Hyundai Trajet Community

Closed
21 votes, 4.95 average.
Subscribe share: Facebook Twitter
profile picture
Kaskus Addict #1

Hyundai Trajet Community

Trit ini dibuat untuk berbagi pengalaman , informasi mengenai seluk beluk Hyundai Trajet.
Silahkan para pemakai Trajet menambah dan mengoreksi isi trit ini supaya makin berguna bagi pemakai Trajet.

Sejarah Trajet berdasarkan Wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/Hyundai_Trajet
Spoiler for isi

Spoiler for dalam bahasa Indonesia , diterjemahkan dengan memakai fasilitas google translate

The Hyundai Trajet (Hangul: ? ?|; diucapkan sebagai tra-jay, berasal dari kata Perancis, yang berarti "perjalanan dari satu titik ke titik lain"),) adalah sebuah kendaraan multi-tujuan 7-seater yang diproduksi oleh Hyundai Motor Company. Seri ini diluncurkan pada tahun 1999 dengan model 2.0 GSI dan pilihan bensin, diesel atau LPG kekuasaan, diikuti oleh edisi terbatas SE 2.7 V6 pada tahun 2001.
Model Trajet memiliki tiga baris kursi. Dengan sejumlah konfigurasi tempat duduk cerdik, mereka memungkinkan ruang bagasi tambahan, dan dengan tempat duduk mudah dilepas, dapat menampung item yang lebih besar. Kursi depan bisa memutar melalui 180 derajat ke wajah penumpang di belakang saat mobil diam, dan kursi belakang juga dapat berubah menjadi tabel, membuat ruang kantor virtual atau daerah piknik.
Hyundai Trajet 2006-2008 (F0) van FX (Australia)
Perlengkapan standar untuk GSI 2.0 dan 2.0 CRTD GSI (versi diesel) terdiri dari airbag pengemudi, penumpang dan samping, ABS dengan EBD, power steering, sabuk pengaman pre-tensioners, penyejuk udara depan dan belakang, depan listrik dan jendela belakang, stereo radio RDS / unit CD, ganda lipat kursi baris kedua dan ketiga (kursi baris kedua dan ketiga dilepas), dan geser kursi luar pada baris kedua.
Kisaran harga Trajet dimulai pada £ 15,495 untuk 2.0 GSI manual, naik menjadi £ 18.345 untuk 2,0 CRTD SE Otomatis. Dengan sekitar £ 2400 senilai peralatan ekstra untuk hanya £ 1.000 lebih daripada biaya GSI 2.0, bagaimanapun, SE Trajet dilengkapi dengan DVD player, kaca privasi, SmartNav navigasi satelit, dan sensor membalikkan sebagai standar. Ini tersedia dengan mesin bensin atau diesel, dan transmisi manual atau otomatis, harga mulai £ 16.495.
Dengan peluncuran SE 2,7 V6, semua model Trajet sebelumnya telah ditingkatkan. Bensin 2.0 GSI sekarang manfaat dari mesin CVVT sebelumnya terlihat di Coupe, peningkatan daya 133-139 bhp (99-104 kW), sedangkan emisi CO2 jatuh dari 223 g / km ke 208 g / km. Konsumsi bahan bakar juga ditingkatkan - angka gabungan (konsumsi rata-rata di kota dan mengemudi jalan raya) meningkat dari 30,4 mpg ke 32,5 mpg, galon kekaisaran (9,3-8,7 km l/100). Semua Trajets sekarang fitur sabuk tiga titik ketiga duduk di belakang, yang berarti semua penumpang memiliki perlindungan sabuk pengaman penuh.
Selain itu, model Hyundai datang dengan garansi lima tahun penuh tanpa batas jarak tempuh yang dialihkan antara pemilik. Produsen masih satu-satunya di Inggris untuk menawarkan jaminan tersebut.
Trajet yang bersaing di segmen pasar yang sama seperti Kia Carnival, Toyota Previa dan.


Video video mengenai Hyundai Trajet
Spoiler for List

Spoiler for video Crash Test ( tes tabrakan )

[url]
[url]

Spoiler for interior Trajet luar negeri

[url]

Buku buku Pedoman & Servis

Warna warna Hyundai Trajet yg beredar
Spoiler for List

Spoiler for List Trajet CBU (antene masih di kaca kiri belakang)

- Noble White
- Sky Silver - Biru Muda
- Blue Planet
- Peacock Green
- Poppy Red
- Warm Silver
- Ebony Black

Spoiler for List Trajet CKD (antene teleskopik di pilar-A)

- Poppy Red
- Ebony Black
- Dark Blue
- Storm Grey
- Warm Silver
- Glacier Silver

Spesikasi
Spoiler for List

Spoiler for Diambil dari Wikipedia

Manufacturer Hyundai Motor Company
Also called Hyundai Trajet XG (South Korea)
Production 1999–2008
Assembly Ulsan, South Korea
Predecessor Hyundai Santamo
Successor Hyundai Entourage , Hyundai H-1/Grand Starex
Class Large MPV
Body style 5-door MPV
Layout FF layout
Engine 2.0L Sirius I4 petrol
2.0L Beta I4 petrol
2.7L Delta V6 petrol
2.0L VM Motori CRDI I4 diesel
Transmission 5-speed manual
4-speed automatic
Length 4,695 mm (184.8 in)
Width 1,840 mm (72.4 in)
Height 1,760 mm (69.3 in)

Spoiler for Dimensi



Bengkel Resmi / BeRes
Spoiler for Wilayah Jakarta

HYUNDAI MOBIL PLUIT
Jl. Raya Pluit Selatan Blok 1/8
Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia
Phone: (021) 669 6695 (Hunting)

ANTAREJA AGUNG PERKASA
Jl. Raya Serpong No. 23, Pdk Jagung
Tangerang, Banten, Indonesia
Phone: (021) 5381515

HYUNDAI MOBIL KELAPA GADING
Jl. Boulevard Barat Raya, Plz. Kp. Gading Ruko Blok A Unit 31, 31A, 32, 32A.
Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia
Phone: (021) 4585 1313

HYUNDAI MOBIL PONDOK INDAH
Jl. S. Iskandar Muda No. 81, Pondok Indah
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Phone: (021) 7289 5555, (021) 7289 6666

HYUNDAI DEPOK
Jl. Margonda Raya No. 356
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Phone: (021) 775 5999

HYUNDAI MOBIL TEBET
Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 30
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia 12810
Phone: (021) 8370 1919

HYUNDAI MOBIL KALIMALANG
Jl. Raya Kalimalang, Billy & Moon, Blok M1 No. 1A
Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
Phone: (021) 865 6868

Layanan Kencana Hyundai
JL. Wahab Affan KM. 28, Pondok Ungu
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

Bengkel bengkel A/C
Spoiler for List

1. Panca Jaya, ada di jl Panjang dan di Samanhudi Pasar Baru
2. PD Prima, ada di jl Kesehatan, dekat Paspampres
3. Kartika AC , Jl. Veteran - setelah Giant Tanah Kusir arah rempoa sebelah kanan sebelum RS Suyoto, dengan Mas Yanto ownernya,

Bengkel bengkel Body repair
Spoiler for List

Kim Motor , Jl. Siliwangi No.20 Rawa Panjang, Bekasi, Telp 82422689 / 82400102
PT KIM MOTOR Jl. (rs) Mekarsari no. 75 (pinggir rawa) bekasi timur, telp 021 883 58158

Bengkel bengkel Alternatif servis Hyundai Trajet
Spoiler for List

Spoiler for Wilayah Jakarta

* Bengkel Garasi Motor
Jl. Dewi Sartika Cawang
98496130

* Bengkel Garasi 30
Montir andalan : Untung
Jl. Kafi 1 Jaksel
71333739

* Bengkel Safari
kabeng : Yudi
Jl. Srengseng Sawah Jaksel
99758620

* Bengkel Berkah Jaya Abadi
Jl. Cendrawasih Ciputat Jaksel
93239192

* Bengkel RPM
Kabeng : Rizal
Jl. Pepaya Raya Jagakarsa - Jaksel

* Premium AutoCare
Jl. Ciputat Raya no 346
Jak-Sel 70629293
(200 meter sebelum rel kereta api pasar Kebayoran Lama)

Spoiler for Wilayah Bandung

Bengkel Ditech 08122344848

* Bengkel Hikmah, Gunung Batu, montir Deny 022-70020434

* Hade Motor Jl. Djundjungan 161 Terusan Pasteur 022-6020375

Toko toko alternatif yang menjual spare part Trajet
Spoiler for List


Spoiler for Wilayah JaBoDeTaBek

*Auto parts BSD blok K-23, telp, 92029443 agus/Amin.

Spoiler for Wilayah Surabaya

*Kanza motor, daerah ngagel deket ajbs carefour. CP : Pak anjar 08213435911

*surya suku cadang (jl.pahlawan no.83)

*mitra niaga internusa (jl.kedungdoro no.74B)

*wijaya motor (jl.raya manyar no.71)

*sumber karunia motor (jl.manyar adi I/49)

*central motor (jl.raya rungkut kidul no.68-70)

*new star motor (jl.kranggan no.121C)

Spoiler for the one & only Hyundai-KIA specialist & parts distibutor untuk area DIY & Jateng selatan

ARYA MOTOR SERVICE
Perumnas Mundu, Caturtunggal.
tel : 0274-488982 & 0818274943


Spoiler for Spesialis ECU Trajet

HARRY ,KALIMALANG, JAKARTA 021-94115031 08170159401
profile picture
Kaskus Addict #2
Model/tipe Hyundai Trajet yang beredar di Indo
Spoiler for Model Trajet

Quote:Original Posted By Ryandho9 [LEFT
2000-2001 :
Pertama kali diluncurkan, Hyundai Trajet GLS tersedia dalam 2 pilihan mesin : 4 slinder 2000cc DOHC dan 2700cc DOHC V6. Bila mesin 2000cc-nya mampu menyemburkan tenaga maksimum 140dk di 6000rpm, maka mesin 2700cc V6 mampu mencapai 177dk di putaran mesin yg sama. Yang membedakan keduanya adalah fasilitas arm rest, airbag, rem cakram di roda belakang dan ABS untuk tipe GLS 2700cc. Malahan tipe GLS V6 SE, masih ditambah jok kulit dan electric sunroof. Dengan tenaga mesin yang besar, GLS V6 hanya menyediakan transmisi otomatis. Sedangkan untuk mesin 2000cc tesedia dengan transmisi manual dan otomatis.
2002-2003 :
Setelah melihat pasar, akhirnya PT HMI memutuskan untuk merakit Trajet di Indonesia. Berdasarkan permintaan konsumen, PT HMI hanya menyediakan varian GLS 2000cc dengan 2 pilihan transmisi. Ada sedikit perbedaan antara tampilan versi CBU dan CKD yaitu pada letak posisi antene radio. Pada versi CBU, letak antene berada di kaca kiri belakang, di versi CKD terdapat di atap di sisi pengemudi.
2003 :
Pertengahan tahun 2003. PT HMI kembali meluncurkan Trajet GL8 berkapasitas 8 penumpang untuk dapat bersaing dengan Toyota Kijang. Penambahan kapasitan penumpang didapat dengan menyatukan bangku baris kedua. Dari segi harga, tipe GL8 malah lebih murah dibanding GLS. Selisih tersebut didapat dari penggunaan komponen lokal untuk bangku dan beberapa bagian lain serta peniadaan seatbelt di bangku belakang. Bila pada tipe GLS, bangku belakang knock down impor dari Korea bisa dilepas dengan mudah. Beda dengan bangku belakang lokal GL8 yang bila ingin melepasnya, perlu membuka baut pemegangnya terlebih dahulu.[/LEFT]


CVVT Series : Quote:Original Posted By qiqihatta

gan , data sejarah trajetnya ada yang kurang, CVVT itu udah nongol di awal tahun 2005 tandanya warna mobilnya Twotone ( konon diakhir 2004 juga waktu itu udah ada dijual ). beda antara DOHC sama CVVT ada di suara enginenya, yg CVVT lebih halus termasuk respons awalnya halus juga dimana DOHC lebih menghentak dari pada CVVT, tapi kalau urusan dah jalan RPM tinggi yang CVVT lebih halus banget dibanding DOHC. Tapi ini bukan berarti yang CVVT bukan DOHC ya, dia DOHC juga tapi sistem pengapiannya aja yangudah pake CVVT. trus CVVT juga sudah pakai digital speedometer dan display MID yang nunjukin konsumsi bensin , suhu luar mobil sama waktu tempuh.


Quote:Original Posted By andriyuli
trajet cbu (2000-2002) rem belakang masih menggunakan tromol, kecuali versi V6 2.7. Untuk produksi CKD (2003-) semua menggunakan rem cakram di keempat rodanya (GLS, GL8, XG)


Spek / Fitur di Hyundai Trajet yang beredar di Indo
Quote:Original Posted By iwakpitik
Untuk Tambahan Pengetahuan Bersama, diambil dari posting salah satu Member TFC

Pemakai Trajet lain silahkan konfim dan koreksi kalo ada yg salah spek.
Spoiler for List

Tahun 2000 - 2002

2.7 GLS A/T Special Edition (CBU / Complete Built Up)
Spoiler for spesifikasi

  • 2700 cc, V6 DOHC 24 valve
  • A/T only
  • 7 seat , konfigurasi 2+2+3
  • Kursi kulit
  • Hand rest / captain seat
  • Kursi penumpang depan dapat diputar 180 derajat
  • Under seat storage tray di kursi penumpang depan
  • Sunroof
  • Roof rail
  • Rear spoiler
  • Chrome door handle
  • Alloy wheel
  • Di pintunya ada trim lampu dgn mika merah, kalau pintu dibuka menyala
  • Cruise control
  • Automatic rain sensor
  • Automatic light sensor (head lamp)
  • Head Unit 2DIN dengan CD Changer 12 disc bawaan Hyundai
  • Seatbelt with pretensioner
  • ABS + EBD
  • dimmer dashboard
  • Setir balut kulit.
  • head rest kursi depan yg bisa di tekuk
  • Airbag di supir dan sebelah supir.
  • Kursi supir ada suspensi.
  • Antena raio ada di kaca belakang kiri.
  • Rem depan dan belakang model cakram.


2.7 GLS A/T (CBU / Complete Built Up)
Spoiler for spesifikasi

  • 2700 cc, V6 DOHC 24 valve
  • 7 seat
  • Hand rest
  • Under seat storage tray
  • Roof rail
  • Rear spoiler
  • Chrome side body list
  • Alloy wheel


2.0 GL A/T (CBU / Complete Built Up)
Spoiler for spesifikasi

  • 2000 cc, I-4 DOHC 16 valve
  • 7 seat
  • Hand rest (Driver seat)
  • Roof rail
  • Rear spoiler (optional)
  • Body colour side list
  • Alloy wheel


2.0 GL M/T (CBU / Complete Built Up)
Spoiler for spesifikasi

  • 2000 cc, I-4 DOHC 16 valve
  • 7 seat
  • Roof rail
  • Rear spoiler (optional)
  • Body coloured side lis
  • Alloy wheel


Tahun 2003 - 2004

2.0 GL A/T (CBU / Complete Built Up)
Spoiler for spesifikasi

  • 2000 cc, I-4 DOHC 16 valve
  • 7 seat
  • Hand rest (Driver seat)
  • Roof rail
  • Rear spoiler (optional)
  • Body coloured side list
  • Alloy wheel


2.0 GL M/T (CBU / Complete Built Up)
Spoiler for spesifikasi

  • 2000 cc, I-4 DOHC 16 valve
  • 7 seat
  • Roof rail
  • Rear spoiler (optional)
  • Body coloure side list
  • Alloy wheel


2.0 GL8 M/T (CKD / Complete Knock Down)
Spoiler for spesifikasi

  • 2000 cc, I-4 DOHC 16 valve
  • 8 seat
  • Black body list
  • Dop wheel


Tahun 2004 - 2009 (Facelift)

2.0 XG A/T (CKD / Complete Knock Down)
Spoiler for spesifikasi

  • 2000 cc, I-4 DOHC 16 valve CVVT (Continous Variable Valve Timing)
  • 7 seat
  • Two tone body coloured
  • Roof rail (optional)
  • Rear spoiler (optional)
  • Alloy wheel


2.0 GL7 M/T (CKD / Complete Knock Down)
Spoiler for spesifikasi

  • 2000 cc, I-4 DOHC 16 valve CVVT (Continous Variable Valve Timing)
  • 7 seat
  • Two tone body coloured
  • Roof rail (optional)
  • Rear spoiler (optional)
  • Alloy wheel


2.0 GL8 A/T (CKD / Complete Knock Down)
Spoiler for spesifikasi

  • 2000 cc, I-4 DOHC 16 valve CVVT (Continous Variable Valve Timing)
  • 8 seat
  • Two tone body coloured
  • Roof rail (optional)
  • Rear spoiler (optional)
  • Alloy wheel



Spoiler for gambar jenis/model mesin Hyundai Trajet

Quote:Original Posted By adhiranie
pic type2 mesin TJ..

Mesin Trajet 2.000cc I-4 DOHC 16 valve CVVT (Continous Variable Valve Timing)


Mesin Trajet 2.000cc I-4 DOHC 16 valve


Mesin Trajet 2.700cc V6 Dual DOHC / Quad Cam


Data Para Pemakai Trajet
Spoiler for Pemakai Trajet 2.o DOHC

# byuziwo, Blue ocean th' 2002
# aditmen , sky silver/sky blue th' 2000 A/T
Spoiler for gambar

Spoiler for 2.0 skysilver-front

Spoiler for 2.0 skysilver-rear

Spoiler for 2.0 skysilver-side doorlamp

# kluk4 , th'2000 A/T
# cowoxprimadona , th' 2001 M/T


Spoiler for Pemakai Trajet 2.7 SE A/T

# wildut , Hitam th' 2000
# suksakers , Biru dongker thn ?
# ikaskus , Biru dongker th' 2000
Spoiler for gambar


# Mutnut , Biru muda th' 2003 ( Sky Blue ) no. TFC 085



Spoiler for Pemakai Trajet 2.7 A/T

# xodox , Hitam th' 2001


Spoiler for Pemakai Trajet 2.o CVVT

# iwakpitik Duo Tone (Sky Silver & Abu-abu) th' 2005
Spoiler for gambar




Klub Trajet
Spoiler for klub , milis, website

[url]www.trajetfamilyclub.com[/url]
Hyundai_Trajet-subscribe@yahoogroups.com
profile picture
Kaskus Addict #3
Tips & Trick
Spoiler for Hal hal yang perlu di perhatikan waktu mau beli Hyundai Trajet bekas

Quote:
Sy sih lebih suka penjual mobil yg jual dengan kondisi apa adanya, ada bagusnya belum dibersihin, jadi bisa kira kira kondisi yang sebenarnya , daripada sudah dibersihin. lagian seperti sy bilang , mau bersihin ruang mesin itu gak mahal dan tidak susah, kalo mau bersihin sendiri juga bisa, modal sikat , sabun colek dan minyak tanah dan waktu sejam. mau lebih cepat lagi, tinggal semprot pake "degreaser " yg banyak dijual di toko toko oli, segala oli,gemuk yg nakal langsung bubar.

banyak oli dalam arti belepotan dimana mana atau ditempat tertentu ? kalo cuman di daerah dekat saringan oli sih rasanya gak masalah. kalau suara mesinnya halus/normal, ada bekas/rembesan oli di blok mesin itu masih wajar, karena umumnya packingnya sudah getas, tinggal ganti packing atas gak seberapa duit dalam ratusan ribu rupiah.
Mesin bergetar setelah dipanasin atau baru dinyalakan ? kalau baru dinyalakan , bergetar, bisa diasumsikan mesin belum panas dan akan hilang setelah panas, umumnya ini terjadi karena mobil tersebut sangat jarang di pakai/nyalakan. kadang malah di ikuti bunyi klep hidraulis tek,tek,tek karena belum mendapat pelumasan oli setelah didiamin lama gak dipakai , oli turun semua.
Kalau mesin nya normal dan pada kondisi sudah panas . ternyata masih bergetar, kemungkinan besar , engin mountingnya sudah getas, engine mounting/pemegang mesin ke bodi . itu ada beberapa buah, masing masing punya fungsinya meredam getaran yg spesifik. Hal ini bisa kita tes lebih jauh dan gampang kalau kebetulan transmisi A/T , tinggal masukin gigi ke posisi D dan tahan pakai rem, apakah mobilnya tiba tiba bergetar ? ini menyangkut kondisi engine mounting bagian depan. kalau waktu masukin gigi mundur/R dan bergetar, berarti engine mounting bagian belakang. Kalau bergetar pada posisi diam, berarti engine mounting bagian samping. harganya lumayan mahal tapi tidak lewat dari 1 jt / buah.

jangan lupa cek power window dan central lock, unit yang buat buka dan tutup kunci itu lumayan mahal, sekitar 300rb an / unit. umumnya penyakit mobil lama, rusak di situ.
Cek angin ac yang keluar, apakah cukup kencang di posisi 1, kalo merasa agak lemah, mungkin saringan udara ac di kabin sudah kotor, dan perlu di ganti.

Posisi tripmeter ada di berapa km ?
Yg jual itu , bukan pemakai ?
Jangan terpengaruh asesoris/sound sistim. sehingga harganya bisa lebih mahal.
Coba cek ban nya buatan tahun berapa ? kalo agak lama, bisa jadi alasan nego harga walaupun bannya "keliatan" masih bagus.
Ban Michelin 215/60/15 , 900rb an. merk dan ukuran standar pabrik Hyundai. ban bawaan Hyundai Trajet Built Up.
Pirelli 215/70/15 , 800rb an.
Pirelli 205/75/15 , 700 rb an.


Spoiler for Info lampu di pintu

Quote:Original Posted By baheria

- ada alat di dalam mobil namanya ETACS ( Electronic Time and Alarm Control System) fungsinya antara lain mengontrol fitur kelistrikan seperti power window, central lock, mirror, sunroof, lampu mika di tiap pintu. nah ETACS di trajet 2.0 sm trajet 2.7 itu sama gan, ane pasang lampu mika di trajet 2.0 ane dan hasil nya sama kyk di trajet 2.7 . tinggal cari jalur kelistrikan di tiap pintu sama beli mika nya 4 buah + bohlam 4 buah juga. \t
mantab gan klo malem-malem buka pintu dari jauh keliatan biar gk ketabrak mobil dibelakang hehe.


Spoiler for Cara membuka / melepas " Center Facia "

" Center Facia "
Spoiler for gambar


" Panah menunjukkan 6 lubang klip "
Spoiler for gambar


" Panah menunjukkan 6 klip "
Spoiler for gambar


" Klip bagian kiri ( Kiri dalam arti di lihat dari sisi dalam center facia , kalo dari luar atau depan center facia, berarti ada di kanan. )
Spoiler for gambar


" Panah menunjukkan klip kanan atas , klip besinya udah dicopot, tujuannya supaya lain kali sy copotinnya lebih gampang. klip bagian kiri bawa masih ada klip besi. dari total 6 klip, sy cuman sisain atau pakai 1 klip besi saja, dan ini sudah kuat "megang" center facia.
Spoiler for gambar



* Cara copotin atau lepas center facia.
Quote:
TIDAK pake acara perlu dicongkel-congkel.Tidak perlu pake obeng atau alat, cukup pakai tangan dan perasaan. "bingkai/center facia" itu tidak ada pakai baut/sekrup, cuman pakai 6 pengait yg kalo ditarik cukup kuat dan pas lewat "tray koin " dengan pakai perasaan, maka copot/lepas dalam hitungan detik.
Dan begitu klip di bagian bawah sudah lepas , bisa tarik center facia lewat sisinya, gak perlu tarik dari tray coin lagi.
- setelah 6 klipnya lepas. copotin 3 konektor kabel di bagian atas ,AC , Hazard , selector arah angin. 1 di samping kanan tengah untuk AC belakang.
- setelah semua klip dan konektor kabel sudah lepas, tekan bagian atas center facia sampai molos keluar/kedepan. hati hati pada saat ini , karena ujung belakang center facia ada klip besi yang bisa menggores panel kontrol AC. lihat gbr, sy taruh tisu basah yg cukup tebal di bagian klip atas.

Quote:Original Posted By iwakpitik

dg satu tangan aja, center facia bagian bawah udah coplok gak ada acara "ngobeng" atau cara aneh lain... gak di terusin sih, selain harus jalan lagi... juga head unitnya juga belum ada... tapi step2nya akan saya ikuti dikemudian hari...

BTW, di laci di bawah head unit, langit-langitnya seakan-akan ada tempat buat jari2 mencengkeram... dan saya rasa memang itu buat tempat narik.... Kemarin sih sempat bingung... laci koin setahu saya yg ada tulisan push!, baru ngeh sekarang kalo bentuk dashboard 2.7 SE dan 2.0 CVVT beda... btw, multi boxnya keren yah... ada tutupnya gitu jadi ringkes.




Spoiler for Tampilan kamera mundur

Spoiler for gambar


Spoiler for Lampu depan / besar dengan HID Xenon

Lampu depan bawaan pabrik memang kesannya remang remang, mungkin di desain di eropa yg jalan rayanya terang benderang dan biar gak terlalu silau buat pengemudi yang dari arah berlawanan. sehingga di pakai lensa jenis buram/doff serta bohlam ukuran "kecil" H7 yang menambah temaram.
Jadi menurut sy ,itu salah kaprah kalo lampu projektor itu gak bisa di bikin terang. dan "harus" liat lampu depan Trajet sy dulu , baru komentar tidak terang.

Sy pasang sendiri bohlam HID 55 watt 6000k made in china dan sudah pakai sampai hari ini , berarti sudah lewat beberapa tahun. dari waktu HID 55 watt slim beredar. harga gak mahal dari yg "bermerk" dan buatan ngakunya "bukan dari china".

Berhubung lampunya jenis projektor, maka tidak akan banyak bias yg akan menyilaukan pengemudi mobil dari arah yang berlawanan walaupun pake HID Xenon. Ganti lensa projektor punya Honda NSX, lensa projektor yg di anggap paling tajam ( tidak ada bias yang keliatan )

Spoiler for Gbr kondisi lampu besar depan yang menyala


*Gbr Gbr kondisi lampu fog lamp yang menyala. 55 watt 7000k dan sy sangat gak rekomendasikan untuk dinyalakan untuk pemakaian sehari hari, karena sangat menyilaukan pengemudi lain ! walaupun disetel kearah bawah sorotnya. jadi fungsinya memang buat saat hujan lebat sekali dan kabut. Kalau dipakai buat sehari hari, tolong jangan pernah pake HID di "fog lamp" karena mengganggu orang lain.
Spoiler for fog lamp dgn HID



Spoiler for Gbr dengan kondisi lampu besar depan dan "fog lamp" nyala bareng



Kondisi yang terlihat didalam poto/gambar itu bisa dibilang seperti aslinya (tidak di edit jadi keliatan lebih terang). Dan kalau masih merasa kondisi seperti poto diatas masih kurang "terang", lensa asli pabrik yg jenis doff bisa diganti dengan yg jenis "clear/bening", seperti lensa projektor Honda Oddessy. umumnya lensa projektor jenis "clear", kalo diliat dari depan , lensanya bisa berwarna warni.

Info seputar Trajet
Spoiler for Info ukuran wiper

Quote:Original Posted By aditmen
26 - 24/22 - 15/16 (blkg), yg 26 sblh kanan (posisi driver), kl kiri bisa pake 22 atau 24 om. utk 24 kl posisi lg off ujung wiper agak ngangkat dikit dan lbh panjang.


Spoiler for Info Busi untuk Hyundai Trajet

Apa sih bedanya **5ES dan **6ES di kode busi NGK?
[/QUOTE]

Spoiler for Info ukuran diameter speaker

Speaker standar , memakai speaker jenis coaxial 6" di bagian depan dan speaker Oval di bagian belakang.
Spoiler for foto


profile picture
Kaskus Addict #4
Idle speed control servo / ISA
Spoiler for Cara tes idle speed control servo / ISA


Quote:Original Posted By iwakpitik
Ini ada posting Om Elly Soepriyadie di FB-nya TFC

Ada cara untuk menguji apakah servo (idle speed control servo) mobil kita bekerja dengan baik atau rusak. Gak perlu tools apapun.. ikuti cara sederhana ini.

Pengujian ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian mata kita untuk melihat pergerakan jarum RPM pada dashboard.

PENGUJIAN SERVO 1
(memanfaatkan kerja Power Steering Oil Pressure Switch)

1. Mesin dalam kondisi nyala dan IDLE (langsam) …
2. Pastikan semua lampu, tape, AC, dll dalam kondisi OFF (tidak digunakan).
3. Perhatikan jarum RPM pada dashboard dengan sangat teliti,
4. Gerakkan Steer (terserah enaknya ke arah mana)…
5. Perhatikan gerakan jarum RPM

SERVO NORMAL: Jarum akan bergerak turun sedikit ketika steer diputar, kemudian kembali mendekati ke posisi semula.
SERVO TIDAK NORMAL: Jarum anteng2 aja…, atau malah bergerak tidak karuan.

PENGUJIAN SERVO 2
(memanfaatkan kerja RPM signal dan Crank Angle Sensor)

1. Mesin dalam kondisi nyala dan IDLE (langsam) …
2. Pastikan semua lampu, tape, AC, dll dalam kondisi OFF (tidak digunakan).
3. Perhatikan jarum RPM pada dashboard dengan sangat teliti,
4. Nyalakan lampu besar (head lamp)
5. Perhatikan gerakan jarum RPM

SERVO NORMAL: Jarum akan bergerak turun sedikit ketika headlamp dinyalakan, kemudian kembali mendekati ke posisi semula.
SERVO TIDAK NORMAL: Jarum anteng2 aja…, atau malah bergerak gak karuan.

Dasar Pemikiran
Hal di atas sayangnya tidak pernah ditemukan pada buku Spare Part Hyundai Kia manapun, tetapi dengan memahami proses kerja sensor-sensor yang mempengaruhi kerja servo (ISC) kita dapat memanfaatkan kerja sensor-sensor tersebut sebagai pengujian atas kinerja servo itu sendiri.

Simak Sensor-sensor yang dimanfaatkan untuk pengujian tersebut:

POWER STEERING OIL PRESSURE SWITCH

Pada saat steer diputar, maka pompa power steering akan terbeban yang kemudian juga akan membebani putaran mesin. Untuk itu, perlu di deteksi melalui perubahan tekanan oli power steering akibat pembebanan tersebut.

Power Steering Oil Pressure Switch akan memberikan informasi ON pada ECU ketika terjadi perubahan tekanan akibat pembebanan (steer diputar) untuk kemudian mengaktifkan servo (idle speed control) untuk menaikkan idle RPM sehingga putaran mesin tetap terjaga stabil.

CRANK ANGLE SENSOR

Crank Angle Sensor bertugas untuk mendeteksi posisi Top Dead Center dari silinder 1 dan 4. Dari sini juga terdeteksi putaran mesin (RPM) yang terjadi.
Signal yang dideteksi dari sensor ini dikirim ke ECU sebagai informasi yang akan digunakan untuk timing pengapian dan informasi RPM pembanding/ pelengkap.

Quote:Original Posted By iwakpitik
Fungsi ISA memang buat penyetabil gan... namun begitu dikasih kejutan beban dia akan sedikit melakukan penyesuaian... sebelum RPM naik kan dia turun dikit gan... ingat, ISA itu bukan elektrik... tapi mekanik, dan dengan ada beban maka akan terasa sedikit jeda waktu sebelum dia bekerja.

Fungsinya seperti AVR (Automatic Voltage Regulator) yang biasa di komputer... begitu ada beban dalam ukuran seper mili detik dia akan sedikit turun, namun selanjutnya dia akan balik lagi manteng di voltase yg stabil...



Posisi Thermostat
Spoiler for Gambar Posisi Thermostat

Uploaded at Picoodle.com


Foto foto / gambar Trajet modified
Spoiler for



profile picture
Kaskus Addict #5
FAQ / Frequently Ask Questions ( Pertanyaan pertanyaan yang sering ditanyakan )
Spoiler for Komparasi dgn Hyundai Trajet

Quote:Original Posted By gperkasa91
ini saya copas review singkat di milis sebelah ya..
Dimensi luar valdies lebih besar dari TJ, panjang keseluruan (bumper to bumper) lebih sekitar 30cm, dan lebih lebar sekitar 10-15cm..Jadi nyetir dalam kota harus lebih hati-hati.
Berat: valdies 1,9ton.. TJ kalo gak salah sekitar 1.8 tons.. dan valdies sedikit lebih tinggi, hal ini menyebabkan valdies di kecepatan 120+ lebih limbung dari pada TJ. DAN, kemampuan REM dari valdies tidak sebaik TJ, jadi lebih deg-degan bawanya kalau diatas 120kmh. Hal ini disebabkan kemampuan system rem yang kalah baik dari TJ, bahkan oleh saudaranya yang versi bensin juga kalah.
INTERIOR: sekilas valdies lebih mewah, dengan grill ac di tiap deret, electric seat di driver, pintu tengah geser. TAPI saya lebih suka desain dashboard TJ dibanding valdies, Kursi-kursi di valdies juga musti dibuka pakai baut kalau mau dilepas, di TJ saya dulu kan tinggal tarik tuasnya saja.
Harga part sih sementara berimbang: shock depan kayaba 1,1jt (kalo ga salah yang TJ juga segini), shock belakang 500rb (TJ 450), yang problem bushing arm valdies musti ganti sama arm-nya dan balljointnya, ada sih yang bushing aja tapi lokal. brakepad depan oem 180rb ki-ka. imbanglah..
konsumsi bahan bakar: sementara ini valdies mencapai 1:9 dengan rute campur jalan macet dan tol pakai solar subsidi. di TJ saya dengan rute sama konsumsinya 1:7.5 pakai pertamax.
Topspeed: Valdies sementara di 165kmh, TJ saya di 175kmh. tapi di valdies lebih deg-degan.
Overall sih lumayan happy, tapi belum coba potensi maksimalnya karena belum liat kemampuannya nanjak di cipularang.


Quote:Original Posted By iwakpitik
Setahu saya nggak banget banget gan... nggak terlalu makan jalan.

dulu ada yg pernah bandingin Turning Radius Trajet dg beberapa mobil lain :

Hyundai Trajet = 5.67 m

Honda City = 4.9 m,
Honda Civic '06 = 5.8 m ,
Honda Civic VTi = 5.3m,
Honda CRV = 5.4 m

Ga jelek2 amat kan utk ukuran medium MPV, dg 7 ato 8 seat...



Quote:Original Posted By iwakpitik
Kalo Innova 5.4 meter Om... ga beda jauh sih.

Agak OOT, ini ada kutipan dari modcom ttg trajet VS Innova, yang nulis punya pengalaman dengan dua mobil ini.

Berikut adalah ukuran dimensi Hyundai Trajet dan Toyota Kijang Innova (data dari owners manual book) :

Hyundai Trajet.
- (Panjang x Lebar x Tinggi) = (4.695 mm x 1.840 mm x 1.710 mm)
- Jarak sumbu roda/ Wheel base = 2.830 mm
- Jarak pijak roda/ Wheel tread = 1.565 mm

Toyota Kijang Innova.
- (Panjang x Lebar x Tinggi) = (4.580 mm x 1.770 mm x 1.745 mm)
- Jarak sumbu roda/ Wheel base = 2.750 mm
- Jarak pijak roda/ Wheel tread = 1.510 mm

Kesimpulanya:
Hyundai Trajet lebih panjang dan lebih lebar tapi lebih rendah, karena lebih rendah maka koefisien drag untuk angin dari arah depan lebih sedikit. Jarak sumbu dan jarak pijak roda lebih panjang dan lebar menurut saya membuat Hyundai Trajet lebih stabil. Bedanya sangat terasa ketika dalam kecepatan tinggi melewati jalan yang menikung/ membelok di tol. Mungkin juga karena konstruksi body Hyundai Trajet yang Monocoque sementara Toyota Kijang Innova bodinya masih "ditempel" di Chassis.

Dimensi body Hyundai Trajet dan Toyota Kijang Innova lebih lincah untuk bermanuver karena tidak segembrot KIA Carnival atau Sedona, saya sering pake Trajet atau Innova masuk jalan sempit yang pas2an utk 2 mobil nggak ada masalah, hanya saja bagi yang udah biasa bawa sedan harus extra hati2 dan perhitungan, pasti ada perbedaan yang significant, awalnya saya sempat kerepotan juga karena sebelumnya pake sedan. Untuk radius putar keduanya cukup ok untuk kelas MPV.

Kalau untuk memilih antara GLS atau CVVT tinggal lihat kemampuan financenya saja dan masalah tahunnya, sedikit koreksi ya, kalau GLS itu tipe kendaraannya (GL8, GLS dan XG) kalau th 2000 -2004 pakai mesin Sirius setelah th 2005 keatas pake mesin Beta (sama dengan Hyundai Tucson) plus ditambah dengan teknologi CVVT (Continous Variable Valve Timming). Keduannya OK hanya beda teknologi mesin plus perangkat CVVT dengan tipe GLS dan XG. Pajak Hyundai trajet saya Rp. 2.293.000


Quote:Original Posted By julio
Saya menggunakan Hyundai Trajet 2.0 A/T th 2002 dan menggunakan mobil inventaris kantor Kijang Innova 2.0 M/T th 2006 dari baru.
Karena saya sudah menggunakan keduanya maka saya punya pendapat pribadi sbg berikut:
- Hal lainnya sama dengan yang disampaikan pemilik Trajet dari Medan baik soal performa mesin dan konsumsi bahan bakar, setahu saya sih Innova kalau kena macet lebih parah karena dipake di kemacetan Jakarta jatuh di angka 1:5,6 sementara Trajet 1:7,3. Waktu saya bandingkan penggunaan ke Bandung, Trajet automatic tetap lebih unggul dengan catatan kecepatan konstan harus sama yaitu 100 km/ jam dengan menggunakan jalur yang sama Tol Cipularang dengan jarak start dan tiba di tempat yang sama, dalam membandingkan kedua mobil ini saya menggunakan GPS biar lebih akurat dengan selang waktu penggunaan berbeda satu minggu dan Trajet di test lebih dulu.

- Untuk interior lantai Innova lebih dalam sementara Trajet lebih tinggi, kalau kursi tengah Trajet didorong mentok ke belakang space buat kaki di baris ke tiga masih nyaman sementara Innova sempit. Duduk di bangku baris ketiga buat saya (tinggi badan 167) terasa lebih lapang di dalam kabin Trajet. Suasana di kursi paling depan terasa lebih luas dengan Trajet

- Bagasi Trajet jauh lebih luas dibandingkan Innova, semua Trajet versi A/T sudah lengkap dengan cargo net.

- Trajet yang saya pakai th 2002 menggunakan konfigurasi mesin lama keluaran Trajet awal dan belum delengkapi teknologi CVVT (kalau di Toyota istilahnya VVTI) tetapi konsumsi bahan bakarnya lebih irit dari Innova padahal sepertinya badan Trajet lebih berat, sementara Innova yang saya gunakan adalah tahun 2006 M/T dengan mesin "baru" dan teknologi yang "canggih" VVTI yang jauh lebih canggih dibanding Trajet th 2002. Kalau lihat speknya harusnya Innova jauh lebih unggul karena menggunakan mesin baru, teknologi baru dan transmisi manual, bisa dibayangkan kalau tidak pake VVTI gimana ya. Ini yang buat saya heran dan point utama kenapa saya lebih milih pake Trajet. Terus terang saya jadi penasaran dengan New Trajet 2006 keatas dengan mesin baru yg lebih ringan 40% dari versi lamanya plus teknologi CVVT. Innova harga mahal, servis mahal tapi performa tdk beda dengan Trajet konfigurasi mesin lama.

Kijang Innova paling jauh hanya dipasarkan di Afrika Selatan dan sebagian kawasan Asia Tenggara sementara Hyundai Trajet lebih worlwide dan saya baru tahu belakangan cukup famous juga di benua Eropa dan Australia.

- Resale value Hyundai sangat jatuh dibanding Toyota, harganya baru stabil di used carnya.
Bagi saya pribadi kalau mau beli mobil untuk dijual lagi ya Innova pilihannya tapi kalau untuk dipakai dan dinikmati maka Trajet pilihan yang bijak .

Maaf untuk pemilik Innova mungkin kurang berkenan, tapi ini pendapat saya pribadi yang menggunakan dua mobil tersebut diatas.


profile picture
Kaskus Addict #6

Pengalaman & kesan selama pakai Hyundai Trajet

Pengalaman para pemakai Trajet
Spoiler for Pengalaman pemakai Trajet soal konsumsi bensin

Quote:Original Posted By bluetigi
FC dalkot 1:7, luarkota 1:10 waktu mudik kmarin. "


Quote:Original Posted By Ryandho9
Menurut pengalaman yang ane rasakan borosan Kijang Gan, karena ane sekarang punya Inova 07 G 2.0 (spesifikasi uero) dan mbl ane satunya Si trajet FCnya gak beda2 jauh tapi klo ama kijang LGX punya adik ipar ya....lumayan bedanya irit si Trajet. Sebagai gambaran kalau trajet dalam kota bisa 1:8-1:9, innova 1:8, luar kota Trajet 1:10, Innova 1:9-1:9,5 klo Kijang LGX 1,8 di bawah itu. Ini sudah ane ukur berdasarkan pengalaman ane mudik bersama keluarga beberapa kali. "

Quote:Original Posted By sant
ane pakai trajet 2.7 gan, luar kota bisa 1:10... dalam kota 1:7, tapi ane tidak tinggal di jakarta.Tapi kalo konsumsi BBM kagak beda jauh ama yang 2000 kok, karena yang 2000 cc terlalu berat bawa bodynya sehingga kita sering injek gas lebih dalam, kalo yang 2700 karena tenaganya besar, kita cuma tekan gas sedikit aja dia mau lari terus.(100km paling rpmnya 2300-2500)...apalagi kalo ditanjakan, yang 2.7 enak benar.(asalkan kondisi mesinnya bagus lho, soalnya tempat ane waktu ambil second dulu mesin 2,7 kok berat banget, di scan tidak ada apa2 semua normal, tapi knalpot pedih di mata, kata montirnya airflownya agak rusak, kadang mau kadang nggak, ganti deh.. baru setelah itu menjadi tarikannya enak bos..maunya nyalip terus nih."

Quote:Original Posted By wellywang
Pengalaman Ane waktu dulu punya Trajet A/T konsumsi dalam kota apalagi rute pendek-pendek gitu malah boros Gan, bisa 1:5-6
Kalau luar kota baru berasa F/C nya bisa 1:9-10

Quote:Original Posted By gperkasa91
konsumsi bensin TJ (kalo dapet yang oke) dalkot 1:6-7, lukot 1:8-10 tapi tergantung sama kaki kanan ente juga lho.

Quote:Original Posted By cowoxprimadona
met sore agan-agan juga aganwati yang baik hati... sekedar sharing aja neh, sabtu 3 september kemaren ane ke Pati dari Jogja pake Trajet lewat jalur Semarang untuk silaturahmi. Selama perjalanan ane jaga RPM dikisaran 2000-2500, jarang banget sampai 3000 lebih. Ternyata lumayan irit tuh...konsumsi BBM Jogja-Pati PP plus muter2 cuma habis 225rb... kesimpulan saya setelah beberapa bulan punya trajet, untuk jalan menanjak atau di kota yang agak macet trajet cukup boros...tapi kalo jalan lenggang lumayan irit juga tuh padahal mesin 2000cc body juga lumayan bongsor (jangan dibandingin sama city car) ..kebetulan pas ane ke Pati kemaren jalur Jogja-Semarang lancar tapi yang arah sebaliknya malah agak padat, pas pulang tanggal 4 september juga begitu... sedikit tambahan, usahakan BBM jangan pada posisi minim akibatnya tidak baik buat mesin.... oh iya lupa... Trajet ane 2.0 Manual tahun 2001...

Quote:Original Posted By Mutnut
Ha..ha..
TJ adalah mobil pertama saya Gan
Di awal milih2 beberapa org melarang meminang mobil cap Korea, beragam alasan dan yg paling kuingat adalah ketersediaan spartpart susah

Pas ketemu teman yang pernah bawa TJ (dia itu dah ganti mobil 4x dan TJ mobil dia yg ke-3), dia bilang TOP bgt. Dia jual TJ karena anaknya minta ganti.
Pernah dia adu irit2-an ama INN**A, mengejutkan...mobil sejuta umat tsb masih kalah irit

Karna ini mobil pertama, saya hanya bisa menilai dari kenyamanannya
120 Km/jam, Ibu mertua saya masih ketawa2 dalam kabin, padahal beliau takut klo naek kenceng-kenceng. Klo pake mobil sejuta umat lainnya, A*A*S*,
pasti deh dah teriak2...he..he..

Pertama kali masuk bengkel saya ganti kipas AC, saat itu keluhan overheat. Spart part ternyata ada yang mobis yang cukup bisa membantu supaya gak kedalemen rogoh kantongnya.

Mesin V6 2700 saya cukup halus, aku kira dg CC segede gitu pasti suaranya kayak mobil disel dan getaran dalam kabin kerasa....ternyata empukkkk

Kebetulan belum pernah luar kota, baru rencana Desember besok, jadi belum punya cerita bagaimana dg luar kota.

Pastinya isteri saya nyaman duduk di bangku dan nyaman bolak-balik depan belakang untuk mengambil sesuatu, lebarnya seraya di bus.
Pernah istri saya lapar banget dan makanannya sedikit berkuah, susah klo dipegang dengan tangan, akhirnya bangku ke-2 disulap untuk meja makan dan si doi dengan nyamannya makan di belakang...sopirnya cuman dikasih baunya aja...hik...hik...

Oh ya, saya belum detail ngitung konsumsi FC (dg cara seperti pernah ditulis), tapi pernah sekilas,,,kira-kira sekitar 1:7.8, itu dalam kota, tapi tidak terlalu macet

Saya kira, orang beli TJ pasti sudah memikirkan dengan dalam
Tidak sembarangan milih atau hanya untuk ganti tunggangan
Hampir semua orang yang pernah pegang TJ bilang nyaman dan hampir orang yang menjual TJ-nya bilangnya....duh...sayang banget saya jual...mobilnya enak banget...(pengalaman pribadi setelah ketemu ama beberapa orang)

Ini cerita saya Gan....bagaimana cerita-mu??? (copas promosi iklan)



profile picture
Kaskus Addict #7
Pengalaman para pemakai Trajet
Spoiler for Pengalaman pemakai Trajet soal konsumsi bensin

Quote:Original Posted By iwakpitik
Akhirnya bisa nulis sedikit pengalaman dengan HYUNDAI TRAJET, jangan bandingkan dengan Review ya... terlalu jauh kali!, ini hanya sekedar sharing pengalamn sesama pengguna, atau calon Pengguna yang lagi menimbang atau ingin memutuskan meminang.

Sekedar perkenalan, TRAJET saya berkapasitas 2,000CC CVVT, Bulan 03 Tahun 2005, Warna Sky Blue (Duo Tone), Beli Second Hand (Juni 2011), KM Pertama beli 44,100 Km, dan sekarang sudah menginjak 47,800 km, Biasa Minum Premium nggak pernah pake Pertamax.

INTRO
Well, selama beberapa 3 bulan ini hanya bisa merasakan sedikit kenyamanan Trajet, Bagaimana tidak, hampir setiap hari saya kandangkan trajet di carport kecuali sabtu dan minggu yang saya gunakan sesekali ke Supermarket atau cari makan di sekitar tempat tinggal, atau kalaupun kepaksa di bawa ke kantor di bilangan Sudirman juga tidak sempat menikmati, di mana jalan yang saya lalui selalu macet (pernah lewat Tanah Kusir kalo pagi kan?). Jadi saya pilih naik Jupiter MX atau Commuterline untuk ke kantor he..he..

Peta Mudik 2011

* Jalur Biru : Mudik, Jalur Hijau : Balik

Mudik lebaran Akhir agustus kemarin, saya menghabiskan waktu bersama trajet lebih dari 100jam (tahu kan di Speedometer Trajet CVVT ada Timernya?) dan 2,050 kilometer dalam waktu 10 hari. So.. boleh dibilang baru kali ini saya menikmati secara utuh sebuah kendaraan Touring sebenar-benarnya. Harusnya statement saya tersebut nggak Lebay, lha wong kata TRAJET itu diucapkan dengan "tra-jay" (frasa dalam bahasa perancis) yang berarti "pergi dari satu titik ke titik lainnya", sehingga memang dari lahir ditujukan sebagai mobil untuk pergi ke mana-mana.

Oke, mungkin terlalu kelamaan intronya.. Jadi selama Mudik dari Jakarta - Surabaya - Tulungagung PP. dari tanggal 25.08.2011 - 07.09.2011 ini kesan saya mengenai Trajet :

NYAMAN
Dengan konstruksi kaki-kaki menggunakan "Independent McPherson Strut with Coil Spring, anti roll stabilizer" dan bagian belakang dengan "Semi Trailing Arm with Coil Spring, Anti-Roll Stabilizer"mobil ini sangat nyaman dikendarai, di mana getaran karena jalan gak bagus bisa dieliminasi bahkan dalam kecepatan >100km/jam. Dengan bobot hampir 2 Ton jauh dari kesan melayang, pokoknya manteb dan stabil dah!
Sepanjang perjalanan, kabin tidak terlalu banyak terdistorsi suara luar... boleh dibilang Kabin Trajet cukup kedap dan sunyi, bahkan dari suara mesinnya sendiri. Anak saya, yang berusia 12 bulan dpat tidur nyenyak (dengan durasi yang lama) tanpa terganggu bunyi aneh-aneh dari luar.
AC sangat dingin dengan sirkulasi yang merata. Buat mereka yang duduk di belakang dijamin tidak kepanasan, apalagi yang tengah dan dan depan. Tidak perlu mengarahkan angin AC ke tubuh, kita tidak akan kepanasan. Namun sayang, entah karena defaultnya TRAJET ada ventilasi yang mengambil angin dari luar sebagai sirkulasi dalam kabin. Akbibatnya, apabila kita melaju, dan di depan udara di luar mobil tidak bersih (misalnya tercampur knalpot bis atau debu) maka akan terasa masuk ke dalam kabin. Ini tidak bisa dicegah, meskipun dengan filter kabin yang baru, kecuali harus ditutup secara manual dwngan lakban atau material lainnya.

ROOOOOOOMY
Jiah... mulai lagi lebay nya. Well, ndak ada guna kalo kendaraan touring nggak bisa muat banyak barang, apalagi sempit buat boyong orang sekampung! ga cuma, kakek, nenek, teteh, bude, paklek, bulek yang bisa keangkut sama ini mobil, kalo perlu sepeda motorpun juga bisa masuk, apalagi cuma TV Tabung 34 Inchi. He..he.. Kidding! Dengan spek body yang nggak terpaut jauh dengan Innova (Ya jangan bandingkan dengan Vellfire atau H1 yaa) saya merasa Trajet lebih lapang, terutama di bagian belakang (baris ketiga). Kami berangkat ber 5 (4 Dewasa dan 1 Bayi) dengan bawaan yang sangat banyaaak! Baju, Perlengkapan Bayi, Stroller, Car seat, Mainan Bayi dan sebagainya. Dengan penataan yang rapi dengan memaksimalkan fungsi bagasi, bangku belakang bisa untuk duduk Pembantu, dan Kasur buat anak Tidur.
Namun di sisi lain, dengan body bongsor bak kebo bunting tersebut juga bisa jadi kekurangan. Namanya mobil turing, tentu akan sering jalan di jalan luar kota, namun di Indonesia ini juga aneh... nggak di jakarta, di daerahpun sering macet, sehingga membatasi gerak langkah si kebo ini. Berkali-kali, spion jadi santapan sepeda motor, untungnya tidak pecah atau lepas.
Di samping itu, dengan body yang gambot, mau parkir susah, mau masuk garasi juga, apalagi pas dipake silaturahmi di kampung yang jalannya ga selalu lebar. Plus Minus Lah...

Boros?
Judul di atas saya kasih tanda tanya. coba lihat catatan saya di bawah ini.



Dalam melaksanakan perjalanan 2050 km, saya melakukan pengisian Premium sebanyak 6 kali. Pengisian pertama dilakukan untuk membuat tangki penuh, dan setelah itu dilaksanakan pencatatan (baik secara manual maupun elektronik di Speedometer).
Kondisi jalan setelah pengisian pertama dapat dikatakan relatif lancar. Kami berangkat jam 3 pagi di mana orang-orang masih sibuk dengan sahur, apalagi saya mudik 2 hari sebelum libur maka perjalanan cukup lancar (misalnya Bintaro-Cikampek rata-rata bisa jalan 100km/jam), begitu masuk Jomin lalu lintas agar tersendat sejauh 20 km. Sesudahnya relatif lancar kembali (rata-rata bisa mencapai 70-80km/jam).Sesampai Demak, saya lakukan pengisian ke 2, dan dari hasil perhitungan konsumsi bensin Trajet saya mencapai 1 : 9.5 (Jakarta - Demak).
Dari hasil pengisian di Demak lanjut ke Surabaya kondisi perjalanan relatif sama, di mana saya masih bisa melaju di kisaran 70-90km/jam. Kontribusi penyumbang meningkatnya konsumsi premium adalah digunakannya Trajet tersebut dalam kota Surabaya (selama 4 hari), Dari hasil pengisian ke 3 diketahu bahwa trayek Demak - Surabaya, termasuk keliling kota selama 4 hari di surabaya menghabiskan konsumsi premium 1:8.4
Sesudah itu, dalam perjalanan ke Tulungagung dari Surabaya, terjadi ketersendatan sepanjang 90km (Surabaya - Kertosono) di mana mobil hanya bisa jalan 15km/jam, Di Tulungagung mobil digunakan bersilaturahmi dalam kota selama 4 hari, selanjutnya saya balik ke Jakarta via Trenggalek, Ponorogo, Wonogiri, Solo dan Semarang. Sepanjang perjalanan ini medan cukup menantang di mana kontur jalan sepanjang 180km berbukit, gunung dan jurang naik dan turun, meskipun jalan sangat bagus. Konsumsi premium untuk trayek ini meningkat menjadi 1:7.9
Sebelumnya harapan saya Jakarta - Semarang akan dapat saya tempuh dalam waktu 10-12 jam, mengingat hari masuk kantor telah tiba. Nyatanya saya menghabiskan waktu di Jalan selama 28 Jam nonstop! (dikurangi makan 2 x 60 menit). Sebelumnya perjalanan Semarang - Cirebon sangat lancar, saya cukup confident dengan target saya. Ternyata begitu masuk Tol Pejagan, semua seakan berbalik, tol ini macet dan tak ada kesempatan untuk kembali. Selama 12 jam saya menghabiskan waktu, menyusur dengan tertatih 43 km dari pejagan - Loh bener selama 10 Jam! dengan mesin menyala, ac nyala, tanpa henti! mobil hanya mampu berjalan 4.3km/jam. dengan kondisi ini, konsumsi bahan bakar cukup parah! yaitu 1:7.2
Setelah lepas Lohbener, kondisi mulai mencair di mana waktu sudah hampir larut malam, sepanjang perjalanan dari loh bener s/d Jakarta beberapa kali berhenti untuk tidur barang 10-30 menit dengan mesin dan ac nyala. Setelah dilakukan pengisian terakhir, di Jakarta diketahu intuk perjalanan Pamanukan s/d Jakarta hanya menghabiskan sedikit bahan bakar, di mana konsumsinya hanya 1 : 10.7 cukup impresif.

Setelah saya rata-rata atas seluruh perjalanan, yaitu sepanjang 2050km, pengukuran dengan membandingkan "isi bensin luber vs pengisian berikutnya juga luber vs kilometer", diperoleh angka 1:8.5. Jadi mungkin memang bener trajet itu boros... (jika dibandingkan dengan kaleng krupuk atau mobil-bobil kecil lainnya), tapi dengan segala kenyamananya, rata-rata konsumsi bensin 8.5km/Liter cukup wajar. Kalo orang jawa bilang ono rego ono rupo! Yang jelas, angka ini masih lebih baik daripada konsumsi premium trajet saya di Jakarta yang hanya mampu 1:6.5

Ini sekedar pengalaman, kondisi berbeda sangat mungkin terjadi... mengingat variabel2 yang yang menyertai perjalanan satu dengan yang lain juga berbeda.

Salam,



Iwakpitik
profile picture
Kaskus Addict #8
Pengalaman para pemakai Trajet
Spoiler for Pengalaman pemakai Trajet soal konsumsi bensin
Quote:Original Posted By newprints
Punten Juragan2 Sadayana,
Baru memantau forum Trajet ini +-1 bln, setelah beli trajet 2001 2.7A/T Black 2 bln yg lalu. Jual Terrano Spirit 2001 karena gak cukup lagi utk keluarga ( 3 anak/2 balita). malem2 liat iklan mobil pahe yg nyaman di internet, Kijang dari dulu gak suka (overpriced & model-nya gak naksir) Avanza apalagi (mesin kecil/gak nyaman/overpriced/model low-end), maunya sih Serena HighwayStar
(Favorit tapi duit b'lom nyampe), . Setelah browsing antara Hyundai Trajet, Volvo V70, Mercy stationwagon, Peugeot 805/806, ternyata yg sesuai dgn budget ya yg paling murah, Trajet. Padahal seumur hidup pakainya Jepang/Eropa, malah ngga mandang sama mobil Korea, yah kualat deh !! (Jaman partai Demokrat gw turun 'kelas' pindah jadi pengguna mobil Korea, Ekonomi parah, man !!) Yg budget 70-85jt cuma Trajet 2000-2002. Yg 2000cc utk bodi bongsor kayaknya kurang sip tenaganya, lagian rumah -tempat kerja deket, jadi beraniin yg Automatic 2700cc, soal FC, Pakai Terrano 10tahun 2500cc yah udah kebayang bensin nya (no surprised!!). Besok pagi nya telpon temen mau jual terrano, jam 1 siang laku, Trus telpon yg ngiklanin trajet 2.7 AT 2001 minta 72,5jt, ktemuan di Mall Bekasi, liat2 asal aja, iseng gw tawar 67,5jt eh dikasih, ya udah deh, duit hasil jual terrano cuma mampir 5 jam di accnt gw. Oya pas gw tes-drive, bocah2 balita gw ikutan, eh lagi nge-tes bocah2 gw langsung tidur di belakang padahal biasanya di mobil2 baru punya tante & Oom -nya pake acara muntah2 dulu. Padahal bener2 buta soal ini mobil,b'lom tau ada forum trajet ini, pikiran gw maen cuek aja,
kalo rusak terserah nanti, Duit pas2an aja mau belagu milih2, whatever come next gw hadapin deh, gitu aja !!! lagian gw beli-nya bulan puasa, 3 minggu seb'lom lebaran, jadi perlu banget bwt nganterin bini mudik ke Bandung. Ok Cocok, Bungkusss....!!!!
Mulai kenalan sama sifat2 si "Blacky" trajet gw..... katanya ada dvd/ leatherseat/sunroof, kok gw punya gak ada ?? liat2 internet lagi ternyata itu yg type 2.7 SE, ya udah deh, gak butuh2 amat sama sunroof, cuma dvd +leatherseat nya pengen juga sih, 67,5jt ya udah ok deh, bini udah suka !!
Ac kurang dingin, kompressor agak berisik mesti ganti kayaknya, duit cekak, yah isi freon dulu deh moga2 bisa tahan 2-3 bulan-an dinginnya sampe punya duit lebih. cobain tarikan-nya di jalan sepi, wuiihh..., kenceng juga twin engine-nya suprised juga takut ngerem-nya gak nahan. Tapi pas di tarik2 enginenya memang kenceng tapi bensin-nya minta ampun kaget beneran....gilee, terrano gw masih jauh lebih irit. tapi kalo kaki kanan udah di-sekolah-in dibawa slow but sure aja yah borosnya gak terlalu, hampir sama sama terrano lah 1:7an, OK gw ngerti deh ini memang mobil keluarga, santai aj nyetirnya gak mau narik2 kenceng lagi, tapi performa tarikan cukup mengagumkan si "Blacy2.7" ini.
Seb'lom lebaran Gw iseng nge FLUSH radiator trus isi coolant karena owner seblom-nya isi air ledeng aj. gw kerjain sendiri di depan rumah , no problem.
Hari H tgl 30 meluncur ke Bandung via Cipularang, mau ngetes di tanjakan ceritanya. Mulai tanjakan di km 65an mobil asik2 aja, iseng gw gak mau kalah sama mobil lain ditanjakan gw mainin transmisi dari D ke 3 trus 2, langsam man. Eh di KM90an mobil terasa ilang power, gw liat jarum temperatur naik!!
Woooouww.. Panik man ... Langsung gw berhenti buka kap mesin, uap putih ngebul, ternyata upper radiator tank bocor pas di sambungan nya, mancur2 coolant-nya ke mesin, aduhh rese deh mana bawa bini + ipar + 2 balita malah "kejadian". untung bawa 1 spare gallon coolant langsung isi. walaupun bocor nya besar tapi gw nekat terusin ke Bandung ( abis mau ke bengkel mana di situ) mau di derek + bengkel abal2 juga takut biaya pas2an. Lanjuuttt...
Tiap 15 -20 km berhenti isi radiator, tapi berhubung bocornya besar coolant yg gw bawa gak cukup, jadi semua botol2 air gw kosongin, manjat dinding tol, minta air sama rumah penduduk di samping tol, THNX. sambil nyetir berdoa moga2 nyampe di Bandung. Doa dikabulkan, nyampe juga di Pasteur. Belum tahu HYUNDAI ada program Lebaran Siaga, ke bengkel temen di Cihampelas sesama penggemar motor trail TRABAS, tapi dia bilang montir pada mudik sampai 2-3 hari setelah lebaran. Ya udah parkir mobil di rumah kakak ipar di dago pakar ( mobil mulai terasa pincang di tanjakan dago). besok nya tgl 31 pas lebaran pulang ke bekasi naik cipaganti travel nungguin montir kerja lagi.
Lebaran sendirian di bekasi mulai iseng browsing internet cari info ttg Trajet, eh ketemu Forum ini. Baca Advice2 Agan Ikaskus, Mutnut, Blutigi dll. walaupun belum kenal dan bukan member Hyundai Trajet Community, tapi ingin mengucapkan banyak2 terima kasih utk amal ibadah nya membantu info2 utk sesama pengguna trajet. tengkyu, tengkyu, tengkyuuuuu.... 4 agan2 sekalian.
Beli radiator baru di persatuan motor rp1,2jt, abis overheat ternyata ngaruh juga ke kabel busi jadi bocor2 (dibeliin bengkel di kosambi motor bdg rp700rb, padahal di persatuan motor kemayoran rp530rb, ya udah lah) Kata pak Heri Persatuan motor kalau radiator dulunya biasa air ledeng di-flush dan ganti pakai coolant memang bisa kejadian bocor kaya si 'Blacky" gw. OKdeh !!
Tapi hebatnya, abis overheat ( 1x jarum sampai ke RED area) hal yg paling ditakutin yaitu, cylinder melenting gak kejadian. Thnx GOD !!! udah takut biaya
turun mesin V-engine . Hebattt cukup kagum sama kekuatan metal mesin trajet, cuma ganti radiator komplit HCC + kabel busi, mesin lancar lagi gak ada keluhan ( kecuali kaki kanan gw masih susah di-ajarin, biasa nge-bejek gas Terrano) FC ya acceptable buat mesin 2.7 AT.
Tapi overall cukup puas pake trajet tua ini, total2 baru abis +- 71jtan tapi nikmatnya dan safetynya jauh drpd avanza rentalan-nya saipul jamil. pas pulang dari bandung ke jakarta gak ngerasa ngebut tapi mobil2 lain terus di belakang gw. utk yg cari mobil bekas PAHE tapi MEWAH dan NIKMAT
TRAJET memang TOP, sekali lagi banyak2 terimakasih atas amal ibadah agan ikaskus , mutnut, Blutigi dan lain2 yg b'lom gw sebutin. Advice agan2 sekalian sangat amat bermanfaat dan informatif Thnx U ALL ! Keep Up d Good work !!
profile picture
Kaskus Addict #9
Biaya servis Trajet
Spoiler for servis ganti silinder head

Quote:Original Posted By andriyuli
salam trajeters semua...

trajet ane (2001/AT/2.0) baru sehat lagi nih setelah diopname, supaya bener2 sehat dan bener2 siap jadi mobil keluarga (udah 10 th, km udah 100rb lebih, dirasakan emang udah saatnya).

kemarin ini (di bengkel langganan/non beres) baru aja ganti :
- Cylinder head (baru), semua isinya baru
- Packing set atas/bawah
- timing belt besar/kecil
- tensioner timing belt
- termostat
- radiator + upper hose
- pipa bypass radiator (mulai keropos ujungnya)

sedikit modifikasi :
- bypass saluran radiator yg ke heater core di firewall (seumur2 punya mobil, ane gak pernah pake pemanas, full AC terusss)
- bypass saluran radiator yg ke throttle body (more cold air induction)
- bersihin ISA, stel idle, stel mixture (CO)

hasilnya :
- suara mesin jauh lebih halus (jauh banget dibanding sebelumnya, nyaris tak terdengar)
- gak pernah lagi ada ngelitik (cyl head sebelumnya udah pernah dibubut, jadi kompresi makin naik, rentan ngelitik)
- gak ada lagi ngebul tipis (kadar HC menurun jauh, gak lagi boros oli mesin)
- temperatur mesin, full ac, macet parah, siang bolong, 1 strip dibawah setengah
- tenaga terasa meningkat, lebih responsif
- getaran ketika idle jauh lebih halus
- FC belum diukur, harusnya bisa minimal 1:7, karena tadinya aja sekitar 1:6-7
- semingguan ini dipake inreyen, check olie mesin maupun air radiator di reservoir gak ada penurunan, anteng di posisi max)

DC : sekitar 10jtan...

sekian sekilas report hasil opname trajet seminggu di bengkel, semoga bermanfaat buat rekan2 trajeters yg lain...

salam

Masalah masalah yg biasa dijumpai pemakai Hyundai Trajet

Spoiler for Mesin endut endutan

Quote:
Originally Posted by gudhel46
agan2 n suhu trajet.. ane butuh bimbingan lagi nih n mau tanya beberapa pertanyaan :
trajet ane manual th 2000, kalo dibuat rpm rendah emang jalannya agak ndut-ndut (tersendat-sendat) gitu ya? tapi kalo udah rpm agak atas dah gak..katanya temen seh itu normal karena cc-nya gede..apa benar demikian?
Quote:Original Posted By inozt82
baru ngangkat trajet juga,2001 cc 2000
kayaknya sama penyakitnya tuh ama ane, coba cek2 sendiri ternyata businya kerendem air.
Karena awam juga ama mesin jadi ane jelasin pake bahasa awam juga yak. Jadi, di buka kepala businya ternyata ada genangan air di dalemnya, trus ane semprot pake kompresor. baru di buka businya sambil di bersih2in. setelah itu pasang seperti semula, dah enak lagi mesinnya, jadi bukan karena CC kyknya. sebelumnya ane pake mazda n ford, kalo terasa ndut2an (brebet) biasanya ane cek di busi dulu. trus ke filter bensin trus ke ECU. mungkin yg lain ada yg bisa bantu?
Quote:Original Posted By Mutnut
Klo dut-ndutan, pernah juga saya alami tapi posisi 'D" saat berhenti
Menghentak tapi halus. Aku tanya ke bengkel, kemungkinan ada storing di tempat busi. Setelah dilihat ternyata tempat busi sudah diisolasi. Dicek ulang dan dipastikan gak bocor, ndut-ndutan dah mulus lagi


Spoiler for Spare part substitusi seal kopling

Quote:Original Posted By byuziwo
baru ganti seal repair kit master kopling bawah neh..ternyata sama persis mitsubishi l300 solar.dapet seken asli jepang lagi dc cuman 30rebu..kl yg aftermarket korea malah 90rbu .ada yg punya pengalaman sparepart substitusi gak?
Foto / gambar bagian dari mobil Trajet
Spoiler for bagian dalam kanan belakang panel / evaporator A/C belakang




Spoiler for Lokasi filter kabin A/C

Quote:Original Posted By ikaskus
Posisi filter kabin ada dibelakang laci.
#Yg di lingkarin merah tinggal di tarik sedikit dan di molosin lewat lubangnya. fungsi barang itu supaya waktu buka laci, tidak langsung "jatuh" , tapi akan terbuka pelan pelan.
#Yg di lingkarin kuning , ditekan kearah dalam laci sampai molos, bergantian dari sisi ke sisi.
#Begitu lacinya dalam posisi menggantung, tinggal buka tutup filter dan tarik keluar.
#Andai kalau mau lepasin lacinya , yg di lingkarin warna hijau ada sejenis "pasak" dari plastik tentunya, tinggal di tarik ke kiri, dua duanya, pasak bagian kiri dan bagian kanan. atau kata lain arah cabut ke dua pasak itu sama, tarik ke kiri.
Spoiler for gambar





Spoiler for Buku Manual

Quote:Original Posted By iwakpitik
Akhirnyaa sukses UPLOAD-nya....

Bagi Juragan-juragan di mari yang membutuhkan, di bawah ada beberapa bundle dokumen penting terkait Trajet Juragan semua antara lain :

1. Hyundai Trajet Service's / Shop's Manual : 997 Halaman
Cocok buat juragan yang penasaran tentang detail teknis trajetnya, dan tentu saja bagi mereka yang punya banyak waktu untuk bongkar pasang kendaraan. Kalo saya, bengkel aja deh...

Spoiler for cekidot kalo gak percaya


2. Hyundai Trajet Owner's Manual : 177 Halaman
Diperuntukkan bagi yang sedikit pengen tahu tentang Trajetnya, singkat kata buat yang gak pengen repot, tapi tahu cara pakainya. Daripada dikatain "RTFM" sama senior... kan ga enak. Jadi orang jangan malas yaa...

Spoiler for cekidot kalo gak percaya


3. Hyundai Color Code 2006 : 11 Halaman
Bisa jadi informasi di sini tidak terlalu presisi dengan Hyundai yang beredar di Indonesia, tapi jelas bisa jadi referensi untuk juragan-juragan yang pengen tahu warna-warna yang beredar atas kendaraan Hyundai di Dunia.

Spoiler for cekidot kalo gak percaya


4. Hyundai Engine Catalogue : 11 Halaman
Ternyata jenis mesin yang telah diproduksi Hyundai sangat banyak, termasuk di manakah mesin-mesin trajet juragan?

Spoiler for cekidot kalo gak percaya


Silahkan download di mari, sebelum di hapus oleh file hostingnya :

Catatan : sebelum dicopykan ke alamat browser juragan, tanda "xx" silahkan diganti dengan tt dan tanda " * " silahkan dihapus. Kalo ditanya Password RAR-nya : iwakpitik

profile picture
Kaskus Addict #10

Lapak Jualan Spare Part Trajet, bekas dan baru

Sparepart Trajet
Spoiler for lapak spare part

Quote:Original Posted By vic chan
Buat teman - teman pengguna Hyundai Trajet, mungkin bila sedang membutuhkan sparepart bisa mampir di lapak ane...
http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post465196388



Spoiler for SENSOR CKP

Quote:Original Posted By adiwiataputra


Ada nih SENSOR CKP baru gak jd dipake 375rb..mau ? call andrew 08979609128


Spoiler for K&N air filter Hyundai Trajet

Quote:Original Posted By kampakhoras
Mohon izin sebelumnya,
selamat siang semua,

coba mnawarkan buat teman" trajet owners, kalau ada yang berminat dengan K&N air filter replacement untuk Hyundai trajet nya, baik yang 2.0 maupun 2,7 matik atau manual
saya ready 2 pcs lengkap dengan cleaner set juga.
silahkan Japri yah Untuk Price nya yah,

thanks


Spoiler for ORIGINAL STOP LAMP | TAIL LAMP | LAMPU BELAKANG | HYUNDAI TRAJET NON CVVT

Quote:Original Posted By iwakpitik


Permisi Juragan Moderator, Juragan Administrator & Juragan TS... saya numpang Badwith untuk buka lapak...

Rekan-rekan kaskusser yang budiman, semoga dalam keadaan terbaik saat ini, nitip jual yaaa...

ORIGINAL STOP LAMP | TAIL LAMP | LAMPU BELAKANG | HYUNDAI TRAJET NON CVVT



KETERANGAN SINGKAT
Dulu beli trajet CVVT 2005 dengan dua lampu, pemilik yang lama tidak terlalu suka dengan model lampu bulet CVVT, sehingga beliau beli Lampu model Trajet yang lebih lama... Begitu Hyundai Trajetnya saya beli, saya kembalikan ke Lampu Original.
Karena lampu udah balik ke Original, sejak itu, nongkrong di gudang... tentu saja dengan penyimpanan yang rapi.
Berhubung mau mudik, dan tahu sendiri bensin mahal... maka buat nambah beli bensin Lampu belakang ini dijual, siapa tahu ada yang lebih membutuhkan daripada saya...
Merk Lampu MOBIS, OEM dari Hyundai Original Parts, barangnya sama persis dengan Originalnya Hyundai, bedanya di packaging... yg satu Merk Hyundai yang ini Merk Mobis, barang yang sama merknya beda.
Kondisi 98.9% lah. Mika kinclong... bersih luar dalam, bukan bekas servisan, retak, ketabrak atau pecah... Lampu-lampunya masih original, pokoknya maknyuss... tinggal plug & play.

HARGA
Rp. 790,000.-


GAMBAR-GAMBAR LAIN
Spoiler for "Silahkan dilihat - Sorry Bandwith Killer, semata-mata hanya utk kepuasan pelanggan"

01. Lengkap dengan karet penutupnya


02. Mulus gan...


03. Mikanya mulus kan...


04. belakangnya juga bersih gan...


05. Bebas jaring laba-laba


06. Original MOBIS Korea



KETERANGAN LAIN :
Lokasi Saya : JAKARTA | Sudirman (Pagi-Malam) & Tangerang Selatan | Bintaro/Ciputat (Malam-Pagi)
Pengiriman : Bisa COD, kalau deket dengan lokasi saya di atas. Namun lebih prefer Cash & Carry, datang, lihat, suka, bayar. Bersedia mengirim ke seluruh Indonesia dengan fasilitas JNE, TIKI, MEX, FEDEX, Herona atau apapun yang deket dengan saya. Kalo pake kirim-kiriman, Seperti kebiasaan transfer duit dulu baru barang saya kirim (tentu saja kalau Anda percaya sama saya )
Bagaimana Kontak dengan Saya : Reply di Thread, PM ataupun Telp/SMS (the fastest response) di No. di bawah :

ORIGINAL LAPAK ADA DI SINI


Spoiler for kamera mundur wireless , bekas

Quote:
kamera mundur wireless , bekas, http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post491492982
Spoiler for gambar

1 pasang, wireless antara kamera dengan monitor







Spoiler for Selang Power Steering u/ Trajet 2.000cc

selang high pressure power steering Trajet 2.000cc. salah beli, kondisi bisa dibilang baru. 350rb


Spoiler for selonoid matic

Quote:Original Posted By diazae86
Numpang lapak gan....yg butuh selonoid trajet ane punya 5biji plus body valve Nya hehehe....seloid boleh dibilang masih baru Dan velg trajet 2.7se plus ban juga kalau Ada yg mau.

profile picture
Kaskus Addict #11
Bagi yang mau join monggo silahkan ditunggu...
Club Resmi Trajet di Indonesia yang juga di support oleh HYUNDAI MOBIL INDONESIA.





TENTANG TRAJET FAMILY CLUB

Bermula dari keinginan beberapa pihak yang sama-sama memiliki kendaraan touring car yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya yaitu Hyundai Trajet (“Trajet”), untuk tetap dapat berkomunikasi satu dengan lainnya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, maka dibuatlah suatu media komunikasi melalui internet dengan group e-mail dengan nama mobil-hyundai-trajet@yahoogroups.com sehingga dapat mengakomodir keinginan beberapa pihak tersebut termasuk untuk menjaring sesama pemilik dan/atau pengguna Mobil Trajet.

Group e-mail mobil-hyundai-trajet@yahoogroups.com dibuat pada tanggal 5 Mei 2005 dan sampai dengan saat ini tetap menjadi tempat komunikasi yang handal untuk saling berbagi informasi terkait dengan Trajet-nya dan informasi lainnya yang dianggap penting serta berguna untuk diketahui.

Dari interaksi yang terjadi pada group e-mail mobil-hyundai-trajet@yahoogroups.com, terwujudlah suatu bentuk kepengurusan Hyundai Trajet sebagai wadah para member group e-mail tersebut dengan nama Trajet Famiy Club (“TFC”) yang telah beberapa kali berganti kepengurusan dengan kepengurusan terakhir kali atau saat ini di Ketuai oleh Sdr. Ambar Widodo.

Saat ini jumlah member pada group e-mail mobil-hyundai-trajet@yahoogroups.com berjumlah 350 (tiga ratus lima puluh) anggota dengan yang terdata / tercatat secara resmi di TFC sampai dengan proposal ini dibuat berjumlah 258 (dua ratus lima puluh delapan) anggota yang datang dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan dari berbagai perusahaan swasta maupun pemerintah, institusi / lembaga pemerintah, wiraswasta, dan lain-lain.

Untuk menjaga komunikasi yang terjadi pada group e-mail tersebut di atas, pihak pengurus TFC telah menunjuk beberapa pengurus yang bertugas sebagai moderator untuk menjaga agar interaksi yang terjadi tetap santun dan tetap menjaga norma-norma yang berlaku umum, dan untuk lebih memperkenalkan TFC berikut dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama ini serta informasi-informasi penting lainnya, kepada masyarakat luas terutama pemerhati otomotif, pengurus TFC telah membuat web site yang dapat di akses kapan saja termasuk sebagai tempat pendaftaran anggota TFC dengan alamat [url]www.trajetfamilyclub.com[/url] termasuk terdaftar dalam jejaring sosial facebook http://www.facebook.com/groups/57696024366/

ALAMAT SEKRETARIAT
HMI Cilandak Jl. Karang Tengah Raya No. 11D
Lebak Bulus – Jakarta Selatan
Telp. 021-75908666

Ditunggu gan...



PS : Saya bukan pengurus, cuma anggota... niatnya cuma pengen menyebarluaskan info...
profile picture
Kaskus Addict #12
Idul Fitri Hyundai Siaga 24 jam & Program Mudik Lebaran 2011




Dalam rangka persiapan kendaraan Pra-Mudik atau menyambut Hari Raya Idul Fitri, PT Hyundai Mobil Indonesia mempersiapkan "Hyundai iCare Program 2011 - Idul Fitri Hyundai Siaga 24 jam" yang akan berlangsung pada tanggal 5 Agustus 2011 s/d 5 September 2011, yang terdiri dari :

Hyundai Call Center 24 jam
Layanan Call Center 24 jam untuk membantu Customer mengenai informasi seputar Hyundai Siaga dan program lebaran atau bahkan bantuan jika diperlukan. Hyundai Service Call Center dapat dihubungi di :
  • nomor telepon : 021 7289 7000,
  • Bebas Pulsa : 0 800 182 1407
  • SMS : 0812 970 0019.


Hyundai Bengkel Siaga 24 jam
Bengkel Siaga 24 jam yang tersebar di seluruh jalur mudik di area Jawa, Bali sampai dengan Sumatera. Pada tahun 2011 ini Hyundai membuka 21 titik Bengkel Siaga 24 jam dengan perincian sebagai berikut:
  • 6 bengkel di area Jabotabek,
  • 5 bengkel di area Sumatera (Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang & Lampung),
  • 3 bengkel di area Jawa Barat (Bandung & Cirebon),
  • 4 bengkel di area Jawa Tengah (Semarang, Yogjakarta, Solo & Purwokerto),
  • 2 bengkel di area Jawa Timur (Surabaya & Malang) dan
  • 1 bengkel di area Bali.

Seluruh bengkel siaga dilengkapi dengan Service Car yang berfungsi untuk coverage area di wilayah sekitar ke 21 bengkel Hyundai yang buka 24 jam dan siap melayani dan mengawal Anda pada saat mudik lebaran.


Hyundai Mobile Service 24 jam
Mobil Service yang stand by selama 24 jam selama masa mudik lebaran, akan berada di area Alas Roban dan Nagrek dan siap membantu menangani masalah dengan cepat. Hyundai Mobile Service 24 Jam untuk area Nagrek akan di-back up juga oleh Hyundai Mobil Cabang Soekarno Hatta-Bandung dan untuk area Alas Roban akan berada di Hotel Dewi Ratih, Jl. Raya Sambong.


Part & Service Program
Menyambut liburan Lebaran tahun 2011 ini, PT Hyundai Mobil Indonesia menyediakan layanan baru untuk Pelanggan setia, yaitu "Part & Service Program 2011" yang akan berlangsung pada tanggal 5 Agustus s/d 5 September 2011. Program ini bertujuan agar Pelanggan dapat melakukan perawatan kendaraan untuk persiapan mudik dari jauh-jauh hari agar dapat meringankan biaya service serta meningkatkan loyalitas Pelanggan untuk selalu melakukan perawatan/perbaikan di bengkel resmi Hyundai.


Dalam Hyundai iCare Program Mudik Lebaran 2011 ini, Hyundai Indonesia akan memberikan paket diskon menarik untuk seluruh Customer Hyundai agar bisa mempersiapkan mobilnya untuk keperluan mudik Lebaran.

Paket diskon yang diberikan adalah sebagai berikut :
Type : Trajet, Atoz, Verna, Matrix Accent, Discount Part 30%, Genuine Oil (material) Disc 15%, Jasa 15%
Type Lain Hyundai : Discount Part 25%, Genuine Oil (material) Disc 10%, Jasa 10%

Paket program :
  • Perawatan Berkala
  • Engine Tune Up
  • Timming Belt
  • Clutch System
  • Brake System


Hyundai Leasure Point
Hyundai Leasure Point - Siaga 24 Jam juga akan hadir di titik keramaian selama mudik Lebaran 2011 ini. Kami akan berada di area Puncak Hotel Cisarua Indah, Jl. Raya Puncak KM.20-Bogor, Cikampek Rest Area KM.57 (arus mudik) dan di Cikampek Rest Area KM.62 (arus balik).


Dengan adanya program Hyundai iCare Mudik Lebaran 2011 ini, PT Hyundai Mobil Indonesia berharap seluruh Pelanggan setia Hyundai dapat mempersiapkan kendaraannya lebih dini dalam menghadapai mudik atau liburan lebaran tahun ini.



Kalo ada yg mau mudik... siapa tahu bermanfaat...




* PS : Saya bukan orang hyundai, broadcast yg ada di milist TFC aja...
profile picture
Kaskus Addict #13

Siapa Bilang Trajet Gak Keren...

Foto-foto Hyundai Trajet Tahun 2005

Spoiler for Awas Bandwith Killer!

#1


#2


#3


#4


#5


#6


#7


#8


#9


#10


#11


#12


#13


#14



Foto-foto Hyundai Trajet Custom
Beberapa Contoh Modifikasi Outfit Trajet, yang semuanya merupakan KOREAN DOMESTIC MARKET (KDM)

Dilarang ngeces ya gan...

Spoiler for jebakan betmen!!!



Spoiler for jebakan supermen!!!



Spoiler for jebakan woderwomen!!!



Spoiler for jebakan x-men!!!



Spoiler for jebakan permen!!!



ijin bookmark di rumah baru gan (huhuy, pindah rumah lagi nih...)
taya lagi gan,,,
bengkel yang recomended buat betulin lampu dimana gan,, ane kurang paham betul, coz selama ini taunya cuma beres aja, tapi kan klo di beres gantinya semuanya 1 set,,jadi biayanya muahal,,,lampu ane dah mati 2 x gan,,pertama yang kiri, trus ga lama yang kanan, klo diliat dari soket yang kiri seperti ada bekas kebakar,,,

kalo pasang sensor parkir + kamera, kira2 abis berapa ya gan,,tape ane pionir(pasang baru) rencana mo tambah monitor ato harus diganti juga, klo pasang kamera/sensor parkir?

ane dulu pernah di bobol maling gan,,kaca kiri pecah, trus audio/tv di gondol maling,,dasbordnya berantakan,,untungnya mobilnya di asuransi, jadinya semua ganti baru,,,
Quote:Original Posted By kluk4

kalo pasang sensor parkir + kamera, kira2 abis berapa ya gan,,tape ane pionir(pasang baru) rencana mo tambah monitor ato harus diganti juga, klo pasang kamera/sensor parkir?

ane dulu pernah di bobol maling gan,,kaca kiri pecah, trus audio/tv di gondol maling,,dasbordnya berantakan,,untungnya mobilnya di asuransi, jadinya semua ganti baru,,,


Kalo udah pasang kamera sebenernya ga perlu dipasang sensor mundur gan, krn semuanya udah terlihat di monitor.

Harga sensor parkir, sekitar 200-300k, harga kamera mulai dari 300k, cuma kamera butuh monitor. Kalo HU juragan belum ada monitor harus dipasang monitor, entah itu di roof, gps atau di rear mirror... it's up to you gan.
Tapi kalo saran saya mendig ganti Head Unit Double Din dengan monitornya, itu yg paling ringkes... gak ada kabel bersliweran, begitu juragan tarik mundur tuas gigi, otomatis kamera belakang nyala... mata tinggal fokus ke monitor.

Trajeters are smart consumers...

Quote:Original Posted By ikaskus
Sy sering ketemu ,orang orang itu suka membandingkan mobil karena merknya. DAMNed FANATIC.
Dan selalu menganggap Hyundai itu merk jelek. orang kayak gitu sy anggap orang yg tidak punya pengetahuan.
Berhubung yg jual merk Hyndai tidak becus , orang jadi anggap barang jelek.
Saya suka tanya temen saya yg bangga bener ama inopa gres dia , dan agak terus terang sy jadi suka menghina balik.
mari kita banding . mobil inopa keluaran terbaru seri tertinggi dibanding ama sy punya Hyundai Trajet 2.700cc V6 TAHUN 2000.
- Fitur jangan dikata lagi, kalo gak mau dibilang asal jadi vs segudang fitur.
- Konsumsi bensin. apanya yg irit. apalagi kalo di isi premium, getaran mesinya udah gak normal. sy mau pake premium ato super TT juga gak masalah
- Mesin teknologi pas pasan vs mesin V6 Quad Cam.
- sasis gerobak gardan vs sasis monokok.
- suspensi belakang belum independen vs suspensi ala sedan.
- rem belakang masih tromol teknologi jaman kuda gigit besi vs cakram.
- dll
sy pernah tanya salesnya ,
" Kok rem belakang masih teromol bisa ada sistim ABS ?" orgnya tidak bisa jawab , aaa aaa uu uu.
"kok mobil dengan harga hampir 300 jt ,gak ada fitur pelipat spion elektrik , gak ada jok kulit ?
"apa beda seri murah dengan seri mahal ? cuman di fitur yg tidak masuk akal , "ada defogger kaca belakang, yg lebih murah lagi malah sekalian gak ada wipernya !!!" parahh.
"Kalau gw keliling dunia, semua negara TAHU apa itu hyundai Trajet" , kalo inopa, terus terang gw agak kerepotan jawabnya , "actually is a sub brand call Deer in english"
jadi apa bagusnya ? merknya !!!


Setuju sekali, maka dari itu...BE A SMART CONSUMER....!! :
Quote:Original Posted By ikaskus
Foto foto / gambar





ada yg dah modif kaya gini gak dijakarta , tampilin donk sekalian bengkel modif dimana , kira2 habis berapa ?
atas gw.. gile.. nge-ces gan..
tadi malem ane juga di bandingin sama honda stream,,tapi ane ga tau speknya honda,,,ane diem aja males nanggepin,,,

KASKUS Sign In

or Sign In with