ReikoukiAvatar border
TS
Reikouki
Survei IPS: Prabowo-Gibran 51,8% Anies-Imin 21,3%, Ganjar-Mahfud 19,2%
Jakarta - Indonesia Polling Stations (IPS) kembali merilis survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden seusai pelaksanaan debat pilpres. Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas disusul Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud.

Survei terbaru IPS ini dilakukan pada periode 7-13 Januari 2024 di 38 provinsi dengan total 1.220 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak bertingkat atau multistage random sampling.

Survei dilakukan dengan teknik wawancara telepon dengan bantuan kuesioner. Margin of error survei +/- 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei, responden diberi pertanyaan 'Ketika kami tanyakan, jika saat ini dilaksanakan pemilihan presiden wakil presiden, siapakah yang akan ibu, bapak atau saudara pilih?'

Baca juga:
Simulasi Putaran Kedua IPS: Prabowo-Gibran Ungguli AMIN dan Ganjar-Mahfud

Peneliti Indonesia Polling Stations (IPS) Alfin Sugianto mengatakan sebanyak 51,8 persen responden memilih pasangan Prabowo-Gibran. Sedangkan AMIN mendapatkan 21,3 persen dan Ganjar Mahfud 19,2 persen.

"Mayoritas publik atau sebanyak 51,8 persen responden mengaku akan memilih pasangan Prabowo-Gibran jika pilpres dilaksanakan hari ini, sedangkan 21,3 persen responden mengaku memilih Anies-Cak Imin, dan 19,2 persen responden memilih Ganjar-Mahfud. Sisanya tidak menjawab pertanyaan yang kami ajukan," kata Alfin dalam paparannya, Selasa (16/1/2024).

Alfin menilai, menurunnya elektabilitas AMIN dan Ganjar-Mahfud lantaran melakukan penyerangan ke kandidat lain dalam debat capres 7 Januari lalu. Sementara itu, elektabilitas Prabowo-Gibran disebut semakin naik.

"Strategi menyerang secara kolektif yang dilancarkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo pada debat capres 7 Januari 2024 ternyata menjadi bumerang. Elektabilitas paslon Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud semakin merosot. Sementara elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran justru kian melesat," kata Alfin.

Menurut Alfin, jika strategi menyerang kandidat lain terus dilakukan, Pilpres 2024 dapat dimenangkan Prabowo-Gibran.

Baca juga:
Survei IPS: Gerindra 22,1%, PDIP 18,8%, Golkar 9,8%

"Jika tren seperti itu terus berlangsung dan tidak ada gempa politik, Pilpres 2024 akan dimenangkan pasangan Prabowo-Gibran hanya dalam satu putaran saja," tuturnya.

Berikut elektabilitas capres-cawapres berdasarkan survei Indonesia Polling Stations:

Prabowo-Gibran 51,8%
Anies-Muhaimin 21,3%
Ganjar-Mahfud 19,2%
Undicided 7,7%

Sumber : https://news.detik.com/pemilu/d-7144...ahfud-19-2/amp

Komen TS : Yang ngarep setelah debat capres suara Prabowo turun, ini ada survei setelah debat. Maaf ya harapan anda tidak didukung data, silakan tetap bermimpi emoticon-Leh Uga

Nb. Kalau suara undicided dibagi rata ke masing2 paslon, maka PRAGIB sekitar 54%, sejalan dengan IPSOS dan SPIN, gas 1 putaran emoticon-Big Grin

Pantes rame pemakzulan 🤣🤣🤣

Diubah oleh Reikouki 16-01-2024 14:25
toa.sakti666
GoldFish
caveling
caveling dan 5 lainnya memberi reputasi
6
853
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread•40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.