• Beranda
  • ...
  • Militer
  • TERNYATA KECELAKAAN SUBS BRITS TIDAK JAUH BEDA DENGAN INDIA

audacious
TS
audacious
TERNYATA KECELAKAAN SUBS BRITS TIDAK JAUH BEDA DENGAN INDIA
Submarines: The Royal Navy Regrets

Baru baru ini terkuak bahwa pemerintah Inggris hampir kehilangan salah satu kapal selam nuklir mereka (SSN) di tahun 2011 ketika sistim pendingin ruangan dari HMS Turbulent tidak bekerja ketika kapal selam ini sedang dipermukaan lautan India.
Suhu didalam kapal selam melonjak hingga 60 derajat Celcius/ 140 derajat Fahrenheit, sebelum awak kapal menemukan jawaban.
Hampir 40 persen dari awak tidak dapat bekerja karena kepanasan, dan beberapa sistim mengalami overheating, dan mati sendiri atau bekerja sangat tidak normal.
Kapal selam ini sedang berada ditengah laut, dan membutuhkan waktu lama sebelum ada pertolongan yang datang. Penyebab dari ini semua masih belum diketahui, dan suhu diluar kapal selam lebih dari 40 derajat (104 derajat Fahrenheit), dan terus meningkat.


Tidak ingin mengambil risiko kehilangan kapal selam akibat kendala panas, kapten kapal memerintahkan kapal selam untuk menyelam pada kedalaman 100 meter dimana air dingin mungkin dapat mendinginkan kapal selam.
Aksi jawaban ini berhasil, dan memberi waktu untuk para teknisi mengatasi kendala yang diakibatkan oleh kerak kerak air laut yang menghambat saluran pipa air untuk pendingin udara.
Dalam 24 jam, kendala dapat diatasi dan kapal selam dapat terus berfungsi tanpa ada insiden.

Akan tetapi episode ini, hanyalah salah satu dari kendala serius yang dihadapi kapal kapal selam nuklir Inggris.
Seperti misal, ditahun 2007 SSN HMS Tireless kehilangan 2 awak sewaktu salah satu SCOG (Self Contained Oxygen Generator) meledak ketika sedang melakukan latihan.
Ternyata beberapa lubang udara SCOG tersumbat atau tertutup.
Itu adalah situasi yang sangat berbahaya.
SCOG bekerja dengan cara membakar (dengan suhu sekitar 1.100 derajat Fahrenheit) sodium chlorate dan bubuk besi, yang menghasilkan oksigen.
Untuk setiap pound bahan yang dibakar, oksigen yang dihasilkan cukup bernapas seorang awak selama 3 jam.
Alat berbentuk silinder ini sering disebut “oxygen candles/lilin oksigen”.
Alat ini hanya digunakan untuk keadaan darurat, atau dalam situasi perang dimana kesenyapan maksimun dibutuhkan (untuk menghindari deteksi musuh).
Peralatan normal penghasil oksigen dan sistim penyalurannya terdiri dari beberapa mesin yang cukup berisik.
SCOG lebih senyap.


Lalu ditahun 2009, angkatan laut Inggris menyingkap bahwa selama 21 tahun terakhir, kapal selam nuklir mengalami sekitar satu kebakaran setiap bulan.
Lebih lagi, kapal kapal selam ini dalam setiap 3 tahun mengalami 2 tabrakan.
Kecelakaan ini tidak mengakibatkan kebakaran atau kerusakan fatal. Kurang dari 10 persen dari kebakaran membutuhkan lebih banyak awak di area tsb untu menanggulanginya.
3 dari kebakaran tsb terjadi ketika kapal kapal selam ini sedang berada di pelabuhan.
Hampir semua kebakaran dan semua tabrakan, terjadi ketika kapal kapal selam ini sedang akan berlayar dan menyelam.
Ini adalah waktu dimanaa kapal kapal selam berada pada situasi paling berbahaya karena semua peralatan digunakan.
Kapal kapal selam dibuat untuk dapat mengatasi gagalnya peralatan, dan dalam kasus kapal kapal selam angkatan laut Inggris, semuanya dapat diatasi.
Terdapat 237 kebakaran dan 14 tabrakan dari 21 kapal selam (13 SSN dan 8 SSBN) yang bertugas dalam periode tsb.


Dan ditahun 2012 salah satu dari empat SSBN Inggris (kapal selam rudal balistik) mengalami kegagalan kemudi (rudder) sesudah latihan penembakan sebuah SLBM (peluncuran rudal dari dalam laut) dilepas pantai Florida Amerika Utara.
Kapal selam HMS Vanguard baru saja menjalani perbaikan dan penyegaran yang menghabiskan biaya setengah billion dollar.
Sesudah ditemukannya kendala kemudi, Vanguard memasuki galangan kapal Amerika di Georgia untuk perbaikan.
Angkatan laut Inggris merasa malu bahwa kapal yang baru keluar dari perbaikan selama 3 tahun dapat mengalami kegagalan kemudi 4 bulan kemudian.
Ini bukanlah peristiwa memalukan pertama bagi Vanguard. Kendala kemudi juga terjadi tiga tahun sesudah kapal selam ini bertabrakan dengan sebuah kapal selam Perancis SSBN ketika menyelam ditengah laut Atlantik.
Kerusakan pada kedua kapal selam tidaklah fatal, tetapi memalukan bagaimana dua SSBN dapat bersenggolan ditengah laut.

http://www.strategypage.com/htmw/hts.../20140611.aspx

lah kirain India yang hobi buat insiden sama kapal selamnya, nggak taunya salah satu operator kapal selam tertua didunia juga mengalami hal yang sama, bahkan mungkin lebih parah
Diubah oleh audacious 15-07-2014 07:55
0
4.2K
13
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.7KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.