Pembebasan Lahan Tol Cikampek-Palimanan Tinggal 2,5% Lagi

Post Reply
5 votes, 5 average.
Subscribe share: Facebook Twitter

Pembebasan Lahan Tol Cikampek-Palimanan Tinggal 2,5% Lagi

http://finance.detik..com/read/2012/...-lagi?f9911023



Jakarta - Meski pembebasan lahan tinggal 2,5% lagi, namun proyek jalan tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116 km masih belum bisa dikerjakan secara besar-besaran. Pemerintah pusat meminta Pemprov Jawa Barat untuk membantu.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meminta bantuan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk memprioritaskan masalah pembebasan lahan tersebut.

"Cikampek-Palimanan ini pembebasan lahannya sudah 97,5 persen selesai, sekarang ini ada bagian-bagian kecil seperti tanah milik desa yang tinggal sepotong-sepotong. Sehingga kita belum bisa melaksanakan proyek itu secara besar-besaran," kata Djoko dikutip dari situs Kementerian PU, Sabtu (1/12/2012).

Jalan tol ini merupakan bagian dari proyek jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan dua ruas tol yang telah beroperasi yaitu Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Palimanan-Kanci.

"Investor ada, kontraktor ada, uangnya pun ada, (saat ini) pembebasan lahan masih kurang 2,5 persen dan masih belum bisa melaksanakan jalan tol itu, jadi Pak Gubernur, kalau sekiranya ada hal yang perlu bantuan Pak Gubernur agar menjadi prioritas untuk diselesaikan,” tutur Djoko kepada Gubernur Jabar saat peresmian proyek tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer ini terbagi menjadi enam seksi yakni seksi I Cikopo-Kalijati sepanjang 29,12 kilometer, seksi II Kalijati-Subang 9,56 kilometer, dan seksi III Subang-Cikedung sepanjang 31,37 kilometer.

Dilanjutkan dengan seksi IV Cikedung-Kertajati sepanjang 17,66 kilometer, seksi V Kertajati-Sumberjaya 14,51 kilometer, dan seksi VI Sumberjaya-Palimanan 14,53 kilometer dan memiliki jumlah simpang susun (interchange) sebanyak tujuh buah (SS Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya dan Palimanan).

Tol ini digarap oleh PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pemegang konsesi, termasuk didalamnya investor asal Malaysia yaitu Plus Expressways Berhad yang memegang saham sebesar 55% dan PT Baskara Utama Sedaya 45%.

Pembebasan tanah tol ini memang molor, karena sebelumnya ditargetkan rampung Desember 2011. Total investasi tol ini menelan Rp 12,562 triliun termasuk Rp 550 miliar untuk pembebasan lahan, jika tak ada aral melintang tol ini akan rampung 2014.

=====================================
Molor melulu...kayak kathok kolor......
Karena molornya pembangun tol Cikampek-palimanan....Lebaran tahun depan sepertinya tidak akan pulang kampung....daripada sengsara di jalanan.
Lebaran yang kemarin saja ada yang nempuh perjalan ke Jawa Tengah saja 36 jam.
Apalagi tahun ini banyak mobil murah bertebaran macam Agya Alya Avanza Xenia Ertiga dan kawan-kawannya.
Quote:Original Posted By wiki5000

=====================================
Molor melulu...kayak kathok kolor......
Karena molornya pembangun tol Cikampek-palimanan....Lebaran tahun depan sepertinya tidak akan pulang kampung....daripada sengsara di jalanan.
Lebaran yang kemarin saja ada yang nempuh perjalan ke Jawa Tengah saja 36 jam.
Apalagi tahun ini banyak mobil murah bertebaran macam Agya Alya Avanza Xenia Ertiga dan kawan-kawannya.


Baguslah kl dah jd, gak kena macet di Pantura, sukur Cirebon - Semarang sekalian

@TS kl gak mau macet naek motor aja
Quote:Original Posted By gunturep


Baguslah kl dah jd, gak kena macet di Pantura, sukur Cirebon - Semarang sekalian

@TS kl gak mau macet naek motor aja

gak tahan pantatnya bro.....pantat serasa di atas panggang ayam.....

profile picture
Kaskus Maniac #4
naik kereta aja enak
Ane naek kereta dari Cirebon sampe gambir paling cuma 3 jam, pun ngga terasa, soalnya ane molor. Dari Gambir ane sambung busway. Kalau naik mobil harus rame2 biar itungan ongkosnya murah.

Kalau naik mobil santai (80kpj) ane habiskan 7 jam sampai Cengkareng
Dari Cirebon ke Cikampek sih lancar jaya, yang sial kan dari Cikarang sampai ke dalam kota bisa 2,5-3 jam tuh
profile picture
Kaskus Maniac #6
molor terus, lama2 duitnya abis dikorupsi

makin susah buat terealisasi
Quote:Original Posted By mbia
naik kereta aja enak


juaoh dari stasiun gan
Quote:Original Posted By wiki5000

gak tahan pantatnya bro.....pantat serasa di atas panggang ayam.....



Itu telornya bisa matang.
Semoga ngurangin macet aja neh
bebasin lahan utk fasilitas susah mas TS, kalo emang punya kemampuan atau perencanaan mengenai pembebasan lahan utk fas umum bisa dipaparkan k kemenPU atau pihak terkait.
profile picture
Kaskus Addict #11
proyek tol yang punya potensi untung lebih menjanjikan aja lambat
apalagi proyek rel kereta api

untungya pemerintah kolonial belanda udah bangun duluan rel jakarta-cirebon
profile picture
Kaskus Maniac #12
12 Trilun.. gile ya, brp persen yg bocornya tuh

klo gk mau kena macet, mending naek elang Indosiar gan
wakaka...lama bener tuh di jalan...
kira2 jalan tol na lurus apa bekelok2 yah?
mendaki gunung, melewati lembah.. :0)
profile picture
Kaskus Maniac #14
Quote:Original Posted By alfredjoei
wakaka...lama bener tuh di jalan...
kira2 jalan tol na lurus apa bekelok2 yah?
mendaki gunung, melewati lembah.. :0)


macet gak bergerak bro
Pak mentri pu mau minta tolong gubernur jabar? Bukannya Aher masih disibukkan menebar baliho di seluruh jabar?
masih lamaa yaaa
Mari dukung juga Penyelamatan Laguna Sagara Anakan - Nusakambangan
STOP Kepentingan Pribadi dan POLITIK....Selamatkan Rakyat selamatkan Laguna.....
profile picture
Kaskus Maniac #18
wah jadi cepet s=yah sekarang, jadi galama lagi
semoga cepat terealisasi..sangat bermanfaat bagi yang suka wara-wiri jakarta-jawa barat/tengah/timur dkk
ane seneng komen agan TS....

Quote:Molor melulu...kayak kathok kolor......Karena molornya pembangun tol Cikampek-palimanan....Lebaran tahun depan sepertinya tidak akan pulang kampung....daripada sengsara di jalanan.Lebaran yang kemarin saja ada yang nempuh perjalan ke Jawa Tengah saja 36 jam. Apalagi tahun ini banyak mobil murah bertebaran macam Agya Alya Avanza Xenia Ertiga dan kawan-kawannya.

Mantep banget...

KASKUS Sign In

or Sign In with