Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sista
  • Body Positivity dan Body Neutrality, Tentang Bagaimana Menyikapi Anugerah Tubuh

muqfaAvatar border
TS
muqfa
Body Positivity dan Body Neutrality, Tentang Bagaimana Menyikapi Anugerah Tubuh


Ilustrasi body positivity vs body neutrality. Sumber: Di sini



Body positivity

Body positivity adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerimaan dan cinta terhadap tubuh seseorang, termasuk semua bentuk, ukuran, dan warna. Ini mencakup menghargai tubuh seseorang sebagaimana adanya dan tidak mencoba untuk mengubah atau merubahnya sesuai dengan standar kecantikan yang ditentukan oleh masyarakat atau media. Body positivity memfokuskan pada keselamatan dan kepuasan diri seseorang, bukan pada penampilan atau penilaian orang lain. Dalam bahasa Indonesia, body positivity dapat diartikan sebagai kesadaran dan penerimaan terhadap tubuh seseorang, termasuk semua bentuk, ukuran, dan warna.

Body Neutrality

Body neutrality adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan konsep di mana seseorang tidak memiliki pandangan positif atau negatif terhadap tubuh mereka, tetapi menerima tubuh mereka sebagaimana adanya dan tidak terlalu memperhatikan atau memfokuskan pada penampilan atau ukuran tubuh mereka. Ini berbeda dengan body positivity yang lebih menekankan pada penerimaan dan cinta terhadap tubuh seseorang, sementara body neutrality lebih menekankan pada tidak memperhatikan atau memfokuskan terlalu banyak pada tubuh seseorang. Dalam bahasa Indonesia, body neutrality dapat diartikan sebagai konsep di mana seseorang tidak memiliki pandangan positif atau negatif terhadap tubuh mereka, tetapi menerima tubuh mereka sebagaimana adanya dan tidak terlalu memperhatikan atau memfokuskan pada penampilan atau ukuran tubuh mereka.

Manfaat dari body positivity dan body neutrality

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari body positivity dan body neutrality, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan kepercayaan diri
Memiliki penerimaan dan cinta terhadap tubuh sendiri dapat membantu seseorang merasa lebih percaya diri dan merasa lebih nyaman dengan tubuh mereka.

2. Mengurangi tekanan dan stres
Fokus terlalu banyak pada penampilan atau ukuran tubuh dapat menimbulkan tekanan dan stres. Penerimaan dan tidak memperhatikan terlalu banyak pada tubuh dapat membantu mengurangi tingkat stres seseorang.

3. Meningkatkan kesejahteraan mental
Memiliki penerimaan dan cinta terhadap tubuh sendiri dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental seseorang dan membantu mereka merasa lebih nyaman dengan diri mereka sendiri.

4. Menghargai keunikan
Body positivity dan body neutrality mendorong seseorang untuk menghargai keunikan tubuh mereka dan tidak mencoba untuk menyesuaikan diri dengan standar kecantikan yang ditentukan oleh masyarakat atau media.

5. Mendorong inclusivity

Gerakan ini juga mendorong inclusivity dan menolak ide bahwa ada standar kecantikan yang harus dipenuhi oleh semua orang. Ini membantu menghargai keunikan dan keberagaman tubuh manusia.

Referensi tulisan: verywellmind.com
planets_cafe002
ariancam4u
galihts
galihts dan 24 lainnya memberi reputasi
25
10.8K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
SistaKASKUS Official
3.9KThread7.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.