• Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • Keputusan Tokopedia yang terkesan buru - buru dalam kendala produk bergaransi resmi

fairway5gAvatar border
TS
fairway5g
Keputusan Tokopedia yang terkesan buru - buru dalam kendala produk bergaransi resmi
pertama - tama ijinkan saya untuk menulis uneg2 yang terjadi hari ini. sebenarnya sudah lama saya bergerak di bidang jual beli online, sejak fjb kaskus kemudian ke lapak merah, oren, biru dan pastinya tokopedia juga. namun setelah berkutat hampir beberapa tahun sejak pembuatan toko online di platform tersebut, kasus kali ini dapat dibilang cukup menarik dan membuat risau sehingga saya membuat SP ini, dimana seharusnya untuk orang yang berkecimpung di dunia online sudah menjadi makanan sehari-hari. terlebih reseller elektronik khususnya HP

garis besarnya user membeli hp dan menemukan kendala hp tersebut buram untuk foto, dan mengajukan penukaran unit. detail screenshoot adalah sebagai berikut

terlampir percakapan dengan pembeli sebelum komplain:

Spoiler for Chat:



foto berikut adalah hasil foto xiaomi redmi note 10 pro yang dikomplain

Spoiler for foto:



diskusi setelah komplain dibuat

Spoiler for diskusi:



keputusan yang langsung menyetujui pengembalian produk.

Spoiler for keputusan:



sebenarnya agak kecewa dengan keputusan tersebut, adapun uneg2 saya adalah:

1. pengembalian sudah pasti buka segel, belum lagi bila diterima mentah2 maka akan susah dipasarkan kembali dan jelas harga jatuh sekitar 200rb

2. kendala autofocus seharusnya hanya masalah setting/software, mungkin dari agan2 ada yang pernah ingat redmi note 9 pro ada batch tertentu yang hasil fotonya tidak jelas juga, namun setelah beberapa saat ada update dan kembali bagus.

3. sebagai analogi, ketika membeli indomie dan tidak ada bumbu minyak di dalam, apakah iya kita boleh langsung menukar ke toko penjualnya?ok lah mie instan murah, pasti penjual tidak mau pusing dan pembeli juga males repot2 ribut karena bumbu saja dan memilih diam saja. tapi bagaimana dengan poin 1 diatas untuk elektronik yang harganya jutaan?

4. yang paling membebani adalah untuk alasan ambigu hasil foto, produk baru dapat serta merta dikembalikan, walaupun produk tersebut sudah ada garansi resmi, tapi kali ini saya baru sadar, ternyata kedepannya akan cape apabila berurusan dengan user yang tidak mau repot dan toped yang langsung ingin cepat selesaikan masalah. tiap bulan ada 1 kendala saja seperti itu, maka habislah semangat berjualan.

saya tidak tau apakah SP kali ini akan berfaedah, sudah jelas keputusan tidak akan berubah, sebab pembeli sendiri sudah tidak mau repot2 untuk mengecek produknya ke sc terdekat, padahal kemungkinan besar teknisi xiaomi bisa dengan mudah memperbaiki, atau hanya set sedikit kendala selesai.

kalau ada pembahasan,saya lebih tertarik kalau ada agan yang reply untuk share pengalamannya, yang ingin saya tahu, apakah memang benar semudah itu retur ke toko walau garansi resmi?sebab baru kali ini mendapat pembeli yang seperti tersebut, diluar pikiran itu hanya akal2an saja. pembeli lainnya ada yang memang pernah kendala hardware tapi mau untuk gerak ke SC terdekat, sehingga tidak pernah ada komplain serupa.

hal lainnya.apakah ada yang punya info kenapa tipe redmi note 10 pro bisa bermasalah foto buram?sebab tanya mbah google sama sekali tidak ada rujukannya.

terima kasih untuk yang membaca, akan terbantu apabila ada agan yang berpengalaman juga perihal ini untuk reply.
0
4.1K
21
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Tampilkan semua post
flxcodeAvatar border
flxcode
#1
Keknya kenal ni lapak. Ente lagi sial ketemu buyer aj gan. Ga semua mau dan ngerti. Ini keknya tipikal buyer yg berpikiran sama kek beli ac di toko. Pas pasang ada kerusakan. Ngamuknya ke toko. Jangan pikir semua pembeli sama. Dari awal jg pembelinya emang maunya kembaliin barang. Tapi yg janggal ada komenan bukan pertama kali beli hp. Tapi pertama kali ada penjual menolak pengembalian barang baru???jiwa suudzon ane agak tergelitik. Tapi diskusi paling bawah dia emang ga ngerti soal hp baru sih. Diakhir diskusi dia bilang kalo barang baru mesti dipastiin dulu sama penjual. Lain kali kasih barang "ripek" aj ke pembeli kek gini.banyak seller yang bingung jual barang ripekan. Ada kemungkinan pembeli yang ini berarti belum riset pasar dulu.

Ane pengguna 9 pro.dan benar kadang di awal pakai pernah blur. Tapi makin malah kaga kok. Pernah komen hp gatcha. Tapi kalo 10 pro ntah deh. Coba cek forum xiaomi. Pa tau ada suhu yang paham. Intinya karena kamera blur. Kalo agan pas terima dan ternyata tidak ada kendala itu. Agan bisa komplain loh. Atau mudahnya bawa aja ke xiaomi dan bikin tertulis soal itu produk. Kalo jatuhnya emang tetap toped ga mau pusing dan kembaliin barang dan uang. Agan bisa flame di sp yang lebih besar kek medkon dengan bukti tersebut. Setidaknya dari historis agan ada bargain power ketika kendala yang sama dan toped ga asal ok kan. Tapi hanya pemikiran ane di pagi hari libur ketika gabut aja.hehe



fairway5g
fairway5g memberi reputasi
1
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.