Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Ilmuwan Berhasil Mengungkap, Ternyata Bumbu Dapur Ini Bisa Mengobati Glaukoma Manusia

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ilmuwan Berhasil Mengungkap, Ternyata Bumbu Dapur Ini Bisa Mengobati Glaukoma Manusia


Buat kamu yang belum tahu Glaukoma itu apa adalah sekelompok penyakit mata yang menyerang lebih dari 60 juta orang di seluruh dunia yang menyebabkan kebutaan permanen pada 1 dari 10 kasus.

Menurut sumber yang saya baca orang yang mengalaminya akan kehilangan sel ganglion retina, yaitu sejenis neuron yang terletak di dekat permukaan retina. Hingga kini para ahli kedokteran punya pe-er besar yaitu belum tahu cara menghentikan hilangnya sel-sel ini sejak dini.

Namun belum lama ini tersiar kabar bagus dan ada harapan penderita Glaukoma berkesempatan sembuh kembali karena ternyata sudah ditemukan obat alamiah yang sudah kita kenal yaitu dengan Kunyit! Ya, tidak salah.. hasil dari penelitian ditemukan bahwa Kunyit mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai kurkumin, yang telah terbukti mengurangi hilangnya sel retina terkait glaukoma.

Glaukoma memang menyebabkan kebutaan dengan cara menghancurkan sel-sel retina, tapi kemudian dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin yang dikonsumsi secara oral dapat membantu mencegah hal tersebut terjadi.

Dalam pengujian harus dilakukan secara oral dalam bentuk tablet kurkumin pun memberikan efek samping karena harus di minum 24 tablet sehari yakni menelan kurkumin dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan efek samping gastrointestinal yang tidak diinginkan.



Hingga pada akhirnya ditemukan alternatif pengobatan dengan cara lama tapi baru, yaitu Kurkumin dibuat dalam bentuk obat tetes mata. Menurut para ilmuwan di University College, London dan Imperial College London obat tetes mata kurkumin yang baru dikembangkan ini bisa lebih efektif bekerja. Dengan cara ini akan membawa kurkumin dalam surfaktan yang dikombinasikan dengan zat penstabil, dimana keduanya sebenarnya sudah digunakan dalam produk mata saat ini.

Dalam pengujian di laboratorium, para peneliti memberikan obat tetes mata kurkumin tersebut dua kali sehari selama tiga minggu kepada tikus yang menderita kehilangan sel ganglion retina. Peneliti mengamati tikus yang diberi obat tetes kurkumin dan yang tidak, hasilnya ditemukan bahwa hewan yang diobati mengalami penurunan kehilangan sel yang signifikan, ditambah lagi mereka tidak mengalami efek samping seperti iritasi atau peradangan mata.



Thread ini saya persembahkan khusus untuk sahabat saya di kaskus @adolfsbasthianyang sedang menderita Glaukoma pada mata kanannya. Semoga bermanfaat dan semoga lekas mendapatkan kesembuhan seperti sedia kala.
Aamiin
emoticon-Nyepi






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp | img : gugel 


meooong
babelapak
Okutet
Okutet dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.9K
359
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
35.1KThread25.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.