Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Jelaskan Sejarah Indonesia ke Mahasiswa, Anies Baswedan Dikritik Sejarawan


AYOJAKARTA.COM - Anies Baswedan mendapatkan kritikan dari sejarawan ketika dia menjelaskan sejarah Indonesia kepada mahasiswa.

Saat itu Anies Baswedan mengisi kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Selasa 29 Agustus 2023.

Dalam suatu penjelasan, Anies Baswedan mengatakan suatu kali Republik Indonesia pernah menjadi suatu bagian kecil dari Republik Indonesia Serikat (RIS).

Anies Baswedan menceritakan Republik Indonesia dipimpin oleh presiden Sukarno, sedangkan RIS dipimpin presiden Mr Asaat. "Ini fakta sejarah," katanya.

Namun penjelasan Anies itu dinilai keliru oleh sejarawan Bonnie Triyana, yang juga merupakan pemimpin redaksi historia.id

Melalui akun X (twitter), Bonnie menuliskan. "Oom @aniesbaswedan itu keliru sejarahnya. Kebalik. Yang bener Bung Karno adalah Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS), sedangkan Mr. Assaat gelar Datuk Mudo adalah pemangku jabatan Presiden Republik Indonesia berkedudukan di Yogyakarta. Haduh... salah maning, son..."

Dikutip dari historia.id, Mr Assaat menjabat sebagai presiden Republik Indonesia dari 27 Desember 1949 hingga 15 Agustus 1950, saat Bung Karno menjadi presiden RIS.

Informasi penting lainnya seperti ternukil di laman resmi Dinas Kebudayaan DIY mencatat Sukarno dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat pada 17 Desember 1949 di Bangsal Siti Hinggil, Kraton Yogyakarta.

Dia mengambil sumpah jabatan sebagai Kepala Negara RIS di hadapan Ketua Mahkamah Agung saat itu, yaitu Kusumah Atmaja. Acara pelantikan dihadiri Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang saat itu masih memegang gelar Sultan Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Tak lama setelah pelantikan Presiden Soekarno, Drs. Mohammad Hatta juga dilantik sebagai Perdana Menteri RIS.

RIS secara resmi terbentuk pada tanggal 27 Desember 1949, setelah hasil Konferensi Meja Bundar disepakati. Pembentukan RIS terjadi sebagai akibat dari upaya Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia setelah masa pendudukan Jepang.

Sistem federal diterapkan dalam RIS menghasilkan berbagai negara-negara bagian. Beberapa di antara negara-negara bagian yang muncul termasuk Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Sumatra, Negara Sumatra Timur, dan Republik Indonesia.

Negara bagian ini sering dianggap sebagai negara boneka buatan Belanda. Akhirnya, pada tahun 1950, RIS dibubarkan dan negara kesatuan dengan nama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kembali diterapkan.

ayojakarta.com

Quote:
Diubah oleh pilotproject715 07-09-2023 00:54
viniest
FPH
aloha.duarr
aloha.duarr dan 23 lainnya memberi reputasi
24
2.5K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.