(help) Bagaimana cara merubah sikap dan sifat dalam diri sendiri?

Post Reply
Subscribe share: Twitter Facebook

(help) Bagaimana cara merubah sikap dan sifat dalam diri sendiri?

closed
psikologi agan terganggu
ini akibat dari perlakuan masa kecil
dan ggap pun juga dari trauma itu
ya karena menahan diri dari kekesalan sehingga menjadi kebiasaan
coba agan ke psikiater, bukan nge-judge tapi demi kebaikan agan
profile picture
Kaskus Addict #3
Quote:Original Posted By titatutet
psikologi agan terganggu
ini akibat dari perlakuan masa kecil
dan ggap pun juga dari trauma itu
ya karena menahan diri dari kekesalan sehingga menjadi kebiasaan
coba agan ke psikiater, bukan nge-judge tapi demi kebaikan agan


Bner kata sista ini (perasaan tiap ane komen pasti ada sista ini )
agan waktu kecil kena Bully, jadi trauma..
mungkin klo mau ilangin sifat negatif agan secara manual susah, karna sudah terbawa dari kecil
k psikolog aja gan
Quote:Original Posted By iM.proo


Bner kata sista ini (perasaan tiap ane komen pasti ada sista ini )
agan waktu kecil kena Bully, jadi trauma..
mungkin klo mau ilangin sifat negatif agan secara manual susah, karna sudah terbawa dari kecil
k psikolog aja gan


ane setuju gan, kyaknya susah deh kalo mesti usaha sendiri
mesti dibantu sama yg lebih ahli soal kejiwaan ...

semngat yaah

Quote:Original Posted By titatutet
psikologi agan terganggu
ini akibat dari perlakuan masa kecil
dan ggap pun juga dari trauma itu
ya karena menahan diri dari kekesalan sehingga menjadi kebiasaan
coba agan ke psikiater, bukan nge-judge tapi demi kebaikan agan

benar kah ini berdampak kepada jiwa??
Quote:Original Posted By iM.proo


Bner kata sista ini (perasaan tiap ane komen pasti ada sista ini )
agan waktu kecil kena Bully, jadi trauma..
mungkin klo mau ilangin sifat negatif agan secara manual susah, karna sudah terbawa dari kecil
k psikolog aja gan

jodoh kali gan....

Quote:Original Posted By kakusbanget


ane setuju gan, kyaknya susah deh kalo mesti usaha sendiri
mesti dibantu sama yg lebih ahli soal kejiwaan ...

semngat yaah



apakah memang harus ke psikiater... tapi kan ane ngk ganguan jiwa gan n sist.... Apakah mahal bila harus ke psikiater??tpi ane ngk mau klo orang tua ane tau ane seperti apa..
tapi terima kasih ya sarannya
profile picture
Kaskus Addict #6
Quote:Original Posted By coolmang

apakah memang harus ke psikiater... tapi kan ane ngk ganguan jiwa gan n sist.... Apakah mahal bila harus ke psikiater??tpi ane ngk mau klo orang tua ane tau ane seperti apa..
tapi terima kasih ya sarannya


Seseorang yang mengalami gangguan jiwa itu bukan berarti orang tersebut harus gila/tidak waras.

Gangguan jiwa bisa macam2 bentuk nya.

Seperti yang sudah di bilang, gagap itu bisa jadi salah satu kemungkinan gangguan jiwa (kalau ternyata gagap tersebut bukan disebabkan oleh cacat badan).

Psikiater mahal banget di indonesia, kalau tidak benar2 butuh, ya jangan ke psikiater.
Ada alternatif yang murah meriah,
minta pertolongan ke organisasi agama TS.

Karena organisasi agama salah satu tujuan nya kan menyembuhkan jiwa jiwa
butuh lingkungan baru gan yg lbih nyaman dan edukatif, tekan egoisme diri untuk ngelatih sikap openmind..
di situasi kaya gitu siapa n gimana orang trdeket agan saat ini berpengaruh banget..
mudah-mudahan ga salah pilih temen ya gan
n hal yang ga pernah boleh ditinggalin, berusha mendekatkan diri ama yg maha kuasa .. Dia yg ngerubah semua hal yg mustahil jadi mungkin dengan "kun fayakun-Nya"
semoga agan bisa cepet semangat lagi
Quote:Original Posted By JC Fanz


Seseorang yang mengalami gangguan jiwa itu bukan berarti orang tersebut harus gila/tidak waras.

Gangguan jiwa bisa macam2 bentuk nya.

Seperti yang sudah di bilang, gagap itu bisa jadi salah satu kemungkinan gangguan jiwa (kalau ternyata gagap tersebut bukan disebabkan oleh cacat badan).

Psikiater mahal banget di indonesia, kalau tidak benar2 butuh, ya jangan ke psikiater.
Ada alternatif yang murah meriah,
minta pertolongan ke organisasi agama TS.

Karena organisasi agama salah satu tujuan nya kan menyembuhkan jiwa jiwa

ane juga belum mau ke psikiater klo ternyata mahal... hehehe..
mungkin konsultasi ke pak ustadz aja kali ya...

Quote:Original Posted By adication
butuh lingkungan baru gan yg lbih nyaman dan edukatif, tekan egoisme diri untuk ngelatih sikap openmind..
di situasi kaya gitu siapa n gimana orang trdeket agan saat ini berpengaruh banget..
mudah-mudahan ga salah pilih temen ya gan
n hal yang ga pernah boleh ditinggalin, berusha mendekatkan diri ama yg maha kuasa .. Dia yg ngerubah semua hal yg mustahil jadi mungkin dengan "kun fayakun-Nya"
semoga agan bisa cepet semangat lagi

ane sekarang tinggal sendiri gan ane merantau ke ibukota...
amiinn semoga bisa hilanggan sifat negatif ane ini...
makasih gan sarannya..
Quote:Original Posted By coolmang

ane sekarang tinggal sendiri gan ane merantau ke ibukota...
amiinn semoga bisa hilanggan sifat negatif ane ini...
makasih gan sarannya..

Nah..ini waktu paling tepat agan ngerubah apa yg pengen agan rubah.. agan butuh sosok yg agan percaya ^_^
jangan milih temen yg cuma bisa ngajak senang, tp ga bikin jiwa tenang.. selera kebaikan di diri agan masih bagus.
sayang banget kl itu tergantikan ke pelarian yg malah tambah mengganggu kejiwaan agan.
agan bukan yg pertma kali bermasalah seperti itu, jd keep calm, banyak orang yg udah lewatin itu dengan baik, mereka bahagia lebih dr yg diharapkan sebelumnya.. agan juga pasti dapet apa yg agan mau, mudah-mudahan Tuhan selalu memberi apa yg agan butuhkan
profile picture
Kaskus Maniac #10
Quote:Original Posted By coolmang
benar kah ini berdampak kepada jiwa??

jodoh kali gan....

apakah memang harus ke psikiater... tapi kan ane ngk ganguan jiwa gan n sist.... Apakah mahal bila harus ke psikiater??tpi ane ngk mau klo orang tua ane tau ane seperti apa..
tapi terima kasih ya sarannya


banget
psikologi saat kecil sudah pasti mempengaruhi masa kini gan
but dont judge your self
your never walk alone << Liverpool
terkadang kita harus mengulurkan tangan keatas untuk meminta pertolongan
jangan malu

ane udah punya suami gan, masa jodoh

orang tua mesti tau bagaimanapun cara nya
karena support terbesar itu ya dari orang tua << kalau agan belum nikah
profile picture
Kaskus Addict #11
wah km kok agak senasib kyk ane walau ga terlalu sadis
ane ngerti gan perasaan km, soalnya sy pernah ngalamin jg
emang bekas banget..(masih keinget ampe skr)
solusinya km hidup berdiri sendiri, hidup berdiri sendiri lebih bahagia dan bebas gan, daripada ikut saudara atau keluarga...
terus km lost contact aja sampai km benar2 jadi orang sukses
nanti mereka malu2 sendiri, selanjutnya gmana kamu menyikapinya..
pengalaman pahit itu km jadikan pacuan mencapai cita2 mu gan
biasanya tercapai kalau udah pernah ngerasain hidup pahit2 gitu

nanti kalau km sudah berumur, klo ada orang bth bantuan, atau ikut km, jgn kamu bales, pengalaman dulu jadikan pelajaran, jangan sampai terulang pada orang lain

sabar & sukses ya..
lebih baik konsultasi ke tokoh agama yang agan anut tapi yang bener dan terpercaya ya dan lebih mandekatkan diri kepada yang Maha Kuasa
profile picture
Kaskus Maniac #13
saranku padamu, adalah bersikaplah kebalikan dari yg menurut kamu jelek,
selebihnya, adalah kemauan, keberanian, dan kebenaran pasti menang!
Salah satu yg bikin individu menjadi kasar adalah menjadi pendukung Parpol tertentu, apalagi sampai menjadi simpatisan fanatik,
yg dimana jika jagonya kalah, maka akan menjadikan keributan massa.
Pun pula jika kamu seorang buruh, tunaikanlah kewajibanmu dlu , baru meminta kenaikan gaji, pun jika berdemo , patuhilah koridor2nya, taat hukum.
Dan terakhir, jika kamu sudah merasa dewasa, maka berdewasalah dlm bersikap
salam
Quote:Original Posted By adication
Nah..ini waktu paling tepat agan ngerubah apa yg pengen agan rubah.. agan butuh sosok yg agan percaya ^_^
jangan milih temen yg cuma bisa ngajak senang, tp ga bikin jiwa tenang.. selera kebaikan di diri agan masih bagus.
sayang banget kl itu tergantikan ke pelarian yg malah tambah mengganggu kejiwaan agan.
agan bukan yg pertma kali bermasalah seperti itu, jd keep calm, banyak orang yg udah lewatin itu dengan baik, mereka bahagia lebih dr yg diharapkan sebelumnya.. agan juga pasti dapet apa yg agan mau, mudah-mudahan Tuhan selalu memberi apa yg agan butuhkan


iya gan.. ane sekarang lebih sering menghindari konflik,, bukan karena ane takut,, tapi ane lebih takut klo sifat negatif ane muncul lagi... soalnya ane pernah lepas control dan itu sangat menyiksa batin ane...

Quote:Original Posted By titatutet
banget
psikologi saat kecil sudah pasti mempengaruhi masa kini gan
but dont judge your self
your never walk alone << Liverpool
terkadang kita harus mengulurkan tangan keatas untuk meminta pertolongan
jangan malu

ane udah punya suami gan, masa jodoh

orang tua mesti tau bagaimanapun cara nya
karena support terbesar itu ya dari orang tua << kalau agan belum nikah

sista udah punya suami toh...
iya bener kata sist support terbesar adalah dari orang tua kita sendiri


Quote:Original Posted By nagaperak
wah km kok agak senasib kyk ane walau ga terlalu sadis
ane ngerti gan perasaan km, soalnya sy pernah ngalamin jg
emang bekas banget..(masih keinget ampe skr)
solusinya km hidup berdiri sendiri, hidup berdiri sendiri lebih bahagia dan bebas gan, daripada ikut saudara atau keluarga...
terus km lost contact aja sampai km benar2 jadi orang sukses
nanti mereka malu2 sendiri, selanjutnya gmana kamu menyikapinya..
pengalaman pahit itu km jadikan pacuan mencapai cita2 mu gan
biasanya tercapai kalau udah pernah ngerasain hidup pahit2 gitu

nanti kalau km sudah berumur, klo ada orang bth bantuan, atau ikut km, jgn kamu bales, pengalaman dulu jadikan pelajaran, jangan sampai terulang pada orang lain

sabar & sukses ya..

Pasti emosi agan labil kan??
cara mengatasi itu gimana gan??
iya ane sekarang hidup sendiri.. dan melakukan apapun yang ane mau tanpa larangan yang penting positif...
makasih gan support dan doa nya...
Quote:Original Posted By IdamanWanita1
- Berpikir dan Berjiwa Besar by David J. Schwartz
- Berani Gagal by Billi PS Lim
- Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain by Dale Carnegie
- Anda Bisa kalau Anda Pikir Bisa by Norman Vincent Peale
- Think and Grow Rich by Napoleon Hill

Baca buku2 di atas!

Rubah CARA BERPIKIR dan SIKAP MENTAL agan!

Ntar klo ada waktu ane coba nyari saran buku dari agan...
sepertinya menarik....


Quote:Original Posted By yosetiawan
lebih baik konsultasi ke tokoh agama yang agan anut tapi yang bener dan terpercaya ya dan lebih mandekatkan diri kepada yang Maha Kuasa


iya gan ane lagi mencari ustadz yang bisa dipercaya...
klo mendekatkan diri pada yang kuasa sih harus itu...

Quote:Original Posted By Ngoeg
saranku padamu, adalah bersikaplah kebalikan dari yg menurut kamu jelek,
selebihnya, adalah kemauan, keberanian, dan kebenaran pasti menang!
Salah satu yg bikin individu menjadi kasar adalah menjadi pendukung Parpol tertentu, apalagi sampai menjadi simpatisan fanatik,
yg dimana jika jagonya kalah, maka akan menjadikan keributan massa.
Pun pula jika kamu seorang buruh, tunaikanlah kewajibanmu dlu , baru meminta kenaikan gaji, pun jika berdemo , patuhilah koridor2nya, taat hukum.
Dan terakhir, jika kamu sudah merasa dewasa, maka berdewasalah dlm bersikap
salam


Siiiaaaaaappppp gan
mulai sekarang agan harus lupain masa lalu, agan harus tanamkan pikiran positif di diri agan bahwa hidup agan sudah lebih baik sekarang dan masa2 sulit itu sudah lewat.

masalah gagap kalo memang itu jadi memang udah nggak bisa diperbaiki lg lebih baik agan terima aja sebagai suatu kekurangan, jangan minder gan semua manusia juga punya kekurangan koq tinggal bagaimana agan bisa enjoy dengan kekurangan agan itu, tetep membuka diri ke siapa aja gan dan kalopun agan tetep diolok2 anggap aja itu cuma angin lalu jangan diambil hati.

tetep semangat ya gan.
profile picture
Kaskus Addict #17
Quote:Original Posted By coolmang


Pasti emosi agan labil kan??
cara mengatasi itu gimana gan??
iya ane sekarang hidup sendiri.. dan melakukan apapun yang ane mau tanpa larangan yang penting positif...
makasih gan support dan doa nya...


iya dulu gan zaman - zaman sma -kuliah masi bawaan emosi labil
nanti seiring umur bertambah, semakin dewasa, ntar ga lagi gan yang ada km jd orang bijak
cara pandang pikiran udah berubah kalau umur diatas 20.
km umur berapa gan?
klo dl ane ngatasinya, sebisa mungkin menghindari/ menjauh dari org yg pernah cr masalah, ngeremehin, dan diskriminasi ane, klo bs lost contact aja.
jd ga kebawa pikiran, emosi bisa dikontrol gan.

Quote:Original Posted By cherrie787
mulai sekarang agan harus lupain masa lalu, agan harus tanamkan pikiran positif di diri agan bahwa hidup agan sudah lebih baik sekarang dan masa2 sulit itu sudah lewat.

masalah gagap kalo memang itu jadi memang udah nggak bisa diperbaiki lg lebih baik agan terima aja sebagai suatu kekurangan, jangan minder gan semua manusia juga punya kekurangan koq tinggal bagaimana agan bisa enjoy dengan kekurangan agan itu, tetep membuka diri ke siapa aja gan dan kalopun agan tetep diolok2 anggap aja itu cuma angin lalu jangan diambil hati.

tetep semangat ya gan.

itu gan yang lagi aku usahin selalu menanamkan hal2 yang positif...
tpi kadang pikiran masa lalu itu timbul lagi...
gagapnya sih udah mulai berkurang gan ngk separah dulu....


Quote:Original Posted By nagaperak
iya dulu gan zaman - zaman sma -kuliah masi bawaan emosi labil
nanti seiring umur bertambah, semakin dewasa, ntar ga lagi gan yang ada km jd orang bijak
cara pandang pikiran udah berubah kalau umur diatas 20.
km umur berapa gan?
klo dl ane ngatasinya, sebisa mungkin menghindari/ menjauh dari org yg pernah cr masalah, ngeremehin, dan diskriminasi ane, klo bs lost contact aja.
jd ga kebawa pikiran, emosi bisa dikontrol gan.


ane umur 20 gan...
ane dikantor juga menghindari orang2 seperti itu...
profile picture
Kaskus Addict #19
Quote:Original Posted By coolmang
Saat kecil, dari TK sampe kelas 3 SD ane dititipin ortu ane dirumah nenek ane sementara ortu ane kerja dijakarta. Setiap ane dijenguk nyokap ane di rumah nenek ane, ane merasa bahagia banget, dan ane ditinggal lagi nyokap kejakrta. Saat itu mulailah ane sedih dan sempat ane pikir orang tua ane ngk sayang sama ane! Waktu itu nyokap ane masih sering jenguk ane.. tapi semakin lama nyokap ngk pernah jengukin ane lagi. Dan mulai lah hal2 yang bikin ane takut.

Dirumah nenek, ane tinggal dengan om, nenek, kakek dan bude. Disini ane sering kali diperlakukan kasar sama bude ane. Ane selalu nangis meronta2. bude ane selalu memukul ane dan membentak ane. Pokoknya yang ane inget sampai sekarang tentang bude ane dia adalah orang yang sangat kejam
Ane belum bisa memahami kenapa dia sampai seperti itu kepada ane. Hingga nyokap membawa ane untuk tinggal bersama, tapi ada yang membekas di diri ane sampai ane selalu jadi bahan ledekan..
Dari SD sampai SMA ane selalu diledek karena ane selalu gagap bila berbicara.. Ane ngk pernah berani melawan mereka, setiap diledek ane selalu diem dan tak memperdulikan mereka. Ane jadi takut bicara karena takut gagap ane keluar...

Entah karena masa kecil itu ane kadang mengeluarkan sikap yang kasar dan menjadi pedendam, setiap ane berlaku kasar ane selalu kaget dan diam kenapa ane bisa begitu? tapi ane selalu menahannya dan tidak mau seperti itu.

Dan sekarang bila melihat anak kecil yang bahagia dan tertawa ane selalu meneteskan air mata (Kadang ane berpikir kenapa ane ngk bisa seperti anak2 itu). Tapi hidup terus berlalu dan tak mungkin diputar ulang..

Ane cuma minta saran gan biar ane ngk bersikap kasar dan biar ane ngk jadi dendam sama orang yang udah bikin sakit hati ane..
terimaksih



Wow...

Sepertinya Anda nanti yang kelak akan menjadi orang paling diperhitungkan dimasa mendatang...

no no no...

Bukannya saya bercanda, tetapi memang benar sebelum-sebelumnya...

Secara batin Anda tersiksa dan Anda tidak bisa melawan sehingga Anda hanya bisa memendam kebencian itu...

Alirkan...
Dan jangan dimusnahkan tapi alirkan...

Saya tau memang sulit menerima penderitaan dimasa lalu...

Tapi setiap buah memiliki inti sari yang bermanfaat. Setiap makhluk memiliki inti manfaat untuk diri sendiri dan orang lain...

Dan setiap masalah yang Anda derita ada hal baik yang bisa menjadi besar....

Bukan apa-apa...
tapi memang itulah yang sebenarnya akan terjadi....

ikuti saja saran diatas komen saya tadi. Silakan ke psikolog/ilmuan psikologi. mereka bersedia membantu Anda...
Quote:Original Posted By ZeiHanZ
Wow...

Sepertinya Anda nanti yang kelak akan menjadi orang paling diperhitungkan dimasa mendatang...

no no no...

Bukannya saya bercanda, tetapi memang benar sebelum-sebelumnya...

Secara batin Anda tersiksa dan Anda tidak bisa melawan sehingga Anda hanya bisa memendam kebencian itu...

Alirkan...
Dan jangan dimusnahkan tapi alirkan...

Saya tau memang sulit menerima penderitaan dimasa lalu...

Tapi setiap buah memiliki inti sari yang bermanfaat. Setiap makhluk memiliki inti manfaat untuk diri sendiri dan orang lain...

Dan setiap masalah yang Anda derita ada hal baik yang bisa menjadi besar....

Bukan apa-apa...
tapi memang itulah yang sebenarnya akan terjadi....

ikuti saja saran diatas komen saya tadi. Silakan ke psikolog/ilmuan psikologi. mereka bersedia membantu Anda...


alirkan seperti apa maksud agan??
ane masih belum paham...
sepertinya agan memahami masalah ini...

KASKUS Sign In

or Sign In with