yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Wapres: Natal di Indonesia, Juga Diramaikan Umat Islam
Quote:

Selasa, 28 November 2023 | 16:05 WIB

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi pembicara dalam Interfaith Dialogue di Bratislava, Slovakia pada (27/11). Foto : Humas Setwapres

Hilmi Setiawan
Editor: Bintang Pradewo

JawaPos.com - Hari terakhir (27/11) kunjungan Wakil Presiden diisi tiga agenda penting. Yaitu pertemuan bilateral dengan Presiden Slovakia Zuzana Caputova, menjadi pembicara dalam dialog lintas agama, dan bertemu dengan Deputi Perdana Menteri Slovakia Denisa Sakova.

Pada dialog lintas iman, pemuka agama yang hadir berasal dari beberapa agama. Diantaranya adalah President of Slovakia Bishop Conference Stanislav Zvolensky dan Apostolic Nuncio atau Dubes Vatikan untuk Slovakia Nicola Girasoli. Ma'ruf menyorot masih adanya konflik yang bersumber atau dilatarbelakangi agama.

Ada beberapa pertanyaan menarik yang muncul dalam forum. Seperti bagaimana perayaan Natal di Indonesia. Pasalnya umat Kristen dan Katolik di Indonesia sebanyak 28,4 juta lebih, jauh melebihi populasi Slovakia yang hanya sekitar 5,5 juta jiwa.

Ma'ruf mengatakan perayaan Natal di Indonesia ramai sekali. Contohnya keramaian momen Natal dan Tahun Baru di sejumlah pusat perbelanjaan. "Karena yang mengisi mal-mal itu bukan orang Katolik atau Kristen. Tapi orang Islam juga ikut meramaikannya," kata dia. Menurut Ma'ruf, baik hari raya Idul Fitri maupun Natal, di Indonesia sama-sama ramai.

Pada forum itu, Ma'ruf mengajak bersama-sama memperkuat moderasi beragama. Menurutnya toleransi dan moderasi menjadi prinsip penting dalam beragama. "Agar pelaksanaan kebebasan beragama tidak kebablasan," kata dia.

Ma'ruf mencontohkan nilai toleransi di Indonesia diajarkan sejak di bangku sekolah. Sejak di sekolah, anak-anak diajarkan menghormati dan menghargai orang lain. "Agar kelak ketika dewasa karakter tersebut tertanam dalam diri dan dibawa dalam pergaulan," jelas Ma'ruf.

Mantan Ketua Umum MUI itu lantas mengajak tokoh agama di Slovakia dan Indonesia untuk bersama-sama memperkuat kerja sama dalam pencarian solusi damai atas konflik di dunia. Termasuk konflik yang bersumber atau yang dilatarbelakangi agama. Untuk itu kegiatan dialog lintas pemeluk agama merupakan panggilan kemanusiaan yang penting.

Ma'ruf juga mengajak tokoh agama di Slovakia untuk memperkuat moderasi dan toleransi. Baginya moderasi beragama adalah instrumen penting dalam mencegah konflik dan menjaga persatuan dan kesatuan. Sehingga  terwujud tatanan dunia yang damai.

"Saya mengajak dibentuknya satu platform kerja sama antara Indonesia dan Slovakia," jelasnya. Teknisnya dengan pertukaran atau saling kunjung pemimpin agama dari kedua negara. Upaya ini untuk menguatkan pemahaman budaya dan pemahaman lintas agama. Khususnya memperkuat moderasi dan toleransi antara umat manusia di dunia.

Sementara itu Nicola Girasoli menyampaikan keberadaan Pancasila di Indonesia menjadi pemersatu umat. Baginya Pancasila berhasil menciptakan kerukunan umat beragama di Indonesia. "Saya lihat saat Natal, ada ucapan Natal (di Indonesia)," kata Nicola yang pernah menjadi Dubes Vatikan di Indonesia itu.

Sia mengatakan hubungan antar umat beragama bukan sebuah persaingan. Tetapi sebagai hubungan kolaborasi atau kerjasama. Dia sepakat bahwa lewat dialog lintas agama, akan tercipta kerukunan dan harmoni.

Stanislav Zvolensky mengatakan kedamaian itu bukan sebuah pemberian yang otomatis begitu saja. Tetapi sebuah komitmen bersama, termasuk dari gereja dan komunikasi umat beragama. Baginya Indonesia menjadi contoh bagi masyarakat dunia di tengah banyaknya perang saat ini. "Perlu promosi persatuan dan kesatuan," katanya.

Dia menegaskan gereja menganjurkan perdamaian. Termasuk kepada kelompok yang berbeda agama. Karena manusia adalah gambaran Tuhan yang layak dihormati, apapun latar belakang dan keyakinannya.



Terima kasih telah bantu meramaikan..
emoticon-Wagelaseh

Diubah oleh yellowmarker 01-12-2023 08:41
antiketek
aldonistic
adolfsbasthian
adolfsbasthian dan 4 lainnya memberi reputasi
5
675
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.