eCiputraAvatar border
TS
eCiputra
Merancang Jadwal Marketing di Media Sosial


Canggihnya dunia teknologi melahirkan beragam jenis media sosial di jagat maya. Sebenarnya apa esensi eksis di sejumlah media sosial? Jawabannya mungkin beragam tapi bila ditarik garis lurus terdapat kesamaan yakni berkoneksi dengan orang lain.

Pelaku bisnis juga diwajibkan mengikuti perkembangan tren media sosial demi kemajuan bisnisnya. Selain menjalin relasi, media sosial juga membantu pelaku bisnis mempromosikan serta memasarkan produknya.

Marketing melalui media sosial saat ini adalah hal yang umum. Hampir semua pelaku bisnis melakukannya. Tapi, tak banyak yang mengetahui bahwa strategi yang mereka terapkan sering membuat jenuh dan bingung khalayak karena jumlah posting dalam seharinya terlalu jarang di satu media sosial yang satu atau terlalu sering muncul di media sosial lain. Lalu, bagaimana cara yang terbaik?

Laman Entrepreneur.com memberi contoh bagaimana mengatur jadwal marketing di media sosial yang efektif.

Dua kali sehari, di pagi dan sore hari

Cek Twitter melalui HootSuite. Berikan respon bila perlu. Follow Twitter seseorang yang memiliki potensi bagi bisnis Anda.
Cek LinkedIn. Reply melalui email dan berikan komentar bila diperlukan.
Amati conversation di Twitter yang relevan dengan bisnis Anda.
Cek Facebook Page bisnis Anda, berikan respon bila diperlukan.
Amati Google Alert untuk mention mengenai merek dan perusahaan. Beri tanggapan bila diperlukan.

Seminggu sekali atau pada akhir pekan

Buat Twitter List untuk mengatur alur diskusi dan grup dengan kepentingan tertentu. Gunakan fasilitas search di HootSuite untuk mencari tahu siapa saja yang sedang membicarakan Anda atau bisnis yang sedang Anda lakoni.
Amati pertanyaan yang masuk di LinkedIn Anda dan balaslah bila diperlukan.
Masuk ke forum diskusi di LinkedIn atau jika memungkinkan buatlah forum diskusi sendiri.
Kirim invitasi LinkedIn kepada orang-orang yang potensial atau kepada para klien.
Minta rekomendasi di LinkedIn ketika telah sukses menyelesaikan sebuah proyek atau membuat kerja sama dengan pihak tertentu.
Pikirkan posting-an yang mampu mencuri perhatian banyak orang di jagat maya.
Amati perkembangan media sosial, bila ada jejaring sosial atau fasilitas baru di media sosial tersebut segeralah update demi kemajuan bisnis Anda.
Identifikasi jejaring sosial yang baru dan bangun relasi sesuai kebutuhan bisnis.

Sepanjang minggu

Senin : buat jadwal tweet melalui HootSuite sebanyak tiga kali sehari dengan interval yang sama.
Senin, Rabu dan Jumat : ikut serta dalam diskusi (conversation) di Twitter dengan topik yang berhubungan dengan bisnis Anda. Dan, tambahkan informasi terbaru di Facebook seputar bisnis, bisa foto, diskon, produk baru atau lainnya.
Selasa dan Kamis : cek blog dan berikan komentar bila diperlukan.
Jumat : cek traffic di blog atau website Anda.

Dengan jadwal terstruktur, kegiatan marketing harian Anda di media sosial bisa membawa warna yang berbeda dengan sebelumnya. Waktu dan komitmenpun bisa terjadwal dengan lebih efektif serta efisien. Bila jadwal yang telah Anda rancang tak memberi pengaruh apapun, ubah dan buat lagi yang baru. Jangan menyerah dalam memodifikasi jadwal tersebut hingga akhirnya menemukan yang paling sesuai untuk pengembangan bisnis Anda. Selamat mencoba. (*/ely)

sumber
0
934
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.