dan mulailah masuk jalur, jalan tanah yang cukup gembur karena semalam habis diguyur hujan cukup membuat kesulitan dalam handling
Maklum bannya cuma pakai semitrail, ini juga tahunya udh mulai ketutup tanah, pdahal ini baru jln masuk aja
Spoiler for JalurMasukTrack:
Dimulailah petualangan memasuki Jalur SpecialStage1
Jalur ini hanya muat 1 motor pas, jadi ga ada pilihan jalur yg bsa dipilih. Tanah bercampur batu yang bikin FiNgkong nyangkut melulu
Maklum FiNgkong termasuk yang paling cebol diantara peserta yang lain
Tpi disitulah seninya adventure, karena antar peserta walaupun baru ktemu dihari itu juga akan saling membantu, baik itu mendorong atw menarik saat melewati jalur yang terjal
Spoiler for JalurSpecialStage1:
Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk melalui jalur ini, karena kontur jalan yang sempit dipenuhi batu" yang membuat motor seringkali nyangkut
Sampai akhirnya per stndar 2 FiNgkong pun copot, hal yang tidak pernah dialami dalam 2x Adventure diHambalang sebelumnya
Kalau tidak salah inilah tanjakan terakhir yang harus dilalui diSpecilaStage1 ini, masih dengan track tanah berbatu yang menjadi rintangan yang harus dilalui
Setelah melewati jalur ini maka kita akan disuguhi pemandangan hutan pinus. Kebayang sejuknya
Spoiler for TanjakanSpecialStage1:
Akhirnya sukses melewati Special Stage 1 dan sampai dihutan Pinus . Berhenti dlu untuk mencopot stndar tengah dibantu om vikri, biar ga nyangkut terus
Tpi karena gw masuk ke rombongan terakhir yang sampai dipinus, maka rombongan utamanya sudah mw mulai bergerak lagi, pdahal gw belum smpet istirahat (,--)/
Tpi dibalik keindahan hutan pinus ini ternyata jalur untuk mencapai keatas sangat sulit. Akibatnya motor yang sudah mengantri disisi kanan jadi berhamburan ke tengah lagi untuk mencari jalur masing"
Dikarenakan jalur yang sudah ada terlalu licin dan sulit dilalui. Kontur tanah yang miring dan dipenuhi akar pohon pinus menjadi rintangan tersendiri
Banyak peserta yang terjatuh dikala mencoba keatas, tpi namanya adventure kalau jatuh itu justru ketawa
Spoiler for HutanPinus:
Berikut sedikit Videonya
[YOUTUBE=Hutan Pinus]
Sempat terjadi sedikit insiden dengan petani getah pinus, tpi semua bisa diselesaikan dengan baik
Hal ini menjadi pengingat juga bagi kita semua bahwa ada hal" yang harus dijaga disekitar alam
Selesai dari jalur hutan pinus kembali masuk kejalur setapak dan Special Stage2
Sebagai gambaran SS2 ini adalah tanjakan yang cukup berliku dimana track yg dilaui sebagian besar adalah batu
Siap' nyangkut terus ini FiNgkong
Tpi tentunya dengan bantuan peserta yang lain SS2 ini juga bisa dilalui dengan baik
Salah seorang peserta sempat tergelincir setelah melewati SS2 ini, entah karena kelelahan atw kurang memperhatikan jalur
Alhasil motornya nyaris masuk ke jurang
Spoiler for SpecialStage2:
Ok dengan susah payah melewati tanjakan diSS2, jalur selanjutnya tidak terlalu terjal, tpi lagi" batu yang cukup besar menjadi rintangan utama
Disinilah kelemahan utama FiNgkong karena ground cleareannya walaupun sudah dimodifikasi tetap masih kurang tinggi
Jadi posisinya ada 1 motor didepan gw, dan dengan suksesnya melewati rintangan" itu, tpi karena kebetulan diposisi dibelakang adalah teman-teman dari 1 tongkrongan, jadi mw sekalian nungguin mereka dlu tadinya
Tpi qo ditunggu 5-10 menit ga ada yang dateng juga
Akhirnya karena gw kelamaan, jdi mtor yang didepan juga udh jalan dan jdilah gw sendirian dijalur...
Disinilah HOROR yang sebenarnya dimulai
Akhirnya dikarenakan penasaran, FiNgkong coba melewati batuan terjal yang ada didepan dan hasilnya nyangkut
Nyangkut dengan posisi disebelah kiri adalah jurang, badan motor stuck diatas batu, sehingga butuh tenaga bwt mengangkatnya
Tpi karena stamina yang udh cukup terkuras, akhirnya ga bisa geser motor secara manual
Jdilah posisi menahan motor agar tidak sampai terprosok, karena pijakan batu yang licin dikiri
Hampir 10 menit dengan posisi seperti ini, tpi tidak ada juga peserta lain yang muncul
Akhirnya setelah mengumpulkan tenaga dan berusaha, bisa naik juga FiNgkong dari track itu
Lega sekaligus lelah sangat
Spoiler for NyangkutSendirian....:
Sampai tragedi Horor ini selesai ternyata masih belum ada juga motor yang lewat
Karena track didepan dihiasi dengan bebatuan yang lebih terjal, maka gw ga akan mencoba melaluinya sendirian lagi #Kapok
Akhirnya coba mundur kebelakang dan terjawab sudah kenapa tidak ada mtor lagi yang lwat hampir selama 20 menit
Ternyata karena mtor salah satu peserta yaitu om erik mogok
Sepertinya loss kompresi dan sedang coba diperiksa oleh Kang Dedi (mekanik RAMS)
Cukup lama proses untuk menghidukan motor ini, sampai terdengar nyanyian peserta lain dibelakang, mungkin untuk menghilangkan rasa kantuk juga
Maklum udara di Gunung salak ini sangat adem dan segar, jauh berbeda dengan hambalang yang panas terik
Spoiler for Mogok:
Akhirnya motor bisa hidup kembali dan perjalanan dilanjutkan. Sampai akhirnya harus stuck dikarenakan jalur bercabang menjadi pertigaan
Karena ga tw jalan mana yang harus ditempuh jadi coba menunggu teman" yang lain
Spoiler for PertigaanBingung:
Sampai akhirnya datanglah sang Abah yang menjemput kita, karena rombongan didepan sudah sampai kewarung bawah dan istirahat tpi rombongan kedua sudah hampir 2jam blm muncul juga, makanya siabah coba nyusulin
Jadi kita diarahkan kejalur sebelah kiri yang merupakan turununan yang cukup panjang, sementara jika kekanan harus melalui Tanjakan Harga Diri
Ya dinamakan begitu mungkin karena jalurnya yang cukup terjal dan menguji Harga diri para offroader untuk bisa melewatinya
Walaupun rombongan ke2 ini tidak melalui jalur tersebut, tapi ada beberapa foto yang menunjukan penampakan rombongan pertama saat melalui Tanjakan Harga Diri tersebut
Spoiler for Tanjakan Harga Diri:
Jalur rombongan ke2 ini terus menurun dijalan setapak yang cukup licin
Tapi lagi" pas diturunan rombongan yang dibelakang ga muncul"
Ternyata motor om erik mogok lagi
Jdi sampai diwarung tengah diperiksa kembali
Warung ini hanya menjual minuman dan indomie, karena tempat untuk makan posisinya masih terus kebawah lagi
Spoiler for Warung Persinggahan:
Jadi kita lanjutkan perjalanan ke warung bawah agar bisa makan, karena ternyata waktu sudah menunjukan pukul 3 sore
Spoiler for WarungMakan:
Ternyata perjalanan ini belum berakhir, setelah cukup beristirahat kita akan melanjutkan lagi ke Kebun nanas yang berada diatas
Jalurnya tidak se HOROR yang tadi, lebih bnyak jalur datar. Tpi jalannya cukup licin, FiNgkong sempat 2x mencium tanah air
Spoiler for Wisata Kebun Nanas:
Akhirnya finis kembali diwarung
Perjalnan pulang dilanjutkan dengan berhenti sebentar dipertigaan jungle Fest dan setelah itu masing-masing membubarkan diri
Sungguh pengalaman Adventure yang seru dan HOROR, sebagai evaluasi selanjutnya FiNgkong harus kembali dimodifikasi
Terimakasih banyak untuk Kang fahmi yang memprakarsai event" Fun Adventure seperti ini dan juga Kang Dava yang setia menjadi leader bagi nubie ditiap acara adventure, semoga kedepannya bisa terus diadakan kembali
Terimakasih banyak untuk seluruh teman" dari XRAB dan Paketu Kang Faried yang sudah membimbing dijalur
Terimakasih banyak tentunya untuk semua teman" XYI jakarata, Depok, Bogor, Sukabumi, Brantac, Tampokers dll yang tidak bisa disebutan satu persatu, karena saat dijlaur semua menjadi dulur
Maka dengan ini dinyatakan semua peserta
Spoiler for LULUS GUNUNG SALAK:
Spoiler for Ekstra:
0
3.7K
6
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.1KThread•8.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru