Informasi & Konsultasi GRATIS Seputar Penerimaan TNI

Post Reply
72 votes, 4.58 average.
Subscribe share: Facebook Twitter

Tanya-Jawab & Konsultasi BEBAS, Warga Sipil Yg ingin jadi TNI

Silahkan Yang Ingin ber tanya-tanya tentang syarat-syarat dan apa saja yang perlu disiapkan dalam menghadapi Tes untuk menjadi anggota TNI monggo

InsyaAllah akan saya jawab sebisanya... dan Bebas..., saya hanya membantu..., kalau misal nantinya ada hal-hal yg belum saya ketahui, bisa saya tanyakan kepada ahlinya...

boleh tanya apa saja,
dari yang ingin menjadi TAMTAMA PK, BINTARA PK, MAUPUN PERWIRA SUMBER AKMIL, AAU, AAL , SEPA PK , maupun PERWIRA PSDP (PRAJURIT SUKARELA DINAS PENDEK )



Rekruitment

Prajurit TNI AD,direkrut dari masyarakat umum dalam upaya memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD. Untuk memperoleh prajurit baru yang berkualitas serta mampu memenuhi tuntutan tugas, maka penyediaan prajurit dilaksanakan melalui penerimaan dan pengerahan dengan kegiatan-kegiatan pengujian atau penyaringan berdasarkan persyaratan yang ditentukan.

Persyaratan Umum untuk menjadi prajurit adalah :

1. Warga negara Republik Indonesia,
2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945,
4. Sudah berumur 18 tahun,
5. Sehat jasmani dan rohni, serta
6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan
7. Keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
8. Selain itu, harus memenuhi persyaratan lain yang ditentuka dan lulus dari pengujian atau lulus dari penyaringan.

Penerimaan Prajurit di lingkungan TNI AD di bagi dalam 3 kelompok yaitu kelompok Tamtama, Bintara dan Perwira.

Tamtama :

Membentuk prajurit dalam tatanan organisasi TNI/TNI AD sebagai prajurit pelaksana yang terpercaya dengan keterampilan yang tinggi. Karena itu pendidikan Tamtama bertujuan membentuk dan mengembangkan pemuda-pemuda warga negara Indonesia yang memenuhi syarat sesuai ketentuan untuk menjadi Calon Tamtama umum TNI AD.
Spoiler for pesan
PERSYARATAN TAMTAMA PK

1. PERSYARATAN UMUM

a. Warga Negara Republik Indonesia, Pria, dan bukan anggota/mantan prajurit TNI/ Polri dan PNS TNI.

b. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

c. Setia Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945

d. Berumur sekurang kurangnya 18 tahun dan setinggi tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama.

e. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian Republik Indonesia.

f. Sehat Jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.

g. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

2.PERSYARATAN LAIN

a. Serendah-rendahnya berijazah/lulusan SMP/Tsanawiyah atau yang setara baik negeri atau swasta yang terakreditasi.

b. Belum pernah kimpoi/nikah dan sanggup tidak kimpoi/nikah selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit.

c. Memiliki tinggi badan sekurang kurangya 163 Cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

d. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 7 tahun.

e. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

f. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bbi dengan meneliti KTP orang tua/wali ( sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003)

g. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 Cm.

h. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:

1) Administrasi
2) Kesehatan
3) Jasmani
4) wawancara
5) Psikologi.

PERSAYARATAN TAMBAHAN

a. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Depdiknas.

b.Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

c. Bebas narkoba.

d. bagi yang sudah bekerja :

1) Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas jawatan/instansi yang bersangkutan.

2) Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Tamtama PK TNI AD..

e. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung. Apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama. sumber: [url]www.tniad.mil.id[/url]




Bintara :

Membentuk prajurit Bintara dalam tatanan organisasi TNI sebagai pimpinan unit kecil, juru, pelatih, pengawas serta tulang punggung pelaksana tugas TNI/TNI AD. Karena itu pendidikan Bintara bertujuan membentuk dan mengembangkan Bintara; agar mampu, cakap serta mahir melaksanakan tugas dan jabatan sesuai dengan lapangan penugasannya.

Spoiler for pesan
PERSYARATAN BINTARA PK TNI AD

1. PERSYARATAN UMUM

a. Warga Negara Republik Indonesia.

b. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

c. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.

d. Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.

e.Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.

f. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.

g.Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

2. PERSYARATAN LAIN.

a. Pria/Wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI

b. Lulusan SMA/MA/SMK/SPK atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan/terakreditasi.

c. Belum pernah kimpoi dan sanggup tidak kimpoi selama dalam pendidikan pertama.

d. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 Cm untuk pria dan 157 Cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

e.Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.

f. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

g.Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003).

h.Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 Cm.

i. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.:

1) Administrasi.
2) Kesehatan.
3) Jasmani.
4) Wawancara.
5) Psikologi.

3 PERSYARATAN TAMBAHAN

a. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Depdiknas.

b. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

c. Bebas Narkoba.

d. Bagi yang sudah bekerja :

1) Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/Instansi yang bersangkutan.

2) Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD.

e. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama. sumber : [url]www.tniad.mil.id[/url]




Pendidikan Perwira.

Membentuk prajurit Perwira dalam tatanan organisasi TNI/TNI AD sebagai pemimpin dalam arti luas. Dalam arti sebenarnya, yaitu Pimpinan yang mempunyai nilai kejuangan dan kemampuan profesi yang tinggi. Karena itu Pendidikan Perwira bertujuan membentuk dan mengembangkan Perwira agar: mampu, cakap serta mahir melaksanakan tugas dan jabatan sesuai dengan lapangan penugasan, sebagai kekuatan Pertahanan.




Semua pertanyaan yg di tujukan ke TS insyaAllah akan di jawab satu per satu, tapi harap sabar.... karena banyaknya pertanyaan yg masuk dan banyak kegiatan

jangan lupa kirim cendol ya gan ....



kalau trit ini bermanfaat.... di rate yach gan...






LANJUTANNYA DI BAWAH GAN

chat with me :



KUNJUNGI TREAD SAYA YANG LAIN

BAGI-BAGI E-BOOK MARKETING DAN BISNIS GRATIS (UPDATE)
||DISKUSI & SHARE|| Bisnis Distributor, Agen, Loper KORAN dan Majalah
[TANYAKAN KE SINI] Jangan Terjebak bisnis Online "SAMPAH" yang membodohi
URUT-URUTAN TES

URUT-URUTAN TES SECARA GARIS BESARNYA ADALAH SBB:

Spoiler for urut-urutan tes


urut-urutan tes secara gari besar nya :

1. TES ADMINISTRASI ( PENGECEKAN ADMINISTRASI ) = KALAU TIDAK MEMENUHI SYARAT LANGSUNG GAGAL
2. TES KESEHATAN 1
3. TES KESEGARAN JASMANI, MELIPUTI :

A. LARI 12 MENIT
B. PULL UP 1 MENIT
C. SIT UP 1 MENIT
D. PUSH UP 1 MENIT
E. SHULTLE RUN SECEPATNYA
F. RENANG 25 METER

PENGUMUMAN = YANG GAGAL PULANG, YANG LANJUT KE TAHAP 4

4. TES KESEHATAN 2

PENGUMUMAN= YANG GAGAL PULANG, YANG LANJUT KE TAHAP 5

5. TES TULIS MENTAL IDEOLOGI
6. WAWANCARA MENTAL IDEOLOGI

PENGUMUMAN= YANG GAGAL PULANG, YANG LANJUT KE TAHAP 7

7. PRA PANTOKIR DAERAH. (SUB PANDA BAGI YANG DAFTAR DI SUB PANDA)
8. PANTOKIR DAERAH.

PENGUMUMAN= YANG GAGAL PULANG, YANG LANJUT KE TAHAP 9

9. PANTOKIR PUSAT

POIN 1 SAMPAI POIN 6 DI ULANGI LAGI DARI AWAL.
TES PSIKOLOGI.

PENGUMUMAN= YANG GAGAL KEMBALI KE RUMAH MASING-MASING DAPAT UANG SAKU DARI MABES TNI

YANG LOLOS TIDAK DAPAT UANG SAKU, TETAPI BERANGKAT KE MAGELANG.




KEPANGKATAN DI TNI

Spoiler for kepangkatan TNI dari yang terendah


DI MULAI DARI YANG TERENDAH
GOLONGAN TAMTAMA
1. Prada ( Prajurit Dua )
2. Pratu ( Prajurit Satu )
3. Praka ( Prajurit Kepala )
4. Kopda ( Kopral Dua )
5. Koptu ( Kopral Satu )
6. Kopka ( Kopral Kepala )

GOLONGAN BINTARA
7. Serda ( Sersan Dua )
8. Sertu ( Sersan Satu )
9. Serka ( Sersan Kepala )
10. Serma ( Sersan Mayor )
BINTARA TINGGI
11. Pelda ( Pembantu letnan Dua )
12. Peltu ( pembantu letnan Satu )

GOLONGAN PERWIRA
PAMA ( PERWIRA PERTAMA )
13. Letda ( letnan dua )
14. lettu ( letnan satu )
15. Kapten
PAMEN ( PERWIRA MENENGAH )
16. Mayor
17. Letkol ( letnan kolonel )
18. Kolonel
PATI ( PERWIRA TINGGI )
19. Brigjen ( Brigadir jenderal )
20. Mayjen ( mayor jenderal )
21. letjen ( letnan jenderal )
22. Jenderal



BEASISWA TNI

Beasiswa TNI diperuntukkan bagi mahasiswa semester 6 dari perguruan tinggi tertentu, yang jurusan kuliahnya di butuhkan oleh TNI.

Spoiler for beasiswa TNI



mengenai beasiswa TNI.

untuk mendapatkan beasiswa TNI itu ada syaratnya.
diantaranya yg berhak menerima adalah mahasiswa semester 6 atau mahasiswa yg hampir menyelesaikan kuliahnya dalam rentang 1-2 tahun.
dan itupun hanya jurusan-jurusan tertentu yg berhak mendapatkan beasiswa.

selain itu, hanya universitas2 tertentu yg berhak mendapatkan beasiswa.

bagaimana cara mendapat beasiswa tersebut?

nah itu harus MENGIKUTI SELEKSI SEPERTI MAU DAFTAR AKMIL ATAUPUN PA PK

setelah dinyatakan lulus, maka mahasiswa tersebut berhak mendapatkan beasiswa TNI sampai lulus.

nah setelah lulus.
misal lulus tahun 2011 awal.

maka pada anggaran penerimaan TNI TA.2011.
yg dari PA PK ( lulusan sarjana S1 ) mereka melaksanakan seleksi penerimaan TNI, sedangkan yg Mahasiswa beasiswa mereka tidak melaksanakan Tes, karena mereka sudah diterima 90% jadi TNI.

jadi mahasiswa beasiswa TNI ini menunggu PA PK TA.2011 yg melaksanakan seleksi daerah.

kemudian ketika seleksi pusat. PA PK reguler yg dari S1 dan mahasiswa beasiswa yg sekarang sudah lulus, sekarang akan jadi satu, bergabung di pusat, mahasiswa beasiswa ini akan melakukan rikes ulang, karena mereka kan diseleksi 1 atau 2 tahun yg lalu. kemudian akan ditentukan yg mana yg lulus.

jadi mahasiswa beasiswa TNI ini melaksanakan tes di awal, ketika mau menerima beasiswa, jadi waktu mau jadi TNI tinggal menunggu di pusat untuk melaksanakan tes ulang.
kalau kesehatannya tidak bagus, maka akan di ulang tahun berikutnya.



DAFTAR UNIVERSITAS YANG DAPAT MENERIMA BEASISWA TNI

Spoiler for daftar universitas


UNIVERSITAS YANG DAPAT MENERIMA BEA SISWA


SUMATERA BAGIAN UTARA

Universitas Sumatera Utara (USU) Medan
IAIN Sumatera Utara Medan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
Universitas Andalas (UNAND) Padang

SUMATERA BAGIAN SELATAN

Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang
Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Palembang

JAWA BARAT

Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung
Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung
Universitas Nurtanio Bandung (UNNUR) Bandung
Universitas Ahmad Yani (UNJANI) Bandung
Universitas Islam Bandung (UNISBA) Bandung
Universitas Kristen Maranatha Bandung
Universitas Parahyangan (UNPAR) Bandung
Universitas Pasundan Bandung
Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

JATENG DAN D.I. YOGYAKARTA

Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
Universitas Katholik Soegijapranata Semarang
STMIK AKI Semarang
Universitas Negeri Semarang
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Surakarta
Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta
Universitas Islam Idonesia (UII) Yogyakarta
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
STMIK AKAKOM Yogyakarta
IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Universitas Jenderal Sudirman (UNSOED) Purwokerto

JAWA TIMUR

Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya
Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya
Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya
IAIN Sunan Ampel Surabaya
Universitas Brawijaya (UNIBRAW) Malang
Universitas Merdeka (UNMER) Malang

KALIMANTAN

Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak
Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) Banjarmasin

SULAWESI

Universitas Samratulangi (UNSRAT) Manado
Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar

BALI

Universitas Udayana Denpasar
Universitas Mataram Mataram

DKI JAKARTA DAN BOGOR

Universitas Indonesia (UI) Jakarta
UPN "Veteran" Jakarta
Universitas Yarsi Jakarta
Universitas Suryadharma Jakarta
Universitas Trisakti Jakarta
Universitas Katholik Atmajaya Jakarta
Universitas Prof. Dr. Moestopo Jakarta
Universitas Gunadarma Jakarta
Universitas Pancasila Jakarta
Universitas Tarumanegara Jakarta
Universitas Budi Luhur Jakarta
Univ. Persada Indonesia "YAI" Jakarta
Universitas Bina Nusantara Jakarta
IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta
Universitas Muhammdiyah Jakarta
Universitas Borobudur Jakarta
Universitas Jayabaya Jakarta
Universitas Krisnadwipayana Jakarta
Universitas Negeri Jakarta
Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor

NANGROE ACEH DARUSSALAM

Universitas Syah Kuala Banda Aceh

PSDP

Spoiler for Perwira abituren PSDP




1. PSDP = Prajurit Sukarela Dinas Pendek.

bukan caba ataupun capa, dari SMA IPA, pendidikan di AAU yogyakarta selama 3,5 tahun , lulus berpangkat letnan dua (Perwira)

lulusan PSDP ini semuanya adalah PENERBANG PESAWAT

mereka akan di bagi ke dalam 3 matra, Darat, laut dan Udara.

2. perbedaan dengan TNI AU , jelas beda, PSDP dididik khusus sebagai penerbang. klo TNI AU mereka bisa mengisi semua korps di lingkungan TNI AU.

klo PSDP mereka klo di di TNI AD , mereka akan masuk korps PENERBAD

kalau di TNI AL akan masuk korps PELAUT di khusus kan lagi sebagai penerbang

kalau di TNI AU akan masuk korps PENERBANG.

3. IDP 10 tahun, rata2 hanya sampai pangkat kapten atau mayor.




FAQ


Spoiler for Sebelum bertanya baca dulu disini


hal-hal yang sering di tanyakan kaskuser.

A= Pertanyaan
B=Jawab

A : gan ane SMA jurusan IPS apa bisa daftar ?
B : bisa, untuk SMA jurusan IPS hanya bisa daftar golongan tamtama dan bintara, untuk AKMIL, AAU, AAL dan PSDP harus SMA IPA.

A : Gan ane SMA jurusan IPS apa bisa daftar AKMIL?
B : Tidak bisa, AKMIL, AAU , AAL dan PSDP hanya untuk SMA jurusan IPA.

A: Gan ane punya penyakit, pernah patah tulang, mata minus, apa bisa daftar?
B : Bisa daftar, tidak ada yang ngelarang, tapi di terima atau enggak nya kan tergantung tes.

A: Gan saya kelebihan berat badan, fisik kurang, dll, apa bisa daftar?
B : Bisa daftar, tidak ada yang ngelarang, tapi di terima atau enggaknya kan tergantung tes.

A: Gan habis lulus dari AKMIL nanti pangkatnya apa? pendidikan berapa lama?
B: lulus di lantik letnan dua, pendidikan 4 tahun.

A: Gan bedanya AKMIL dan PA PK apaan ?
B : beda sumber penerimaan, keduanya merupakan sumber penerimaan golongan perwira, kalau AKMIL dari sumber SMA IPA, kalau PA PK dari sumber sarjana atau diploma, pendidikan AKMIL 4 tahun, pendidikan PA PK 7 bulan.

A : gan saya pingin masuk kopassus, gimana caranya ?
B : pikirkan dulu gimana cara masuk menjadi anggota TNI. nanti klo udah masuk jadi anggota TNI kamu akan tahu sendiri.

A: gan katanya PA PK itu tentara staf, saya tidak pingin di staf ? saya pingin di pasukan.
B : tidak ada tentara staf dan tentara pasukan. baik PA PK maupun AKMIL sama saja, semua akan melewati bekerja di staf maupun di pasukan, staf dan pasukan merupakan jabatan, jabatan akan berputar seperti roda, jadi silih berganti, mau tidak mau, semua akan melewati staf dan pasukan.

A : gan patah tulang bisa masuk gak?
B : Jawabannya bisa iya bisa tidak.

Bisa masuk apabila (saling dikaitkan gan ya dan saling berurutan tiap nomor):
1. Fraktur terjadi bila hanya retak dan tidak menggeser posisi tulang.
2. Fraktur tidak mengubah posisi normal anggota badan.
3. pada bagian tubuh yang fraktur harus tidak sakit waktu dipegang/ ditekan agak keras.

Tidak bisa masuk apabila :
1. Fraktur terjadi dg cedera parah dan tulang remuk sehingga dipasang plat besi(pen) didalamnya.
2. bekas Fraktur mengubah fungsi anggota badan misal pada tangan yg seharusnya bisa tengadah menjadi tidak bisa.


pertanyaan lain nanti di update lagi



BERKAS-BERKAS YANG DISIAPKAN

Spoiler for berkas-berkas

rangkap 7 itu maksudnya 7 bandel gan

1 bandel itu masuk dalam 1 stopmap

1 stopmap itu isinya berkas2 banyak sekali gan. nanti akan di kasih tahu kalau mau penyiapan administrasi, soalnya banyak bgt.

yg saya tulis disini hanya sebagai acuan. dalam 1 stopmap itu isinya apa aja.

tapi kurang lebih isinya dalam 1 stopmap kyk gini, tapi ini bisa kurang bisa lebih gan.

1. RH
2. Surat keterangan belum pernah menikah dan tidak akan menikah selama pendidikan
3. Surat peryataan kesanggupan menjadi TNI.
4. Surat persetujuan orang tua/wali
5. Surat peryataan.

poin 1-5 gak usah buat, udah disediakan panitia, tinggal diisi aja
6. surat lamaran bermateri. ( sudah di kasih contoh ) tinggal tulis tangan persis, ganti nama saja.

7. ijazah SD ( STTB dan DANEM ) legalisir
8. Ijazah SMP ( STTB dan DANEM ) legalisir
9. ijazah SMA ( STTB dan DANEM ) legalisir

10. ijazah kuliah ( ijazah dan transkrip nilai serta lembar akreditasi ) legalisir ( untuk PA PK )

11. SKCK legalisir
12. Akta kelahiran legalisir
13. KK legalisir
14. KTP bapak dan ibu legalisir
15. KTP orng yg bersangkutan legalisir

16. lainnya saya lupa...ini semua gak usah di tanyakan, besok kalau mau daftar akan tau sndiri....



INDEX, untuk memudahkan pencarian jawaban yang sudah ada

Spoiler for index


baru di susun

Quote:Original Posted By sixerskids
Assalamualaikum semua... berhubung sudah memasuki bulan-bulan pendaftaran untuk TNI-POLRI maka ijinkan saya buat thread tanya jawabnya.

jadi gini gan, ane masih nemuin berbagai macam pertanyaan dari para calon anggota TNI-POLRI yang masih galau dan bingung dikarenakan minimnya informasi yang didapat.
disini ane mau ngerangkum pertanyaan-pertanyaan yang yang dilontarkan dan ane mau kasih jawaban satu persatu setahu ane. kalo ada yang salah bisa dong bantu ngoreksi buat para agan dan aganwati yang haus akan informasi.

oke langsung kita mulai saja ya..

Spoiler for kapan buka pendaftaran?
oke untuk yang satu ini emang bikin galau. yups... kapan buka pendaftaran?
untuk pendaftaran sendiri masih belum jelas, sebaiknya tunggu saja pengumuman resminya sambil berlatih dan berdoa.
untuk POLRI ini ada kabar :
PENERIMAAN POLRI 2014 ,

Pada tahun ini Polri akan menerima pendaftaran
sebagai Tamtama, Bintara dan Taruna Akpol yang cukup besar dalam angka
penerimaanya.

Dalam hal ini untuk mengimbangi jumlah pesonil yang akan
pensiun di tahun-tahun yang akan datang dan jumlah anggota Polri yang
kurang memadahi dengan jumlah penduduk di Indonesia.

Dalam penenerimaan / perekrutan angota Polri pada tahun 2014 ini akan
menjadi 3 golongan dan akan di lakukan seleksi sekitar pada bulan februari,
Maret dan April 2014, diantaranya adalah :

- Akpol ( Akademi Kepolisian ) pendaftaran dan persyaratanya sebagai
berikut , Ijasah SMA derejat dengan nilai rata-rata 7.25, untuk usia
sendiri maksimal 21 tahun menurut kabar penerimaan sendiri sejumlah
350 orang.
pendafatran Akpol sendiri akan di mulai di perkirakan pada
bulan Ferbruari.

-Bintara Polri pendaftaran dan persyaratanya sebagai berikut : Ijasah
SMA derejat dengan nilai rata-rata 6.25. Usia maksimal 21 tahun.
menurut kabar jumlah penerimaan di ambil 17.000 orang (seluruh
Nusantara) pendaftaran diperkirakan pada bulan Maret 2014.

-Tamtama Polri pendafatran dan persyaratanya , Ijasah Sma derejat
dengan nilai rata-rata 5.5, umur maksimal 22 tahun , menurut
kabar Jumlah peerimaan untuk golongan Tamtama sediri di ambil 3000
orang (seluruh Nusantara) pendaftaran di mulai bulan April 2014..

Demikianlah informasi sementara untuk pendafatran anggota Polri pada tahun
2014 ini. Semoga dapat bermanfaat bagi yang ingin menjadi anggota Polri
persiapankanlah dari sekarang.


Spoiler for kesehatan
oke ini fatal. tes kesehatan sangatlah rawan karena gak sedikit yang gugur disini. ada baiknya kita cek kesehatan dahulu sebelum daftar TNI-POLRI untuk mencegah kita gagal pada tahap seleksi ini.
biasanya yang paling sering didapati adalah penyakit:
1) darah tinggi/tensi tinggi. (penyebabnya biasanya adalah faktor keturunan serta pola makan yang tidak sehat. bisa juga karena sering tidur larut malam.) ada baiknya kita periksakan diri lebih dahulu.
2) gigi berlubang. sebenarnya gak ada masalah bila gigi kita berlubang asalkan sudah ditambal. bila gak mungkin lagi buat ditambal ending dicabut dan diganti gigi palsu apabila letaknya di depan.
3) varises/verikokel. ini adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah. pada varises terdapat pada daerah belakang lutut sedangkan verikokel ada pada testis. varises bisa disembuhkan sementara dengan suntikan sedangkan verikokel dengan operasi.
4) mata minus. ini juga menjadi faktor penting karena sebagian diantara kita menderita penyakit ini. ada batas toleransi untuk mata minus yaitu pada 1 dioptri. cara mencegahnya bisa dengan makan makanan yg mengandung vit A dan apabila sudah minus terlalu banyak bisa dengan operasi lasik. (mahal bro)


Spoiler for permasalahan fisik
pertanyaan yang masuk katagori ini.
1) berapa tinggi minimal supaya bisa masuk TNI-POLRI?
Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku. (AKMIL, AAU, AAL, AKPOL) (BINTARA JUGA) (TAMTAMA BIASANYA 163)

2) berat badan yang sesuai itu berapa ya?
tinggi badan dikurangi 110 gan. (misal tinggi 170, jadi idealnya 170-110= 60 kg)

3) ada bekas luka bisa masuk gak?
lihat dulu bekas luka kayak gmn? kalo bekas luka operasi pengangkatan ginjal ya ga bisa gan. kalo cuma bekas luka jatu biasa InsyaAlla bisa kok. asal ga pernah patah tulang aja.
4) kalau tingginya kurang gimana? ya tentu aja gak bisa. kurang 1 milimeter aja gagal. (cara nambah tinggi gmn? minum vitamin perangsang hormon pertumbuhan, titur teratur, olahraga renang teratur)
5) gimana cara ngurusin berat badan? ya olahraga, makannya dijaga. jangan suka makan dan nyemil malem hari.


Spoiler for jasmani
oke sekarang bahas masalah jasmani bisa dilihat di http://www.kodam-im.mil.id/index.php...blik&Itemid=50

yahh lolos tidaknya nanti juga tergantung saingan juga gan.
pertanyaan lain:
1) renangnya pakai gaya apa? biasanya prefer gaya katak/gaya dada. tapi pakai gaya apa aja boleh asal nyampai gan.



Spoiler for meningkatkan jasmani
cara meningkatkan kemampuan jasmani
yang pasti latihan teratur, berkala dan berkesinambungan. gak ada sehari dua hari latian langsung kuat lari 6 putaran lebih. setidaknya butuh minimal setahun latian agar dapat memperoleh nilai maksimal.





pertanyaan berikutnya..., nyambung dari agan2 penanya di atas..., Agan TS sipil apa Anggota?
Quote:Original Posted By pemangsa
pertanyaan berikutnya..., nyambung dari agan2 penanya di atas..., Agan TS sipil apa Anggota?


nice.
tiga pertanyaan langsung berisi serupa.

"Sampeyan sipil atau anggota je?"
saya termasuk warga sipil ato bukan yah
mas, bs bantu saya gak? Ane pgn daftar PK, tapi lulusnya langsung jenderal bs gak?
Quote:Original Posted By izza87
saya Anggota

.......


Anggota mana mas? sory kalo banyak nanya
profile picture
Kaskus Addict #10
gimana cara seseorang naik pangkat?
Trus, pendaftaran buat PK ato akmil dimana gan?
Materinya apa aja?
Quote:Original Posted By faithtear
pertanyaan pertama, mas-nya sipil atau anggota?


Quote:Original Posted By umam4
mas nya sipil apa anggota kalo sekedar share mungkin masih wajar.....

sipil atau anggota mas.. ???


Quote:Original Posted By redfireburn
mas bener ga sih klo pas lagi tes masuk tentara, anu kita dipegang2 :maho...klo bener maksudnya apa ya :


iya betul sekali, itu untuk mengetahui kita apakah kita terkena varikokel atau tidak varikokel ( varises pada kemaluan)

Quote:Original Posted By iswahjudi
mas, bs bantu saya gak? Ane pgn daftar PK, tapi lulusnya langsung jenderal bs gak?


PK apa dulu..
tamtama PK lulus dilantik dengan pangkat Prada ( prajurit dua )
Bintara PK lulus dilantik dengan pangkat Serda ( sersan Dua )
Perwira PK lulus dilantik dengan pangkat Letda ( letnan Dua )

tidak bisa jadi jendtral langsung ...


Quote:Original Posted By pemangsa
Anggota mana mas? sory kalo banyak nanya


Quote:Original Posted By zackldi
gimana cara seseorang naik pangkat?
Trus, pendaftaran buat PK ato akmil dimana gan?
Materinya apa aja?


kenaikan pangkat berkala harus lulus UKP ( usul kenaikan pangkat )
terdiri dari kesemaptaan (jasmani)... serta sekolah2 yg mendukung... dan pula tidak cacat hukum

pendaftara perwira abituren akmil dapat di lakukan di kodam, korem terdekat, melalu ajendam..

untuk perwira PK juga sama, yg membedakan, perwira PK adalah lulusan sarjana atau diploma 3
varises kemaluan maksudnya gimana ya ? trus efeknya apa ke tubuh ?
Quote:Original Posted By redfireburn
varises kemaluan maksudnya gimana ya ? trus efeknya apa ke tubuh ?


maaf itu bukan bidang saya gan... dokter yg tahu...

yg jelas klo di paksakan ikut pendidikan, yg tiap hari di tuntut harus lari.. akan berasa sakit bgt...
profile picture
Kaskus Addict #14
Quote:Original Posted By izza87
PM ane aja gan...


waduhh..., harus PM ya Gan? Gak jadi deh.., ane takut sama angka di belakang ID nya Agan
mank syaratnya gmana booz...klo mw jdi anggota TNI mulai dari berta badan, truzz...tingginya brpa...truz..klo pernah gejala tifus gmana y..?? kyaknya jelas ngga' lu2s dech....hxhxhxhx...
Quote:Original Posted By pemangsa
waduhh..., harus PM ya Gan? Gak jadi deh.., ane takut sama angka di belakang ID nya Agan


********
profile picture
Kaskus Addict #17

aux mobensu

gan nanya donk.. ane mw ikutan perwira pk neh.. cuman badan ane kelewat subur.. agan bs bantu gak? ane bener2 pengen bgt niy gan masuk perwira pk.. bantuin ane ya gan..
profile picture
Kaskus Addict #18
Quote:Original Posted By izza87
itu tahun lahirku gan
TS nya gak galak kok gan


Ooo gitu..., maklum ane nubi Gan. Kalo psikotest apaan aja ya Gan?
profile picture
Kaskus Addict #19
Quote:Original Posted By pemangsa
waduhh..., harus PM ya Gan? Gak jadi deh.., ane takut sama angka di belakang ID nya Agan


apalagi kalau dibalik om \t
profile picture
Kaskus Addict #20
Quote:Original Posted By sinner
apalagi kalau dibalik om \t


wkwkwkw....., kayaknya yg angka segitu gak pada ngaskus deh. Dulu pertama aja ane kaget ama angka 79.., lhadalah ternyata begitu...

KASKUS Sign In

or Sign In with