mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Anak Kecil Tewas Ditabrak Truk, Warga Dogiyai Ngamuk Bakar Rumah-Bacok Sopir


Foto: Dok. Istimewa
Dogiyai - Seorang anak kecil tewas ditabrak truk di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah. Kejadian itu diduga membuat warga marah sehingga membakar rumah dan membacok sopir truk tersebut.
"Intinya kejadian itu terjadi akibat kecelakaan lalu lintas siang tadi," ujar Kapolres Dogiyai Kompol Samuel D Tatiratu kepada detikcom, Sabtu (12/11/2022).

Insiden tabrakan tersebut terjadi di Mauwaba Ikebo, Distrik Monamani. Sopir yang belum diungkapkan identitasnya memundurkan truknya hingga tak sengaja melindas seorang anak kecil.

"Sopir truk mundur dan tak melihat adanya seorang anak kecil di belakangnya. Lalu anak kecil itu terlindas dan informasinya meninggal dunia," ungkapnya.

Masyarakat akhirnya marah dengan cara menyerang perkotaan dan membakar 1 rumah di ujung Pos 4 Mawa. Bahkan massa sempat hendak menyerang Polres lantaran supir truk diamankan polisi.

"Kebiasaan masyarakat di Dogiyai itu langsung main massa. Jadi sopirnya informasinya dibacok, namun sudah kami amankan," kata Samuel.

"Setelah diamankan massa datang dan mencoba untuk merangsek maju. Namun karena kekuatan personel kita kuat itu tak berhasil," katanya.

Samuel juga terpaksa mengaku bahwa pihaknya tak sempat mengamankan sopir truk tersebut. Hal ini agar massa tak menyasar kantor polisi.

"Kita sampaikan pelaku yang menabrak tak sempat kami amankan. Karena kalau kita sampaikan kita amankan, maka massa akan bentrok dengan anggota," katanya.

Tak lama berselang, lanjut Samuel, masyarakat berhasil terprovokasi sehingga berupaya menyerang pasar dan perkotaan.

"Untuk kondisi pasar berhasil kami amankan. Karena memang sudah kami ketahui pergerakan massa. Itu pasarkan selalu jadi sasaran kalau ada sebuah peristiwa di sana. Makanya kita sudah antisipasi agar pasar tidak di bakar warga," tuturnya.

Samuel menambahkan saat ini bunyi tembakan masih terdengar. Hal itu dilakukan dalam rangka peringatan agar warga yang hendak masuk ke perkotaan tidak terjadi.

"Sampai saat ini di sana masih ada bunyi tembakan. Tapi itu dilakukan bukan untuk mengejar massa tapi untuk mempertahankan kota. Intinya kota kita jaga agar massa tidak masuk ke kota dan kita juga tak ingin terulang lagi seperti pembakaran 1 rumah tadi," cetusnya.

https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...h-bacok-sopir.


Duduk Perkara Balita di Dogiyai Tewas Ditabrak Truk Berujung Kerusuhan


Foto: Dok. Istimewa
Dogiyai - Massa di Dogiyai, Papua Tengah terlibat kerusuhan dengan cara melakukan pembakaran rumah dan truk. Insiden tersebut berawal dari seorang balita Noldi Goo (5) yang meninggal dunia karena dilindas truk.
"Korban kecelakaan Noldi Goo dan diketahui meninggal dunia di tempat," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangannya.

Kerusuhan itu terjadi di Kampung Ikebo Distrik Kamu, Kabaputen Dogiyai, Sabtu (12/11) sekitar pukul 14.30 WIT. Warga yang marah atas kematian Noldi melakukan pembakaran di sejumlah titik.

"Warga yang melihat kecelakaan itu melakukan penyerangan terhadap sopir dan membakar 1 unit rumah 4 pintu di arah Kampung Mauwa dan 2 unit kendaraan truk," tuturnya.

Selain melakukan pembakaran, massa juga sempat merangsek masuk ke Polres Dogiyai. Hal ini karena massa meyakini sopir truk yang menabrak balita diamankan ke Polres.

"Sekelompok masa merangsek maju ke Polres dan berusaha untuk mengambil sopir namun berhasil diarahkan dan dikendalikan," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Kamal massa bergabung dari arah kampung Mauwa dan Kamuu Selatan memaksa masuk untuk membakar Pasar Ikebo namun berhasil dihalau dengan tembakan gas air mata dan aparat gabungan berjaga dalam kota.

"Namun saat ini situasi Kamtibmas di Dogiyai kembali kondusif. Personel gabungan Polres Dogiyai, TNI, Brimob Yon C dan Satgas Damai Cartenz masih melakukan penjagaan di sekitar lokasi kejadian," tegasnya

https://www.detik.com/sulsel/berita/...ung-kerusuhan.

Kerusuhan Pecah di Dogiyai Papua, 1 Rumah dan 2 Truk Dibakar Massa


DOGIYAI - Kerusuhan pecah di Kabupaten Dogiyai, Papua, Sabtu (12/11/2022). Rumah dan kendaraan dibakar massa yang terlanjur marah. Kerusuhan tersebut dipicu kecelakaan lalu lintas, yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal membenarkan terjadinya kerusuhan di Kabupaten Dogiyai. Dia menyebutkan, kecelakaan lalu lintas yang memicu kerusuhan terjadi sekitar pukul 14.30 WIT di Kampung Ikebo, Distrik Kamu, Kabaputen Dogiyai

"Akibat kecelakaan lalu lintas tersebut, anak berusia lima tahun bernama Noldi Goo meninggal dunia di tempat. Warga yang melihat kecelakaan lalu lintas itu, kemudian melakukan penyerangan terhadap sopir dan membakar rumah serta dua unit truk di Kampung Mauwa," kata Kamal.

"Massa gabungan dari arah Kampung Mauwa, dan Kampung Kamuu Selatan, sempat memaksa masuk untuk membakar Pasar Ikebo. Massa akhirnya dapat dihalau menggunakan tembakan gas air mata, dan hingga saat ini aparat gabungan berjaga dalam kota," beber Kamal.

Saat ini sopir truk berinisial KM, dan satu orang korban pembacokan oleh massa berhasil dievakuasi ke Polres Dogiyai. "Dari informasi terkahir yang kami terima, terdapat satu orang korban lagi yang terkena bacokan, namun anggota masih berusaha untuk mengevakuasi korban," ungkapnya.

Kamal mengimbau masyarakat di Kabupaten Dogiyai, untuk tidak terprovokasi dengan pihak-pihak yang ingin mengacaukan situasi kamtibmas, dan menyerahkan kasus ini kepada pihak kepolisian. "Kami harap masyarakat tidak terprovokasi, serahkan kasus kecelakaan lalu lintas ini kepada pihak kepolisian, dan diselesaikan dengan hukum yang berlaku," tegasnya.

Situasi Kamtibmas di Kabupaten Dogiyai kembali kondusif, pasukan gabungan juga telah membubarkan massa. "Saat ini personel gabungan Polres Dogiyai, TNI, Batalyon C Brimob Polda Papua, dan Satgas Damai Cartenz masih melakukan penjagaan di sekitar lokasi kejadian," pungkas Kamal

https://daerah.sindonews.com/read/93...ssa-1668251483

Dari anak kecil terlindas dan tewas jadi kerusuhan..
Kasih anak kecilnya dilindas truk emoticon-Frown
itu yang provokator emang sengaja biar Dogiyai rusuh dan mancing daerah lain di Papua atau cuma ledakan emosi saja? [/b]
Diubah oleh mabdulkarim 12-11-2022 13:51
nurade247
aldonistic
bukan.bomat
bukan.bomat dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.