Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewakereAvatar border
TS
dewakere 
Alasan Kita Lebih Menyukai Buku Fisik
Buku adalah jendela dunia. Begitulah pepatah mengatakan. Ribuan tahun buku menjadi sarana manusia untuk berbagai ide dan pengetahuan.

Berkembangnya dunia digital yang sangat masif merambah juga pada buku. Buku yang dahulu hanya berbentuk fisik berupa tumpukan kertas, kini telah banyak beralih dalam bentuk digital yang sering disebut sebagai ebook.

Ebook menjadi pilihan yang menarik bagi penulis maupun pembaca. Beberapa alasannya seperti lebih cepat terdistribusi dan produksi jauh lebih murah.

Namun setelah berjalan beberapa tahun, kita melihat bahwa dari segi manfaat dan kesehatanya ebook ternyata memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan buku yang dicetak dalam kertas.


Berikut ini adalah 10 alasan kenapa membaca buku cetak lebih baik dari pada membaca ebook.

Buku cetak memiliki halaman yang bagus dan lembut saat disentuh. Kertas membuat membaca secara fisik menyenangkan. Membaca e-book, di sisi lain, terasa seperti menggunakan ATM. Dan setelah menatap layar komputer di tempat kerja sepanjang hari, bagaimana otak dan mata bisa rileks ketika dirumah harus menatap layar lain untuk membaca ebook?



Buku cetak lebih baik dalam menyampaikan informasi. Sebuah studi yang dilaporkan di Guardian tahun lalu menemukan bahwa pembaca yang menggunakan Kindle (aplikasiebook) cenderung tidak mengingat kejadian dalam novel misteri daripada orang-orang yang membaca novel yang sama dalam bentuk cetak. Jadi jika Anda ingin melakukan hal-hal seperti mengikuti plot dan mendapatkan informasi, buku cetak adalah tetap cara yang terbaik.



Buku cetak menjadi milik anda selamanya . Buku yang Anda beli di perguruan tinggi masih bisa dibaca dalam 50 tahun ke depan. Apakah Anda benar-benar berpikir bahwa dalam 10 tahun ke depan atau beberapa bulan ke depan anda bisa membaca dan membuka kembali ebook yang telah anda baca? 



Buku cetak adalah pengingat fisik dari perjalanan intelektual Anda. buku akan menjadi pemicu ingatan di rak buku Anda yang akan membawa Anda kembali ke tahun-tahun ketika anda pertama kalimembacnya.  Pengalaman fisik saat anda membaca buku akan tersimpan dalam otak Anda, sehingga saat anda membuka kembali dan menyentuhnya Anda akan terpicu untuk mengingat kembali.



Buku cetak bagus untuk dibagikan. Tidak ada pengalaman yang seperti meletakkan buku ke tangan teman dan berkata, "Kamu harus membaca ini." Memang Ada cara untuk berbagi e-book - jika Anda dan penerima yang Anda inginkan dapat menavigasi sistem Manajemen Hak Digital. Tetapi pengalaman dan perasaan untuk berbagi ebook tidak akan menyamai ketika berbagi buku cetak kepada teman.



Kita bisa menulis di pinggir buku cetak, menemukan halaman-halaman penting, dan menggarisbawahi kalimat-kalimat kunci dengan pensil. Beberapa Ebook sering ada juga fasilitas digital dari tindakan ini - tapi itu tidak sama. Ada hubungan antara gerak fisik dan kognisi: hal-hal yang kita lakukan untuk buku cetak sepertinya bisa membantu kita untuk mengerti dan mengingat dengan lebih baik.



Buku cetak memiliki sampul, sehingga orang tahu apa yang orang lain baca - yang membuat membaca bisa  membangun komunitas. Sebuah bus yang penuh dengan orang-orang dengan buku cetak adalah potret tentang apa yang ada di kota atau pikiran kota - serta kumpulan gagasan untuk apa yang harus Anda baca selanjutnya. Sebuah bus yang penuh dengan orang yang membaca ebook hanyalah banyak orang yang menatap layar perangkat.



Buku tulis lebih adil bagi penulis. Persekutuan Penulis telah mengalahkan drum selama bertahun-tahun sehingga penerbit memberi persentase persentase royalti untuk e-book kepada penulis lebih rendah. Hal itu membuat penulis sulit mencari nafkah - dan menghasilkan buku baru. Jika Anda ingin mendukung penulis, yang sedang berjuang akhir-akhir ini, lebih dari sekadar menerbitkan raksasa - membeli buku cetak.



Buku cetak lebih baik untuk kesehatan Anda. Sebuah studi di Harvard Medical School tahun lalu menemukan bahwa membaca buku e-book yang memancarkan cahaya sebelum tidur mengganggu kemampuan Anda untuk tidur, dengan kewaspadaan Anda keesokan paginya, dan dengan kesehatan Anda secara keseluruhan.



Buku cetak tahan pencurian. Jika Anda meninggalkan buku di mobil Anda, Anda bisa yakin akan berada di sana saat Anda kembali. Itu mungkin tidak benar dengan iPad, Kindle atau pembaca e-book lainnya. Dan bonusnya: jika Anda menjatuhkan buku cetak di bak mandi, Anda bisa mengeringkannya dengan pengering rambut.

Jika kamu ingin menerbitkan buku lebih baik kamu memilih jasa percetakan yang memiliki quality control dan harga yang menjamin. karena  banyak juga jasa percetakan yang hanya mencetak tanpa melihat kualitas-kualitas yang dibutuhkan. Ayo pilih Revka Prima Media, Disini kamu bahkan bisa menerbitkan buku mulai dari lembaran tersedikit dan satuan terkecil.
Diubah oleh dewakere 01-09-2022 01:24
kopolak
aghata716
adindaper25
adindaper25 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.