• Beranda
  • ...
  • Education
  • Emoji dan Emoticon, Banyak yang Salah Memahami Menganggap Keduanya Sama

muqfaAvatar border
TS
muqfa
Emoji dan Emoticon, Banyak yang Salah Memahami Menganggap Keduanya Sama


Ilustrasi. Sumber: Di sini



Emoji

Emoji adalah ikon atau gambar grafis yang digunakan untuk mewakili perasaan, objek, atau konsep dalam percakapan teks atau pesan elektronik. Emoji dapat digunakan di berbagai aplikasi seperti pesan teks, aplikasi media sosial, dan aplikasi pesan instan. 

Mereka juga dapat digunakan di sistem operasi seluler dan desktop. Emoji dapat membantu menyampaikan emosi dan konteks dalam percakapan yang mungkin tidak terlihat dari teks saja.

Emoticon adalah

Emoticon adalah simbol yang digunakan untuk mewakili perasaan atau emosi dalam percakapan teks atau pesan elektronik. Emoticon dibuat dengan menggabungkan karakter standar seperti tanda baca dan angka untuk membentuk gambar yang mewakili perasaan tertentu, seperti senyum atau sedih. Contohnya: :-) (senyum), :-( (sedih), :-D ( tertawa). 

Emoticon digunakan untuk memberikan konteks dan membantu menyampaikan emosi dalam percakapan yang mungkin tidak terlihat dari teks saja. Namun perbedaan dengan Emoji, emoticon hanya terdiri dari kombinasi karakter standar yang tidak memiliki gambar yang menarik.

Asal usul kata emoji

Asal usul kata "emoji" berasal dari bahasa Jepang. Kata ini terdiri dari dua karakter Jepang, "e" yang berarti "gambar" dan "moji" yang berarti "karakter" atau "tulisan". Jadi, secara harfiah, "emoji" diterjemahkan sebagai "karakter gambar". Emoji pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh pengembang telepon seluler Jepang, NTT DoCoMo. 

Mereka menambahkan set karakter gambar yang dapat digunakan dalam pesan teks untuk memberikan konteks emosional dan membantu menyampaikan perasaan yang mungkin tidak terlihat dari teks saja. Sejak itu, penggunaan emoji telah meluas dan sekarang dapat ditemukan di berbagai aplikasi dan sistem operasi.

Asal usul emoticon

Asal usul emoticon dapat ditelusuri kembali ke tahun 1980-an, ketika pengguna internet mulai mencari cara untuk menyampaikan emosi dalam percakapan teks yang tidak memiliki fitur suara atau video. Salah satu dari mereka, Scott Fahlman, seorang profesor di Carnegie Mellon University, mengusulkan penggunaan tanda baca sebagai emoticon pada tahun 1982. 

Dalam posting di forum online, dia menyarankan penggunaan tanda ":-)" untuk menunjukkan senyum dan ":-(" untuk menunjukkan sedih. Emoticon ini segera populer dan mulai digunakan di berbagai platform komunikasi, termasuk pesan teks, email, dan forum. Selama bertahun-tahun, emoticon telah berkembang menjadi lebih kompleks dan mencakup berbagai ekspresi wajah dan gerakan tubuh.

Persamaan dan perbedaan emoji dan emoticon

Persamaan antara emoji dan emoticon adalah keduanya digunakan untuk menyampaikan emosi dalam percakapan teks atau pesan elektronik. Keduanya juga dapat digunakan untuk memberikan konteks dan membantu menyampaikan perasaan yang mungkin tidak terlihat dari teks saja.

Perbedaan utama antara emoji dan emoticon adalah dalam cara mereka dibuat. Emoji adalah ikon atau gambar grafis yang dibuat dengan menggunakan teknologi pengolahan gambar. Sedangkan emoticon dibuat dengan menggabungkan karakter standar seperti tanda baca dan angka untuk membentuk gambar yang mewakili perasaan tertentu.

Selain itu, emoji umumnya lebih kompleks dan memiliki lebih banyak variasi dibandingkan emoticon. Emoji juga lebih mudah digunakan karena dapat ditemukan pada keyboard atau dalam pilihan dalam aplikasi pesan, sementara emoticon harus diketik dengan kombinasi karakter. Emoji juga lebih sering digunakan di media sosial dan aplikasi pesan instan, sementara emoticon lebih sering digunakan dalam email dan forum.

Kesimpulan

Secara singkat, dapat disimpulkan bahwa emoji dan emoticon adalah cara untuk menyampaikan emosi dalam percakapan teks atau pesan elektronik. Emoji adalah ikon atau gambar grafis yang dibuat dengan menggunakan teknologi pengolahan gambar, sedangkan emoticon dibuat dengan menggabungkan karakter standar seperti tanda baca dan angka. 


Emoji umumnya lebih kompleks dan memiliki lebih banyak variasi dibanding emoticon dan juga lebih mudah digunakan. Emoji lebih sering digunakan di media sosial dan aplikasi pesan instan, sementara emoticon lebih sering digunakan dalam email dan forum. 

Namun keduanya sama-sama digunakan untuk menambah konteks dan menyampaikan emosi dalam percakapan yang mungkin tidak terlihat dari teks saja.

Referensi tulisan: Emoji vs Emoticon
kwacimuffin
iblast867583
ormarr
ormarr dan 18 lainnya memberi reputasi
19
7K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.