Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Pupuk Indonesia Akui Pabrik Pupuk Punya Potensi Meledak Bak Plumpang


Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pupuk Indonesia (Persero) mengakui pabrik pupuk punya potensi meledak seperti Depo Pertamina di Plumpang.

SVP Corporate Secretary PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan karena potensi itu pihaknya dan pabrik pupuk menyiapkan buffer zone atau wilayah penyangga yang memberikan batas antara pemukiman dengan pabrik sebagai antisipasi jika suatu saat terjadi ledakan.

Hal itu berkaca dari insiden kebakaran Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara yang terjadi pada awal Maret ini. Selain itu katanya, demi menjaga keamanannya, pabrik pupuk juga masuk ke dalam objek vital nasional.

"Itu kami sudah lakukan mitigasi, lakukan pengecekan dan sebagainya. Rata-rata pabrik kami memang jaraknya memang masih (cukup jauh), walaupun tidak semua ideal, tapi masih cukup jauh dari pemukiman penduduk," katanya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (13/3).

Wijaya mengungkapkan ada satu pabrik pupuk di Gresik, Jawa Timur yang jaraknya cukup mepet dengan pemukiman penduduk, yakni sekitar 500 meter. Namun, Pupuk Indonesia telah memiliki peralatan maupun prosedur jika kemungkinan buruk seperti ledakan terjadi masyarakat tidak terkena dampak.

Ia mengklaim pihaknya rutin melakukan latihan tanggap darurat bersama masyarakat.

"Di pabrik-pabrik pupuk, di 5 daerah itu, kami rutin bikin latihan tanggap darurat, pakai skenario bahkan ada simulasinya. Kami juga rutin lakukan sosialisasi, bukan hanya simulasi untuk persiapkan masyarakat kalau-kalau di pabrik kami ada kendala," kata Wijaya.

Lebih lanjut, ia mengatakan karena pabrik Pupuk masuk objek vital nasional, perusahaan juga memperkuat sektor pengamanan dengan persiapan pangkalan rudal atas dukungan TNI.

Pangkalan rudal itu untuk mencegah serangan dari pihak luar atau terorisme. Adapun pabrik pupuk yang sudah memiliki pangkalan rudal ada di Bontang, Kalimantan Timur dan Gresik, Jawa Timur.

"Itu di Bontang ada pangkalan rudal untuk jaga pupuk karena punya bahan yang eksplosif," kata Wijaya.




link

Akui gan
nomorelies
scorpiolama
bukan.bomat
bukan.bomat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.