iluvstevenAvatar border
TS
iluvsteven
Gaya Hidup Sehat untuk Pinggang Sehat
Halo Agan Sista. Semua pasti sudah tidak asing dengan istilah Low Back Pain (LBP) atau nyeri pinggang bawah. Penyakit ini adalah salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di berbagai kalangan masyarakat. Bukan hanya terjadi di orang-orang tua, tapi kasus serupa juga sudah sering terjadi pada anak muda LOH! Saya pribadi baru berusia 31 tahun namun sudah menderita Low Back Pain emoticon-Frown

Berawal dari menderita Low Back Pain. Saya mulai mempelajari, bagaimana cara mencegah dan meringankan Low Back Pain. Ternyata Gaya Hidup Sehatberperan sanggat penting untuk kesehatan pinggang. Belajarlah dari pengalaman saya, dan jangan sampai mengalami sendiri. Berikut beberapa langkah gaya hidup sehat yang dapat membantu mencegah terjadinya Low Back Pain atau nyeri pinggang bawah:

Pertahankan Postur Tubuh yang Baik

Quote:

Memiliki postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri, bahkan tidur dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang. Pastikan kursi, meja kerja, bahkan tempat tidur Agan Sista mendukung postur tubuh yang benar untuk menghindari stres berlebih pada otot-otot punggung dan pinggang.
  • Postur duduk yang baik: Posisikan lutut sejajar / lebih rendah dari pinggul. Kaki tidak menyilang. Mata kaki di depan lutut. Beri jarak antara belakang lutut dengan dudukan kursi. Atur kursi agar dapat menyangga punggung. Bisa letakkan bantalan di belakang punggung bagian bawah.
  • Postur tidur yang baik: Secara umum, berbaring telentang adalah posisi tidur terbaik untuk punggung yang sehat. Buat Agan Sista yang terbiasa tidur miring, posisi Janin berbaring miring dengan lutut terselip ke dada dapat mengurangi tekukan tulang belakang dan membantu membuka persendian.
  • Postur berdiri yang baik: Beridilah dengan tegak, jangan bungkuk. Usahakan kepala, leher, bahu dan pinggang sejajar.
  • Pilih Kasur dan Bantal yang Tepat: Kasur yang terlalu keras atau terlalu lembut dapat menyebabkan masalah kesehatan tulang belakang.


Hindari Posisi Duduk yang Lama

Quote:

Bekerja tidak salah, bekerja sambil duduk juga tidak salah. Namun Posisi duduk dalam waktu yang lama itu yang salah, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya Low Back Pain. Berdirilah dan lakukan peregangan setiap 30-60 menit untuk membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Aktivitas Fisik Teratur

Quote:

Melibatkan diri dalam aktivitas fisik secara teratur dapat membantu memperkuat otot-otot di sekitar area pinggang. Olahraga seperti berenang, berjalan kaki, atau senam bisa menjadi pilihan yang baik. Rutin berolahraga juga dapat meningkatkan fleksibilitas dan menjaga berat badan yang sehat, mengurangi tekanan pada tulang belakang. Usahakan untuk tidak melalukan Olah Raga dengan beban yang berat kecuali disertai bimbingan Pelatih atau Personal Trainer, karena bisa menyebabkan Cidera.

Menjaga Berat Badan Ideal

Quote:

Kenaikan berat badan yang berlebihan dapat menambah tekanan pada tulang belakang, khususnya di area pinggang. Menjaga berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan aktifitas fisik dapat membantu mengurangi risiko terjadinya Low Back Pain.

Kurangi Stres

Stres dapat menyebabkan ketegangan otot, termasuk otot-otot di sekitar pinggang. Melibatkan diri dalam aktivitas relaksasi seperti meditasi atau yoga dapat membantu mengurangi stres dan mempromosikan kesehatan mental.

Menerapkan gaya hidup sehat ini bukan hanya dapat membantu mencegah Low Back Pain, tetapi juga mendukung kesehatan tulang belakang secara keseluruhan. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Agan Sista mengalami nyeri pinggang atau ingin memulai program kebugaran baru, terutama jika ada kondisi kesehatan yang mendasarinya.
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

nyomanadi169282
iorme
.provocator3301
.provocator3301 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.2K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
LG ThinQ Community
LG ThinQ CommunityKASKUS Official
582Thread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.