ace_01Avatar border
TS
ace_01
iPhone 15 Turun Harga Gimmick atau beneran nggak laku?


iphone 15 turun harga, saatnya sikat 14 pro dan 14 pro max?



Setelah rilis beberapa bulan lalu, tiba-tiba aja iphone 15 series turun harga di Indo. Dan ini beneran nggak lama setelah rilis lho. Nggak cuman di ibox, tapi digimap dan banyak official store di eS E N S O Rmerce juga banyak banget yang turunin harga.

Lumayanlah iphone 15 based model aja jadi cuman tinggal 15 jutaanlah. Turun 1 jutaanlah kira-kira. Asli, ini sesuatu yang di luar kebiasaan sih. Biasanya turun harga tuh udah mau rilis iphone baru. 

Tapi ini beneran nggak lama setelah rilis lho. Dan denger-denger penjualannya juga kurang sih. Ya seperti banyak terjadi di rilis iphone-iphone sebelumnya, tetep aja hype, cuman di 15 series ini berasa kurang katanya.

Temen gue yang punya 15 pro max, lumayan sering ngeluh tuh. Dipake sepedaan aja panas di paha. Performa batre juga ya nggak luar biasa tapi nggak ada upgrade signifikan sih kalo dari 14 pro max dia.

Jadi penasaran juga apakah penurunan harga ini untuk ngejar penjualan unit batch sebelumnya. Atau bentar lagi pengen rilis samsung s24 series terus si buah-buahan ini pengen ikutan hype biar orang makin bingung beli flagship samsung atau iphone aja.

Yang jelas ini kejadian yang lumayan aneh sih buat Apple. Bahkan ada isu juga kalo ini tanda-tanda Apple Store bakal ada di Indo. Well, di thread sebelumnya gue emang udah pernah share kalo sistem distribusi iphone di indo ini agak beda dibanding negara lain. 

Karena sistemnya, ibox, digimap dan banyak toko resmi lainnya "beli putus" lah langsung dari Apple. Jadi garansi yang dikasih ke kita adalah garansi dari ibox bukan yang langsung dari Apple store. 

Menurut gue sistem ini memang menguntungkan importir dan distributor lokal. Gampangnya, orang dalam negeri ini kan jadi ada pemasukanlah gara-gara kulakan iphone terus dijual lagi.

Cuman customer jadi kesusahan urusan after salesnya. ibox, digimap dan distributor lain pastinya mager ngurusin garansi/service after sales yang agak major. Apalagi kayak mesti ganti produk gitu misalkan. Padahal emang produknya aja bermasalah karena emang QC-nya begitu. 

Ujung-ujungnya customer sendiri yang ke singapur dah. Yang mana emang Apple store Singapur bisa langsung nanganin cepet. Kalo pun keluar biaya paling nggak semahal yang ditawarin ibox. 

Di sisi lain sistem distribusi macem ke indo ini agak ngerugiin apple sih. Karena orang yang nggak paham biasanya jadi judging langsung ke apple kalo aftersales mereka susah. Padahal ya emang ribet karena komunikasinya nggak ke Apple langsung, kudu lewat middle man namanya ibox, digimap dll. Jadi layer layanan garansinya berlapis-lapis.

Kalo menurut klean iphone 15 turun harga ini alasan paling masuk akalnya apa ya? Penasaran sama data penjualan iphone 15 di indonesia apakah seburuk itu?
kubelti3
xenoglossy
ferry0101080448
ferry0101080448 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.9K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.