bakpasAvatar border
TS
bakpas
Sering Joget Tak Sesuai Situasi, Pakar Psikologi Risaukan Kondisi Psikis Prabowo
Dinilai Sering Joget Tak Sesuai Situasi, Pakar Psikologi Risaukan Kondisi Psikis Prabowo



Subianto memperagakan gerakan silat saat menjawab tanggapan capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengenai penanganan konflik di Papua. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengaku merisaukan joget "gemoy" Prabowo Subianto yang dinilai kerap dilakukan tanpa memperhatikan situasi. Reza mengaku khawatir dengan kapasitas executive functioning capres nomor urut 2 tersebut.

Executive functioning sendiri adalah seperangkat proses kognitif yang terkait kemampuan manusia mengelola informasi kemudian membuat keputusan yang solid.

"Sekarang bukan kondisi fisik Prabowo yang saya risaukan. Toh, dia sudah menjalani pemeriksaan di rumah sakit. Joget berulang tanpa memperhatikan konteks acara (yang saya risaukan)," kata Reza di Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Reza mengaku mendukung Prabowo pada Pilpres 2014 dan 2019, dan terpukau oleh kegesitan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Menurutnya, joget "gemoy" Prabowo adalah strategi pencitraan diri untuk meyakinkan masyarakat bahwa ia sehat.


Reza menyebut hal serupa pernah dilakukan Donald Trump (mantan Presiden Amerika Serikat) dan Boris Yeltsin (mantan Perdana Menteri Rusia). Kedua tokoh itu diketahui juga berjoget dalam rangka meyakinkan publik bahwa mereka sehat.

Akan tetapi, Reza menyebut Trump dan Yeltsin asyik bergoyang hanya saat berada di panggung atau saat musik mengalun. Itu pun hanya satu-dua kali.

Trump dan Yeltsin tidak menggunakan joget sebagai strategi pencitraan diri yang dilakukan terus-menerus. Pada titik itulah, Reza menilai joget Prabowo bermasalah.

"Prabowo joget terlalu sering. Tanpa musik pula dan seperti tak kenal situasi. Saat ditanya hal serius, tanpa jawaban tuntas, Prabowo justru 'menggenapi' jawabannya dengan berjoget,"kata Reza sebagaimana dikutip Antara.


Reza menyampaikan bahwa joget berulang tanpa memperhatikan konteks acara, ditambah pernyataan-pernyataan Prabowo yang serba mengambang dan terputus, membuatnya was-was akan executive functioning Prabowo.

https://www.kompas.tv/nasional/46870...psikis-prabowo
Diubah oleh bakpas 13-12-2023 11:59
hhendryz
sandi123124312
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.2K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.