Luar Biasa, Alternatif pengganti BBM, ayo kita dukung Gan!
TS
aguskeisya
Luar Biasa, Alternatif pengganti BBM, ayo kita dukung Gan!
Quote:
dulu ane sempat berfikir dengan otak terbatas ane, bagaimana seandainya Airmenjadi alternatif pengganti BBM, berhubung air dinegara kita melimpah, kan nggak bingung-bingung amat mencarinya kalau kita kehabisan bahan bakar. Dasar pemikiran ane berawal dari melihat rumus kimia air yaitu H2O yang terdiri dari unsur Hidrogen dan Oksigen, bagaimana seandainya kita mampu menciptakan sebuah alat yang terintregasi dalam mesin, yang mampu memisahkan hidrogen dan oksigen, lalu hidrogennya kita gunakan sebagai bahan bakar dan oksigennya sebagai gas buangnya yang mana jika semakin banyak yang memakai mesin tersebut udara tambah segar dan masalah polusi udara sedikit terselesaikan. Baru-baru ini ane dikejutkan dengan adanya berita penemuan alat penghemat BBM berbahan air yang ditemukan oleh seorang mantan Dosen banyumas, yang mampu menghasilkan hidrogen, untuk berita selengkapnya silahkan disimak gan..
Quote:
Di tengah kabar kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang otomatis mendorong kenaikan bahan pokok, berhembus angin segar dari Banyumas, Jawa Tengah. Babeng, seorang mantan pembalap dan dosen mengklaim menemukan alat penghemat BBM dengan plat stainless bahan air. "Air yang dialiri listrik kemudian menghasilkan gas hidrogen yang dimasukkan ke ruang pembakaran mesin sehingga meningkatkan kadar oktan dan menyempurnakan pembakaran," papar Babeng, Rabu, (3/9), dilansir dari Vivanews. Untuk membuktikannya, Babeng lalu menjajarkan 9 plat dengan menyisakan ruang untuk aliran air. Masing-masing plat itu diberi lubang agar semua rongga saling terhubung. Selanjutnya, dengan aliran listrik dari kendaraan, rangkaian plat dan air tersebut akan menghasilkan gas hidrogen. Gas ini nantinya dialirkan ke ruang pembakaran untuk memaksimalkan kinerja mesin. "Kalau (bensin) premium memiliki nilai oktan 82, Pertamax 92, sedangkan untuk Hidrogen memiliki nilai oktan mencapai 130. Tingginya nilai oktan pada gas hidrogen membuat pembakaran mesin sempurna. Selain gas buang menjadi bersih tanpa polusi, bisa menghemat BBM juga," jelas Babeng. Menurut Babeng, dari percobaannya menggunakan motornya sendiri, diketahui alat temuannya tersebut menunjukan hasil positif. Hasilnya, tenaga motor lebih kuat, gas buang bersih tanpa karbondioksida, dan bensin lebih irit 25 persen. Untuk menguji gas hidrogen yang dihasilkan, Babeng menampungnya ke dalam wadah plastik. Saat disulut api, wadah tersebut meledak. Terkait temuannya tersebut, Babeng mengaku tidak akan mematenkannya. Ia juga tidak berniat untuk memasarkannya secara massal. Rencananya, teknologi ciptaannya tersebut akan ia terapkan ke motor buatan Amerika miliknya. Nantinya, motor tersebut akan ia gunakan dalam tur keliling 16 negara. Menurut Siswo Winoto, pemilik bengkel, mengatakan, alat ciptaan Babeng bekerja secara optimal dan sanggup bekerja dengan baik. Bengkel Winoto sendiri merupakan satu dari 10 bengkel yang ditunjuk Amerika sebagai bengkel untuk modifikasi. "Teknologi hidrogen ini sangat bisa menunjang kinerja mesin motor yang ramah lingkungan dan hemat BBM," katanya. Sayangnya, menurut Babeng dan Winoto, alat penghemat BBM tersebut tidak bekerja di motor pabrikan Amerika. Kemungkinan besar ia akan menjualnya ke industri otomotif di Amerika. Apalagi, imbuh Babeng, pemerintah Indonesia memiliki perhatian yang rendah terhadap inovasi teknologi dan industri kreatif.
coba cek videonya gan !
Quote:
[youtube]42f0N8ng1Oc[/flash][/youtube]
Spoiler for pendapat agan-agan yang jenius:
Quote:
Original Posted By junio brilianza►sebetulnya teknologi air di rubah menjadi gas hidrogin sudah lama menjadi pembicaraan dan penelitian, bahkan sudah banyak yang menjual alat2 tersebut, silakan di google.... dari pengamatan saya, alat tersebut membutuhkan listrik yg cukup besar sehingga ditengarahi memperpendek umur aki... air (H2O) ---> O2 + H2.... nantinya gas hidrogen (H2) inilah yang di injeksikan ke intake manifold sehingga akan meningkatkan oktan bensin di dalam intake manifold. untuk menginjeksi ke dalam intake manifold biasanya diambil dari selang vakum ( di split menggunakan sambungan T ) dan juga bisa langsung di injeksikan ke intake manifold pakai nepel (neple)... biasanya setiap intake manifold sudah ada lubang yg ditutup baut.... nantinya baut tersebut di ganti dengan napel untuk memasukkan selang H2 (hidrogen)
O2 ikut terbakar, katanya membantu pembakaran lebih sempurna dan menghemat bbm. sedangkan H2 meningkatkan daya ledak.
walaupun menurut ane masih belum pure pakai air, tapi ini adalah prestasi yang luar biasa yang layak diapresiasi, terlepas apakah teknologi ini butuh riset lebih lanjut dan tes kelayakan, agar bisa diterapkan secara massal. Namun ane masih ragu gan kalo hal ini akan didukung pemerintah , teknologi ini pasti tidak akan disukai oleh orang-orang yang punya kepentingan "lain" dan sebentar lagi tidak terdengar gaungnya lagi, ayo dukungannya gan sumur
Diubah oleh aguskeisya 25-11-2014 10:51
0
6.4K
Kutip
77
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
922.9KThread•82.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru