raja_hutanAvatar border
TS
raja_hutan
Waspadalah menggunakan kartu Mandiri E-Toll
Kejadian ini bermula pada tanggal 26 November 2013 yang lalu ketika ane berkendara di tol jagorawi ke arah jakarta menggunakan etoll card di gerbang tol cawang (pembayaran oleh mesin). Ane cukup kaget melihat saldo e toll card ane di monitor dan struk pembayaran yang jumlahnya tersisa Rp. 41.000, padahal seingat ane pada tanggal 22 November 2013 ane telah melakukan top up etoll card di atm mandiri sejumlah Rp 300.000.
Ane sangat kebingungan dan penasaran karena sangat tidak masuk akal bahwa total saldo yang biasa di gunakan selama sebulan itu bisa lenyap begitu saja. Apalagi setelah melapor ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat (setelah di rujuk oleh call centre mandiri), jawabannya mereka tidak bisa membantu apa2, karena kemungkinannya bisa terjadi kesalahan teknis di internal sistem, bahkan mereka terus bertanya apakah betul ane telah melakukan pengisian sejumlah tersebut. Seperti biasaa...
Setelah melakukan penulusuran di internet, ternyata ada beberapa kasus penipuan yang terjadi dengan penukaran kartu etoll card oleh petugas jasa marga. Langsung ane periksa struk pembayaran sebelumnya dan menemukan fakta yang mengejutkan.

Spoiler for Berikut gambar kartu etoll card yang ada di tangan ane sekarang ini::

Spoiler for Gambar struk di bawah ini adalah sisa saldo terakhir sebelum saya melakukan top up (perhatikan no kartu CN yang di garis bawahi)::

Spoiler for Struk di bawah ini adalah saldo setelah melakukan top up sebesar Rp. 300.000 pada tanggal 22 Nov. Perhatikan no kartu CN masih sama dengan struk sebelumnya::

Spoiler for Struk di bawah ini adalah saldo pada tanggal 26 Nov, hanya tersisa Rp 41.000. Perhatikan no kartu CN berubah dengan sebelumnya::


Dengan fakta2 di atas (no kartu yg berbeda) dan dengan rujukan beberapa kasus yang terjadi, maka penjelasan satu2nya adalah telah terjadi penukaran kartu etoll ane. Dan kemungkinan besar hal ini terjadi oleh petugas tol jasa marga sewaktu ane menggunakan etoll card saya di gerbang toll ampera pada tanggal 25 November, dan pada saat itu kesalahan ane tidak melihat jumlah saldo di monitor.

Ini sekedar sharing aja, dan ane udah relain total saldo yang lenyap tersebut karena setelah lapor ke kantor Bank Mandiri jawabannya hanya "begitu saja" dan ane udah prediksi kalau melapor ke Jasa Marga yang ada ane hanya keluar ongkos dan capek, gak akan ada hasilnya. Di negara ini konsumen selalu dalam posisi lemah gan.

Tapi ane ingin mengingatkan pengguna etoll card yang lain agar berhati-hati dan selalu waspada dengan penggunaan etoll card-nya, khususnya ketika membayar langsung melalui petugas. Apalagi sudah banyak kasus penukaran kartu begini setelah ane baca di forum2 internet. Kalau perlu etoll card yang agan2 punya di tandain dengan tanda khusus, misalnya selotip, warna, dll.
------------------------------------------------------

Dan ternyata ada korban serupa:
Quote:


Quote:
Diubah oleh raja_hutan 20-12-2013 12:24
0
123.2K
53
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.