DeTorto
TS
DeTorto
EStyle Restoration Project-1994 Suzuki RGV250 VJ22 (for 2stroke lovers)
Suzuki RGV250 VJ22



Halo...salam kenal semua...sy Edwin..trit ini sy buat bagi pecinta motor klasik, yg uda ga diproduksi lagi khususnya 2tak..buat mengingat sejarah otomotif roda dua di indo, mengingat kisah 2tak, mengingat kejayaan motor2 2tak..

Oke..kali ini,sy selesai merestorasi plus modifikasi sebuah motor cukup langka di indonesia, 1994 Suzuki RGV250 VJ22..konon dulu sejarahnya, Suzuki masukin 10 unit ke indonesia,buat balapan kelas sport 250cc di Sentul (lawan2nya ada yamaha TZR250,Honda NSR250)...dan,sangat beruntung saya bisa dapet salah satu unitnya,walaupun dalam keadaan yg kurang terawat...tapi karna kecintaan sy pada motor 2tak,saya bertekad mengembalikan lagi kecantikan Vj22 ini...

sedikit mengulas mengenai RGV250 VJ22 ini..seri VJ22,dibuat Suzuki untuk menyempurnakan seri sebelumnya Vj21..mulai dipasarkan tahun 1991 sampai 1996.. dan terbagi jadi 3 model, tahun 1991-1993,memiliki desain swing arm banana,1993-1996 swing arm model lurus ditambah model SP (kopling kering, close ratio gearbox)..
VJ22 punya tenaga paling powerful dikelasnya (pada jamannya) dimana pesaingnya seperti Yamaha TZR250 dan Honda NSR250 bermain diangka 45Hp, VJ22 sanggup sampai 62Hp dengan bobot 139kg..dan juga paling komplet fiturnya,salah satunya karna telah menggunakan shock depan upside down yang sangat mendukung performanya ditikungan dan kecepatan tinggi (pesaingnya masih menggunakan shock teleskopik)..namun, tenaga besar ini,nampaknya menjadi percuma karna terbentur pembatasan power maksimum untuk pasar domestik jepang (top speed maks 180 km/h dan max power 45hp)..
hingga,keunggulan ini dilirik oleh pabrikan Aprillia yg akhirnya membeli desain mesin untuk mereka kembangkan lagi,dan diterapkan di Aprillia RS250..

Spec detail dan gambar originalnya:

Suzuki RGV 250 Vj22

Year: 1991-1996
Engine: Liquid cooled, two stroke, 90°V-twin, reed valve.
Capacity: 249cc
Bore x Stroke: 56 x 50.6 mm
Compression Ratio: 7.3:1
Induction: 2xMikuni TM34S
Ignition / Starting: Electric / kickstarter
Max Power: 62 hp 45.2 kW @ 11000 rpm
Max Torque: 39 Nm @ 11000 rpm
Transmission / Drive: 6 Speed / chain
Front Suspension: Upside down forks adjustable preload.
Rear Suspension: Monoshock adjustable rebound, compression and preload
Front Brakes: 2x 300mm discs 4 piston caliper
Rear Brakes: Single 210mm disc 2 piston calliper
Front Tyre: 110/70 R17
Rear Tyre: 150/60 R17
Seat Height: 766 mm
Dry-Weight: 139 kg
Fuel Capacity: 16 Litres
Top Speed: 130 mph / 210kmh

Spoiler for Suzuki RGV 250 Vj22:


Berikut ini proses yg sy lewatin selama 2,5 taun..dari kondisi awal sampai finish..lewat foto-foto ya..karna gambar bisa cerita lebih banyak..hehehe..:

Spoiler for Kondisi awal:


Beberapa ringkasan proses modifikasi:

Spoiler for proses modifikasi:


Setelah selesai, karna urang puas soal kaki kaki,Upside down depan terlalu empuk dan swing arm aprillia RS250 terlalu pendek, maka dilakukan lagi perombakan kaki kaki..instal Upside down GSX1000 2008 swing arm dan shock belakang eks GSX600 2008

Spoiler for perombakan kaki kaki:


Akhirnya,performa dan handling sudah cukup baik ,bodi sudah rapih,tinggal tahap finishing,pemasangan beberapa part pendukung tampilan dan performa..selesai memakan waktu 2,5 tahun..cukup lama memang, karna part mesin hampir semua tidak bisa didapatkan di indonesia ditambah beberapa part yg dipasang harus melakukan modifikasi agar bisa terinstall sempurna..dannnnn,ini hasil akhirnya...
Spoiler for Sempurna:


Silahkan sedikit buffer buat yang penasaran suaranya, check this video







Trimakasi brad semuaaaa...nantikan project saya selanjutnya emoticon-Smilie1989 Suzuki RGV250 VJ21yang bentar lagi beres...salam ngebullll..keep 2 stroke alive!!..emoticon-Ngacir2

Trimakasi momod...salam...emoticon-Shakehand2

Agan2 minta komennya yaaaaa...
emoticon-Malu (S)


Spec modifikasi:
-Windscreen Tyga tint
-Gas spontan Domino
-Master rem Brembo RCS 19
-Slang rem Hell
-Upside down ex GSX1000r 2008
-Footstep Tyga
-Kaliper belakang Brembo 2piston
-Gir Daytona almunium 43
-Rantai EK Racing 528
-Swing arm ex GSX600r 2008
-Shock ex GSX600r 2008
-Velg belakang ex GSX600r 2008
-Ban Dunlop GP unbeatten depan 120/70-17 belakang 180/55-17
-Knalpot custom silincer PDK carbon
-Rizoma detailing (handgrip,jalu setang,tabung minyak rem depan belakang,tutup tangki,jalu padok)
-Bikers detailing (handle kopling,cover as rangka,cover as roda depan belakang,monel)
-Single seat ex Aprillia RS250 mk1 custom
-Firing depan original custom race version
-Finishing cover airbrush
-Finishing frame, swing arm, velg carbon printing

Thread yang lainnya
Restoration Project-1989 Suzuki RGV250 VJ21
Diubah oleh DeTorto 10-01-2015 16:17
0
23.6K
173
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2
icon
19.1KThread8.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.