[CUB in KASKUS] Serba-serbi Honda Cub Series c50, c70, c90, c700, dan c800

Post Reply
4.81/5
21
Subscribe share: Twitter Facebook

[CUB in KASKUS] Serba-serbi honda cub series

WELCOME in Thread
All about Cub Series
c50, c70, c90, c700, dan c800

selamat datang di rumah baru
BAGI SEMUA JURAGAN SANGAT DIHARAPKAN MINIMAL BACA PAGE 1 DULU SEBELUM MEMULAI OBROLAN.
CUB in kaskus ini dibuat untuk memudahkan pecinta Cub untuk berbagi pengalaman,ilmu,info maupun pertanyaan seputar Cub series. c50, c70, c90, c700, dan c800 semua ngumpul disini



RULES :

1. Biasakan balas/jawab postingan dengan cara multi quote agar jangan dikira ngejar postingan. Kecuali menggunakan hp, tp klo bisa jangan berurutan. gunakan multi quote
2. Dilarang ngejunk, atau cuma absen doang, minimal jawab pertanyaan/bertanya atau jg cerita pengalaman.
3. Dilarang menghina/menjelek2an Merk/thread lain.
4. Diusahakan menggunakan spoiler atau thumbnails untuk melampirkan foto yg berukuran besar. kalau tidak bisa diusahakan ukuran foto maksimal 640x800 pixel kasian yg inet nya lemot kayak punya ane
- cara menggunakan spoiler
- Menggunakan picture sebagai click-able link(thumbnails)
5. Dilarang titip lapak, kecuali yang berhubungan dengan CUB series. jika ada yg berminat bisa dilanjutkan lewat PM.
6. Hal-hal yang belum tercantum akan di tambahkan seiring jalannya waktu.


thread Zona MOTOR HONDA C700/C800 (SUPERCUP) http://kask.us/7729226
thread Zona Honda C70 http://kask.us/1065313
kedua link diatas sebagai part 1
daftar penduduk CUB in kaskus


nama id :
domisili :
jenis dan tahun tunggangan :


sekalian udate foto terbaru tunggangan nya y
maaf form nya salah udah ane revisi


yg mau chat bareng anak2 pecinta c50,c70,C90,c700,c800
masuk grup FB disini

Komunitas motor honda C50 , C70 , C90 , C700 , C800
(supercub / supercup)

jakarta street cub
Spoiler for daerah jabodatabek

nama id : ENERFILO
domisili : BEKASI
jenis dan tahun tunggangan : HONDA C70 TAHUN 72

format data penduduk
nama id : thisisdish
domisili : cilandak, jaksel
jenis dan tahun tunggangan : Honda C70 1978

nama id : wira_lunatic
domisili : Tangerang - Bandung
jenis dan tahun tunggangan : HONDA C70 thn 75

nama id: yonathanclassic
domisili: Cikarang pusat
jenis dan tahun tunggangan: C70 MK2 1976

nama id: brocoly.green
domisili: Bekasi
jenis dan tahun tunggangan: HONDA C70 thn 79

Nama id & angsli: vadin
Domisili: Tanjung Barat, Jaksel, angsli Ngawi, Jatim
Montor: C70 '75

Nama id : milabong
Domisili : jakarta timur
jenis dan tahun tunggangan : supercup 800 modif c70 (1984)

nama id : sasukhe
domisili : permata hijau
jenis dan tahun tunggangan : honda c70 tahun 1973

nama id : aninston /albert steven
domisili : jatiasih bekasi selatan
tipe motor : honda c70 engkel tahun 1979 (MK3)

nama id :kanigoro
domisili :jakarta
jenis dan tahun tunggangan :C70 1978

nama id : sethachronical
domisili : bangka - kemang, jakarta selatan
jenis dan tahun tunggangan : c70 tahun 79

nama id : kerempeng37
domisili : bekasi - Jawa Barat
jenis dan tahun tunggangan : honda C700 , tahun 1981

nama id: jaroken12
domisili : pondok ranji (tangerang selatan)
jenis dan tahun tunggangan : sc bahan astrea 800, c700 modif 70





Spoiler for daerah bandung dan sekitarnya

nama id : TIMOVIKING
domisili : Bandung
jenis dan tahun tunggangan : Honda C70 1978

nama id : Qio
domisili : Bandung
jenis dan tahun tunggangan : Honda C70 1974

nama id: kie800
domisili: Bandung
jenis dan tahun tunggangan: HONDA C800 th82

nama id : pecintac70
Posisi : Di Jatinangor, Sumedang (sering PP Jtnangor-Jkt)
Tunggangan: Honda c70 tahun '77

nama id : Harbud90
domisili : Kiaracondong, Bandung
jenis dan tahun tunggangan : C70 - 1975

Nama : ditdidut
domisili : bandung
tunggangan : Honda c70 tahun 1976

nama : ryanbuce
domisili : Cipunegara, bandung
tunggangan : C70 tahun 76

Nama Id : fahry32 (fahri jw)
domisili : cimahi , kab.bandung
jenis dan tahun tunggangan : c70 '73


Spoiler for Jawa timur dan sekitar nya


Nama id: Corpus87
Domisili: Kepanjen-Malang
Tunggangan: C70 (1978)

Nama id: pinkoo
domisili:Yogyakarta
jenis kendaraan:Honda C70 tahun 1975

nama id: rinonino
domisili: mojokerto jatim
jenis dan Tahun Tunggangan: C90Z 1975

nama id : moroneh
domisili : Nagari Ngayogyokarto Hadiningrat
jenis dan tahun tunggangan : C70 double stater, th 80

Nama id: selakangan
Domisili: semarang
Tunggangan: C70 tahun 75 dan C70 tahun 76

Nama id: dansrtbiker
Domisili: kutowinangn
Tunggangan: C70 tahun 79 dan C70 tahun 81

nama id : m.fariez
domisili : surabaya
jenis dan tahun tunggangan : c70 tahun 1978

Nama id : brewrpk
Domisili : Yogyakarta
Jenis dan tahun tunggangan : c70 tahun 1973

nama id : dhamierhanif
domisili : wonogiri-jawa tengah
jenis dan tahun tunggangan : honda C50 pispot, tahun 1969

nama id : abigun2005
domisili : bantul - yogyakarta
jenis dan tahun tunggangan : honda C70 , tahun 1978

[spoiler=Bali dan sekitarnya]
nama id : Passkey
domisili : Bali
jenis dan tahun tunggangan : honda c70 tahun 1975 (warisan kakek ane gan)

Nama id: joko911
Domisili: bali
Tunggangan: C70 tahun 75



Spoiler for Aceh

Nama id: Donay
Domisili: Banda aceh
Tunggangan: C70 tahun 77 (bebek tujuh-tujuh)

foto para cub lover

maaf ane hapus dulu

ga ush ganti kalter ato ganti magnet segala kalo mau pake cdi

Quote:ga ush ganti kalter ato ganti magnet segala kalo mau pake cdi
bisa pake tanpa pulser(semacam RC) atow pake cdi yg ada pulser(semcam grand)

kalo mau pake cdi yg pake pulser bisa juga tp mesti bikin dudukan bwt pulser

kalo mau d jadiin cdi yg tnpa pulser/pake pulser spul mesti dililit ulang
cara lilit serahin tukang lilit spul (bilangnya "tolong dililit buat spul jalan cdi")

ni ane ksh contoh pic nya(pake kalter,mangnet &spul ori)


contoh pic punya c70 tp bwt tipe cub lain jg sama cos pada prinsipnya sama saja

pulser yg itu d pic pake pulser ubahan sendiri(yg dilingkari)
tp bisa pake pulser yg lain
yg cocok menurut ane pake pulser vega yg lama(biar tutup kalter bisa di pasang)

plat pematik timing terbuat dari tembaga(bisa pake plat biasa kaya besi/baja asal jngn stenles)
lebar plat timing 1cm ,jarak plat pematik timing ke pulser 2mm

cara masang plat timing mesti pas (pas posisi tma/top pada mesin, plat pematik timing harus sejajar sama pulser)

kelebihan/keuntungannya;
1,kalo pake cdi berpulser tegangan lisrik lbh stabil+konstan di rpm rendah/rpm tinggi
2,cdi bisa pake cdi nolimited (cdi shogun kebo/cdi racing)
3,kalter tetep pake yg standar tp dinamo stater bisa difungsikan kembali
kalo pake magnet&spul win ,mangnet win ga punya dudukan rmh mimis stater
jd dinamo stater ga bisa di fungsikan lg kalo pake magnet win
4,biyaya keitung murah
5 nte rasain perbedaan pake cdi yg ga ada pulser(mcm cdi rc) sama cdi berpulser (mcm cdi grand)

tp kalo mau di platinain lg bisa gan cos baud bwt dudukan piringan platina ga dipotong/diubah (tinggal lilit lg spulnya jg seperti semula)

dudukan pulser hanya motong kalter aja gan dikit kaya di pic aja

semua tukang lilit spul /tukang services dinamo pasti bisa gan lilit spul


Quote:Original Posted By clasicbikelover


Berbagi ide... dari tunggangan oprasional ane C70 th 77 yang udah CDI semoga bermanfaat


perbedaan SUPERCUP 700 dan SUPERCUP 800

perbedaan SUPERCUP 700 dan SUPERCUP 800 :
Quote:Original Posted By yonathanclassic

menurut ane sih, perbedaan SUPERCUP 700 dan SUPERCUP 800 :

1.CC nya udah pasti beda, SC700 72cc klo SC800 86cc

2.no-mesin nya beda gan, SC700 awalanya C70E-xxx sama kayak C70 klo SC800 C86E-xxx

3.no-rangka juga gan, SC700 awalan PNxxx-xxxxx klo SC800 ane lupa gan..hehe pokoknya bukan PN deh....CMIWW

4.posisi platina, kalo SC700 sebelah kanan, sedangkan kalo SC800 sebelah kiri, konon katanya sama kaya C70...

5. karet filter gan, klo SC700 sama kayak C70 MK3, yg gendut pendek, SC800 karet filternya kurus panjang....

6.speedometer, klo SC700 kilometer ny mentok2 100,klo punya ane dlu sih ampe 80 doang.. nah klo SC800 ampe 120 gan trus ada indikator bensinnya lagi

7.bner kata Gan Vadin, saklar 700 chrome, yg 800 wrna item, eh tapi ada juga lho saklar SC 700 yg item, itu yg taun 82 gan...

8. list bodi, kalo SC 700 umumnya stiker doang, kalo SC800 udah berbentuk emblem, tulisan H-O-N-D-A nya dan Super 800 nya, eh tp yg SC700 ad jg lho yg berbentuk emblem list nya, tapi cuman yang tulisan H-O-N-D-A nya, itu yg taun '82...

9.behel jok, klo SC700 awal yg '81 sama kyak C70, pinggir doang, tp klo SC700 '82 ama SC800 behel jok ny sama...muter ampe ke belakang jok

10.spion gan: kalo SC700 bentuknya yg model tinngi pjg tangkai di tengah gan,sm kyk GL lama, klo SC800 sama kayak WIN lama dan AStrea 800


sepengamatan ane sejauh ini sih gan:

1.MK2 karbunya model duduk klo MK3 karbunya pake model manifold, trus keran bensinnya di KANAN yg MK3 ada kabel cuk nya di batok lampu.....

2.MK2 beredar antara tahun '73-'76 pertengahan. punya ane MK2 terakhir tahun '76

3.MK2 dibagi 2 tipe, yg tahun '73-74 lampu senja di dada, kalo MK2 tahun '75-'76 udah nyatu di reflektor...

4.jok MK2 pendek sih, klo yg MK3 lebih gede n panjang

5.emblem sayap MK2 tan '73-'74 tulisannya "honda" bahan dasar plat, warna merah biru, nah yg MK2 taun'75-'76 tulisannya "deluxe" nah yg MK3 tulisannya "honda" bentuknya segi enam warna merah biru...

sebenerny masih banyak sih gan perbedaanny kayak bentuk mika sen,reflektor. posisi buzzer sein, dll...
itu semua sepngetahuan ane selama ini gan....klo ane salah ane mohon maap..monggo diralat sahaja..

tambahannya nih:

Spoiler for MK2 taun '75-'76



Spoiler for MK3 taun '76-'80





Quote:Original Posted By yonathanclassic

nah ini dia, gini gan, di halaman sebelum2nya, ane pernah ngebahas tentang perbedaan C70 tahun 73 dan 78, emang kalo C70 tahun 73, 75, 77 emang larinya top markotop gan, karena:
GIGI RASIONYA BEDA GAN SAMA YANG TAUN 76, 78, 79, 80. walopun yang taun 73 pake karbu duduk, larinya maut gan, ngaciiirrrr gan..... selain itu, blok headnya juga, ada tongolannya di atas tutup keteng punya tetangga ane maknyos banget...nih dia penampakannya
Spoiler for MK2 maut

nah ini dia gan....mengenai persoalan bak magnet kiri, ane lupa nyebutin, slah satu perbedaan C70 dan supercup, kalo supercup bak kiri nya ada tongolannya, kayak yg punya agan, kalo C70 bak magnet nya polos, itu punya agan udah diganti ama yang punya supercup tuh, harusnya polos ga ada tongolannya......

Quote:Original Posted By oldrebels
wah kl gt ane yg salah mas vadin
kl harus diminta link pabrikan lgsg ane ga bs gan paling ane sadur dr ctt bbrp web n blog :
1960-62 Honda C110 Super Sports Cub
* Although it was called a cub, it was not a step-through like other cubs
* It looked like a regular motorcycle with the tank in front of the saddle

* Exhaust pipe was raised much in the same way as the scramblers rather than the CB series
* Color scheme:
o Tank: white
o Side covers: white
o The frame, front forks, and fenders: scarlet red, white, blue, or black
* Saddle: strapless, one piece, and could hold two people (after all there were rear footpegs)
* Engine:49cc OHV single cylinder
* Transmission: 3-speed and a manual clutch
* Tank badges read: "SPORTS CUB"
* Serial number began: C110-100001
Imagem
1962-69 Honda CA110 Sport 50
* This is the second generation of this model
* Side covers: cream color
* Tank: chrome covers
* Frame, front forks, and fenders: scarlet red, white, blue, or black
* Saddle: now had a strap
* Engine: 49cc OHV single cylinder with a manual clutch
* Serial number: C110-218191
* Initial Transmission: 3-speed
* Later Transmission: 4-speed
* Tank badges read: "HONDA 50"
* According to some reports, the serial number began with C110-100001, but probably this series began with C110-200001

walau pun resminya gareng masuk indo thn 62-awal 65(ini maap kl sy salah lg) kl berdasarkan data diatas emang ga termasuk tp kl diliat dr bentuk fisik n mesin kyknya hampir sm dengan gareng yg beredar di indo..
dan jujur bkn karena gareng "bermesin tidur" jd sy kategorikan cub... hanya liat2 web ato blog2 aja yg bilang bawah gareng dijulukin sport-cub.. jadi agak konyol sih kl ada pemikiran jenis mesin tidur lgsg dikategorikan cub
ane disini sifatnya sharing gan... maaf beribu maaf kl info nya salah

ohh ia ini ada sedikit foto iklan jadulnya..
info mutasi
Quote:Original Posted By enerfilo
sesuai janji ane para suhu...ane mo sedikht share proses mutasi pitung ane yg plad d ke b...
1. Cek fisik bisa di samsat yg di tuju ato samsat asal pitung agan..kebetulan pitung ane dah di bekasi jd ane cek fisik di samsat bekasi...bawa stnk+bpkb asli gan, pungli 30rb
2. Cabut berkas di samsat asal..bawa stnk+bpkb+ktp agan... Legalisir check fisik(dibandung timur gratis) trus ke gudang arsip ambil berkas kemudian daftarin kebagian mutasi keluar, biaya 75rb (asli bkn pungli) trus tunggu +-1bln..(tanggal kembaliny mereka yg nentuin)
3. Balik lg ke samsat asal sesuai tanggal yg ditentuin(lewat jg ga pa2) buat ambil berkas yg dah di proses trus bikin fiskal(ane ga faham ni apaan) kelar trus pulang dah...
4. Checklist ke polda(kata pa pol buat mastiin bener ga motor tsb dah cabut berkas)..legalisir chekfisik(di dki bayar 30rb) trus ke bagian checklist.. Diambilny +-2hr kemudian. ..
5. Daftar ke bag. Mutasi masuk di samsat yang dituju...bayar 60rb (kayany ni pungli soale ga ad kwitansiny) disuruh nunggu nanti di panggil ma kasir, total biaya 204rb (nah klo ini resmi gan ad kwitansi soale) trus ambil stnk pake kwitansi sebelumny di suruh foto copy dulu ma petugas buat nulis bpkb di polda nanti trus bikin plat nomer dah
6. Balik lg ke polda buat nulis bpkb.(yang ni ane blm)
7. Kelar dah...cmiiw
Spoiler for alamat club pitungers

1. Motor Uloeng Gresik (MUG)
Jl. Panglima Sudirman 63, Gresik
(031) 3981435, 081 2325 3534 – Harris
2. Klub Ulung Lumajang (KUL)
Jl. Brigjen Slamet Riyadi 102, Lumajang
(0334) 884372
3. C70 Arema
Jl. Sumpil 3/5, Malang
(0341) 572926 - Nanang
4. Kompolan Motor Balang (Kombal)
Jl. Trunojoyo 9/1, Bangkalan
(031) 3095458 - Irwan
5. Kediri Calong Fans Club (KCFC)
Jl. Tinalan 3/58, Kediri
(0354) 689314, 685460 - Huda/Joko
6. Jombang Motor Oeloeng
Jl. KH Wachid Hasyim 67, Jombang
(0321) 870888, 875155 - Fitrananda
7. Federasi Honda Minti (Faham)
d/a Bp. Gunawan - PT Telkom
Jl. Pahlawan No. 59, Madiun
(0351) 455655, 081 2344 1009
8. Ngawi Minthi Club (NMC)
Jl. S. Parman 30 - Ngawi 63216
(0351) 749638
9. Patria Kalong Club
Jl. Sentiaki 16 - Kademangan, Blitar 66161
(0342) 807473
10. Jogja Pitung Club (JPC)
Jl. Gejayan 17, Jogjakarta
(0274) 886683, 081 2272 3167 - Heru
11. Honda Antik Club (HAC)
Jl. Abimanyu V / 49, Semarang
(024) 3565464 - Sutrisno
12. Cempe Fan Club (CFC)
Jl. Urip Sumoharjo Asem Binatur 3, Pekalongan
(0285) 429069 - Udin
13. CHANTIQ
Jl. Karang Kepoh II / 66, Salatiga
(0298) 313351, 081 824 4099 - Kusdek/Pakat
14. Ikatan Motor Plethoek Anak Solo (IMPAS)
Jl. Gatot Subroto III / 79, Solo
(0271) 664575 - Yani, 782905 - Joko
15. C70 Fan's Club (CFC) Prambanan
d/a "Patra Agung Sakti Motor"
Jl. Senoharjo 9, Tlogo - Prambanan, Klaten
(0274) 497830, 081 125 9992
16. Si Pitung Club Temanggung Racer (Sicter)
Jl. Sri Suwarno 17 - Banyu Urip, Temanggung
(0293) 491730, 491117, 081 5685 5361
17. BOG Bandung
Jl. Lengkong Besar 109, Bandung
(022) 4230757
18. The Adventure of Duck (TAD)
Jl. Maripan 111, Bandung
(022) 5210727
19. Cianjur Onyo Club (COC)
Jl. Raya Cianjur - Sukabumi No. 59, RT 1 / RW 1
Ds. Bumi Sari, Kec. Warung Kondang, Cianjur
(0263) 268958 – Agus
20. Bebek Antik Club (BAC)
Jl. Raya Banten - Sapta Marga 3A,
Serang - Banten
(0254) 207633 - Aries
21. Kumpulan Motor Lenci Bekasi (KMLB)
Jl. Jati Mulya Raya D/6, Bekasi Timur
081 876 4369
22. Bebek Antik Tangerang (BAT)
Jl. Duta Raya J I/3, Taman Cibodas, Tangerang
(021) 5515909 - Wiwit
23. Bali Seven Ceblok Club (BSCC)
Jl. Imam Bonjol IV / 15, Denpasar
(0361) 229031
24. Jepara Kaoto Fan Club (JKFC)
Jl. Tahunan 15 - km 5,5 - Jepara
(0291) 592105 - Widodo/Gendut
25. Jangkrik Antik Lampung (JAL)
Jl. Perintis Kemerdekaan Gg. Madrias IV / 74,
Bandar Lampung
(0721) 471249
26. Turen Tujuh Puluh Club (TTC)
Jl. Sapto Argo 1 - Kary. II Pindad
Turen - Malang 65175
(0341) 823894 - Bambang Nuriono
27. Persatuan Ulung Sidoarjo (Perus)
d/a Arif Bangkit Print, Kebonsari RT 01/02
Candi - Sidoarjo
(031) 8970479, 081 2315 2511
28. Trenggalek Kalong Club (TKC)
d/a UD Rofi'i Motor
Durenan - Trenggalek
(0355) 879281 - Rofi'i , 878605 - Ubin
29. Duck Owner's Club Sukabumi (DOCS)
Jl. Pelabuhan II / 289, Sukabumi
(0266) 222094 - Teddy
30. I'M Hot Pamulang
Jl. Duta Permai C-4 No.10, Pondok Hijau
Ciputat - Jakarta Selatan
31. Klaten Team Pletoek (KTP)
Jl. Ki Ageng Pengging 59, Klaten Utara
Jl. Veteran 70, Klaten Utara
(0272) 323810
32. Motor Tua Bangka (Motuba)
Komplek Bintaro II, Jl. G. Lawu 16B-44
Bintaro Jaya - Bekasi Barat
33. Bebek Bogor Club (BBC)
Babakan Sirna RT 05/09, Kel. Tegallega
Kec. Bogor Tengah - Bogor
(0251) 358024
34. Honda Bebek C70 Owner's Club (HBOC)
Gg. Matahari 39-B, Warnasari - Kesambi
Cirebon 45134
(0231) 231692
35. C70 Fans Club Tegal
Jl. Werkudoro No. 68 / 72, Tegal
(0283) 357062
36. Honda Dulu Club (HDC) Cilandak
Jl. H. Nawi Raya 29, Kebayoran Baru
Jakarta
37. Honda Motor Classic (HMC) Ciledug
Jl. Al Mubarok I / 13, RT 0014 / RW 02
Joglo - Jakarta Barat 11640
(021) 5859916
38. Bebek Tasikmalaya Independent Club
d/a Raga Motor
Jl. Letkol RE Djaelani 20, Cikurubuk-Tasikmalaya
(0265) 324087, 081 2142 7401, 081 6466 7873
39. Motor Antik Bekasi (MAB)
Jl. Rawa Indah No. 56-57, RT 03/09
Karang Kitri - Bekasi
(021) 9227702, 8815265, 081 894 3245
40. Besi Tua Motor Club (BTC)
Jl. Jendral Sudirman No. 208 - RT 11
Sumber Pucung 65165 - Malang
(0341) 386874
41. Bebek Roda Antik Ambulu (BRAA)
Jl. Manggar No. 60 / 62, Jember
(0336) 881440, 882563
42. Ikatan Minthi Muda Madiun (IM3)
Perum Bumi Mas Blok D No. 11, Madiun
(0351) 499961, 081 2326 5475 (Alex)
profile picture
Kaskus Addict #10
info ban dan velg dari thread KAGOL

Spoiler for oli

oli di motor bagaikan darah, salah ganti oli akibatnya turun mesin! tapi kok tulisan diatas bilang bebas ya…………….

pernah kan ganti merek oli, trus beberapa minggu kemudian turun mesin, kasian deh! woke, ane mau sharing masalah oli dan speknya. sebelum ngomongin yang aneh2 lihat kodenya dulu

API (American Petroleum Institute)

American Petroleum Institute adalah sebuah lembaga resmi di Amerika Serikat yang diakui di seluruh dunia, yang membuat kategori pelumas sesuai dengan kerja mesin. Klasifikasi pelumas mesin berbahan bakar bensin ditandai dengan huruf S (Spark) sedangkan untuk mesin diesel (berbahan bakar solar) ditandai dengan huruf C. Klasifikasi sesuai dengan tingkat kemampuan pelumas dimulai dari yang terendah adalah SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ dan SL (untuk mesin bensin) dan CA, CB, CC, CD, CE, CF-4, CH-4 dan CI-4 (untuk mesin diesel). Pelumas yang memenuhi standar mutu ditandai dengan pencantuman kata “API Service”,

SAE (Society of American Engineers).

Dalam pelumas dikenal dua tingkat kekentalan yaitu :
1. Pelumas dengan kekentalan tunggal (mono grade)
Monograde ditandai dengan satu angka SAE misalnya SAE 10, SAE 30, SAE 40, SAE 90, dll
2. Pelumas dengan kekentalan ganda (multi grade)
Multi grade ditandai dengan dua angka SAE misalnya SAE 10W-30, SAE 20W-50, dll
Pelumas mono grade hanya memiliki satu tingkat kekentalan. Pelumas kategori ini memiliki rentang yang relatif sempit atau kecil terhadap perubahan temperatur. Kini yang banyak digunakan adalah pelumas multi grade, sehingga lebih fleksibel beradaptasi terhadap perubahan temperatur. Contohnya pelumas SAE 10W-30. Huruf W menunjukkan bahwa bila pelumas dipakai pada suhu rendah (W=winter/dingin), pelumas akan bersifat seperti pelumas SAE 10. Sementara angka 30 menunjukkan bahwa pada suhu tinggi (panas) pelumas bersifat seperti SAE 30.

JASO (Japan Automotive Standard Organization).

JASO adalah nama standar otomotif dari Jepang. Standart JASO sendiri ada 3 yang beredar di Indonesia

Oli Mesin dengan Standard JASO MA, tidak ada penambahan Additif anti gesek pada oli, sehingga kopling basah tidak slip.
Oli Mesin dengan Standard JASO MB, ada penambahkan sedikit kandungan Additif untuk mengurangi friksi/gesekan pada mesin, namun ditujukan untuk mesin2 motor yang Advance Wet Clutch (kopling basah yang khusus) ataupun motor-motor dengan pemakaian kopling kering
Sedangkan untuk oli samping mesin 2 tak, harus memenuhi standard JASO-FC.

Trus Oli apa yang cocok untuk motorku?

ane tidak akan menyebutkan merek, meski di forum2 oli amerika yang dipakai banyak artis ditolak habis-habisan! penulis hanya menyebutkan kriteria oli yang cocok aja

1. motor tua pilih oli mineral dengan SAE 20W-50 JASO MA API servicenya terserah yang penting dibawah SL

2. motor matic pilih oli semi-syntetic dengan SAE 10W-40 JASO MB API servicesnya SG keatas

3.motor bebek pilih oli semi-syntetic dengan SAE 10W-40 atau 10W-30 JASO MA API service SG keatas

4. motor laki u/ jarak jauh pilih oli syntetic (harga kisaran 100-an rb) dengan SAE 15W-50 JASO MA API service SG keatas

5. pilih merek oli dengan tingkat penguapan rendah! (ini penting dan krusial)

6. Jangan pilih Oli daur ulang kandungan sulphur/belerangnya banyak! mesin cepat aus. ada beberapa merek paten yang prosesnya daur ulang. katanya untuk penyelamatan lingkungan! Benarkah?

7. jangan beli Oli Palsu (biasanya oli bekas yang dioplos)

8. jangan telat ganti, gak perlu yang mahal-mahal! yang penting sesuai peruntukannya

WARNING : oli palsu banyak beredar! biasanya bengkel ngumpulin hasil tap-tapan oli, oli ini akan disetor ke pengepul trus setelah terkumpul proses pemurnian dilakukan! untuk memisahkan oli dari gram dan jelaga oli dicampur abu. setelah beberapa hari kotoran mengendap dan oli dapat dipisahkan. oli kotor ini dicampuri air accu (H2SO4), maka oli akan menjadi bening kembali. Untuk memisahkan Oli dan air accu maka oli direbus hingga asam sulfat menguap! tapi sulphur yang terkandung dalam oli tidak hilang. bahaya jika oli tersebut dipakai kembali, sparepart tidak tahan lama karena teroksidasi sulphur. Sebenarnya ada senyawa kimia yang dapat memisahkan oli dari gram dan jelaga, hasil akhirnya sudah pernah diteliti oleh penulis di lab kimianya-UGM (th2004)! hasilnya oli bisa dipakai kembali dan unsur yang terkandung dalam pelumas masih dalam ambang batas, jaman dulu dipakai untuk bahan-bakar pengganti batu-bara dan kalo dijual untuk pelumas mesin pasti ilegal………

jalur pelumasan dari thread serba-serbi honda bebek 100cc
seputar pulser dari ditdidut
Spoiler for stel platina
Nyok kita sama-sama ngoprek motor platina ..

Pertama-tama pastiin mesin motor mesti adem kali ye .. supaya tangan kaga maknyoss kena mesin ato knalpot

Pertama-tama nyetel kelonggaran platina :

Konci kontak pada posisi OFF

Buka tutup cover Platina dan Magnit
Puter Magnit arah lawan jarum jam sampe kerenggangan Platina maksimal
Kita stel deh kerengganganya antara 0.3 - 0.4 mm
Nah klo dah dapet ukuran kerenggan platina, baru deh stel pengapian motor

Kedua kita stel Pengapian

Buka busi dan pasang di kabel busi
Kunci kontak pada posisi On
Puter Magnit lawan arah jarum jam sampe mendekati huruf F di magnit sambil tempelin pala busi ke mesin
Huruf F itu kita akurin ke petunjuk yang ada di Spool atau cover mesin
Kita liat deh ada percikan api di busi
Kita perhatiin banget tuh percikan api, nyalanya sebelum, sesudah .. atau pas huruf F yang ada di magnit
Kata pabrik .. stelan yang pas .. percikan api keluar pas di F
Nah untuk nyetel nyocokin nyala nya pas di F, kita puter -puter platina arah atau lawan arah jarum jam sampe percik pas di huruf F
Klo udah pas .. tinggal nyalain motor nya ..

Selamat mencoba, mudah2an berguna

Happy Riding

http://ragam-gamgam.com/?p=109



perbedaan pitung engkel by moroneh

WIRING
Spoiler for wiring
C50

C70

C70M

C90

maaf ane hapus dulu
profile picture
Kaskus Addict #12

dari part 1

maaf ane hapus dulu

dari part 1

maaf ane hapus dulu

dari part 1

maaf ane hapus dulu
profile picture
Kaskus Addict #15

dari part 1

maaf ane hapus dulu

pitung bervitamin

maaf ane hapus dulu
profile picture
Kaskus Addict #17
maaf ane hapus dulu
sapa tau ada yg perlu manual Honda C70 Passport (1980-1981) Manual Book
http://www.divshare.com/download/2668812-3a2 Service manual
http://www.divshare.com/download/2669282-279 Parts manua
profile picture
Kaskus Addict #19
maaf ane hapus dulu
parkir dulu buat update
Kaskus Login
Or Login with :
© 2014 Kaskus – The Largest Indonesian Community