yasuhito.endoAvatar border
TS
yasuhito.endo
Jelang Pesta Rakyat Dewa 19 di JIS, Jakpro Pamer Sound System Berstandar FIFA
tempo.co

Beranda
Metro

Reporter
Mutia Yuantisya
Editor
Lani Diana Wijaya
Kamis, 2 Februari 2023 14:01 WIB

https://metro.tempo.co/read/1686877/...erstandar-fifa

TEMPO.CO, Jakarta - Vice President Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Syahrial Syarif mengatakan tata suara atau sound system di Jakarta International Stadium (JIS) sudah masuk dalam standar Federation Internationale de Football Association (FIFA). Pernyataan ini disampaikan menjelang konser Pesta Rakyat Dewa 19.

"Tingkat tekanan suara yang dihasilkan tidak kurang dari 100 dBA dan maksimum 105 dBA dengan toleransi rata-rata +/- 3,5 dBA," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 2 Februari 2023.

Grup musik legendaris, Dewa 19, akan mengggelar konser bertajuk 'Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19' di JIS pada Sabtu, 4 Februari 2023. Konser ini akan dimeriahkan empat vokalis dan lima drummer.

Syahrial menuturkan penampilan Dewa 19 akan menjadi momen bersejarah bagi baladewa-baladewi, sebutan untuk penggemar grup band itu. Ini juga menjadi sejarah JIS yang akan dihadiri 65 ribu penonton.

Dia lantas memamerkan sistem audio JIS yang mampu mengakomodasi konser internasional, selain fungsi dasarnya sebagai lapangan pertandingan sepak bola. JIS, tutur dia, juga didesain memiliki ramp sebagai pintu masuk utama dan concourse di lantai tiga yang menjadi sirkulasi penonton dari stadion.

"Adapun ramp tersebut didesiain dengan lebar 30 meter dengan panjang masing-masing kurang lebih 200 meter untuk sisi barat dan 160 meter untuk sisi timur," ujar dia.

Dia mengatakan penyandang disabilitas dapat masuk melalui ramp yang juga dirancang bisa dilalui kendaraan pemadam kebakaran ini. Bahkan, rencananya akan ada pintu untuk masing-masing ramp.

Menurut Syahrial, di ujung ramp barat dan timur masing-masing menggunakan pintu jenis full height turnstile. Sementara itu, terdapat 60 titik pintu full height turnstile di area concourse dan masuk ke tribun stadion.

Concourse dan ramp ini memiliki luasan 98.935 meter persegi, sehingga didesain untuk menampung kapasitas maksimal 82 ribu orang. Terpasang juga railing yang tinggi di sisi perimeter ramp dan concourse.

"Tentunya, alunan musik Dewa 19 akan semakin meriah dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh JIS," kata dia.

Petugas JIS, dia melanjutkan, akan membuka akses pintu ramp barat dan timur untuk memobilisasi penonton yang sudah memiliki tiket sampai ke tribun stadion. Penonton yang memegang karcis kategori festival bisa lewat melalui akses pintu selatan serta lanjut menuju ramp JIS.

Syahrial mengutarakan, Jakpro selaku pengelola JIS telah memastikan kesiapan supaya konser Pesta Rakyat Dewa 19 berjalan lancar.
GEMPAL00
cuacarino123740
nomorelies
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
3
2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.