• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Ripsaw M3 - Konsep Robot Tempur Masa Depan dari Negeri Paman Sam

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Ripsaw M3 - Konsep Robot Tempur Masa Depan dari Negeri Paman Sam
Quote:


Thread kali ini masih dari ajang pameran pertahanan AUSA 2022 yang berlangsung pada 10 sampai 12 Oktober 2022, pada event bergengsi ini banyak manufaktur asal AS yang menampilkan konsep kendaraan otonom masa depan untuk kebutuhan militer. Salah satu produk yang menarik perhatian TS adalah Ripsaw M3buatan Textron Sytems.

Menurut laporan Army Recognition, selama 3 hari acara pihak Textron menampilkan payload yang berbeda dari versi Ripsaw M3. Pihak Textron menyebut Ripsaw M3 sebagai multirole robot. Di sisi lain pengembangan Ripsaw M3 saat ini berkaitan dengan perkembangan industri militer modern. Seperti yang kita tahu, manufaktur industri militer di seluruh dunia mulai mengembangkan drone versi darat yang dikenal sebagai Unmanned Ground Vehicle (UGV).

UGV kelak akan berperan sebagai wingman bagi para tentara di medan perang, perannya sangat beragam. Mulai dari mengangkut logistik berupa senjata dan amunisi, evakuasi tentara yang terluka hingga dipasangi berbagai jenis senjata untuk mendukung operasi militer.

Sementara itu, Ripsaw M3 sendiri merupakan versi pengembangan dari versi Ripsaw M5, robot tempur yang berukuran lebih besar. Versi M3 dibuat lebih kecil dibanding pendahulunya, masih memakai desain flat deck seperti versi M5; varian M3 bisa dipasangi beragam senjata sesuai kebutuhan.

Quote:


Selama event AUSA 2022 yang berlangsung 3 hari, pihak Textron menampilkan konfigurasi yang berbeda dari Ripsaw M3. Mengutip artikel Army Recognition, berikut ini adalah beberapa konfigurasi yang ditampilkan dalam event AUSA 2022:

Quote:



Quote:



Quote:



Berpeluang Dipilih Dalam Program Robotic Combat Vehicle


Pihak US Army sendiri telah meluncurkan program bernama Robotic Combat Vehicle (RCV), di mana melalui program ini US Army mengingkan 3 jenis sistem robot dengan kualifikasi "Light", "Medium" dan "Heavy."Saat ini US Army masih mengevaluasi manufaktur senjata mana saja yang akan ikut dalam program RCV. Di sisi lain, Ripsaw M3 punya peluang terpilih untuk program tersebut.

US Army melalui program RCV menginginkan robot tempur untuk peran "scouts" dan "escorts", perannya adalah untuk mencegah penyergapan dan untuk menjaga sisi formasi mekanis. Dari sisi spesifikasi, memang masih belum banyak yang diketahui dari Ripsaw M3, tetapi sedikit bocoran tentang robot tempur ini akan memiliki berat sekitar 8 ton (termasuk payload) dan bisa diangkut oleh helikopter CH-47 Chinook. Ripsaw M3 juga memiliki kemampuan amfibi.

Dalam sebuah wawancara dengan Janes.com pada 4 Oktober 2022, David Phillips selaku senior vice president Textron Systems menyebutkan sedikit informasi tambahan terkait spesifikasi Ripsaw M3; robot ini memiliki ground clearence 35,6 cm; lebar 203,2 cm serta payload hingga 2 ton. Philips juga mengatakan robot ini punya kemampuan berenang (amfibi), meski tidak spesifik menyebut berapa kecepatan yang bisa ditempuh saat berenag di air.

Di sisi lain, melalui peluncuran program RCV dan diluncurkannya Ripsaw M3 telah menunjukkan betapa antusiasnya tentara AS terhadap kemampuan robot tempur. Selain akan mengurangi jumlah personel dalam operasi militer, hadirnya robot tempur juga akan mengurangi jumlah korban jiwa di palagan konflik atau perang. Dan kini dunia tampaknya sudah bersiap untuk memasuki era robot di abad ke-21.


-------------



Referensi Tulisan: Janes.com& Army Recognition
Sumber Foto: Army Recognition & Textron Systems
black.robo
gabener.edan
mynameisant
mynameisant dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.