Coba jawab ya.. :) 3. why the speed of light is the same for all observers? according to Einstein relativity. kecepatan cahaya konstan bagi seluruh pengamat, bukan karena teori relativitas einstein. Tapi memang karena pengamatan menunjukkan hal tersebut. Percobaan Michelson-Morley yang menunjuk...
gan, jumlah bilangan real antara 0 dan 1 kan ada tak-hingga. jumlah bilangan real antara 1 dan 2 kan ada tak-hingga juga. bilangan real antara 0 dan 2 juga tak-hingga. secara logika kan harusnya jumlah bilangan real antara 0 dan 2 kan harusnya lebih banyak dibanding antara 0 dan 1. apalagi kalo d...
Hukum kekekalan massa sebenernya bukan hukum yang berlaku general. Hukum ini spesifik hanya berlaku di dalam reaksi kimia. Namun secara hukum fisika, massa tidak harus kekal atau terkonservasi. Yang ada adalah hukum kekekalan energi. Nah kalau ini, sifatnya baru universal. Contoh fenomena dimana h
Yg lebih lengkapnya gini mungkin ya. A0 = posisi ujung A sebelon ditarik A1 = posisi ujung A setelah ditarik B0 = posisi ujung B sebelon ditarik B1 = posisi ujung B setelah ditarik A1-----------------<<---------A0--------------/ /-----------------B1---------<<----------------B0 Log
Saya mau nanya nih... Semisal peluru di tembakan dalam keadaan diam kecepatannya adalah 300 m/s nah ketika di tembakan dari pesawat yg bergerak pada kecepatan yg sama maka kecepatan pelornya jadi 600 m/s, nah ini berlaku juga ga dengan kecepatan cahaya ? Berdasarkan "logika" harusnya sep
Klo tiba2 brenti berputar,gimana ya? kalo tiba2 berhenti, semua orang akan terlempar dengan kecepatan yang disebut sama TS tadi. Lautan akan mengalir super deras ke seluruh permukaan bumi. inget seperti yang temen2 bilang, yang 'terasa' sama kita itu percepatan, bukan kecepatan. perubahan pergeraka
HwK*;525dd9c2be29a061238b456b]jadi tergelitik untuk bertanya : terus "teori evolusi" apakah selamanya akan tetap sebuah "teori" padahal evolusi sebagai fenomena yang sudah teramati bisa jadi bukti. apakah contoh evolusi yang ada sekarang tidak bisa menjadikan "teori evolu...
kalo elo bilang evolusi itu teori, bukan hukum.... bisa bener, bisa salah. kalo elu bilang evolusi itu teori, bukan fakta.... salah. Hukum dan teori sama sama menjelaskan fakta. Definisi "hukum" dlm sains itu, apa yang terjadi dalam sebuah lingkungan dalam kondisi tertentu, dan ada bukt
Mengenai perlakuan tentu saja berbeda antara aero levitation dgn magnetic levitation. Di atas ane hanya berbicara tentang konsep saja, yaitu mengkondisikan gelombang magnet agar kemampuan trapping-nya menjadi besar. Tentu saja caranya berbeda dengan yang diterapkan pada Aero Levitation. Kalau tah
Gaya gravitasi itu cuma efek dari gravitasi yg dipengaruhi massa benda dan percepatan gravitasi itu sendiri. Berdasarkan general relativity juga gravitasilah yg berperan membengkokkan geometry spacetime sehingga segala energi & massa harus mengikuti jalur curved spacetime yg disebut geodesic.
apakah gravitasi itu energi? gravitasi itu gaya, atau bisa juga medan. tapi bukan energi. maaf tapi analoginya salah, guru tidak pernah mengajarkan geosentris hanya supaya murid ga diberi beban berat. biarpun perumpamaan/analoginya berdasarkan realitas, tapi analoginya tetap aja salah karena ti
sebenarnya dilema ini di siswanya sendiri, ga ada hubungannya sama guru, apakah dia lebih percaya pada sesuatu yang tidak bisa disangkal akalnya? atau dia lebih percaya pada sesuatu yang dia ambil dari penglihatannya? tugas guru sekolah cuma mengajarkan yang tidak bisa disangkal lagi (kebenaran
kan konsepnya nggak ada perubahan massa walau saat menerima atau melepas energi. nggak ada masalah tentang benda jatuh, logika siswa bisa diarahkan tentang masalah rumus vt = g t bahwa rumus ini dianggap tidak ada gaya gesek itu jelas tugas guru cuma kalau keluar dari logika siswa bisa jadi b
lab IPA saya tidak bisa menghitung selisih massa sekecil itu batas skala terkecil neraca 4 lengan adalah 0,1 mili gram waah mass spectrometry di lab saya jaman dulu aj ga bs mendeteksi skala sekecil itu, apalagi neraca timbang hehe. tapi baiknya tettap disampaikan supaya konsepnya tertanam. jus
ini bukan masalah malu atau tersinggung, buku pelajaran IPA mulai dari silabus, sampai kisi kisi soal adalah fix hukum kekekalan massa "massa zat sebelum dan sesudah reaksi besarnya sama" di praktekkan di lab sekian gram zat a di reaksikan dengan sekian zat b menghasilkan zat c yang mass
ok sepakat kembali ke energi, terus bagaimana cara menjelaskan tentang zat dan energi di buku IPA tentang energi menurut newton, hukum kekekalan energi ( energi hanya bisa berubah bentuk menjadi energi lain bukan zat ), hukum kekekalan zat yang jelas jelas Applied Sciencenya bisa dipraktekkan di l
contoh konsep sains 1. geo sentris 2. heliocentris 3. big bang 1.1 generatio spontania 1.2 bio genesis 1.3 abiogenesis modern 1.4 panspermia. dan masih banyak lagi tentang pengembaraan sains karena sains tidak absolut manakah yang usefull ?, pasti akan kembali ke Applied Science terus bagaimana
Banyak yg menyamakan sains dengan "knowledge". Sains itu cuma alat, sedangkan knowledge sendiri bisa didapat dengan banyak cara, salah satunya metode sains. Ada juga knowledge yang didapat bukan dengan metode sains. Tapi knowledge yang akurat dan useful adalah biasanya dengan metode sain
sorry............ maksud ane riil bukan harus nampak..........tapi ada dan bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat. karena menurut ane banyak teori teori sains yang hanya berakhir menjadi sebuah teori tanpa ada manfaaat sama sekali. sepertinya sains mengembara terlalu jauh hanya untuk memuaskan
apa sains akan dapat menjawab dari mana Energi penciptaan alam semesta itu berasal?....ini sangat krusial sekali...dan jawaban ada pada agama (Islam)... Hmm sebelum membahas ini, coba kita selami dulu konsep waktu dalam sains ya. Dalam sains, waktu itu sangat terkait dengan ruang. Karena itu pe