Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Cara Menyusun Skala Prioritas dalam Bisnis Agar Bisa Bertahan Meski di Kondisi Sulit

Nggak gampang untuk menjalankan usaha ketika kondisi perekonomian sedang buruk. Tapi dengan menyusun skala prioritas dalam bisnis, kamu akan menyadari bahwa menjaga agar bisnismu tetap bertahan di tengah masa sulit bukan hal yang mustahil dilakukan, lho, guys.
Lalu apa sih, yang dimaksud dengan skala prioritas dalam dunia bisnis? Skala prioritas merupakan ukuran kebutuhan yang disusun dalam list sesuai dengan tingkat kebutuhan seseorang. Daftar tersebut diawali dengan kebutuhan paling penting hingga hal-hal yang sifatnya nggak mendesak.
Dan bagi kamu yang sedang mengelola atau baru akan merintis usaha, sangat penting menerapkan skala prioritas sebagai strategi berbisnis. Karena dengan daftar skala prioritas ini kamu bisa lebih baik dalam mengelola bisnis karena setiap masalah dan kebutuhan dapat dipenuhi sesuai prioritas masing-masing.

Nah, di bawah ini adalah tips dan kiat yang harus kamu perhatikan ketika akan menyusun skala prioritas dalam bisnis, GenK
Tingkat Urgensi

Sumber Gambar : netdna-ssl.com

Sesuai dengan arti kata urgensi, yakni mendesak, kamu harus banget meletakkan semua kebutuhan paling vital di urutan pertama. Karena dalam perspektif prioritas, urgensi ini bisa juga diartikan sebagai hal-hal yang harus segera dipenuhi dan nggak boleh ditunda-tunda. Jadi, jika kamu ingin menyusun daftar prioritas dalam bisnis, pastikan kamu memulainya dengan kebutuhan yang sifatnya paling urgent. Contohnya, daftar yang berisi segala kebutuhan utama yang demi kelancaran perjalanan bisnismu, harus dipenuhi lebih dulu.
Jumlah Produk

Sumber Gambar : solutions.rent

Jangan salah, peninjauan produk yang ingin kamu jual juga harus masuk dalam skala prioritas dalam bisnis kamu, lho. Karena nggak dipungkiri, hal ini sangat erat kaitannya dengan persediaan dan juga pasokan bahan baku dari produk-produk kamu. Apabila bahan baku produkmu termasuk yang sulit didapatkan, pastikan kamu me-list-nya dalam skala prioritas urutan atas, guys.

Baca Juga :   Kenapa Motion Graphic Designer Banyak Dicari?



Alasannya adalah agar kamu nggak sampai kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku berkualitas untuk produksi. Dengan mengutamakan kualitas dari bahan baku produk yang akan kamu jual, kamu bisa mendapatkan minat konsumen.
Yang nggak kalah penting lagi agar kamu bisa memastikan perjalanan bisnismu semakin baik adalah mengelola stok barang dengan cara terbaik.


Pertimbangan Masa Depan Bisnis

Sumber Gambar : republicsmetoolkit.com

Jangan lupa juga menyertakan rencana masa depan dari usaha yang kamu jalankan. Hal ini nggak kalah penting ketika kamu akan menyusun skala prioritas dalam bisnis, lho, guys. Sebagai pengusaha, kamu wajib memiliki pertimbangan yang sangat matang mengenai rencana jangka panjang dari bisnismu. Dan menganalisa pasar juga termasuk di dalamnya.
Karena analisa pasar memungkinkan pemilik bisnis untuk mengetahui setiap peluang baru yang ada untuk kemudian mengembangkan bisnis.
Kesempatan yang Kamu Miliki

Sumber Gambar : k2.pl

Yang namanya kesempatan emas itu nggak pernah datang menyapa dalam hidup lebih dari sekali. Karena itu kamu harus menggunakan setiap kesempatan menggiurkan yang hadir. Jangan pernah mengabaikan setiap kesempatan yang muncul. Kamu nggak akan pernah tahu seberapa berpengaruhnya langkah yang kamu ambil untuk masa depan bisnismu. Tapi penting juga tetap mempertimbangkan prioritas dalam bisnis sebelum kamu mengambil tantangan atau kesempatan yang ada.
Kemampuan yang Kamu Miliki

Sumber Gambar : oberlo.com

Dan hal terakhir yang harus kamu pertimbangkan ketika akan menyusun skala prioritas dalam bisnis adalah mempertimbangkan kemampuan yang kamu miliki, seperti menyusun anggaran, kemampuan bersaing dengan para kompetitor dan kemampuan-kemampuan lain yang ada kaitannya dengan pengelolaan SDM maupun bahan baku produksi produkmu.
Nah, itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika akan menyusun skala prioritas dalam bisnis jika ingin usahamu bertahan.



0
457
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.