• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Masih Ingat Sosok Ini? Kisah KH As'ad Humam, Sang Penemu Iqro! [Kompetisi KGPT]

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Masih Ingat Sosok Ini? Kisah KH As'ad Humam, Sang Penemu Iqro! [Kompetisi KGPT]


Ane mau cerita nih, agan dan sista pasti udah pada kenal kan sama KH As'ad Humam? Nah, beliau adalah sosok pahlawan yang ngebantu kita semua untuk bisa baca Al-Qur'an dengan mudah. Metodenya yang terkenal itu namanya Iqro, udah pada pernah denger kan?

Jadi begini, ceritanya KH As'ad Humam itu lahir di tahun 1933. Tapi apa yang bikin beliau istimewa adalah kegigihannya meskipun kondisi fisiknya yang cacat. Meskipun harus menggunakan tongkat, beliau gak nyerah dan terus mencari inspirasi.

Sebelum nemuin metode Iqro, beliau tuh pernah jualan barang imitasi di pasar Bringharjo. Mungkin karena keluarganya juga wirausaha, jadi beliau ikutan juga. Nah, di situ lah beliau ketemu dengan K.H. Dachlan Salim Zarkasyi yang juga hebat dan menemukan Buku Baca Al-Qur'an Iqro Jilid Satu. Dari situ beliau dapet ilham dan berusaha menciptain metode Iqro yang fenomenal.




Nggak cuma itu aja, agan dan sista. Iqro ini bener-bener memberikan kontribusi besar buat masyarakat. Karena metode yang sederhana dan mudah dipelajari, lebih dari 160 ribu TPA dan TPQ di seluruh Indonesia lahir berkat KH As'ad Humam. Gak heran deh kalo beliau disebut pahlawan penyelamat Qur'an.

Bahkan Menteri Agama, Tarmizi Taher, bilang kalo beliau itu emang pahlawan penyelamat Qur'an. Dan gak cuma di Indonesia, metode Iqro ini juga terkenal di luar negeri seperti Thailand, Filipina, Eropa, dan Amerika.

Termasuk dengan TS pribadi, dulu waktu kecil belajar mengaji dengan menggunakan metode mudah belajar Al-Qur'an dengan bukun Iqro karya KH As'ad Humam GanSis. Pasti Agan dan Sista yang beragama Islam pun juga memiliki cerita yang sama dengan TS di masa kecil dulu.

Jadi, kita harus bangga sama sosok KH As'ad Humam ini, ya. Beliau berhasil ngeluarin metode yang bener-bener menghebohkan banyak kalangan. Metode Iqro ini bener-bener membantu kita semua dalam mempelajari Al-Qur'an dengan lebih mudah. Makanya, kita harus selalu menghargai dan mengenang jasa-jasanya.




Terkhusus bagi KH As'ad Humam, tentu karyanya ini juga menjadi amal jariyah bagi beliau. Sebab berkat metode mudah membaca Al-Qur'an, tidak sedikit orang-orang yang bisa membaca Al-Qur'an karena belajar buku Iqro sebelumnya.

So, terima kasih banget ya, KH As'ad Humam. Karya dan kontribusimu emang luar biasa banget. Semoga bisa menjadi inspirasi buat kita semua untuk terus belajar dan mempelajari Al-Qur'an dengan semangat yang sama kayak beliau.

Kita do'akan untuk beliau KH As'ad Humam, agar diberikan tempat terindah di sisi Allah, dan mendapatkan pahala jariyah atas ilmu dan metode yang diciptakan dan terus digunakan sampai dengan saat ini.


Penulis: @masnukho 

Narasi

KGPT dan ulasan pribadi

Sumber gambar

1,2,3

Referensi


mancitybest
annisamutiara02
verdandigr
verdandigr dan 23 lainnya memberi reputasi
24
1.8K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.2KThread24.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.