• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Stop Menggunakan HP Sembari Mengisi Daya, Berbahaya Bagi Keselamatan Nyawa

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Stop Menggunakan HP Sembari Mengisi Daya, Berbahaya Bagi Keselamatan Nyawa
Waspada penggunaan handphone saat pengisian daya, rawan ledakan dan kebakaran


Handphone meledak saat digunakan dalam keadaan di-charge, kondisi ini seringkali diberitakan di Indonesia bahkan beberapa tahun lalu sempat dikabarkan sampai menelan korban jiwa.

Bukan sesuatu aktivitas yang dapat disepelekan, ternyata mengisi daya sembari memainkan handphone sangat tidak dianjurkan karena dapat membahayakan diri sendiri dari penggunanya bahkan juga mengancam keselamatan jiwa.

Mungkin dari Agan dan Sista masih sering menyepelekan hal ini karena memang terlihat sangat sepele dan dianggap tidak terlalu bahaya, namun faktanya mengisi daya handphone dengan tetap mengoperasikannya atau menggunakannya untuk menelpon, bermain games, dan aktivitas lainnya ini benar-benar tidak dianjurkan karena dapat berakibat fatal.

Apa yang membuat handphone lebih rawan meledak saat digunakan dalam pengisian daya?
Dari beberapa sumber yang TS baca, berikut ini salah satu alasan logis yang ternyata menjadi alasan kenapa handphone rawan meledak ketika diisi daya dan digunakan dalam waktu bersamaan GanSis.




Handphone dapat meledak ketika digunakan dalam keadaan diisi daya adalah karena baterai akan mengalami peningkatan suhu maksimal akibat pengisian daya dan aktivisme penggunaan handphone.

Kondisi ini sering disebut sebagai "parasitic load", kondisi dimana baterai merasa terbebani akibat adanya dua aktivitas bersamaan yaitu keluar masuk daya karena charging dan penggunaan handphone itu sendiri.

Panas baterai ini lah yang dapat mengakibatkan handphone mengalami ledakan, kemudian membakar tempat tertentu yang disekitar atau melukai penggunaannya jika memang handphone terletak dekat dengan tubuh dari si pengguna handphone yang sedang diisi daya tersebut.

Menggunakan handphone saat pengisian daya tidak hanya berbahaya bagi keselamatan GanSis, melainkan juga dapat mengakibatkan ketahanan baterai menurun dan baterai akan cepat low saat digunakan.

Kondisi celakanya seseorang karena menggunakan handphone dengan mengisi daya ini tidak bergantung dengan merk handphone apa yang digunakan GanSis. Mau handphone semahal apapun jika digunakan dengan tidak memperhatikan aturan maka akan dapat menimbulkan bahaya bagi penggunanya.


Konten Sensitif


Melihat banyaknya korban jiwa karena masih adanya orang yang menyepelekan mengisi daya dengan memainkan handphone, tentu ini harus dijadikan sebagai pelajaran dan kewaspadaan kembali GanSis.

Memainkan handphone dengan mengisi daya memang terlihat sangat menarik, karena kita tetap dapat melakukan aktivitas seperti ngobrol, chatingan, atau main games dengan handphone yang tetap terisi baterai. Namun untuk bahaya dari aktivitas yang terlihat menarik ini tidak dapat disepelekan, dapat menghilangkan nyawa dengan cepat bahkan tanpa hitungan menit atau jam.

Alangkah baiknya Agan Sista stop melakukan kebiasaan buruk ini, karena memang dapat membahayakan diri sendiri dan orang sekitar bahkan dapat mengakibatkan nyawa GanSis melayang.

Oke, mudah-mudahan dari banyaknya kejadian dan adanya thread ini bisa menjadi himbauan, agar kedepannya tidak terjadi kembali kejadian yang serupa.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4

eyefirst2
emineminna
fachri15
fachri15 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
7.8K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.